makanan korea

Tren K-pop dan drama Korea Selatan ternyata membawa efek yang cukup banyak di Indonesia. Salah satunya adalah makanan Korea Selatan yang khas dengan rasa pedasnya. Banyak orang yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai kuliner khas Negeri Ginseng tersebut.

Jika meilihatnya dari layar kaca saja, tampilan makanan tersebut memang sangat menarik. Akan tetapi, kita tidak tahu bagaimana rasanya dan apakah cita rasa makanan itu akan cocok di lidah orang Indonesia. Sebelum mencoba membeli atau membuatnya sendiri di rumah, ketahui beberapa makanan Korea yang hits di Indonesia berikut ini.

BACA JUGA: 22 Pilihan Makanan Khas Sulawesi yang Harus Kamu Coba

1. Kimchi

makanan khas korea
detik

Bagi para penggemar drama Korea, tentu sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Kimchi adalah makanan khas Korea berupa sayuran fermentasi yang sangat populer di dunia. Makanan khas Korea ini umumnya dibuat dengan sawi putih yang difermentasi dengan gochujang. Bagi orang Korea, kimchi ini adalah makanan sehari-hari.

-->

2. Bulgogi

makanan korea halal
cookpad

Tampilan dari bulgogi ini memang mirip seperti teriyaki. Bulgogi termasuk makanan Korea yang halal karena menggunakan daging sapi sebagai bahan utama. Daging tersebut ditumis atau dipanggang dengan bumbu khas dan disajikan dengan nasi khas Korea serta kimchi.

3. Bibimbap

Banyak yang bilang jika bibimbap adalah nasi campur khas Korea. Bagi Sedulur yang sedang mencari menu sehat dan bernutrisi, bibimbap bisa menjadi pilihan. Hal ini karena ada banyak jenis sayuran yang ada di dalamnya. Selain itu, tambahan telur ceplok dan daging sapi juga membuat gizi dan nutrisi yang dihadirkan semakin tinggi.

4. Jjajangmyeon

makanan korea selatan
tribunnewswiki

Jjajangmyeon adalah makanan Korea selatan berbentuk mie dengan bumbu yang khas. Hidangan mie asal Negeri Gingseng ini dibuat dengan tambahan saus kedelai hitam yang membuat warnanya menjadi gelap. Agar semakin nikmat, biasanya mi ini akan ditambah topping seperti sayuran dan daging di bagian atasnya.

5. Kimbap

makanan khas korea selatan
i-gen

Kimbap adalah makanan Korea dari nasi yang dibungkus rumput laut. Sekilas tampilannya memang mirip seperti sushi. Namun ternyata kedua makan tersebut berbeda, terutama dari bahan yang digunakan. Jadi bahan yang digunakan untuk membuat isian kimbap itu lebih lengkap, seperti sayur, telur, dan juga daging.

6. Eomuk-guk

Bentuk dari Eomuk-guk sebenarnya mirip seperti pangsit, hanya saja cara penyajiannya yang berbeda. Eomuk-guk sendiri dibuat dari gorengan ikan yang ditusuk lalu disiram dengan kuah. Makanan memiliki rasa yang mirip otak-otak dan sangat cocok dinikmati ketika musim hujan ataupun cuaca dingin.

7. Tteokbokki

makanan korea yang hits di indonesia
wikipedia

Tteokbokki atau kue beras khas Korea ini memang sering muncul dalam berbagai judul drama Korea. Makanan ini mempunyai tekstur kenyal dengan rasa yang pedas. Tteokbokki biasa dijual di pinggir jalan dan dinikmati bersama telur rebus, fish cakes, serta irisan daun bawang yang membuatnya terasa semakin lezat.

8. Miyeok-guk

makanan korea yang mudah dibuat
diamma

Miyeok-guk atau sup rumput laut juga tidak populer dari makanan khas Korea Selatan lainnya. Biasanya, miyeok-guk ini disajikan saat perayaan ulang tahun. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat sup ini adalah rumput laut, kemudian dilengkapi bumbu seperti minyak wijen, bawang putih, dan gochujang.

9. Samgyetang

Makanan berkuah lain yang berasal dari Negeri Ginseng yaitu samgyetang. Ini adalah sup yang dibuat dari daging ayam utuh, ginseng, dan juga berbagai bumbu rempah yang khas. Dengan rasanya yang sangat nikmat, Samgyetang sangat cocok dinikmati saat hawa dingin.

10. Mandu-guk

makanan korea yang halal
maangchi

Masih dengan jenis sup, kali ini ada mandu-guk. Makanan tersebut terdiri dari pangsit rebus dengan isi daging, kimchi, serta seafood. Selain itu, penambahan kue beras, sayuran, dan telur menjadikannya terasa semakin lengkap.

