Yuk, simak cara membuat puding gula merah di bawah ini, sebagai alternatif camilan sore hari!

Berbagai jenis camilan bisa Sedulur pilih dan nikmati untuk mengisi waktu santai. Salah satunya adalah puding gula merah. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas resep puding gula merah yang bisa dengan mudah Sedulur buat sendiri di rumah.

Puding gula merah santan merupakan camilan yang ringan dan tidak mengenyangkan. Cara membuatnya pun mudah. Puding gula merah termasuk salah satu resep aneka puding santan. Tanpa berlama-lama, mari langsung saja kita simak pembahasan mengenai cara membuat puding gula merah atau cara membuat puding santan di bawah ini.

Resep Puding Gula Merah yang Mudah dan Super Kenyal!

1. Bahan yang Dibutuhkan

1. Bahan yang Dibutuhkan
youtube.com

Dalam resep agar agar santan gula merah atau resep agar gula merah santan kara, Sedulur membutuhkan dua jenis bahan. Bahan yang Sedulur butuhkan tersebut  adalah:

-->

Bahan Pertama:

  • Agar-agar plain – 1 bungkus
  • Gula merah – 220 gram
  • Santan kental – 200 ml
  • Air – 700 ml
  • Garam – 1/2 sdt
  • Daun pandan – 2 lembar

Bahan Kedua:

  • Agar-agar plain – 1 sdm
  • Gula merah – 100 gram
  • Air – 450 ml

2. Masak Bahan Pertama

2. Masak Bahan Pertama
fimela.co.id

Setelah bahan terkumpul, langkah pertama yang harus Sedulur lakukan adalah merebus gula merah dan air hingga gula merah larut. Selanjutnya Sedulur saring rebusan gula merah, dan pindahkan dalam wadah yang terpisah. Campurkan gula merah yang telah direbus dengan santan kental, bubuk agar-agar, garam, dan daun pandan. Masak hingga mendidih dan aduk terus secara perlahan. Setelah masak, masukan dalam cetakan dan isi setengahnya.

3. Masak Bahan Kedua

3. Masak Bahan Kedua
idntimes.com

Langkah selanjutnya adalah dengan memasak bahan kedua, campurkan semua bahan dalam panji dan masak hingga mendidih. Lalu angkat dan tiriskan terlebih dahulu hingga uap panasnya menghilang dan tidak terlalu panas. Setelah agak dingin, tuangkan dalam cetakan, dan pastikan terlebih dahulu bahan sebelumnya telah mengeras.

4. Puding Gula Merah Siap Dinikmati

4. Puding Gula Merah Siap Dinikmati
merdeka.com

Langkah selanjutnya, Sedulur tinggal memasukkannya dalam kulkas, agar puding dingin dan semakin mantap untuk dinikmati. Sedulur juga bisa membuat puding dengan jumlah yang agak banyak, agar bisa dinikmati bersama dengan keluarga dan orang-orang terdekat Sedulur.

Jika menyimak penjelasan di atas, langkah dan cara membuat agar-agar atau puding dari gula merah tidak terlalu sulit, bahkan sangat mudah sekali untuk dibuatnya. Hal yang paling penting untuk dipersiapkan adalah bahan-bahannya. Agar Sedulur semakin mudah dan semakin untung, Sedulur bisa membeli bahan-bahannya di Aplikasi Super.

Beli Bahan Membuat Puding Gula Merah di Aplikasi Super

Beli Bahan Membuat Puding Gula Merah di Aplikasi Super
superapp.id

Agar Sedulur lebih untung lagi, Sedulur bisa membeli bahan membuat puding dalam resep di atas di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super terlebih dahulu, bagi yang belum memiliki Aplikasi Super. Jangan lupa untuk memantau terus Aplikasi Super karena banyak bonus yang menarik yang diberikan oleh Aplikasi Super.

Aplikasi Super menyediakan setiap bahan yang berkualitas dengan harga murah. Selain itu, terdapat beberapa program menarik dan menguntungkan dari Aplikasi Super. Sedulur bisa terus pantengin Aplikasi Super untuk mendapatkan kesempatan yang menguntungkan tersebut.

Sedulur juga bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi. Jangan lupa untuk panting Aplikasi Super karena akan banyak bonus dan kejutan menarik yang diberikan oleh Aplikasi Super yang akan membuat Sedulur semakin untung.