makanan khas sumatera barat

Makanan khas Sumatera Barat sangat terkenal di Indonesia, hal pertama yang menyebabkan hal tersebut adalah rasanya yang nikmat dan kaya akan rempah dan bumbu dalam satu makanan. Terbukti dari banyaknya rumah makan Padang yang tersebar di setiap daerah di Indonesia.

Makanan khas Sumatera Barat yang paling kita ketahui adalah rendang dan lauk yang menggunakan bumbu cabai balado. Namun, makanan khas Minangkabau bukan hanya itu saja. Terdapat beberapa makanan nikmat lainnya, serta juga minuman dan camilan yang hanya bisa kita temui di Sumatera Barat. Apa saja makanan tersebut? Yuk, simak daftarnya di bawah ini.

BACA JUGA: 22 Pilihan Makanan Khas Sulawesi yang Harus Kamu Coba

1. Rendang Padang

makanan khas sumatera barat
inews

Rendang merupakan makanan khas dari Sumatera Barat yang terkenal sangat enak. Pada tahun 2017, CNN Travel Amerika Serikat pernah merilis survei yang dilakukan terkait masakan olahan daging sapi yang paling nikmat di dunia, pemenangnya rendang khas Padang ini. Seluruh masyarakat Indonesia sangat bangga, terutama masyarakat sukubangsa Minangkabau.

-->

Daging sapi yang dipotong-potong dimasak menggunakan santan dan rempah-rempah, denagn proses pengolahan sangat lama. Membuat daging sangat empuk dan meresap bumbu dan rempah-rempah di dalamnya. Rasa yang dihasilkan adalah rasa pedas, gurih dan lezat. Di Sumatera Barat terdapat beberapa jenis rendang, yaitu Rendang Lokan, Rendang Dagiang, Rendang Baluik, Randang Rabu, Randang Talua, Randang Piaman, Randang Payakumbuah dan lain sebagainya.

2. Gulai Kepalo Kakap

uniliverfood

Makanan khas Sumatera Barat ini tidak dapat Sedulur temui di rumah makan Padang, karena hanya beberapa rumah makan Padang yang menyediakan menu makanan ini. Jika ingin menyantap gulai kepalo kakap, Sedulur harus mengunjungi rumah makan atau restoran Padang yang cukup besar.

Ikan kakap merupakan ikan laut dengan kualitas daging yang nikmat, bagian kepala kakap merupakan bagian yang paling banyak disukai. Oleh orang Padang, kepala kakap diolah menjadi gulai kuning dengan bumbu dan rempah yang sangat kaya. Makanan dini merupakan kuliner khas dari Kota Padang, Pariaman, Painan dan daerah pesisir pantai lainnya.

Memasak makanan khas dari Sumatera Barat ini adalah dengan menggunakan bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, asam kandis, cabe rawit, cabe merah, dan daun jeruk. Diolah dengan cara digulai, dengan menggunakan santan kelapa berkualitas. Makanan khas Minang terkenal dengan penggunaan santan untuk setiap menu masakannya.

3. Ayam Balado

makanan khas sumatera barat
saribundo

Makanan khas daerah Sumatera Barat yang sering Sedulur temui di rumah makan Padang dan mungkin saja menjadi pilihan Sedulur setiap makan di rumah makan Padang. Olahan ini cukup umum dan sangat mudah dibuat. Yang menjadi unggulan dari kuliner satu ini adalah bumbu balado yang nikmat dan gurih.

Sedulur bisa menggunakan ayam negeri atau ayam kampung, yang digoreng kering terlebih dahulu. Kemudian sediakan bumbu yang terdiri dari cabai merah, bawang putih, tomat, cabai rawit dan cabai keriting. Haluskan semua bumbu tersebut kemudian tumis hingga matang. Jika ingin lebih gurih, Sedulur bisa menambahkan asam kandis.

Masukkan ayam ke delam bumbu balado yang telah matang dalam aduk rata. Sedulur biarkan terlebih dahulu agar bumbu balado menyerap dan ayam mengeluarkan saripati minyak dagingnya dan menyatu dengan bumbu balado.

4. Dendeng Balado/Batokok

kompas

Makanan khas daerah Sumatera Barat adalah dendeng balado/batokok. Hampir mirip dengan ayam balado, namun kali ini menggunakan daging sapi bukan daging ayam. Cara membuat bumbu baladonya hampir sama dengan membuat bumbu ayam balado, perbedaannya adalah dalam mengolah daging sapi agar empuk dan gurih.

Sedulur bisa memotong daging sapi dengan ukuran sesuai selera, kemudian Sedulur masukkan bumbu seperti ketumbar, bawang putih, lada bubuk dan garam serta penyedap rasa. Masak hingga mengeluarkan air dan lemak kaldu daging, lalu kemudian rebus hingga daging benar-benar empuk.

