Yuk, simak resep membuat kepiting saus tiram di bawah ini.

Salah satu olahan makanan laut, atau seafood yang terkenal lezat adalah kepiting. Memiliki daging yang lembut dan nikmat membuat kepiting menjadi salah satu olahan laut yang paling disukai. Salah satu olahnya adalah kepiting saus tiram.

Terdapat beberapa resep kepiting saus tiram yang bisa kita buat di rumah, mulai dari resep kepiting saus tiram saori, resep kepiting saus tiram ala restoran. resep kepiting saus tiram spesial, resep kepiting saus tiram padang hingga resep kepiting saus tiram pedas.

Selain itu, berbagai chinese food juga memiliki beberapa resep kepiting saus tiram yang khas dengan bumbu-bumbu rahasia. Artikel kali ini akan membahas resep kepiting saus tiram dengan langkah dan cara memasaknya.

-->

Hal ini dimaksudkan agar Sedulur yang tengah ngidam makan kepiting, bisa membuatnya langsung di rumah. Seperti apa saja resep dan cara memasak kepiting saus tiram yang bisa kita lakukan di rumah? Yuk, langsung saja simak ulasannya.

Baca Juga: 4 Resep dan Cara Masak Ayam Saus Tiram Ala Restoran

Daftar Resep Kepiting Saus Tiram yang Mudah dan Bisa Dibuat Di Rumah

1. Kepiting Saus Tiram Bumbu Padang

Kepiting Saus Tiram Bumbu Padang

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep pertama dari kepiting saus tiram ini tidak sulit didapat. Karena telah dijual di banyak tempat, terutama di pasar tradisional dan supermarket. Bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan umum untuk memasak.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep kepiting saus tiram bumbu padang adalah 500 gr kepiting, 1 sdm gula pasir, garam secukupnya, 3 lembar daun salam, 3-4 daun jeruk, setengah ruas lengkuas, 1 batang serai yang telah digeprek.

Jangan lupa juga menyiapkan 1 butir telur yang telah dikocok, 2 sdm saus tiram, 4 sdm saus tomat, 2 batang daun bawang yang telah diiris, setengah bonggol bawang bombai yang sudah dicincang kasar, 5 sdm saus sambal pedas manis, 150-300 ml air, dan minyak secukupnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bumbu halus adalah 4 siung bawang putih, 6-7 siung bawang merah, 7 cabai merah keriting, sedikit kunyit, 2 butir kemiri, dan 2 cm jahe. Setelah semua bumbu siap. Kita langsung saja masuk ke pembahasan cara memasaknya.

Pertama cuci hingga bersih kepiting untuk membuat kepiting saus tiram ini, lalu buang kotoran yang masih menempel. Setelah itu lalu panaskan air secukupnya, rebus kepiting saus tiram bersama irisan jahe kurang lebih selama 3-5 menit. Setelah selesai lalu tiriskan.

Selanjutnya siapkan minyak pada wajan yang telah dipanaskan, tumis bumbu halus bersama irisan bawang bombai, daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas. Jangan lupa tambahkan bumbu perasa, seperti garam, lada bubuk dan lalu aduk hingga rata dan tercampur sempurna.

Selanjutnya masukan kepiting dalam langkah membuat kepiting saus tiram bumbu padang ini, jangan lupa untuk menambahkan air secukupnya dan kemudian aduk-aduk hingga rata. Selanjutnya tambahkan telur dan biarkan bumbu meresap, proses terakhir tambahkan daun bawang.

Resep kepiting saus tiram pun siap disajikan, dan dinikmati dengan sepiring nasi atau hanya kepiting saus tiram saja.

Baca Juga: 4 Resep dan Cara Membuat Udang Saus Tiram Rasa Restoran

2. Kepiting Saus Tiram Mentega

Kepiting Saus Tiram Mentega

Resep selanjutnya adalah kepiting saus tiram mentega. Bagi yang menyukai rasa gurih dan aroma yang wangi, resep kepiting saus tiram saus tiram satu ini sangat cocok untuk dicoba dan memang memiliki rasa yang sangat nikmat.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kepiting saus tiram mentega adalah pertama 2 ekor kepiting, yang telah dibagi menjadi dua dan telah cuci hingga bersih. Lalu masak dulu kepiting untuk membuat kepiting saus tiram mentega. Kita bisa menggorengnya atau juga mengkukusnya.

