Penasaran dengan resep rawon Surabaya? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Resep rawon Surabaya sangat wajib diketahui oleh masyarakat Jawa Timur, bagaimana cara membuatnya, bahan yang dibutuhkan dan hal lainnya. Rawon merupakan salah satu resep masakan sup asli nusantara yang unik dengan kuah berwarna hitam atau black soup.

Berbeda dengan resep masakan sup daging atau soto sapi lainnya yang berwarna coklat atau kuning tua, resep rawon khas Surabaya satu ini memang berwarna hitam dengan rasa yang manis. Walaupun memiliki warna hitam dan rasa manis, rawon tidak sama dengan semur.

Bagi yang belum pernah mencoba membuat rawon khas Surabaya, tidak perlu khawatir. Cara dan resep rawon Surabaya sebenarnya sangat mudah dan bahan-bahannya pun tidak sulit untuk dicari. Resep rawon Surabaya termasuk salah satu resep yang mudah sekali dipraktikan.

-->

Baca Juga: Resep Gule Kambing Spesial & Cara Buat Daging Empuk dan Wangi

Seperti apa saja resep rawon Surabaya yang dapat menggugah selera kita? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Daftar Resep Rawon Surabaya yang Dapat Menggugah Selera Makan Kita

1. Resep Rawon Ayam

Makanan rawon lebih dikenal dengan olahan makanan yang menggunakan daging sapi. Namun kita juga bisa mengolahnya dengan bahan daging ayam. Rasanya juga tidak kalah nikmat dengan sajian rawon daging sapi pada umumnya.

Bahan utama untuk membuat rawon ayam adalah 1 ekor ayam, atau sesuai kebutuhan. Setelah itu kita perlu menyiapkan bumbu yang harus dihaluskan, di antaranya 8 bawang merah, 6 bawang putih, 5 cm jahe, 5 cm lengkuas, 4 kemiri, 1 bungkus ketumbar halus, 2 bungkus lada dan 2-3 buah kluwek, blender terpisah dengan bumbu.

Selanjutnya kita membutuhkan bumbu perasa seperti 2 bungkus kaldu sapi, 2 sdt penyedap rasa, 2 sdt gula, 2 liter air. Selanjutnya beberapa bumbu yang dimasukan saat merebus rawon adalah  4 daun salam, 3 daun jeruk, 2 batang serai yang telah digeprek, 6 helai daun bawang diiris tipis.

Selain itu juga membutuhkan, lengkuas yang telah digeprek,  helai daun sop yang telah diiris, dan 500 gram tauge yang telah direbus. Cara membuat resep rawon Surabaya di atas sangat mudah sekali. Setelah kita memiliki bahan-bahannya, langkah pertama adalah ungkep ayam hingga mantang.

Setelah ayam matang, potong suir ayam sesuai selera dan tumis semua bumbu yang telah disiapkan. Dan masukan air satu gelas atau sesuai selera. Masukkan juga bumbu perasa sesuai selera, kemudian masukan potongan suir ayam dan kecambah yang telah disediakan. Rawon ayam pun siap disajikan.

2. Resep Rawon Daging

Selanjutnya adalah resep rawon daging Surabaya. Bahan yang dibutuhkan adalah 300 gram tetelan, 500 gram sengkel, 3 liter air, 7 lembar daun jeruk,  4 batang serai yang telah digeprak, 2 batang daun bawang dan secukupnya garam, gula, kaldu jamur dan merica.

Sedangkan bumbu yang harus dihaluskan adalah 8 buah bawang merah, 6 buah bawang putih, 8 buah kluwak, 2 cabe merah besar, 1 ruas jahe, 1 kelingking kencur, 1 kelingking kunyit, 5 buah kemiri dan 1 sdt jinten.

Cara membuat resep rawon Surabaya satu ini adalah tmis bumbu halus dengan serai dan daun jeruk hingga matang. Masukkan daging yang telah dicuci dan dipotong hingga berubah warna. Pindahkan ke dalam panci yang berisi 3 liter air.

Selanjutnya rebus rawon dengan api sedang sampai daging lunak. Masukkan daun bawang yang sudah diiris sesuai selera. Tambahkan garam, gula, kaldu jamur, dan merica. Tes rasa sesuai selera dan didihkan lagi. Sajikan rawon dengan bahan pelengkap dan nasi hangat.

3. Resep dan Cara Membuat Rawon Daging Sapi

Jika pada poin sebelumnya adalah cara dan resep menggunakan daging pada umumnya, baik daging sapi atau daging kambing. Resep kali ini khusus membuat rawon dengan menggunakan daging sapi. Bahan dan bumbu yang dibutuhkan sama persis pada poin sebelumnya.

Perbedaannya terletak pada bahan utamanya, siapkan daging utuh sesuai selera sebagai pengganti tetelan dan sengkel. Cara membuatnya adalah sebagai berikut.  Rebus bahan daging sapi hingga empuk selama 1/2 jam menggunakan presto.

Haluskan bumbu bawang merah dan bawang putih, jahe, kunyit dan kluwak, tumis hingga harum. Masukkan salam, sereh, lengkuas, daun jeruk, bunga pekak, dan kapulaga. Tumis lagi sebentar hingga bumbu harum.

Masukkan air rebusan daging, biarkan mendidih dan masukkan garam, gula dan penyedap rasa. Masukkan daging, tunggu mendidih dan tes rasa sesuai selera. Rawon daging sapi siap dihidangkan dengan pelengkap toge, tomat, daun bawang, dan bawang goreng.

4. Resep Rawon Khas Surabaya

Dalam cara membuat dan resep rawon Surabaya, bumbu dan bahan yang dibutuhkan hampir sama dengan rawon di atas. Dalam cara pembuatannya pun tidak jauh berbeda. Namun agar lebih jelas lagi, berikut cara dan resep rawon Surabaya.

Haluskan bumbu bersama keluwak, presto daging dan rebus tulang sapi untuk mendapatkan kaldunya. Potong kotak-kotak daging setelah itu sisihkan daging yang telah dibersihkan. Tumis bumbu halus, lengkuas, daun jeruk, dan serai. Tumis hingga berbau harum.

Tuang bumbu tumis ke dalam air rebusan kaldu dan tulangan. Sisakan juga sedikit bumbu untuk menumis potongan daging. Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk. Tes rasa sesuai selera. Rebus hingga bumbu meresap dan masukkan daun bawang.

Beri potongan tomat, tunggu hingga mendidih dan angkat. Jangan lupa tumis sebentar potongan daging dengan bumbu yang disisakan tadi. Beri sedikit kuah rawon lalu beri juga garam dan gula. Biarkan sampai air habis dan kering. Masak dengan api kecil.

Sajikan rawon dengan menata daging di atas nasi, beri toge, siram kuah dan taburi bawang merah goreng. Tambahkan juga telur asin, tempe, sambal dan kerupuk udang.

Baca Juga: Aneka Resep Jajanan Ini Bisa Sedulur Coba. Berkreasi di Rumah Aja!

5. Resep Rawon Khas Jawa Timur

JIka pada poin sebelumnya adalah resep rawon Surabaya, pada poin ini adalah cara dan resep membuat rawon di Jawa Timur secara umum. Dalam bumbu dan bahan yang dibutuhkan pun sama, tidak ada perbedaan yang mencolok.

Sedangkan cara membuatnya yaitu sangrai ketumbar, jinten, bawang merah, bawang putih, jahe dan kunyit. Setelah itu kemudian haluskan bersama kluwak. Tumis dengan sereh, lengkuas, daun salam, daun jeruk, kayu manis dan kapulaga. Setelah harum, tambahkan air sedikit.

Masukkan daging, aduk lalu tambahkan air. Rebus daging hingga empuk. Masukkan cabai rawit utuh dan bawang goreng. Sajikan dalam mangkuk dengan kecambah dan kerupuk. Rawon khas Jawa Timur pun siap disajikan dan disantap dengan nikmat.

6. Cara Membuat Rawon yang Lezat dan Enak

Siapa yang tidak ingin membuat masakan yang enak dimakan, semua orang pasti sangat mendambakan dan menginginkan makanan yang enak dan lezat. Tidak semua orang membuat rawon akan langsung enak dan lezat, perlu beberapa cara yang harus dilakukan.

Tips dan cara membuat rawon agar enak dan lezat adalah dengan merebus daging sapi hingga empuk, tumis bumbu halus hingga muncul aroma wangi, masukkan daun salam, daun jeruk purut, lengkuas, jahe dan serai. Tumis bumbu dan bahan hingga bahan layu.

Masukkan bumbu halus ke dalam rebusan daging, masak hingga daging empuk. Masukkan daun bawang lalu angkat. Rawon siap disajikan bersama bahan pelengkap. Langkah dari resep rawon Surabaya di atas harus dilakukan dengan benar dan sesuai urutan.

7. Cara Membuat Rawon Sederhana

Jika cara dan resep rawon Surabaya di atas termasuk sulit untuk dilakukan, maka pada poin ini adalah bagaimana membuat makanan rawon dengan cara dan bumbu yang sederhana. Bahan dan bumbu yang dibutuhkan pun sama dengan resep rawon yang telah dijelaskan sebelumnya.

Haluskan bumbu bersama kluwak, presto daging dan rebus tulang sapi untuk mendapatkan kaldunya. Potong kotak-kotak daging lali sisihkan. Tumis bumbu halus, lengkuas, daun jeruk, dan serai. Tumis hingga berbau harum.

Tuang bumbu tumis ke dalam air rebusan kaldu dan tulangan. Sisakan juga sedikit bumbu untuk menumis potongan daging. Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk. Tes rasa sesuai selera. Rebus hingga bumbu meresap dan masukkan daun bawang.

Sajikan rawon dengan menata daging di atas nasi, beri toge, siram kuah dan taburi bawang merah goreng. Tambahkan juga telur asin, tempe, sambal dan kerupuk udang.

8. Resep dan Cara Membuat Sambel Rawon

Menyantap rawon tidak akan nikmat tanpa sajian sambalnya yang pedas. Kita harus membuatnya sendiri di rumah, berbarengan dengan membuat rawon itu sendiri. Cara membuat sambal rawon sangatlah sederhana dan mudah.

Bahan-bahan sambal hanya perlu kita kukus sebentar dan diulek dengan garam dan gula. Bahan yang dibutuhkan adalah 2 buah tomat, 1 genggam cabe rawit, 1 siung bawang putih, 1 siung bawang merah, 1/2 sdt garam, 1/2 sdt gula, 250 ml air putih dan minyak goreng secukupnya

Caranya rebus semua bahan dan bumbu yang dibutuhkan kurang lebih 3 hingga 5 menit. Setelah itu, masukan bumbu perasa beserta dengan bumbu yang telah direbus. Ulek hingga halus dan sambel rawon pun sudah siap dinikmati.

9. Cara Mengolah Bumbu Kluwak

Dalam resep rawon Surabaya, bumbu rawon adalah hal yang paling penting. Cara membuat bumbu rawon juga memiliki cara dan langkah tersendiri. Resep rawon khas Surabaya sangat bergantung dengan bumbu kluwak.

Untuk mendapatkan rasa rawon yang nikmat, terdapat cara khusus dalam mengolah bumbu kluwak. Pertama keluarkan isi keluwak dan masukkan kluwak dalam wadah mangkok. Siram keluwak dengan air panas secukupnya, rendam hingga keluwak lunak.

Blender kluwak dengan air rendamannya kemudian saring dan sisihkan. Kluwak yang telah dihaluskan menggunakan blender siap dicampurkan dengan bahan bumbu lainnya.

10. Belanja Bahan dan Bumbu Rawon di Aplikasi Super

Agar saat membuat rawon Surabaya tidak kekurangan bahan dan bumbu yang dibutuhkan. Kita bisa belanja segala bahan dan kebutuhan dalam resep rawon Surabaya di Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super menyediakan segala kebutuhan sembako dan kebutuhan dapur paling lengkap.

Selain itu juga belanja di Aplikasi Super jauh lebih murah dengan cara yang sangat mudah. Kita tidak perlu pergi keluar rumah dan mengeluarkan tenaga sama sekali. Karena belanja di Aplikasi Super cukup melalui smartphone dan dilakukan secara online.

Tidak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan Aplikasi Super. Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, dan mempelajari cara daftar Aplikasi Super. Jangan lupa download Aplikasi Super bagi yang belum download Aplikasinya.