resep bala bala

Resep bala bala di tengah bulan puasa saat ini banyak dicari dan dipraktikkan oleh masyarakat. Pasalnya, gorengan bakwan satu ini sangat cocok dan mantap sebagai santapan takjil buka puasa. Bahkan, sebagian masyarakat Indonesia akan merasa tidak sah berbuka puasa jika tidak ada gorengan.

Nah, kali ini untuk merayakan bulan Ramadan dan memeriahkan buka puasa, kita akan bahas bersama resep bala bala krispi, gurih, dan dijamin anti gagal yang bisa dengan mudah Sedulur buat di rumah. Tanpa berlama-lama, mari langsung saja kita simak pembahasannya di bawah ini.

BACA JUGA: 18 Gorengan Khas Indonesia yang Cocok untuk Acara Keluarga

Bahan yang dibutuhkan

resep bala bala
Eka Agustina

Dalam resep bala-bala untuk jualan atau untuk dimakan sendiri, Sedulur wajib menyiapkan bahan-bahan di bawah ini.

-->
  • 150 gram tepung terigu
  • 1 butir telur ayam
  • 100 ml air
  • 100 gram kol, iris halus
  • 100 gram wortel, iris halus kecil
  • 50 gram taoge (opsional)
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • Minyak goreng untuk menggoreng secukupnya

Bumbu halus resep bala bala

Cookpad

Tidak komplit sebuah resep bala bala crispy jika tidak menyiapkan bahan bumbu halus di bawah ini.

  • 2 butir kemiri
  • 2 siung bawang putih
  • 1 butir bawang merah
  • 1/2 sdt merica butiran
  • 1 sdt garam

Siapkan sayuran

resep bala bala
Twitter

Langkah pertama dalam resep bala-bala abang gorengan setelah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu dengan membersihkan bahan sayuran. Potong-potong sayuran seperti wortel dan kol, kemudian bersihkan hingga hilang kotorannya. Begitu pula pada taoge.

Selanjutnya dalam resep bala-bala jagung atau sayuran lainnya yaitu dengan membuat adonan terigu, telur, dan air. Aduk rata hingga licin dan kental. Masukkan bumbu halus dan tambahkan sayuran, kemudian aduk hingga semua tercampur. Ini kunci resep bala-bala renyah tahan lama, adonannya yang pas sesuai takaran.

Goreng bala-bala

Dapur Teh Enur

Cara membuat bala-bala sederhana terakhir adalah dengan menggoreng bala-bala hingga kering dan matang. Jangan lupa untuk menggunakan api kecil dan minyak yang agak banyak. Karena agar bala-bala matang sempurna, akan menggunakan metode memasak deep frying. Tujuannya untuk mendapatkan tekstur luar renyah dengan bagian dalam yang matang dan empuk.

Jumlah bala-bala yang dihasilkan bisa Sedulur atur. Jika Sedulur ingin jumlah yang agak banyak, Sedulur bisa mencetak bala-bala ketika digoreng dengan ukuran kecil. Sebaliknya, jika Sedulur ingin bala-bala dengan ukuran yang besar, risikonya jumlah bala-bala yang dihasilkan sedikit namun pas dinikmati bersama keluarga.

Selain sebagai camilan, bala-bala juga nikmat sebagai lauk untuk makan. Di beberapa daerah, bala-bala artinya sama dengan bakwan. Umumnya di daerah Jawa Barat masyarakat menyembut bakwan dengan nama bala-bala.

BACA JUGA: Cara Membuat Petis Homemade untuk Cocolan Gorengan

Tips yang perlu diperhatikan

resep bala bala
Kumpulan Aneka Resep

Agar resep bala bala tidak gagal dan menghasilkan tekstur yang renyah dan rasanya mantap, terdapat beberapa tips yang perlu Sedulur perhatikan. Berikut ini beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan sebagai tips.

  • Perhatikan pemilihan sayuran, jangan memasukkan semua sayuran. Masukkan sayuran yang menjadi resep original bala-bala seperti wortel, kol, dan taoge.
  • Perhatikan campuran tepung agar dapat menghasilkan bala-bala yang renyah. Kunci resep bala-bala renyah tahan lama terletak dari campuran tepung terigu, tepung beras, hingga tepung maizena yang sesuai takaran.
  • Perhatikan proses menggorengnya. Jika ingin hasil yang baik dan matang secara merata, sebaiknya menggunakan minyak yang tidak terlalu panas agar bagian luar dan bagian dalamnya bisa matang secara merata.

Itulah resep bala bala dengan tips dan cara membuatnya. Semoga resep di atas bisa meredakan keinginan Sedulur yang ingin menyantap bala-bala sebagai takjil buka puasa. Jangan lupa juga seimbangkan dengan asupan bergizi lainnya, agar buka puasa Sedulur tidak melulu dipenuhi dengan asupan yang penuh minyak saja.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!