11. Bungeoppang

makanan khas korea selatan yang halal
okemom

Bungeoppang adalah makanan roti berbentuk ikan yang berisikan kacang merah, keju, cokelat, atau berbagai varian rasa yang lain. Di negara asalnya, makanan ini banyak dijual di pinggir jalan. Hal ini membuat bungeo ppang menjadi salah satu street food yang populer.

12. Juk

Juk atau bubur Korea menjadi salah satu makanan Korea halal yang wajib untuk Sedulur coba. Walaupun sama-sama terbuat dari beras yang dimasak dengan banyak air, namun makanan ini berbeda dengan bubur di Indonesia. Perbedaan yang paling menonjol yaitu ada pada varian rasanya. Ada banyak varian juk bisa dinikmati seperti bubur polos, bubur kacang merah, bubur ayam, bubur udang, dan bubur abalon.

13. Pajeon

pajeon
kompas

Makanan khas Korea selatan yang halal berikutnya adalah pajeon. Pajeon sendiri adalah makanan yang berbentuk gorengan dengan ukuran yang sangat besar. Keunikan dari makanan ini, yakni adanya campuran daun bawang yang tidak dipotong dan dibiarkan memanjang. Tentu saja, makanan ini sangat cocok untuk dinikmati bersama-sama.

BACA JUGA: 14 Makanan Khas Madura yang Menggiurkan, Bukan Cuma Sate!

14. Hotteok

Hotteok
asianfoodnetwork

Bentuk dari makanan yang bernama hotteok ini memang mirip dengan pancake. Namun bedanya, hotteok dibuat dengan menggunakan adonan roti. Selain itu, hotteok juga mempunyai isian di dalamnya seperti sirup gula merah, madu, sayuran, bihun khas Korea, serta kimchi.

15. Ojingeo-gui

Jika ada sate di Indonesia, maka Sedulur akan menemukan makanan yang serupa di Korea bernama ojingeo-gui. Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, ojingeo-gui ini berarti sate cumi panggang. Sesuai dengan namanya, ojingeo-gui dibuat dari cumi yang potong, ditusuk, dan dipaggang di atas arang. Makanan ini banyak dijual di pasar tradisional dan juga pinggir jalan.

16. Twigim

makanan korea dari nasi yang dibungkus rumput laut
openbackpack

Twigim adalah makanan olahan yang digoreng sehingga memiliki citarasa yang renyah. Bagian kulit luar dari twigim ini seperti tempura. Sedangkan bahan dasar yang digunakan cukup beragam, seperti cumi, sayuran, udang, telur, hingga ubi jalar. Adanya banyak variasi tersebut membuat gorengan ini digilai oleh anak-anak dan remaja di Korea Selatan.

17. Dakkochi

Dakkochi
seonkyounglongest

Selain ojingeo-gui, ada juga makanan lain yang berbentuk sate yakni dakkochi. Dakkochi sendiri juga sering disebut sebagai sate ayam Korea. Makanan ini dibuat dari daging ayam yang ditusuk, kemudian dipanggang. Uniknya, dakkochi ini memiliki cita rasa yang pedas. Selain itu, di sela-sela daging ayam juga disisipi daun bawang, sehingga terasa sangat khas. Jika dibandingkan dengan sate Indonesia, ukuran dari makanan ini sedikit lebih besar.

18. Japchae

Bagi yang sedang mencari makanan Korea yang mudah dibuat, maka coba saja buat Japchae. Makanan khas Korea yang satu ini dibuat dari sohun atau bihun yang dicampur dengan daging sapi dan sayuran segar. Umunya, japchae disajikan di acara besar. Menariknya, makanan ini mempunyai sejarah yang cukup panjang. Japchae ini sudah ada sejak Dinasti Joseon atau sekitar abad ke-17.

19. Cheonggukjang

Cheonggukjang
maangchi

Berbeda dari beberapa makanan Korea yang sudah disebutkan sebelumnya, mungkin bagi beberapa orang akan menganggap jika cheonggukjang ini adalah makanan yang sangat unik. Hal ini karena cheonggukjang terbuat dari kedelai yang telah difermentasi. Kemudian kedelai tersebut diolah menjadi sup, sehingga aroma yang ditimbulkan sangat kuat dan rasanya juga sangat unik namun tetap lezat.