Jangan lupa juga siapkan bahan sebagai bumbu halus, pertama 4 siung bawang putih, 6 siung bawang merah, setengah buah bawang bombai, 3 sdm kecap manis, 6 sdm mentega dan juga garam dan gula secukupnya. Jangan lupa siapkan juga mentega sebagai bahan utama resep kepiting saus tiram ini.

Cara memasaknya juga cukup mudah, pertama tumis semua bumbu halus dengan mentega sampai wangi, lalu masukkan kecap, garam dan gula. Usahakan gunakan mentega yang lebih banyak jika menginginkan rasa mentega yang kuat dan untuk menambahkan rasa gurihnya.

Setelah bumbu matang dan keluar aroma wangi, masukkan kepiting yang sudah digoreng atau dikukus, lalu aduk hingga rata, aduk terus dan tunggu sampai bumbu meresap kepada kepiting dan juga membuat kepiting berubah warna.

Jangan lupa tes rasa, jika masih kurang dan belum sesuai dengan selera. Bisa ditambahkan lagi garam atau gula. Kita juga bebas menambahkan mentega untuk membuat kepiting saus tiram ini lebih gurih lagi. Lalu kita tinggal menyajikan resep satu ini.

3. Kepiting Asam Manis

Kepiting Asam Manis

Resep kepiting saus tiram yang paling umum dimasak dan dijual adalah kepiting asam manis, bumbu yang dibutuhkan adalah 500 gr kepiting, setengah bawang bombai yang telah diiris, 1 buah bawang putih yang telah dicincang halus, 1 buah jagung yang telah dipotong jadi 5 bagian.

Siapkan juga setengan buah wortel yang telah diiris tipis, 1 buah daun bawang, 2 buah cabai merah diiris secara menyerong, 200 ml air, 1 buah telur yang telah dikocok lepas, 1 sdm margarin, 2 sdm minyak goreng, 1 sdt gula pasir, setengah sdt garam, 5 sdm saus tomat, 2 sdm saus cabai, 1 sdm kecap manis, 1 sdm saus tiram, setengah sdt merica bubuk dan 1 sdm air jeruk nipis.

Siapkan juga bumbu halusnya yaitu 2 buah bawang merah, 2 buah bawang putih, dan 3 buah cabai merah. Cara membuatnya cukup mudah pertama bersihkan bagian tubuh kepiting, setelah itu cuci bersih dan rebus kepiting sebentar hingga sampai berubah warna.

Cara selanjutnya dalam membuat resep kepiting saus tiram ini adalah menumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum, lalu masukkan bawang merah, bawang putih dan cabai yang sudah dihaluskan, masak hingga berubah warna. Masukkan juga wortel, jagung dan air, masak hingga lembut.

Selanjutnya adalah memasukkan kepiting yang sudah direbus, dan diaduk hingga rata. Tambahkan saus tomat, saus cabai, saus tiram, gula, garam, kecap, merica bubuk, dan air jeruk nipis aduk sampai tercampur rata. Jangan lupa untuk cek rasa, jika sudah pas kepiting siap disajikan dalam keadaan hangat,

4. Kepiting Lada Hitam

Kepiting Lada Hitam

Resep kepiting saus tiram selanjutnya dengan menggunakan bumbu lada hitam. Bahan yang dibutuhkan adalah 1 kg kepiting, 1 buah bawang Bombay, 2 sdm kecap manis, 1 batang bawang daun, 3 sdm saos tiram, 1 buah cabai merah, 1 sdt merica bubuk, 250 gr sauce lada hitam, dan juga garam, kaldu bubuk, gula merah dan gula pasir secukupnya.

Siapkan juga bumbu halusnya yaitu 3 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, setengah ruas jahe dan 2 buah kemiri. Setelah bahan siap sedia, langsung saja ke cara memasak kepiting saus tiram bumbu lada hitam ini.

