Suka ngemil kentang goreng? Yuk langsung saja simak resep kentang goreng di bawah ini.

Kentang goreng merupakan salah satu cemilan yang menyehatkan dan mengenyangkan. Saat ini sudah tersedia di berbagai supermarket kentang goreng instan yang merupakan salah satu makanan beku.

Kentang goreng bahasa inggris adalah french fries, hal ini disebabkan karena dunia pertama kali mengenal cemilan kentang goreng dari Perancis, maka dari itu dikenal dengan nama gorengan Prancis. Terdapat beberapa resep kentang goreng yang bisa kita nikmati dan kita buat sendiri di rumah.

Mulai dari resep kentang goreng tepung, resep kentang goreng french fries, resep kentang goreng keju, kentang goreng yang renyah dan mudah dibuat di rumah, hingga kentang goreng homemade. Semuanya akan dibahas dalam artikel kali ini, yaitu beberapa resep kentang goreng frozen.

Jangan khawatir, membuat kentang goreng sendiri bisa lebih enak daripada kentang goreng KFC, kita bisa menggunakan cara membuat kentang goreng tanpa tepung.Karena kentang goreng memiliki bermacam manfaat kentang goreng, baik untuk kesehatan ataupun untuk kecantikan.

Yuk, langsung saja kita simak seperti apa resep membuat kentang goreng yang paling nikmat, lezat dan enak yang bisa kita buat sendiri di rumah.

Baca Juga: 11 Resep Bihun Jagung ala Restoran, Mudah Di Buat dan Nagih

Daftar Resep Membuat Kentang Goreng Ala Restoran

1. Kentang Goreng Crispy

Kentang Goreng Crispy

Membuat resep pertama ini bahan yang dibutuhkan adalah 2 buah kentang ukuran besar, 2 gelas air untuk merebus kentang, garam secukupnya, setengah sdt kunyit bubuk, 1 sdm makan tepung terigu, minyak goreng secukupnya dan 2 gelas air es,

Cara membuatnya sangat mudah pertama kupas dan iris kentang dengan bentuk sesuai selera, namun disarankan potong kentang dengan bentuk stik. Setelah dipotong, merendam kentang ke air terlebih dulu. Lalu rebus kentang dan tambahkan kunyit ke dalam air rebusan.

Setelah matang direbus, angkat kentang dan tiriskan. Masukan rebusan kentang ke dalam air es. Diamkan kentang, sambil mendiamkan kentang, kita membuat adonan dari campur terigu dan garam. Gulingkan kentang di atasnya lalu aduk dan lumuri kentang dengan tepung campur garam.

Selanjutnya panaskan minyak kemudian goreng kentang sampai berubah warna. Angkat dan tiriskan. Resep kentang pertama pun selesai dilakukan.

2. Kentang Goreng Beku

Kentang Goreng Beku

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep kedua adalah 4 buah kentang ukuran sedang, 1 sendok makan garam, 2 liter air, 1 sendok makan minyak sayur, 2 liter air es. Setelah bahan terkumpul, selanjutnya adalah melakukan cara membuatnya.

Pertama kupas dan iris kentang bentuk stick setebal dengan ketebalan sesuai selera. Setelah itu bersihkan kentang dan rendam dalam air. Siapkan air dan didihkan. Masukan garam dan rebus kentang selama 2 menit. Tiriskan dan masukkan kentang ke air es.

Selanjutnya aduk kentang dengan minyak sayur atau minyak apapun. Kemudian taruh kentang di atas kertas roti dan simpan di dalam kulkas selama 6 jam. Lalu Pindahkan kentang ke kantung yang bisa ditutup dan di freezer hingga membeku.

Diamkan selama beberapa jam, ketika kita ingin menyantapnya, kita tinggal goreng kentang beku ke minyak panas. Resep ini merupakan resep membuat kentang goreng yang dijual di tempat makanan beku yang ada di supermarket.

3. Kentang Goreng KFC

Kentang Goreng KFC

Tentu saja kita bisa pernah makan di KFC dan pernah merasakan kentang gorengnya. Kita bisa membuat kentang goreng KFC di rumah sendiri, dengan rasa yang sama persis. Bahan yang dibutuhkan adalah 200 gram beef tallow atau lemak daging sapi yang telah membeku.

Bahan lainnya adalah 1/4 cangkir sirup jagung, 2 sendok teh garam, 2 buah kentang ukuran besar, 1 1/2 gelas air, dan 1/4 sendok teh kaldu sapi. Selanjutnya cara membuatnya yang pertama adalah membersihkan kentang dan memotongnya sesuai selera.