20. Gyeranppang

Gyeranppang
gaekon

Gyeranppang adalah olahan makanan berupa gabungan antara telur dan roti. Satu butir telur utuh, akan dipanggang sebagai isian roti. Selain itu, terkadang telur tersebut juga hanya di taruh di atas roti berbentuk persegi panjang. Di atas telur, nantinya akan ditaburi kacang, peterseli, atau biji-bijian lain. Makanan Korea ini sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan karena kaya gizi dan juga mengenyangkan.

21. Ramyeon

Mungkin Sedulur sudah tidak asing dengan makanan yang bernama ramyeon. Makanan berkuah dengan cita rasa pedas ini memang sering muncul dalam drama Korea. Selain itu, ramyun dalam bentuk instan juga sudah banyak dijumpai di Indonesia. Jadi, ramyeon ini adalah mie instan khas Korea yang memiliki cita rasa pedas. Umumnya disajikan dengan berbagai topping agar rasanya semakin lengkap.

22. Jjamppong

Jjamppong
wikipedia

Makanan Korea Selatan dengan citarasa pedas yang kedua ada jjamppong. Hampir sama seperti ramyeon, jjamppong juga termasuk olahan mie dengan kuah pedas yang khas. Warnanya yang merah pekat mampu menggugah selera, sekaligus meningkatkan nafsu makan bagi para penikmatnya. Agar lebih nikmat, biasanya mie tersebut dipadukan dengan seafood.

23. Jeongol

Jeongol
idntimes

Jeongol adalah sebuah makanan berbentuk sup yang dimasak dalam sebuah wadah besar. Isinya dari sup ini juga lengkap seprti irisan daging sapi, jeroan, sayuran, makanan laut, dan yang paling penting adalah bumbu rempah. Makanan yang satu ini memiliki rasa pedas, sangat cocok bagi Sedulur yang gemar mengonsumsi makanan pedas.

24. Kimchi jjigae

Akan terasa sangat disayangkan jika Sedulur melewati makanan khas Korea yang satu ini. Kimchi jijigae merupakan sup yang dibuat dari sawi putih, daun bawang, seafood dan berbagai bahan yang lainnya. Warna kuah dari kimchi jjigae ini merah pekat sebagai tanda rasanya yang pedas.

Namun bagi Sedulur yang muslim, sebaiknya berhati-hati jika ingin mencicipi kimchi jjigae di negera asalnya. Hal ini karena terkadang sup tersebut dicampur dengan daging babi.

25. Sundubu jjigae

Sundubu jjiagae
maangchi

Sundubu jjigae adalah makanan khas Korea Selatan yang juga memiliki rasa pedas. Makanan ini terbuat dari seafood, telur, tofu, dan sayur. Kuah dari sundubu jjigae memiliki warna merah dengan citarasa yang pedas.

Seperti halnya berbagai makanan Korea pedas yang lain, rasa pedas dari makanan ini berasal dari gochujang atau pasta cabai khas Korea serta gochugaru atau cabai bubuk. Dengan rasa pedas tersebut, membuat menu ini cocok untuk dinikmati saat hawa dingin atau musim hujan karena bisa memberikan sensasi hangat untuk tubuh.

26. Haemultang

Haemultang
pinterest

Olahan seafood lain yang juga masuk dalam kategori makanan Korea dengan cita rasa pedas yaitu haemultang. Makanan khas ini dibuat dari berbagai jenis seafood dengan kuah yang pedas. Ada satu hal unik yang bisa Sedulur temukan di dalam makanan ini.

Berbagai seafood seperti udang, cumi, kepiting, dan lain sebagainya dimasak dalam keadaan hidup pada saat kuah sup sudah mendidih. Orang-orang Korea Selatan percaya bahwa dengan metode memasak seperti itu, akan menjaga kesegarannya seafood yang dimakan.

27. Sannakji

Makanan khas Korea Selatan yang terakhir adalah sannakji. Sannakji sendiri adalah makanan yang terbuat dari gurita hidup kemudian dicelupkan ke dalam minyak biji wijen. Potongan tentakel gurita yang masih hidup itu terkadang akan menggeliat di lidah. Jadi tidak semua orang mampu untuk memakan menu unik yang satu ini.

Itulah beberapa makanan Korea Selatan yang bisa Sedulur coba, entah itu membeli di restoran maupun buat sendiri di rumah. Sebenarnya masih ada banyak lagi makanan khas Negeri Ginseng yang belum disebutkan. Namun beberapa makanan di atas makanan yang paling direkomendasikan.

Bagi Sedulur yang ingin coba membuat makanan khas Korea sendiri di rumah, tidak perlu bingung mencari tempat untuk berbelanja bahan-bahan yang diperlukan. Langsung saja download Aplikasi Super, dan dapatkan bahan berkualitas dengan harga yang terjangkau!