11 Resep Bihun Jagung ala Restoran, Mudah Di Buat dan Nagih

Bihun jagung bisa menjadi salah satu pilihan makanan sebagai alternatif menu.

Bihun merupakan jenis makanan yang memiliki bentuk hampir sama dengan mie, kenyal dan panjang seperti tali. Namun, bihun dan mie memiliki perbedaan utama dari bahan dasar pembuatannya. Bihun terbuat dari tepung beras.

Memiliki tekstur yang kenyal dan lembut, bihun disukai oleh banyak orang. Seringkali juga menjadi salah satu pelengkap dalam menikmati bakso atau mie kocok. Salah satu jenis bihun yang disukai oleh masyarakat adalah bihun jagung.

Bihun jagung dianggap sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi. Dari bahan dasar ini, kita bisa membuat bihun jagung kuah dan jenis makan lainnya. Bihun jagung memiliki bahan dasar yang berbeda dengan bihun biasa.

Jika bihun biasa terbuat dari tepung beras, bihun jagung terbuat dari tepung maizena atau tepung jagung. Bihun beras vs bihun jagung seringkali dibandingkan, karena keduanya memiliki penggemarnya masing-masing.

Artikel kali ini akan membahas resep dan cara memasak bihun jagung sederhana. Berbagai resep dan olahan menu bihun jagung akan dibahas di artikel ini. Bihun jagung harga terjangkau dan tersedia di berbagai warung dan toko, oleh karena itu sebagai bahan utama, bihun jagung tidak sulit dicari.

Selain itu sangat baik menjadikan bihun jagung untuk diet, karena berbagai bihun jagung merk memiliki manfaat dan keuntungan untuk diet dikarenakan bihun jagung kalori yang dikandung tidak terlalu tinggi. Yuk, langsung saja kita simak daftar resep dan menu bihun jagung yang bisa kita buat sendiri di rumah dengan mudah.

Baca Juga: 10 Resep dan Cara Masak Kepiting Saus Tiram / Asam Manis

Daftar Resep Bihun Jagung yang Bisa Kita Buat Sendiri di Rumah

1. Bihun Jagung Goreng

Bihun Jagung Goreng

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bihun jagung goreng adalah bihun jagung sesuai selera yang telah direndam selama 1 jam, 2 siung bawang yang telah dipotong cincang, daun bawang, cabai rawit secukupnya, 1 butir telur, 4 buah bakso dipotong sesuai selera, 1 buah sosis secukupnya, 100 gr daging ayam iris, bisa dilawat jika tidak dibutuhkan. Sediakan juga sawi putih sebagai sayuran.

Jangan lupa juga sediakan 2 sdm saus tiram, 1 sdm kecap asin, gula, garam, lada dan bumbu penyedap secukupnya, siapkan juga minyak wijen sebagai bahan untuk menumis. Setelah bahan terkumpul, langkah selanjutnya dalam membuat bihun jagung goreng.

Pertama panaskan minyak, lalu goreng telur kemudian sisihkan. Atau bisa juga telur diorek sesuai selera. Panaskan kembali minyak, untuk menumis bumbu-bumbu. Setelah mengeluarkan aroma wangi, masukan bihun jagung dan aduk rata.

Selanjutnya masukkan bumbu-bumbu perasa yang telah disediakan. Aduk rata, cicip dan tes rasa. Jika telah sesuai selera, bihun jagung goreng siap disajikan.

2. Bihun Jagung Pedas

Bihun Jagung Pedas

Menu selanjutnya adalah bihun jagung pedas, bumbu dan bahan yang dibutuhkan kurang lebih sama dengan bumbu pada resep dan menu bihun jagung goreng pertama. Perbedaan ada pada penggunaan cabe rawit dan cabe merah. Karena resep bihun satu ini adalah bihun jagung pedas.

Bumbu yang dibutuhkan adalah kurang lebih 1 sdm baceman bawang (bawang yang telah dicampur minyak), 3 buah cabai merah yang telah diiris menyerong, 3 buah cabai hijau besar diiris serong, 20 cabai rawit domba, 4 cm lengkuas yang telah digeprek, dan 4 lembar daun salam.

Cara membuat bihun jagung pedas satu ini adalah pertama dengan menumis semua bumbu sampai harum.  Dan kemudian tambahkan air dan tunggu hingga mendidih. Langkah kedua  masukkan bahan bihun dan lainnya setelah air mendidih.