Setelah daging benar-benar empuk, Sedulur tiriskan terlebih dahulu, lalu goreng kering. Setelah itu, Sedulur ambil daging yang telah digoreng kering lalu tumbuk (pukul-pukul) hingga pipih. Batokok sendiri berarti dipukul dalam bahasa Minang. Setelah itu, Sedulur bisa memasukkan ke dalam bumbu balado yang telah Sedulur buat.

5. Ikan Baka (Ikan Bakar)

makanan khas sumatera barat
resepharian

Makanan khas Sumatera Barat dan daerah asalnya selanjutnya adalah ikan baka. Kuliner satu ini juga cukup sering kita temui di rumah makan Padang. Biasanya daerah pesisir seperti Pariaman, dan wilayah pesisir lainnya menjadikan ikan bakar sebagai menu makan utama. Hal tersebut disebabkan oleh ketersediaan ikan laut yang melimpah di daerah sana.

Kota Pariaman dan Kabupaten Pesisir Selatan. Cara membuatnya yaitu daging ikan dilumuri santan kental, sedikit kecap, dan mentega. Kemudian ikan dibakar di atas bara api dan diberi kipas supaya bumbu meresap dan ikan matang. Kita bisa menikmati sajian ini dengan nasi hangat dan sambal ijo khas Minangkabau.

6. Cancang Karani

i.ytimg

Makanan khas Sumatera Barat selanjutnya adalah cancang karani, yang merupakan kuliner yang sudah mulai jarang ditemui bahkan di wilayah Sumatera Barat itu sendiri. Hal ini disebabkan cancang karani merupakan makanan yang disajikan untuk upacara adat di Minangkabau. Kegiatan upacara adat tradisional itu sendiri sudah mulai jarang ditemui.

Cancang karani hampir mirip bakso tapi teksturnya lebih kasar. Kuahnya terbuat dari santan kelapa, serta dihidangkan bersama mi sohun dan kentang. Cancang karani terbuat dari daging sapi yang dicincang kasar, bawang putih, bawang merah, dan bumbu rempah-rempah.

7. Sate Padang

makanan khas sumatera barat
tokopedia

Salah satu makanan khas Sumatera Barat yang paling dicari terutama oleh masyarakat daerah lain di Indonesia. Ada tiga jenis sate yang terkenal di Sumatera Barat, pertama Sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman. Kualitas dagingnya sangat nikmat, karena telah direbus menggunakan rempah-rempah dan kemudian dibakar sehingga menghasilkan daging yang empuk.

Selain itu kualitas kuahnya yang kental dengan rasa yang nikmat membuat kuliner ini sangat dinikmati. Biasanya sate padang ini dinikmati dengan ketupat, namun Sedulur juga bisa menikmatinya dengan nasi meskipun sangat jarang yang melakukannya.

BACA JUGA: Resep Dendeng Batokok Pedas Khas Masakan Minang

8. Lamang Tapai

idntimes

Ini merupakan makanan khas Sumatera Barat yang terbuat dari singkong yang telah difermentasi dan menjadi tapai. Namun ada juga yang menggunakan tabai yang terbuat dari beras ketan. Kuliner ini merupakan khas dari daerah Batusangkat, yang biasa disuguhkan saat pesta pernikahan dan sebagai takjil buka puasa.

Lamang tapai juga biasanya menjadi makanan pembuka, karena rasanya yang manis dan berukuran kecil. Selain itu juga seringkali dinikmati dengan kuat santan dan lalu lamang tapai dibakar selama dua jam agar lebih merasap dan tentu saja lebih tahan lama. Sedulur wajib mencicipi makanan khas Sumatera Barat yang memiliki rasa manis satu ini.

9. Martabak Kubang

makanan khas sumatera barat
detik

Selain lamang tapai, camilan makanan khas Sumatera Barat selanjutnya adalah martabak kubang. Martabak Kubang digemari masyarakat lokal dan pendatang karena memakai bumbu tradisional. Bahan membuat martabak Kubang yaitu potongan daging sapi, daun bawang, telur, garam, merica.

Bahan-bahan tersebut kemudian ditumis dan dibungkus memakai kulit yang terbuat dari tepung terigu dan mentega. Kuah martabak rasanya asam manis terbuat dari campuran kecap, potongan cabe hijau, bawang bombai, dan cuka.

