resep ikan baronang

Menyambut bulan puasa, tidak ada salahnya jika Sedulur mulai mencari resep-resep untuk menu buka puasa  sejak saat ini. Selain bisa mencicipinya terlebih dahulu di siang hari, menu saat berbuka nanti juga akan semakin bervariasi. Salah satu resep seafood yang wajib Sedulur coba adalah resep ikan baronang bakar kecap.

Tak hanya lezat, ikan baronang juga kaya akan manfaat. Tak heran, menu masakan dari ikan ini banyak dicari oleh ibu-ibu yang ingin memberikan menu makan sehat kepada keluarganya. Bila Sedulur juga tertarik untuk mencobanya, simak informasi di bawah ini, yuk!

BACA JUGA: 22 Resep Olahan Jagung Manis yang Sederhana dan Lezat

Mengenal Ikan Baronang

RESEP IKAN BARONANG
Dictio Community

Sebelum memasaknya, alangkah lebih baik jika Sedulur mengetahui sekilas informasi mengenai ikan Baronang. Ikan yang juga dikenal sebagai rabbitfish dalam bahasa Inggris ini merupakan herbivora pemakan rumput laut yang aktif mencari makan pada malam hari.

-->

Ikan Baronang biasanya ditemukan di perairan dangkal laguna di wilayah Indo-Pasifik dan timur Laut Tengah. Mereka pada umumnya akan hidup di sekitar ekosistem terumbu karang, yakni ekosistem yang banyak ditumbuhi oleh lamun dan rumput laut. 

Ikan ini juga memiliki ciri khas berupa kepala yang tidak bersisik, tubuh yang dilindungi oleh sisik kecil dan halus, serta memiliki warna yang bervariasi. Ikan konsumsi ini banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia karena tinggi akan kandungan protein, serta memiliki setidaknya 16 asam amino. 

Tips Mengolah Ikan Baronang Bakar

IDN Times

Ada beberapa tips yang perlu Sedulur pahami sebelum mengolah ikan baronang bakar agar hasilnya maksimal. Pertama adalah memastikan bahwa ikan yang dibeli merupakan ikan segar. Periksa kesegaran ikan dengan merasakan tekstur dan aromanya.

Setelah itu, bersihkan ikan secara menyeluruh hingga ke dalam rongga perut saat menyianginya. Hal ini penting dilakukan agar ikan yang akan diolah tidak meninggalkan bau. Selanjutnya, belah ikan baronang menjadi dua bagian namun tidak sampai putus. Cara ini juga biasanya dilakukan saat mengolah ikan-ikan berbadan besar, seperti ikan kuwe dan ikan kakap.

Pembelahan ini bertujuan untuk membuat bumbu marinasi bisa meresap secara merata dan lebih cepat matang saat dibakar. Jika sudah, marinasi ikan baronang dan simpan dalam kulkas selama kurang lebih setengah jam agar bumbu marinasinya bisa meresap dengan baik.  

Langkah berikutnya adalah memanaskan pemanggang atau grill pan sambil mengolesi ikan baronang menggunakan bahan olesan yang terdiri dari kecap, ketumbar, dan margarin. Lalu, panggang ikan hingga matang di kedua sisinya dan sajikan dengan sambal kecap. 

BACA JUGA: 15 Resep Olahan Jamur Enoki Berbagai Bumbu, Mudah Dibuat!

Resep ikan baronang bakar kecap

resep ikan baronang
Masak Apa Hari Ini

Setelah mengetahui apa itu ikan baronang dan bagaimana tips mengolahnya menjadi ikan baronang bakar kecap, berikut adalah resep yang bisa Sedulur ikuti.

Bahan dan bumbu

Untuk menghasilkan empat porsi, Sedulur membutuhkan dua ekor ikan baronang dengan bumbu-bumbu sebagai berikut. 

Bumbu marinasi:

  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 2 cm kunyit, haluskan
  • 1 sdm ketumbar bubuk 
  • 2 sdm air jeruk nipis  
  • 1 sdt garam

Bumbu olesan:

  • 4 sdm kecap
  • 2 sdm margarin 
  • 1 sdt ketumbar, gerus kasar

Sambal kecap:

  • 10  butir bawang merah, iris
  • 6 buah cabai rawit merah, cincang
  • 6 sdm kecap

Cara membuat

  1. Bersihkan ikan baronang lalu cuci hingga bersih.
  2. Belah menjadi dua bagian namun jangan sampai putus.
  3. Lumuri ikan baronang dengan bumbu marinasi secara merata. 
  4. Diamkan ikan yang sudah dimarinasi selama 30 menit dalam kulkas.
  5. Panaskan grill pan dan panggang ikan sambil diolesi dengan bahan olesan.
  6. Bolak balik agar matang merata, lalu angkat.
  7. Sajikan ikan baronang bakar kecap dengan sambal kecap agar lebih nikmat.

Itu dia resep ikan baronang bakar kecap yang cocok sebagai menu buka puasa nanti. Agar hasilnya lebih nikmat, Sedulur tentunya harus menggunakan produk kecap berkualitas, kan? Untuk itu, Sedulur bisa membelinya melalui Aplikasi Super.

Ada kecap manis cap Bango, kecap manis ABC, dan kecap manis Sedaap yang bisa Sedulur pilih. Selain lengkap, harga yang ditawarkan juga lebih murah dan ada banyak cashback yang bisa Sedulur nikmati. Tertarik belanja kebutuhan memasak dan bumbu dapur terlengkap dan termurah? Download saja Aplikasi Super di Google PlayStore sekarang juga!