Resep ayam goreng tepung saus tiram

Salah satu rekomendasi resep untuk buka puasa yang praktis dan mudah dibuat adalah resep ayam goreng tepung saus tiram. Rasanya yang nikmat dan gurih dijamin bisa bikin Sedulur ketagihan. Terutama disantap saat berbuka puasa, setelah seharian tidak memakan apapun.

Bagi Sedulur yang tertarik untuk membuatnya, dalam kesempatan kali ini kita akan bahan bersama seperi apa resep ayam goreng tepung saus tiram yang bisa Sedulur buat di rumah. Yuk, mari langsung saja kita simak langkahnya di bawah ini!

BACA JUGA: Resep Ayam Goreng Bawang Putih, Gurihnya Nendang Banget!

Bahan yang dibutuhkan

resep ayam goreng tepung saus tiram
Klik Dokter

Untuk membuat resep ayam goreng tepung saus tiram, bahan-bahan utama yang Sedulur butuhkan yaitu:

-->
  • 300 gram daging ayam bagian dada
  • 1 buah bawang bombai, diiris
  • 4 siung bawang putih, diiris tipis
  • 8 buah cabai merah keriting, iris serong
  • 5 buah cabai hijau keriting, iris serong
  • 2 bungkus tepung bumbu serbaguna, untuk adonan tepung basah dan tepung kering

Bahan untuk saus tiram

SehatQ

Jangan lupa siapkan juga bahan untuk membuat saus tiram, yaitu:

  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan saus sambal
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh kaldu jamur
  • 1 sendok teh lada bubuk
  • Air secukupnya

Langkah membuatnya

resep ayam goreng tepung saus tiram
Fimela

Setelah bahan terkumpul, langkah yang bisa Sedulur lakukan untuk membuatnya yaitu:

  1. Potong kotak daging ayam bagian dada, sisihkan.
  2. Siapkan 2 wadah terpisah, masing-masing untuk tepung bumbu basah dan tepung bumbu kering.
  3. Pada wadah untuk tepung bumbu basah, masukkan 1 bungkus tepung dan ½ gelas air. Aduk rata hingga tak ada gumpalan tepung yang muncul.
  4. Masukkan potongan daging ayam sebelumnya ke dalam wadah berisikan adonan tepung bumbu basah. Aduk rata supaya bumbunya menyerap ke dalam daging ayam.
  5. Selanjutnya, masukkan setiap potongan ayam ke dalam adonan tepung bumbu kering. Pastikan semua permukaan daging ayam terbaluri oleh tepung bumbu kering, agar hasil penggorengannya nanti .
  6. Siapkan wajan untuk menggoreng, panaskan minyak, lalu goreng adonan ayam tepung tadi. Setelah warnanya berubah menjadi kuning keemasan, angkat dan tiriskan.
  7. Siapkan kembali wajan untuk menumis, kemudian tumis irisan bawang bombai.
  8. Setelah bawang bombai yang ditumis mulai layu, masukkan irisan cabai merah keriting dan cabai hijau keriting ke dalamnya. Aduk rata.
  9. Tambahkan saus tiram, saus sambal, kecap manis, kaldu jamur, dan lada bubuk secara berurutan, kemudian aduk hingga semua bahannya tercampur rata. Jika perlu, koreksi rasa.
  10. Tambahkan sekitar ½ hingga 1 gelas air, kemudian aduk rata.
  11. Tunggu hingga saus tiram mendidih, kemudian baru masukkan ayam tepung.
  12. Aduk rata agar saus tiram meresap dengan sempurna ke dalam ayam tepung.
  13. Setelah dirasa matang, angkat dan pindahkan ke dalam piring atau mangkok.
  14. Ayam tepung saus tiram pun siap untuk disantap untuk buka puasa Sedulur.

BACA JUGA: Resep Ayam Goreng Madu Enak, Cocok Untuk Menu Buka Puasa

Tips agar tepung lebih crispy

Femina

Dalam resep ayam goreng tepung saus tiram, agar tepung ayam terasa lebih crispy terdapat beberapa tips yang perlu Sedulur pahami. Agar lebih crispy atau kriuk saat digigit yaitu dengan melakukan dukali pencelupan pada tepung basa dan tepung kering.

Sedulur bisa mengulangi proses pencelupan agar tepung benar-benar melekat pada daging dan ketika digoreng daging akan lebih kriuk. Sedulur bisa melihat hasilnya setelah menggoreng ayam tepung hingga kering, tepung dijamin akan lebih kriuk.

Jika Sedulur telah berhasil membuat ayam tepung yang kriuk, Sedulur tidak perlu lagi beli ayam tepung di luar, karena Sedulur bisa membuatnya sendiri. Selain lebih enak, Sedulur bisa membuat ayam yang lebih berkualitas.

Nah itulah resep ayam goreng tepung saus tiram yang bisa jadi rekomendasi lauk untuk berbuka puasa. Jangan lupa untuk menyiapkan setiap bahan yang dibutuhkan agar Sedulur bisa tinggal membuatnya langsung di rumah.

Sedulur bisa kulakan setiap bahan yang dibutuhkan dalam resep di Aplikasi Super. Tersedia lengkap kebutuhan dapur dan bumbu untuk memasak berbagai hidangan. Kulakan di Aplikasi Super juga praktis dan akan memudahkan Sedulur.

Bagi Seduur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa segera download aplikasinya di PlayStore dan mulai belanja berbagai kebutuhan menggunakan Aplikasi Super.