Pertama cuci bersih kepiting dan jangan lupa untuk sedikit dipukul, agar nanti  bumbu dapat lebih meresap. Siapkan minyak secukupnya dan tumis bumbu hingga harum. Selanjutnya, masukkan kepiting dan tambakan sedikit air, lalu  tambahkan juga kecap manis, saus tiram, saus lada hitam, merica bubuk, kaldu bubuk, garam, dan gula pasir sambil diaduk rata.

Diamkan wajan hingga semua bumbu dan bahan meresap. Ketika kuah telah terlihat mengental,  tambahkan bawang bombai dan cabai merah, dan aduk sebentar sambil tes rasa hingga sesuai selera. Resep kepiting saus tiram bumbu lada hitam pun telah siap  untuk dihidangkan.

5. Kepiting Saus Tiram Pedas dengan Udang

Kepiting Saus Tiram Pedas dengan Udang

Resep kepiting saus tiram selanjutnya menggunakan udang sebagai bahan tambahan. Bagi pecinta pedas, kuliner satu ini sangat cocok dan akan sangat menantang ketika dicoba. Bahan yang dibutuhkan untuk resep kepiting saus tiram satu ini adalah sebagai berikut.

Siapkan kepiting sebanyak 5 ekor kepiting yang telah dibersikan direbus. Siapkan juga 6 ekor udang yang telah bersih. 2 buah jagung manis, 1 buah bawang bombai ukuran sedang, 2 lembar daun salam, 5 sdm saus tiram, 4 lembar Daun Jeruk, 4 sdm saus tomat, 3 sdt gula, 1 sdt garam, seperempat sdt merica, 200 ml air.

Jangan lupa juga siapkan bumbu halus sebanyak 5 siung bawang putih, 6 butir bawang merah, 6 biji kemiri, 4 sdm minyak, 10 buah cabai merah besar, 1 ruas Jahe, 2 buah cabai rawit, tambahkan cabai rawit jika ingin lebih pedas lagi.

Cara memasaknya yang pertama adalah tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukkan daun salam, daun jeruk, dan kemudian tambahkan saus tiram, saus sambal, saus tomat aduk rata. Selanjutnya Masukkan udang lalu tumis dan aduk rata hingga bumbu meresap.

Jangan lupa masukkan bawang bombai dan tumis kembali lalu jangan lupa masukan air masak hingga mendidih. Selanjutnya masukkan kepiting dan beri garam, gula, merica. Masak sampai airnya sedikit mengental dan bumbu meresap. Jangan lupa cek rasa, jika sudah sesuai selera, tinggal memasukkan  jagung manis. Dan resep kepiting saus tiram satu ini pun telah siap disajikan.

6. Kepiting Nanas Kuah Santan

Kepiting Nanas Kuah Santan

Resep kepiting saus tiram selanjutnya memiliki tambahan nanas dan kuah santan agar menambah rasa gurih. Bahan yang dibutuhkan adalah 500 gr kepiting, 1 buah nanas yang telah diiris tipis, 2 cabai hijau, 2 batang serai yang telah digeprek, 2 biji cabai merah, 2 siung bawang putih, 2 siung bawang merah.

Jangan lupa juga siapkan 100 ml santan kental, 700 ml santan cair, garam dan gula secukupnya. Haluskan juga beberapa bumbu berikut ini yaitu 3 siung bawang putih, 7 butir bawang merah, 3 cabai merah besar, 4 btr kemiri, 5 cm lengkuas, 2 ruas kunyit, 1 sdt merica.

Cara memasaknya adalah pertama umis bawang merah dan bawang putih iris, lalu campurkan bumbu halus dan juga batang serai. Lalu aduk dan campurkan terus hingga wangi, jangan lupa juga tambahkan kepiting dan lalu masukkan santan cair, setelah itu beri garam dan gula. Diamkan hingga mendidih.

Selanjutnya masukkan nanas, cabai merah dan cabai hijau, dan masak hingga kembali mendidih. Terakhir tambahkan santan kental masak sambil diaduk, agar santan tidak pecah. Jangan lupa koreksi rasa, jika telah sesuai dan kuah telah mendidih. Resep kepiting saus tiram satu ini siap disajikan.

