Fakta Nasi Kapau

Pernah mendengar kuliner bernama nasi kapau? Yup, nasi kapau adalah salah satu makanan khas yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Sajian ini pun berkerabat dekat dengan nasi padang, bahkan sempat membuat banyak orang keliru membedakannya.

Padahal dua masakan ini memiliki perbedaan yang cukup kentara lho. Baik dari cara penyajian, menu yang ditampilkan, sampai cita rasa yang ditunjukkan pada para pecinta kuliner.

Penasaran seperti apa perbedaan nasi kapau dan nasi padang? Yuk Sedulur simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Resep Ayam Cabe Hijau ala Padang, Pedasnya Nikmat!

-->

Asal usul

Nasi Kapau
Kompas

Perbedaan yang pertama antara nasi padang dan nasi kapau adalah asal mula makanan ini dijual. Sejumlah sejarawan menyatakan pengambilan nama kapau berasal dari wilayah Kapau yang berada di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Warga lokal sendiri menyebut warung makan nasi kapau sebagai Rumah Makan Nagari Kapau. Sedangkan, nasi padang sudah jelas dari namanya berasal dari Kota Padang, ibu kota Sumatera Barat.

Sejarah nasi kapau juga sudah ada sejak lama, para pakar sejarah menyatakan nasi satu ini sudah jadi kuliner khas masyarakat minang sejak abada ke-19. Dimana para pelopornya adalah wanita Minang yang saat itu ditinggal oleh para suaminya merantau.

Para pedagang kapau juga memiliki julukan tersendiri di tanah Minang. Mereka biasanya disebut sebagai Los Lambuang. Salah satu lokasi yang terkenal akan kelezatan nasi kapaunya ada di Pasar Bawah, Bukittinggi.

Menu dalam Nasi Kapau

Gulai tambusu
Bertuah Pos

Ada perbedaan menu yang mencolok yang disajikan warung nasi padang dan warung kapau. Dimana ada beberapa menu khas yang hanya ada di warung Kapau seperti gulai tambusu, rending daka-daka, ikan mas bertelur, dan gulai kapau.

Menu makanan tersebut memang jarang dijumpai di rumah makan padang pada umumnya sehingga jadi ciri khas tersendiri nasi kapau.

Salah satu menu sajian yang wajib dicoba ketika menyantap nasi kapau adalah gulai kapau dan rendang ayamnya. Rendang ayam kapau sendiri memiliki teknik masak yang berbeda dengan rendang daging yang banyak disajikan di warung nasi padang.

Selain itu ada juga menu gulai tambusu yang berasal dari usus sapi yang diberi telur dan tahu. Kalau kalian coba cari menu ini di warung nasi padang, tentu jarang ada yang jual.

Cita rasa masakan kapau

Nasi Kapau
Indozone

Gulai merupakan salah satu menu utama yang wajib disantap ketika berada di warung nasi padang. Tapi, ketika kamu berkunjung ke restoran kapau, kamu akan mendapatkan rasa gulai yang berbeda.

Cita rasa gulai yang disajikan nasi kapau tergolong unik. Hal ini tidak lepas dari penggunaan bahan dasar seperti kol, nangka, dan kacang panjang. Belum lagi warna gulai ini lebih kuning dan memiliki sentuhan rasa asam yang otentik.Gulai sayur nangka ini juga sering disebut sebagai gulai cubadak.

Baca Juga: Resep Udang Saos Padang yang Pedas dan Nendang

Kapau punya makanan penutup

Bubur Kampiun
Yummy

Berbeda dengan nasi padang yang fokus pada santapan utama saja, warung kapau terkadang juga menyediakan makanan pencuci mulut.

Hidangan penutup ini adalah lemang dan bubur kampiun. Lemang adalah cemilan yang terbuat dari nasi ketan yang masak menggunakan bambu bakar.

Sedangkan bubur kampiun adalah sajian kuliner ringan yang terbuat dari ketan putih, bubur sumsum, ketna hitam, kolak pisang kacang hijau, dan candil.

Penempatan makanan

Warung Nasi Kapau
Kompas

Perbedaan lainnya adalah penempatan makanan atau layout makanan yang disajikan di warung. Kebanyakan nasi padang biasanya menata lauk secara bertumpuk ke atas.

Sedangkan warung kapau meletakkan menu masakannya secara bertingkat, dari atas ke bawah seperti tangga.

Jarang antara penjual dengan lauk pauknya pun cukup jauh. Bahkan, bisa mencapai 1 meter lebih lho. Sehingga penjual akan menggunakan satu serok panjang untuk mengambil menu makanan yang ada di piring.

Alasan ini sendiri bukan tanpa sebab, karena penjual nasi kapau ingin lebih mempermudah para pembeli dalam memilih lauk yang ingin disantap.

Baca Juga: Resep Rendang Sapi Khas Padang Super Empuk & Mudah Dibuat

Cara memesan makanan

Masakan khas padang
Detik

Bila nasi padang akan mempersilahkan pelanggan duduk terlebih dahulu dan mengantarkan semua menunya ke meja makan, maka nasi kapau punya cara penyajian yang berbeda.

Pembeli akan diminta mengantri dan memilih sendiri di satu buah meja besar. Pedagang akan mengambilkan dan menata menu-menu tersebut di atas piring.

Selain itu, nasi dan kuah gulai diberikan secara gratis disebuah mangkok besar.Berbeda dengan nasi padang yang kuahnya akan bersamaan dengan setiap menu yang dipesan.

Nasi kapau bukan nasi minang?

Nasi Kapau Padang
Media Pijar

Melihat fakta di atas memang lantas muncul pertanyaan, jadi beda nasi padang dan nasi minang dengan nasi kapau apa? Jawabannya adalah kategori masakan tersebut.

Nasi minang merupakan olahan masakan yang berasal dari seluruh tanah minang. Sehingga nasi padang dan kapau merupakan salah satu bagian dari sajian nasi minang.

Keduanya pun memiliki karakteristik makanan minang yang penuh dengan santan dan dimasak dengan cita rasa yang gurih dan penuh rempah.

Selain itu, masakan minang juga dikenal dengan sajian rendangnya yang sangat beragam. Hal ini juga yang terdapat pada kuliner kapau dan padang yang memiliki teknik masak rendang masing-masing.

Nikmatnya nasi kapau padang memang kadang membuat kita bingung dari mana asalnya sehingga berbeda dengan nasi padang pada umumnya. Semoga dengan penjelasan di atas, Sedulur sudah bisa mengerti beda dua menu khas Sumatera Barat tersebut.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.