Selanjutnya masukkan saus tiram, kecap manis, lada, dan garam. Kemudian aduk-aduk hingga bumbu merata dan air menyusut. Terakhir matikan api, dan bihun jagung pedas pun siap disajikan dengan taburan daun bawang dan bawang merah goreng.

3. Bihun Sayur

Bihun Sayur

Resep bihun selanjutnya adalah bihun sayur. Campuran bihun dengan sayur-sayuran merupakan salah satu pilihan menu makan bagi para pecinta sayuran atau yang kita kenal dengan istilah para vegetarian.

Cara membuatnya sangat mudah pertama seduh bihun dengan air panas hingga empuk. Angkat dan tiriskan, jangan lupa untuk menambahkan 1 sdm minyak goreng dan lalu aduk hingga rata, setelah empuk dan kenyal, bihun disisihkan.

Selanjutnya adalah memanaskan 3 sdm minyak goreng, untuk menumis bumbu halus hingga harum. Selanjutnya adalah masukkan wortel dan buncis masak hingga empuk. Sebagai sayuran utama dalam bihun jagung sayur ini.

Cek rasa dengan menambahkan garam, merica, kaldu bubuk secukupnya. Masukkan bihun, tambahkan sedikit air bila perlu, aduk rata. Terakhir adalah memasukkan daun bawang dan telur orak-arik dan diaduk rata. Setelah rasa pas dan sesuai, bihun jagung satu ini siap disajikan.

Baca Juga: 4 Resep dan Cara Masak Ayam Saus Tiram Ala Restoran

4. Bihun Sosis Goreng

Bihun Sosis Goreng

Resep bihun jagung selanjutnya adalah bihun sosis goreng. Bahan dan bumbu yang dibutuhkan sama, namun jika bisa usahakan dengan menggunakan sosis yang berukuran besar. Karena perbedaan resep satu ini terletak dari sosis yang digunakan.

Cara membuat bihun jagung satu ini sangat mudah, pertama panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus. Masukkan kecap dan sosis lalu tambahkan bihun jangan lupa diaduk hingga rata. Selanjutnya masukkan seledri dan daun bawang, aduk kembali hingga bumbu dan bahan meresap.Tes rasa, jika telah sesuai selera, Resep bihun sosis goreng satu ini telah siap dinikmati.

5. Bihun Jagung dan Seafood

Bihun Jagung dan Seafood

Resep bihun selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan tambahan seafood. Seafood memang merupakan bahan makanan yang bisa digunakan sebagai pelengkap makanan apapun. Cara membuat resep satu ini pun sangat mudah.

Pertama siapkan bihun dan rendam hingga matang menggunakan air yang telah mendidih. Selanjutnya tiriskan bihun, lalu aduk dengan sedikit minyak dan kecap secukupnya. Langkah selanjutnya yaitu dengan menyiapkan sayuran yang telah dipotong.

Siapkan bumbu halus yang telah disediakan, tumis hingga mengeluarkan aroma. Masukkan sayuran, bakso ikan, otak-otak ikan dan udang udang juga bahan seafood lainya. Jangan lupa memasukkan kecap asin dan saus tiram. Beri sedikit air jika terlalu kering. Aduk hingga sayuran dan bahan lain matang. Bihun jagung dimasukkan terakhir, agar tidak terlalu lembek dan terlampau masak. Aduk dengan bumbu tumisan dan cek rasa. Bihun seafood pun telah siap dinikmati.

6. Bihun Goreng Sapi

Bihun Goreng Sapi

Bukan hanya seafood, daging sapi juga sering kali digunakan sebagai bahan untuk setiap menu masakan. Salah satunya adalah bihun goreng sapi. Cara membuatnya sangat mudah, pertama kita rendam bihun terlebih dahulu dengan menggunakan air ketika bihun telah kenyal tiriskan.

Langkah kedua adalah memanaskan minyak, tumis bawang putih, bawang bombai sampai agak menguning dan mengeluarkan aroma wangi. Masukkan daging sapi, aduk sampai berubah warna dan tambahkan air.

Setelah itu tambahkan kecap manis, kecap jamur, lada, kecap asin, saos tiram dan garam. Cek daging, jika telah empuk dagingnya, masukkan jamur dan cabai merah. Terakhir masukkan bihun. Aduk terus sampai air habis. Bihun siap disantap.