7. Sayur Asem Kepiting

Sayur Asem Kepiting

Kali ini bukan resep kepiting saus tiram, namun resep kepiting sayur asem. Bagi para pecinta sayuran, resep ini sangat cocok untuk dicoba. Bahan yang dibutuhkan adalah 1 ikat daun kacang, 3-4 ekor kepiting, kacang panjang sesuai selera, 3 siung bawang putih, 4 butir bawang merah, 1 lembar daun salam, 1 buah tomat, 1 ruas Lengkuas dan garam juga gula secukupnya.

Cara memasaknya sangat mudah, pertama bersihkan kepiting dan bagi menjadi dua lalu rebus kepiting ke dalam air mendidih. Siapkan dan iris bawang dan tomat, juga geprek lengkuas. Jika rebusan kepiting sudah pas tingkat kematangannya, selanjutnya lalu masukkan sayuran.

Jangan lupa juga untuk memasukan lengkuas dan daun salam, juga tambahkan gula dan garam. Didihkan sebentar saja, karena sayuran biasanya akan cepat lembut dan hancur. Jangan lupa cek rasa, jika telah sesuai selera, resep satu ini pun siap dihidangkan.

8. Kare Kepiting Saus Tiram

Kare Kepiting Saus Tiram

Resep selanjutnya adalah kare kepiting saus tiram, untuk membuatnya bahan yang dibutuhkan adalah 4/5 buah kepiting ukuran sedang, 4 lembar daun jeruk, 2 sdm minyak, 2 batang serai, memarkan, 2 lembar daun salam. Siapkan juga daun bawang yang telah diiris tipis, lalu 3 santan instan dan air secukupnya.

Bahan untuk bumbu halus adalah 3 siung bawang putih, 6 butir bawang merah, 7 buah cabai merah, 4 butir kemiri, 1 sdt ketumbar, 1/2 sdt jintan, 1 sdt merica butiran, 1 ruas lengkuas, 1 ruas jahe, 2 ruas kunyit, 1 sdt terasi, 2 sdt garam dan 1 sdt asam Jawa.

Cara memasaknya sangat mudah pertama bersihkan kepiting dan rebus hingga kepiting masak. Lalu tumis bumbu halus hingga wangi. Tuang santan ke dalam tumisan bumbu dan tambahkan air. Masak hingga mendidih.

Selanjutnya masukan kepiting dan rebus hingga bumbu menyerap sempurna ke dalam kepiting. Disarankan menggunakan api kecil. Masukan garam dan gula sesuai selera. Rebuh beberapa saat. Dan kare kepiting pun siap disajikan.

9. Kepiting Rumahan

Kepiting Rumahan

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan sama persis dengan beberapa resep yang telah dijelaskan di atas.. Hanya saja cara memasaknya lebih sederhana karena resep kepiting ini merupakan resep kepiting yang dikonsumsi untuk rumahan. Tidak menggunakan bumbu spesial dan hanya menggunakan bumbu umum saja. Kita bisa membuat resep kepiting ini kapan pun ketika kita inginkan.

10.   Cara Mengolah Kepiting yang Baik

Cara Mengolah Kepiting yang Baik

Agar resep dari kepiting yang telah dibahas di atas lebih sempurna lagi. Sedulur juga harus mengetahui cara mengolah kepiting yang baik sebelum dimasak. Kepiting akan sangat lezat jika diolah dengan cara yang benar.

Pertama, bersihkan kepiting terlebih dahulu, hingga semua kotorannya hilang. Lalu belah kepiting menjadi dua bagian dan siapkan air mendidih untuk merebus kepiting. Masukan kepiting, dan rebus kepiting hingga matang dan berubah warna. Selanjutnya kepiting bisa kita olah dan nikmati,

Semoga beberapa resep kepiting di atas bisa menambah referensi dan rekomendasi bagi Sedulur yang tengah ngidam kepiting di rumah. Jangan lupa juga beli bahan dan bumbu untuk membuat kepiting di Aplikasi Super. Download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya.

Klik di sini juga untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, dan mempelajari cara daftar Aplikasi Super. Selamat mencoba.