Gerah oleh panasnya cuaca siang hari? Minum es kelapa muda gula merah adalah solusi utama!

Salah satu jenis minuman yang sangat ampuh untuk menghilangkan dahaga, yaitu es kelapa muda. Dalam kesempatan kali ini, Superapp.id akan menjelaskan mengenai resep es kelapa muda gula merah atau resep es kelapa muda gula aren yang bisa menghilangkan gerah karena panasnya cuaca siang hari.

Langkah dan cara membuat es kelapa muda yang segar tidak begitu sulit, salah satu jenis minuman ini juga seringkali dipilih sebagai menu utama untuk berbuka puasa. Hal tersebut dikarenakan resep membuat es kelapa muda gula merah mampu untuk menghilangkan dahaga berpuasa seharian.

Sedulur hanya membutuhkan beberapa bahan es kelapa muda dalam resep es kelapa muda gula merah. Tanpa harus berlama-lama, yuk langsung saja kita simak pembahasan mengenai resep dan cara membuat es kelapa muda segar dengan tambahan gula merah yang manis dan nikmat di bawah ini.

Baca Juga: Super Mudah! 9 Kreasi Minuman Segar Ini Bisa Kamu Coba

Resep dan Cara Membuat Es Kelapa Muda Gula Merah yang Super Mudah dan Praktis!

1. Bahan yang Dibutuhkan

1. Bahan yang Dibutuhkan
kumparan.com

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat es kelapa muda gula merah tidak begitu sulit didapat. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:

  • 2 buah kelapa muda
  • 3 sdm gula merah, sisir
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 lembar daun pandan
  • air dan es batu secukupnya

2. Bersihkan Buah Kelapa

2. Bersihkan Buah Kelapa
detik.com

Setelah bahan terkumpul, langkah selanjutnya dalam membuat es kelapa muda gula merah adalah membersihkan buah kelapa terlebih dahulu. Bersihkan buah kelapa, keluarkan airnya dan serut daging kelapa. Setelah itu, bersihkan daging buah kelapa dan simpan dalam kulkas terlebih dahulu.

3. Rebus Gula Merah

3. Rebus Gula Merah
detik.com

Siapkan panci dan air secukupnya, rebus hingga air mendidih menggunakan api sedang. Masukkan gula pasir dan gula merah yang telah disisir atau diiris tipis. Setelah gula mencair dan tercampur dengan air, masukkan daun pandan dan aduk rata. Masak hingga aroma daun pandan keluar dan air rebusan agak mengental. Setelah itu matikan api dan tiriskan.

Baca Juga: 10 Bisnis Minuman Es Kekinian dengan Modal Minim 2020

4. Sajikan Es Kelapa Muda Gula Merah

4. Sajikan Es Kelapa Muda Gula Merah
usaharumahan.id

Langkah terakhir adalah dengan menyiapkan gelas dengan ukuran yang agak besar. Pertama, Sedulur masukan es batu sesuai selera terlebih dahulu. Lalu masukkan daging kelapa muda yang telah disiapkan dan dibersihkan. Sedulur tambahkan gula merah dan gula pasir yang telah dicairkan. Siram secukupnya atau sesuai selera Sedulur. Tambahkan sedikit air agar es tidak terlalu manis. Es kelapa muda gula aren pun telah siap dinikmati.

Menyimak penjelasan di atas, membuat es kelapa muda dengan gula merah tidak terlalu sulit. Asalkan Sedulur memiliki bahan-bahannya, Sedulur bisa membuat es kelapa muda dengan mudah kapanpun juga. Agar lebih untung dan bisa mempermudah Sedulur, Sedulur bisa membeli bahannya di Aplikasi Super.

Beli Bahan Membuat Es Kelapa Muda Gula Merah di Aplikasi Super

Beli Bahan Membuat Es Kelapa Muda Gula Merah di Aplikasi Super
superapp.id

Agar Sedulur lebih untung lagi, Sedulur bisa membeli bahan membuat es kelapa muda dalam resep di atas di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super terlebih dahulu, bagi yang belum memiliki Aplikasi Super. Jangan lupa untuk memantau terus Aplikasi Super karena banyak bonus yang menarik yang diberikan oleh Aplikasi Super.

Aplikasi Super menyediakan setiap bahan yang berkualitas dengan harga murah. Selain itu, terdapat beberapa program menarik dan menguntungkan dari Aplikasi Super. Sedulur bisa terus pantengin Aplikasi Super untuk mendapatkan kesempatan yang menguntungkan tersebut. Sedulur juga bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi.