Walaupun sederhana, bisnis gorengan bisa memberi pemasukan yang besar.

Gorengan merupakan makanan yang umum dan sudah tidak asing lagi dikenal oleh masyarakat Indonesia. Hampir di setiap daerah dan setiap kalangan masyarakat menyukai gorengan. Hal ini yang menyebabkan gorengan bisa kita temukan dimana pun.

Selain itu, tidak sedikit juga yang membuat gorengannya sendiri untuk dinikmati bersama keluarga di rumah. Melihat kenyataan bahwa gorengan merupakan makanan yang disukai banyak orang, tentu saja hal ini merupakan sebuah peluang bisnis.

Bagi Sedulur Super yang tertarik memulai bisnis gorengan, berikut beberapa tips yang bisa Sedulur Super simak agar bisnis gorengan Sedulur Super sukses dan laris di pasaran. Apa saja tips-nya? Yuk, mari kita simak penjelasannya.

-->

Baca Juga: Tips Mengatur Kebutuhan Dapur

Tips Memulai Bisnis Gorengan

1. Tidak Membutuhkan Modal Awal yang Besar, Alias Modal Kecil

Membuka bisnis gorengan tidak membutuhkan modal awal yang terlalu besar. oleh karena itu, siapa pun dapat membuka dan menjalankan bisnis ini. Modal awal yang dibutuhkan hanya menyiapkan peralatan untuk membuat gorengan.

Misalnya bahan-bahan baku yang digunakan untuk membuat gorengan, wajan penggorengan, gerobak untuk berjualan, kompor gas dan peralatan memasak yang lainnya. Dengan hanya bermodalkan biaya yang kecil namun kita bisa mendapatkan untung super melimpah.

2. Jangan Ragu Memulai Bisnis Gorengan

Jangan ragu memulai bisnis gorengan, karena faktanya gorengan merupakan makanan yang disukai oleh semua kalangan dengan berbagai tingkatan ekonomi.

Berbagai jenis gorengan seperti tahu isi, tempe goreng, bakwan, pisang goreng, molen, sukun, ubi goreng dan yang lainnya sering dijadikan cemilan oleh masyarakat Indonesia.  Oleh karena itu, Sedulur tidak perlu ragu saat akan membuka usaha gorengan.

Hal ini disebabkan banyak orang yang menyukai gorengan dan tentunya akan tertarik untuk membeli gorengan. Sederhananya, bisnis gorengan yang Sedulur jalankan tidak akan sepi pelanggan karena semua orang menyukai gorengan.

3. Tempat Jualan Sangat Sederhana

Hal lainnya yang membuat bisnis gorengan cukup menjanjikan, karena membuka usaha gorengan tidak membutuhkan tempat usaha yang mewah, alias tempat jualan sederhana pun cukup, karena gorengan identik dengan kesan merakyat.

Oleh karena itu, menjual gorengan di tempat yang terlihat mewah bisa membuat kesan gorengan sedikit hilang. Sedulur tidak perlu menyewa tempat mewah seperti ruko untuk membuka bisnis gorengan ini. Gerobak di samping jalan pun sudah sangat cukup untuk bisnis gorengan.

Selain itu juga Sedulur bisa berjualan gorengan dengan di sekolah, area kampus, tempat umum hingga berjualan gorengan di depan rumah sendiri. Oleh karena itu, Sedulur tidak perlu membutuhkan modal yang besar untuk menyewa tempat berjualan gorengan.

4. Buat Gorengan yang Lezat

Berbeda dengan jenis makanan lainnya yang membutuhkan resep, bahan baku atau kemampuan khusus dalam proses pembuatannya. Gorengan adalah jenis makanan yang sangat mudah untuk dibuat. Oleh karena itu Sedulur juga bisa membuat gorengan dengan rasa yang lezat.

Jenis gorengan seperti tahu isi, molen, tempe goreng, bakwan, ubi goreng, pisang goreng dan yang lainnya bisa dengan mudah dibuat tanpa membutuhkan resep yang terlalu rumit. Selain itu bahan baku untuk membuat gorengan juga cukup mudah dan sederhana.

Bahan baku untuk membuat gorengan seperti sayur-sayuran dan minyak goreng serta bumbu-bumbu sederhana yang mudah didapatkan. Sedulur sangat mungkin membuat gorengan yang lezat dengan ketersediaan bahan baku yang banyak.

Selain itu, peralatan yang digunakan untuk membuat gorengan cukup mudah yaitu kompor, wajan dan alat-alat memasak yang lain. Peralatan-peralatan tersebut tentunya pasti sudah Sedulur miliki. Oleh karena itu, bisnis gorengan menjadi salah satu jenis usaha yang cukup mudah untuk dimulai.

5. Buat Variasi Gorengan

Usaha gorengan merupakan jenis usaha yang sangat mudah berkembang. Saat ini penjual gorengan semakin banyak. Tentunya Sedulur perlu bersaing dengan penjual gorengan yang lain. Untuk dapat mengembangkan bisnis gorengan, Sedulur perlu membuat variasi gorengan.

Meski demikian, Sedulur tidak perlu membuat variasi gorengan yang terlalu rumit. Sedulur Super bisa membuat variasi gorengan tahu ekstra pedas, menggunakan cabe rawit yang super pedas atau buat tempe goreng yang renyah dan masih banyak ide yang bisa Sedulur lakukan.

Atau juga, Sedulur bisa membuat variasi dengan cara menghias gerobak gorengan. Gerobak yang terlihat unik akan mampu menarik banyak pembeli. Dengan begitu tentunya bisnis gorengan Sedulur akan berkembang.

 Baca Juga: Berbagai Manfaat Gandum untuk Kesehatan

6. Jaga Kebersihan

Selain memberikan variasi pada gerobak gorengan Sedulur, hal penting lain yang harus terus diperhatikan adalah menjaga kualitas rasa gorengan. Salah satu cara menjaga kualitas rasa adalah dengan menjaga kebersihan bahan baku bisnis gorengan Sedulur.

Dengan menjaga kualitas rasa gorengan, maka pembeli akan terus datang kembali ke tempat bisnis gorengan Sedulur. Selain itu, kebersihan tempat pun sangat wajib diperhatikan. Setelah berhasil mempertahankan rasa gorengan, tempat adalah hal selanjutnya yang diperhatikan.

Karena, pelanggan akan memperhatikan kebersihan tempat bisnis gorengan Sedulur. Hal ini akan berkaitan dengan kebersihan dan higienitas dari bahan gorengan Sedulur. Pembeli tidak ragu untuk batal membeli jika kebersihan tempat bisnis gorengan Sedulur tidak terjaga.

Di antara semua poin di atas tentang tips agar bisnis gorengan sukses dengan modal kecil, yang paling penting yang harus Sedulur perhatikan adalah bagaimana tetap semangat dan bertahan dalam menjalankan bisnis.

Karena menjalankan bisnis merupakan sebuah pekerjaan yang membutuhkan mental petarung sekaligus pejuang agar tidak mudah menyerah dalam menggapai kesuksesan.