Resep tempe kecap wajib diketahui, karena tempe dan kecap merupakan salah satu makanan sumber protein.

Resep tempe kecap merupakan makanan dengan resep yang sederhana. Bisa dibuat oleh siapa saja dan juga disukai oleh siapa saja. Selain itu, tempe merupakan makanan khas asli Indonesia dan sudah diakui oleh dunia internasional.

Tempe yang terbuat dari kacang kedelai yang telah melalui proses fermentasi, merupakan makanan yang mengandung protein nabati yang sangat tinggi. Mengetahui resep tempe kecap kering atau juga resep tempe kecap pedas adalah sesuatu hal yang menguntungkan.

Karena kita bisa memasaknya sendiri dan tidak perlu repot membeli dan mengeluarkan uang. Resep tempe kecap basah atau juga tempe kecap dengan kuah bisa kita buat sesuka kita sesuai selera. Dari mulai tempe kecap biasa hingga tempe kecap cabe ijo.

Berbagai olahan tempe kecap ini bisa dicoba karena tempe kecap merupakan makanan yang disukai oleh semua umur, termasuk juga tempe kecap untuk balita. Cara masak tempe kecap sederhana, jika Sedulur penasaran, Sedulur tinggal simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: 10 Resep Rawon Surabaya yang Menggugah Selera. Yakin Nggak Mau Coba?

Cara dan Resep Tempe Kecap

1. Bahan Utama dalam Resep Tempe Kecap

Bahan Utama dalam Resep Tempe Kecap

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara membuat tempe kecap, ada baiknya untuk menyampaikan bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam resep tempe kecap. Hal yang harus disiapkan paling pertama adalah tempe sebagai bahan utama.

Siapkan tempe sesuai selera dan kebutuhan, namun disarankan menyiapkan tempe sebanyak 250 gram. Setelah tempe tersedia, potong tempe hingga berbentuk dadu lalu goreng tempe setengah matang terlebih dahulu.

Tempe digoreng setengah matang untuk tujuan agar nnti ketika masuk ke proses pengolahan, tempe tidak akan terlalu gosong ketika diolah, dan juga tidak akan terlalu mentah. Setelah bahan utama disiapkan, selanjutnya adalah menyiapkan bumbu untuk membuat tempe kecap.

2. Bumbu Membuat Tempe Kecap

Bumbu Membuat Tempe Kecap

Bumbu utama dalam resep tempe kecap adalah 6 butir bawang merah yang diiris tipis, 2 siung bawang putih yang telah diiris tipis. Selanjutnya ada 2 buah cabai merah, 2 buah cabai hijau yang diiris secara menyerong.

Bumbu selanjutnya yang disiapkan dalam resep tempe kecap adalah lengkuas berukuran 2 cm, satu lembar daun salam, satu sendok makan garam, setengah sendok makan merica putih, dan dua sendok makan kecap.

Perihal kecap, kita bisa menambahkannya sesuai selera. Jika ingin manis, maka perbanyak kecap namun jika ingin sedang takar kecap sesuai selera saja. Selanjutnya juga jika Sedulur menyukai pedas, bisa menambah cabai lebih banyak lagi.

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Gorengan dengan Modal Kecil

3. Cara Pembuatannya

Cara Pembuatannya

Setelah bahan utama dan bumbu-bumbu selesai disiapkan. Selanjutnya adalah masuk ke langkah dan cara pembuatannya. Pertama adalah memanaskan minyak di atas wajan secukupnya. Kemudian masukan bawang merah dan bawang putih, tumis hingga harum.

Setelah bawang merah dan bawang putih harum, masukan cabai merah dan cabai hijau, disertai lengkuas dan daun salam. Tumis bumbu hingga mengeluarkan aroma langu dan juga bumbu terlihat sudah matang dan layu.

Langkah selanjutnya adalah memasukan tempe yang telah digoreng setengah matang. Aduk rata tempe dengan bumbu-bumbu yang sedang ditumis. Lalu tambahkan garam, merica, kecap manis. Aduk hingga merata dan bumbu benar-benar meresap.

Langkah terakhir adalah menuangkan air dan diamkan sekitar 5 menit hingga air mendidih dan bumbu meresap sempurna pada tempe. Setelah masak, angkat tempe kecap dan tinggal disajikan.