7. Bihun Goreng Vegetarian

Bihun Goreng Vegetarian

Dari namanya kita bisa menebak menu bihun satu ini diperuntukan para vegetarian yang menyukai sayuran. Perbedaannya dengan bihun sayur adalah sayur-sayuran yang digunakan. Cara membuatnya pertama tumis cabai keriting dan pete, kemudian masukkan telur, orak-arik hingga rata.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan 2 gelas air dan menambahkan garam, kaldu jamur dan kecap asin dan bumbu perasa lainnya secukupnya atau sesuai selera. Diamkan dan tunggu hingga air agak berkurang dan meresap, setelah itu masukkan bihun.  Aduk sampai air kering kemudian angkat.

8. Bihun Bakso

Bihun Bakso

Resep dan cara membuat bihun satu ini menggunakan bakso sebagai bahan pelengkap dari menu masakan bihun satu ini. Langkah pertama membuatnya yaitu menyeduh bihun dengan air panas hingga lembek dan tiriskan terlebih dahulu.

Selanjutnya tumis bumbu halus hingga harum, masukkan bakso, wortel dan buncis, lalu aduk. Jangan lupa untuk menambahkan air dan memasukkan kecap manis, saus tiram, garam, gula pasir dan kaldu bubuk secukupnya.

Tes rasa, jika sudah pas masak hingga airnya menyusut dan sayurannya empuk, terakhir masukkan bihun. Aduk hingga tercampur rata dan agak sedikit kering. Resep bihun telah selesai dan siap disajikan dengan taburan bawang merah goreng.

9. Bihun Cabai Hijau

Bihun Cabai Hijau

Cara membuat bihun cabai hijau tidak terlalu sulit. Cabai rawit ijo menjadi bahan pelengkap utama dalam resep bihun satu ini. Pertama rendam bihun menggunakan air panas hingga lembut dan lunak. Tambahkan kecap manis secukupnya dan lalu diaduk hingga rata.

Langkah kedua adalah menggoreng sebentar bawang merah, bawang putih lalu ulek dan tumis hingga harum. Kemudian tambahkan bawang bombai dan memasukkan telur lalu orak-arik, tuang bihun, cabai rawit ijo, dan daun bawang. Beri kecap ikan kecap asin lada bubuk. Tes rasa dan masak hingga bumbu merata.

10. Bihun Goreng Jagung

Bihun Goreng Jagung

Menggunakan bahan utama bihun yang terbuat dari jagung tidak otomatis menjadi pantangan untuk menggunakan jagung sebagai bahan pelengkap. Bihun goreng jagung menggunakan jagung sebagai sayuran pelengkapnya.

Cara membuatnya sangat mudah, setelah bumbu-bumbu ditumis dan mengeluarkan aroma wangi, masukan bihun yang telah kenyal dan lembek serta jagung sebagai bahan utama dan pelengkap. Aduk-aduk semua bahan dan cek rasa hingga sesuai selera. Cara membuat dan bahan dasarnya tidak jauh berbeda dengan resep bihun lainnya.

11. Bihun Goreng Saus Tiram

Bihun Goreng Saus Tiram

Resep bihun terakhir adalah bihun goreng saus tiram, langkah dan caranya adalah pertama memanaskan minyak. Tumis cabai merah, bawang putih, dan bawang merah hingga harum. Sisihkan di pinggir wajan. Masukkan telur dan orek telur hingga bubuk.

Selanjutnya masukkan kembang kol dan daun bawang, seledri, tambahkan juga tomat. Aduk sampai layu. Tambahkan bihun jagung. Aduk hingga terbalut rata. Terakhir tambahkan saus tiram, merica bubuk, garam, gula pasir, dan air. Terus masak hingga matang dan resep terakhir bihun pun siap disajikan dengan sepiring nasi hangat.

Semoga daftar resep bihun yang terbuat dari jagung di atas bisa memberikan rekomendasi bagi Sedulur yang sedang membutuhkan alternatif menu lainnya. Jangan lupa juga untuk membeli bahan dan bihun di Aplikasi Super.

Harga setiap bahan dan sembako di Aplikasi Super dijamin mudah meriah, jika tidak percaya Sedulur bisa cek langsung dengan download Aplikasi Super. Jangan lupa juga kunjungi laman Aplikasi Super dengan klik di sini dan pelajari segala sesuatu terkait Aplikasi Super.