resep kecipir santan

Kecipir merupakan salah satu jenis sayur yang nikmat, namun keberadaannya tidak sepopuler jenis sayuran lain. Tidak populer bukan berarti kecipir tidak nikmat dan memiliki kandungan yang baik. Ada banyak kandungan dan nutrisi terdapat dalam sayur ini.

Nah, oleh karena itu, Sedulur perlu mengetahui resep sayur kecipir santan, sebagai salah satu resep untuk mengolah sayur kecipiri aga bisa mendapatkan kandungan dan manfaat yang terdapat di dalam sayuran. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak pembahasan dan resep sayur kecipir santan di bawah ini!

BACA JUGA: Resep Pindang Ikan Nila yang Lezat dan Praktis

Bahan yang dibutuhkan

Fimela

Dalam resep sayur kecipir santan, terdapat beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya. Untuk bahan utama yang dibutuhkan yaitu:

  • 200 gram kecipir
  • Minyak goreng secukupnya
  • 350 ml santan yang diambil dari 1/4 butir kelapa

Bahan bumbu halus

Pinterest

Dalam resep sayur kecipir santan bahan bumbu halus yang dibutuhkan untuk membuat resep sayur satu ini adalah sebagai berikut:

  • 2 lembar daun salam
  • Gula pasir secukupnya
  • 2 buah cabai merah
  • 4 lembar daun jeruk
  • Garam secukupnya
  • 2 butir bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 ruas jari jahe
  • Merica bubuk secukupnya

Memasak resep sayur kecipir santan

Yummy

Langkah selanjutnya sebelum Sedulur mulai memasak dan mengolah sayur kecipir adalah menyiapkan terlebih dahulu bahan dan bumbu untuk membuat sayur kecipir santan yang telah disiapkan. Ada beberapa langkah penting yang perlu Sedulur lakukan dalam menyiapkan bahan dan bumbu, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Cuci kecipir yang anda siapkan sampai bersih. Lalu belah masing-masing kecipir menjadi dua bagian. Lalu potong-potong dengan ukuran sekitar 3 cm.
  2. Potong serong cabai merah. Lalu buang tulang daun jeruk.
  3. Iris halus bawang merah dan bawang putih. Lalu memarkan lengkuas.

BACA JUGA: 17 Resep Tempe Rebus untuk Diet, Dijamin Enak!

Langkah memasak sayur kecipir kuah santan

Yummy

Berikut ini kita akan langsung membahas bagaimana cara dan langkah membuat sayur kecipir kuah santan yang dimaksud. Yuk, mari langsung kita simak langkahnya di bawah ini:

  1. Pertama, siapkan alat yang akan anda gunakan untuk memasak. Tuangkan minyak goreng secukupnya pada alat untuk memasak tersebut.
  2. Setelah minyak goreng mulai panas dan terlihat meletup-letup, masukan bawang merah dan bawang putih. Aduk-aduk sampai keduanya berubah warna menjadi kecoklatan dan harum.
  3. Masukan jahe dan cabai merah. Aduk merata sampai harum.
  4. Masukan santan yang sudah anda siapkan. Aduk merata.
  5. Masukan daun salam dan daun jeruk. Aduk merata.
  6. Masukan potongan kecipir. Aduk merata.
  7. Masukan garam, gula pasir, dan merica bubuk. Aduk-aduk sampai bumbu larut.
  8. Masak kembali sampai semua bahan matang dan bumbu meresap.
  9. Jika sudah matang, angkat dan sajikan pada mangkuk atau wadah saji yang akan digunakan.

Resep sayur memang tidak serumit dan sesulit resep masakan lainnya. Termasuk sayur kecipir yang penuh dengan nutrisi. Sedulur bisa membuatnya dengan mudah sebagaimana langkah yang disampaikan di atas.

Nah itulah pembahasan terkait resep sayur kecipiri santan, lengkap dengan bahan yang dibutuhkan hingga langkah yang harus dilakukan. Dengan pembahasan resep di atas, kini bertambah lagi salah satu aneka sayuran bernutrisi yang bisa dimasak di rumah.