Lalu campurkan sirup jagung dan air, masukkan kentang ke dalamnya. Diamkan kentang dalam campuran tersebut selama 30 menit, setelah itu lalu tiriskan. Goreng kentang selama 1 sampai 2 menit.

Panaskan lagi minyak goreng dan tambahkan lemak daging sapi. Goreng kentang selama 5 menit atau sampai kuning keemasan. Kentang goreng ala KFC pun telah bisa kita nikmati dengan di rumah tanpa harus mengeluarkan uang membelinya di KFC.

Baca Juga: 10 Resep dan Cara Masak Kepiting Saus Tiram / Asam Manis

4. Kentang Goreng Tanpa Tepung

Kentang Goreng Tanpa Tepung

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep ini adalah 100 gram beef tallow atau lemak daging sapi beku, 2 liter air es, 4 buah kentang, garam secukupnya dan minyak untuk menggoreng secukupnya. Cara membuat sangat mudah, pertama bersihkan, rendam dan potong kentang sesuai selera.

Selanjutnya lelehkan beef tallow di penggorengan dan tambahkan minyak goreng ke dalamnya. Setelah itu jangan lupa tiriskan kentang dari air rendaman, lalu goreng kentang sampai matang. Resep ini merupakan resep kentang paling sederhana yang memiliki rasa enak dan bisa kita coba buat sendiri.

5. Kentang Saus Keju

Kentang Saus Keju

Bahan dan cara membuat resep kentang ini adalah pertama 4 buah kentang ukuran sedang, 100 gram keju quick melt diparut, 50 ml air, 130 ml susu cair tawar, 1 kuning telur, 20 gram bumbu kentang bubuk rasa keju dan satu setengah sendok makan tepung maizena.

Setelah bahan terkumpul lanjut ke cara membuatnya, pertama rebus susu dan keju dengan menggunakan api kecil. Lalu kocok kuning telur, maizena, dan air dan masukkan ke dalam rebusan susu. Aduk terus hingga rata sampai mengental.

Jangan lupa juga untuk memasukkan bumbu rasa keju ke saus, aduk sampai meletup-letup. Segera angkat dan tunggu sampai dingin. Kukus dan iris kentang sesuai selera. Goreng hingga berubah warna. Terakhir sajikan kentang goreng dengan dilumiri oleh saus keju di atas.

6. Kentang Bumbu Garam

 Kentang Bumbu Garam

Terdengar sederhana, namun memang resep kentang ini hanya membutuhkan bahan sedikit dan cara yang mudah. Bahan yang dibutuhkan adalah 200 gram kentang, minyak secukupnya. air dingin dan es batu secukupnya, dan seperempat sdt garam.

Setelah selesai, cara membuatnya sangat mudah sekali pertama kupas kentang, cuci bersih, dan potong sesuai selera. Lalu, rendam kentang ke air es dan tambahkan garam kemudian diamkan selama 15 menit. Selanjutnya tiriskan kentang hingga benar-benar airnya hilang.

Tahap kedua goreng kentang setengah matang, angkat dan lalu tiriskan. Lalu goreng kembali kentang setengah matang tadi sampai matang lalu angkat dan tiriskan. Kentang sederhana bumbu garam pun telah siap kita sajikan dan nikmati dengan secangkir teh.

7. Kentang Bumbu Balado

Kentang Bumbu Balado

Bahan yang dibutuhkan membuat resep ini adalah 1 kg kentang sedang, setengah buah asem, garam secukupnya, 3 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, 1/2 gelas air, 2 buah cabai merah, gula secukupnya dan bumbu penyedap secukupnya.

Setelah bahan lengkap, langsung kita simak cara membuatnya. Pertama kupas kentang, bersihkan dan rendam lalu iris dan potong-potong sesuai selera. Selanjutnya Kupas bawang dan lalu haluskan bawang putih, bawang merah, cabai, dan asam untuk membuat bumbu balado.

Goreng kentang hingga berubah warna dan matang lalu tiriskan. Panaskan minyak di atas wajan, tumis bumbu yang telah dihaluskan untuk membuat bumbu balado, lalu campurkan kentang yang telah digoreng dengan tumisan bumbu balado.