10. Ampiang Dadiah

goodnewsfromindonesia

Ampiah dadiah merupakan makanan khas Sumatera Barat sekaligus kuliner tradisional khas Padang Panjang. Ampiang adalah beras ketan yang ditumbuk dan ditaburi kelapa. Sedangkan Dadiah adalah minuman susu yang difermentasi dalam batang bambu. Susu ini didiamkan selama beberapa hari, sehingga menghasilkan susu segar dan rasa berbeda. Susu tersebut kemudian disiram di atas beras ketan dan dinikmati secara bersamaan.

11. Pensi

makanan khas sumatera barat
tempo

Pensi adalah makanan khas Sumatera Barat yang terbuat dari kerang kecil bernama remis. Kuliner ini merupakan khas dari daerah Danau Maninjau yang terkenal menghasilkan remis dengan rasa yang lezat. Pensi adalah olahan dari remis yang diberi bumbu seperti kunyit, jahe dan lengkuas yang bertujuang untuk menetralisir kandungan kolesterol dalam remis. Selain nikmat, tentu saja kuliner ini menyehatkan.

12. Teh talua

liputan6

Setelah puas dangan daftar makanan khas Sumatera Barat, kali ini adalah minuman khasnya yaitu teh talua atau teh telor. Bagi yang tidak kuat dengan bau amis telur, mungkin tidak akan sanggup membayangkan untuk meminum teh satu ini. Namun tenang saja, cara mengolah yang baik kendati telur yang digunakan mentah, tidak sama sekali mengandung bau amis. Sedulur harus mencoba langsung untuk membuktikannya. Dijamin akan ketagihan!

Baca Juga: 6 Perbedaan Nasi Kapau dan Nasi Padang, Jangan Salah!

13. Es Durian

makanan khas sumatera barat
detik

Es durian menjadi salah satu jajaran dalam daftar makanan khas Sumatera Barat. Karena wilayah ini terkenal sebagai penghasil buah durian, membuat salah satu kuliner menyegarkan hadir yaitu es durian. Daerah pesisir seperti Pariaman, Agam, Payakumbuh dan Sijunjung menjadi penghasil es durian paling nikmat.

Salah satu es durian terkenal adalah Ganti Nan Lamo yang berada di kawasan Pulau Karam, daerah yang berada tidak jauh dari Jembatan Siti Nurbaya Kota Padang. Salah satu es durian paling legendaris dan menarik sejumlah wisatawan.

14. Talua Barendo

kinciakincia

Makanan khas Minangkabau selanjutnya adalah Talua Barendo. Di kota Payakumbuh tepatnya di daerah Garegeh, Bukittinggi ada nasi sederhana bernama “Talua Barendo“. Makanan ini dibuat dari telur yang diaduk dengan bumbu. Telur kemudian didadar dengan cara khusus menyerupai renda.

Renda adalah hiasan pakaian rendo, kerajinan tradisional masyarakat kota Gadang. Telur dadar ini juga dihidangkan bersama nasi hangat, ikan goreng air tawar dan tentu saja sambal hijau dan sambal balado khas Minangkabau.

Baca Juga: Resep Ayam Cabe Hijau ala Padang, Pedasnya Nikmat!

15. Galamai

makanan khas sumatera barat
idntimes

Terdapat juga makanan bernama Galamai yang merupakan makanan khas kota Payakumbuh. Makanan ini disajikan di piring dan dipotong sepetak. Galamai yang dijual biasanya dibungkus kecil dan dibungkus anyaman pandan. Galamai adalah olahan beras ketan yang direndam, ditiriskan kemudian ditumbuk jadi tepung. Setelah itu santan kental dicampur dengan gula aren, kemudian diaduk hingga mengental. Makanan manis ini juga dicampur tepung ketan, kacang tumbuk, dan garam secukupnya.

16. Sala Lauak

resepdapurema

Nah makanan khas Sumatera Barat yang terakhir ini mungkin belum Sedulur ketahui. Karena jika Sedulur bukan orang Minang atau keturunan Minang, pasti jarang mengetahui makanan ini. Selain dijual hanya di beberapa tempat, membuat Sala Lauak juga sangat sulit. Berpotensi meledak saat digoreng.

Makanan ini terbuat dari tepung beras yang diberi bumbu giling dari rempah-rempah. Kemudian dibentuk bulat-bulat dan digoreng hingga kering. Jika tidak benar-benar pandai dalam membuatnya, ketika proses penggorengan Sala akan meledak. Maka dari itu makanan ini jarang kita temui di rumah makan Padang di luar Sumatera Barat.

Itulah daftar makanan khas Sumatera Barat yang selalu berhasil membuat lidah kita bergoyang saat menikmatinya. Dengan menu yang membuat kita selalu ketagihan, semoga artikel ini bisa memunculkan hasrat makan Sedulur dan segera mencari rumah makan Padang terdekat. Masakan Padang memang efektif untuk menyembuhkan penyakit malas makan!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.