4. Penyajian Tempe Kecap

Langkah terakhir dalam resep tempe kecap adalah penyajiannya. Kita bisa menyajikan tempe kecap secara sederhana saja, jika memang untuk kepentingan pribadi dan tidak tahan untuk segera melahap tempe kecap yang telah dibuat.

Namun, Sedulur juga bisa menyajikan tempe kecap dengan berbagai hiasan sayuran, seperti bunga kol atau juga sawi hijau. Jangan lupa juga nasi hangat sebagai teman untuk menikmati sajian dari resep tempe kecap ini.

Resep tempe kecap merupakan salah satu olahan makanan yang mudah dibuat. Bahannya pun tidak sulit didapatkan. Selain mudah dibuat, tempe kecap juga mengandung protein tinggi yang dapat menguatkan imun dan membuat tubuh menjadi sehat.

Jika Sedulur Super tidak tahan untuk membuat resep tempe kecap. Sedulur bisa mulai dengan membeli bahan dan bumbu-bumbunya terlebih dahulu.

5. Belanja Bahan dan Bumbu Tempe Kecap di Aplikasi Super

Belanja Bahan dan Bumbu Tempe Kecap di Aplikasi Super

Aplikasi Super menyediakan berbagai kebutuhan sembako yang dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu, Aplikasi Super juga memiliki berbagai macam program yang dapat membuat Sedulur Super untung super melimpah.

Aplikasi Super merupakan sebuah platform digital yang bergerak di bidang sembako. Aplikasi Super menjual berbagai sembako kebutuhan masyarakat secara online. Hal ini memberikan kemudahan dan kebutuhan bagi setiap Sedulur Super.

Jangankan bahan dan bumbu tempe kecap, bahan kebutuhan lain pun disediakan oleh Aplikasi Super. Aplikasi Super memiliki misi untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan hidup masyarakat. Hal tersebut diwujudkan oleh Aplikasi Super melalui beberapa programnya.

Program unggulan dari Aplikasi Super adalah Mitra Super Center, program yang akan membantu setiap pemilik usaha di bidang sembako untuk berkembang dan memajukan usaha sembakonya. Menggunakan Apliksi Super dan bergabung ke Mitra Super Center, sangat cocok dilakukan bagi Sedulur Super yang ingin berkembang.

Program yang akan memajukan bisnis Sedulur Super tersebut di antarnya yaitu, program pelatihan bisnis, kasir digital dari Aplikasi Super untuk menunjang pelayanan dan juga program promosi yang diberikan oleh Aplikasi Super secara gratis.

Ketiga hal tersebut dapat diterima oleh setiap Super Mitra yang tergabung di Aplikasi Super. Hal ini dapat mengurangi jumlah pengeluaran usaha dan mendapatkan keuntungan usaha yang lebih tinggi dan memudahkan Sedulur Super sekalian.

Gunakan Aplikasi Super Sekarang Juga

Tidak ada alasan untuk tidak menggunakan Aplikasi Super sekarang juga. Banyak manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan oleh Aplikasi Super dengan bergabung dan menggunakan Aplikasi Super. Hal tersebut bisa dilakukan dengan berawal dengan download Aplikasi Super sekarang juga.

Jangan lupa untuk download Aplikasi Super sekarang juga, dan juga mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan Aplikasi Super. Termasuk mempelajari cara daftar Aplikasi Super agar Sedulur mendapatkan kesempatan untuk bergelimang keuntungan.

Bisnis sembako merupakan bisnis yang tidak ada matinya, setiap masyarakat akan selalu membutuhkan sembako untuk menyambung hidup. Ditambah lagi dengan keberadaan Aplikasi Super yang senantiasa dapat membantu bisnis sembako agar lebih berkembang lagi.

Lapangan pekerjaan, pemasukan tambahan, belanja sembako jauh lebih murah dan mudah, dan berbagai program menarik dan menguntungkan lainnya, diberikan oleh Aplikasi Super sebagai upaya untuk mewujudkan misinya agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.Kunjungi laman Aplikasi Super dengan klik di sini sekarang juga. Jangan lupa untuk mempelajari secara teliti segala hal yang berkaitan dengan Aplikasi Super. Selamat mencoba!