8. Keripik Kentang Sederhana

Keripik Kentang Sederhana

Bosan dengan olahan kentang yang memiliki bentuk besar, kita bisa membuat alternatif pilihan lain, yaitu keripik kentang sederhana. Cara pertama membuatnya adalah merendam kentang yang telah dibersihkan ke dalam air garam.

Lalu potong kentang dan iris dengan sangat tipis. Rendam kembali kentang ke dalam air garam, dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu panaskan minyak, usahakan menggunakan wajan yang besar dan minyak yang banyak.

Masukan kentang ketika minyak telah sangat panas. Goreng kentang hingga berubah warna dan kering. Setelah itu, angkat kentang dan tiriskan. Keripik kentang yang renyah pun telah siap disajikan, dengan ditemani kopi atau teh.

9. Kentang Renyah Rasa Jagung

Kentang Renyah Rasa Jagung

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep ini adalah 500 gram kentang kupas potong memanjang, 4 sdm maizena, bumbu kentang goreng rasa jagung bakar, 1 sdt garam, air es untuk merendam dan minyak goreng secukupnya.

Cara membuatnya pertama adalah merebus air dan memberi garam secukupnya. Lalu masukkan kentang dan rebus selama 5 menit. Setelah itu, angkat kentang dan tiriskan. Siapkan air es, dan rendam kentang yang telah ditiriskan selama satu jam.

Selanjutnya angkat kentang yang telah direndam, lalu taburi dengan tepung maizena terus taburi hingga menutupi kentang. Masukan kentang ke dalam freezer dan diamkan selama satu jam. Setelah satu jam, siapkan minyak panas di atas wajan dan goreng kentang hingga kuning keemas. Untuk menambah lengkap rasa jagung dari tepung maizena, tambahkan bubuk bumbu rasa jagung.

10. Kentang Tepung

Kentang Tepung

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep ini adalah 3 buah kentang dan merica bubuk secukupnya, siapkan juga setengah bungkus royco, 2 gelas air, 1 sdt garam, 1/2 bungkus royco, 1 butir telur, 2 gelas tepung terigu, dan merica bubuk secukupnya agar tepung semakin gurih.

Setelah bahan siap, cara membuatnya adalah bersihkan, kupas dan rendam kentang ke dalam air gara. Lalu potong kentang sesuai selera. Selanjutnya masukan kentang ke dalam air mendidih, dan rebus hingga setengah matang, atau sekitar 5 menit.

Kocok telor yang telah ditambah royco, siapkan juga tepung terigu yang telah ditambah royco dan merica buku. Masukan kentang setengah matang ke dalam telur, dan lalu guling-guling pada tepung terigu. Setelah siap, goreng kentang tepung hingga matang dan berubah warna.

11. Kentang Bumbu Bolognese

Kentang Bumbu Bolognese

Cara membuat resep kentang ini sangat mudah sekali, pertama kukus kentang  selama 5 menit, angkat dan lalu lumuri kentang dengan tepung maizena. Selanjutnya goreng kentang hingga kering dan lalu tiriskan.

Selanjutnya adalah menumis bawang bombay dan memasukkan daging cincang hingga berubah warna. Jangan lupa juga tambahkan saus tomat, saus sambal, lada, dan garam. Tata kentang di atas piring dan siram dengan saus bolognese yang telah kita buat sendiri di atas.

12. Kentang Mustofa

Kentang Mustofa

Resep kentang satu ini sangat legendaris, dan selalu kita temui di saat hari raya atau hari lebaran. Cara membuatnya sangat mudah, siapkan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, cabai merah, cabai rawit, bawang putih,

Tumis bumbu halus dan tambahkan daun jeruk dan daun salam. Beri garam dan bumbu, cek rasa sesuai selera. Biarkan bumbu dingin terlebih dahulu. Lalu kita siapkan kentang yang telah diiris serupa batang korek api. Goreng kentang hingga kering, dan renyah.

Setelah matang, aduk dan campurkan kentang dengan bumbu halus yang telah dibuat. Aduk dan campur terus hingga semuanya tercampur sempurna. Kentang mustofa pun telah siap kita nikmati.

Semoga resep membuat kentang di atas bisa menambah informasi bagi yang sedang membutuhkan cara mengolah kentang yang berbeda. Jangan lupa untuk membeli segala bahan dari resep di atas di Aplikasi Super aja.

Karena barang yang disediakan sangat lengkap dengan harga yang sangat murah. Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan juga jangan lupa download Aplikasi Super untuk cek langsung kelengkapan dan membandingkan harga di Aplikasi Super.