Gelato

Siapa sih yang tak suka dengan dessert es krim? Tampaknya hampir semua orang menyukai makanan satu ini, termasuk Sedulur bukan? Es krim selalu hadir dengan berbagai varian rasa, mulai dari cokelat, strawberry, vanilla, dan lain-lain. Tak hanya itu, es krim juga sangat mudah ditemui. Dari warung kecil hingga supermarket pasti menyediakan es krim. Namun, serupa tapi tak sama dengan es krim, ada pula yang dinamakan gelato.

Memiliki tampilan mirip seperti es krim, gelato seringkali disamakan dan disebut sebagai es krim. Tapi sebenarnya baik es krim maupun gelato, adalah dua makanan penutup yang berbeda. Kira-kira apa perbedaan gelato dan ice cream? Simak penjelasannya berikut ini.

BACA JUGA: 16 Cara Membuat Es Krim Super Praktis, Yakin Nggak Cobain?

1. Asal usul es krim dan gelato

Gelato
Unsplash

Perbedaan pertama antara es krim dan gelato adalah asal usul keduanya. Dilansir dari Healthline kedua dessert ini jelas memiliki asal usul negara yang berbeda.

-->

Sampai saat ini, pembuat es krim pertama kali memang tidak diketahui. Namun jika ditelusuri, es krim pertama kali berasal dari China. Dulunya es krim terbuat dari susu kerbau dan tepung. Dan disebut sebagai makanan penutup favorit Raja Tang dari Shang.

Seiring perkembangannya, rasa es krim mulai bervariasi dengan tambahan rasa buah dan madu. Bahkan, masih dikutip dari Healthline, es krim dihidangkan juga dengan salju dari hutan. Karena pembuatannya yang sulit di zaman itu, es krim hanya dihidangkan untuk kaum-kaum elit saja.

Hingga akhirnya pada abad ke-19 ditemukan teknologi yang lebih modern, salah satunya teknik pendinginan yang lebih canggih. Sehingga es krim bisa diproduksi secara massal dan harga yang lebih murah.

BACA JUGA: Gampang Banget! Ini Dia Resep Es Krim Lembut dan Murah

Jika es krim diduga berasal dari China, maka berbeda dengan gelato. Dessert satu ini berasal dari Itali. Meski begitu sampai saat ini masih menjadi perdebatan kota mana yang menjadi asal gelato. Ada yang mengatakan dari Sicily, namun ada pula yang berpendapat kuliner ini berasal dari Florence.

2. Cara pembuatan

Gelato
Unsplash

Baik es krim maupun gelato sebenarnya memiliki bahan dasar yang sama, yakni susu, gula, dan udara. Namun yang membedakannya adalah takaran atau proporsinya. Jadi bisa dibilang gelato terbuat dari bahan-bahan yang sama dengan es krim.

Dalam proses cara membuat gelato dan es krim, produk-produk dairy seperti susu dan krim dicampur dengan gula, lalu diaduk hingga rata. Setelah  itu proses selanjutnya adalah adanya udara yang dimasukkan ke dalam adonan tersebut, sebelum akhirnya dibekukan.

Proses ini disebut dengan overrun. Yakni proses dimana udara ditambahkan ke dalam adonan es krim atau gelato. Perbedaannya adalah es krim memiliki overrun yang tinggi, sementara gelato memiliki overrun yang rendah.

Selain itu, es krim mengandung krim yang lebih banyak. Sehingga menjadikannya lebih memiliki banyak kandungan lemak. Apalagi terkadang ada tambahan kuning telur yang ditambahkan ke dalam adonan es krim, sehingga kandungan lemaknya tentu lebih tinggi. Fungsi kuning telur dalam es krim adalah untuk stabilizer, yakni untuk membantu mengikat air dan lemak dalam adonan es krim.

3. Perbedaan tekstur dan rasa

Unsplash

Jika dilihat dari tekstur, sebenarnya Sedulur pasti bisa dengan mudah membedakan dua jenis dessert ini. Seperti dijelaskan pada poin sebelumnya, kandungan udara dalam es krim lebih banyak. Hal inilah yang membuat tekstur es krim lembut dan ringan. Sementara proses overrun pada gelato memasukkan sedikit udara, maka membuat teksturnya lebih padat namun tetap halus.

Dari sisi rasa es krim biasanya lebih “hambar” dibandingkan gelato. Sementara dessert asal Italia ini bisa lebih beraroma karena biasanya menggunakan rasa-rasa natural untuk sumber rasanya. Saat menikmati rasa gelato, Sedulur akan mendapatkan rasa-rasa yang kuat dan tajam di lidah.

BACA JUGA: 15 Resep Membuat Es Krim Sendiri dengan Bahan Baku Murah

Karena teksturnya sangat padat, dessert asal Italia ini biasanya diambil menggunakan spatula. Hal ini juga berguna untuk melunakkan dessert satu ini. Sementara es krim bisa dengan mudah diambil menggunakan sendok bulat.

4. Kandungan nutrisi

Unsplash

Dilihat dari cara pembuatan dan proporsi bahan-bahan yang berbeda, tentu ada perbedaan dalam hal kandungan nutrisi dalam dua jenis dessert ini. Dilansir dari Hello Sehat, es krim memiliki kandungan lemak yang lebih besar. Hal ini sesuai yang disebutkan Healthline dalam artikelnya bahwa lemak dalam es krim adalah 10-25 persen lemak. Sementara kandungan lemak dessert asal Italia ini hanya sekitar 4-9 persen.

Jika Sedulur penasaran soal jumlah kalori, kalori 1 scoop gelato adalah 247 kalori. Dan kalori es krim dalam satu mangkok adalah 267 kalori. Tak hanya dari segi lemak dan kalori, kandungan gula keduanya juga memiliki perbedaan. Kandungan gula dalam es krim tentu jauh lebih tinggi. Hal ini dikarenakan es krim membutuhkan lebih banyak gula untuk membuat rasanya menjadi manis.

Sementara gelato tak perlu membutuhkan banyak gula, karena rasa-rasa natural yang ditambahkan pada dessert asal Italia ini sudah membuatnya enak dan bisa semanis es krim.

BACA JUGA: Resep Bumbu Tomyam Suki Thailand yang Segar & Mudah

5. Penyajian

gelato
Unsplash

Kedua makanan penutup ini pada dasarnya memiliki gaya penyajian yang sama. Biasanya ada pilihan menggunakan cone atau cup. Namun bedanya, gelato biasanya lebih mudah leleh dibandingkan es krim. Sebab, dessert asal Italia ini dibuat dengan suhu yang lebih hangat dibandingkan es krim, yakni di kisaran 6-8 derajat celcius. Sementara es krim bisa dibuat di suhu sampai -20 derajat celcius.

Setelah mengetahui perbedaan antara gelato dan es krim, Sedulur mungkin bertanya-tanya mana yang lebih baik dikonsumsi antara keduanya? Jawabannya keduanya sama-sama tak boleh dikonsumsi terlalu sering. Sebab meski gelato memiliki kandungan gula yang lebih rendah dari es krim, tetap saja ia juga memiliki kandungan gula yang tak sedikit. Dan akan membahayakan tubuh jika dikonsumsi terlalu sering, apalagi sampai melebihi kebutuhan gula harian.

Sementara harga es krim gelato biasanya lebih mahal dibandingkan es krim biasa. Sebab hal ini bisa saja dipengaruhi karena proses pembuatan yang lebih rumit, dan biasanya menggunakan cara yang lebih tradisional.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.
 
Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.