cara membuat yogurt

Yogurt adalah salah satu sumber nutrisi yang sehat dan rendah kalori. Ia banyak dipakai untuk melancarkan pencernaan karena bersifat probiotik yang artinya bisa menyeimbangkan bakteri baik dan jahat di usus. Berbagai manfaat yogurt bisa Sedulur baca sendiri. 

Ini saatnya tahu cara membuat yogurt rumahan sendiri di rumah. Biar bisa benar-benar bebas gula dan perisa buatan. Mau tahu resepnya? Geser ke bawah untuk cek. 

BACA JUGA: Manfaat Yogurt Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan Kulit

Susu yang ideal dipakai 

cara membuat yogurt
Pexels

Membuat yogurt idealnya ternyata menggunakan susu cair yang sudah melalui proses pasteurisasi. Ini karena susu segar mentah mengandung organisme dan bakteri sehingga nantinya akan berkompetisi dengan bakteri yogurt. Untuk itu, Sedulur bisa merebusnya terlebih dahulu dengan api kecil sampai suhu 37-38 derajat selama kurang lebih 15-20 menit. 

-->

Atau praktisnya gunakan susu kemasan yang berlabel pasteurisasi. Susu UHT ternyata  juga tidak disarankan karena susu sudah dimasak dengan suhu yang sangat tinggi. Namun, bukan berarti tidak ada cara membuat yogurt dari susu UHT. Hal ini mungkin dilakukan, tetapi Sedulur akan membutuhkan bakteri khusus atau yang akan dikenal dengan istilah yogurt starter. 

Selain tipe pemrosesannya, Sedulur juga harus memperhatikan sifat kandungannya. Pastikan susu bukan jenis yang bebas laktosa. Laktosa justru dibutuhkan dalam proses pembuatan yogurt atau culturing. Pastikan pula ia jenis yang sudah melalui proses homogenisasi sehingga tidak ada langit-langit atau krim yang mengendap di atasnya. Kebanyakan susu kemasan sudah dihomogenisasi. 

Sedulur juga bisa menggunakan susu kambing selain susu sapi. Nantinya hasil yogurt akan lebih encer dibandingkan yogurt dari susu sapi. Untuk urusan rendah lemak atau tidak, ini juga bukan masalah besar. Bedanya ada pada kekentalan saja, susu rendah lemak akan menghasilkan yogurt yang lebih encer dibanding yang full-cream. Terakhir, dilarang menggunakan susu bubuk, ya. Jelas akan gagal. 

Memilih yogurt starter 

cara membuat yogurt
Instagram @luvelelife

Cara membuat yogurt fermentasi termudah adalah dengan memanfaatkan yogurt starter yang dijual di pasaran. Yogurt starter seyogyanya adalah bakteri yang sudah disiapkan untuk memproses laktosa menjadi asam laktat. Proses inilah yang membuat yogurt memiliki aroma dan rasa asam yang khas. Sekaligus membuat susu bisa disimpan dalam waktu lebih lama dan teksturnya pun berubah. 

Ada banyak pilihan yogurt starter di pasaran. Ada yang tawar ataupun sudah diberi perasa khusus. Ini pilihan Sedulur saja. Silakan pilih yang disuka karena mereka punya fungsi yang sama dan sebenarnya tidak berpengaruh banyak pada tekstur serta rasa. Tipe dan kondisi susu justru yang punya peran besar dalam keberhasilanmu membuat yogurt. 

Ada beberapa jenis nih yang mungkin bisa Sedulur kenal dulu sebelum belanja. 

  • Jadi ada dua macam starter. Satu yang hanya sekali pakai jadi sekali buka harus dipakai sekaligus dan ada yang bisa disimpan kembali untuk pembuatan di hari-hari berikutnya. Starter sekali pakai biasanya dikemas dalam bentuk bubuk. Sementara yang reusable atau heirloom berbentuk koloid yang pekat. 
  • Beberapa juga dibedakan berdasarkan suhu yang dibutuhkan. Ada starter yang butuh suhu hangat agar aktif, ada juga yang tidak begitu picky. Silakan baca baik-baik petunjuk dan profil produk di kemasannya. 

BACA JUGA: 10 Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan Tubuh & Pencernaan

Alat yang dibutuhkan 

Instagram @florainterior

 

Untuk mewadahi yogurt, Sedulur butuh wadah kedap udara. Bisa plastik, kaca, atau stainless steel. Kemudian diperlukan pula yogurt maker, semacam inkubator untuk menghangatkan susu selama 8-12 jam dengan temperatur stabil 38 derajat Celcius.

Sedulur bisa pula menggunakan cooker yang punya setting untuk yogurt. Beberapa bahkan menggunakan termos es. Dapat pula menggunakan toples besar biasa yang ditutup rapat kemudian diselimuti beberapa lapis kain bersih. Intinya Sedulur harus menjaga yogurt dalam kondisi steril dan suhunya stabil selama durasi tersebut. 

Cara membuat yogurt dengan bakteri

Cara membuat yogurt
Pexels
  • Siapkan 1 liter susu UHT dan 4 sdm yogurt starter yang dijual di pasaran. Jika menggunakan starter bubuk, silakan lihat kemasan petunjuk untuk perbandingan susu dan bakteri yang disarankan produsen. 
  • Aduk rata dengan spatula atau whisk yang steril. 
  • Kemudian, simpan dalam yogurt maker atau salah satu alat alternatif yang sudah dibahas di atas. 
  • Diamkan selama 8-12 jam dan cek aromanya. Kalau aromanya aman, tidak menyengat, berarti yogurt Sedulur berhasil dan bisa dikonsumsi. 

Cara membuat yogurt tanpa bibit yogurt

Instagram @luvelelife
  • Jika tak ada yogurt starter, Sedulur bisa menggunakan yogurt plain biasa. Caranya kurang lebih sama, gunakan perbandingan 1 liter susu dengan 4 sendok makan yogurt. 
  • Sedulur bisa menggunakan susu full cream UHT atau susu segar. Keduanya perlu direbus dulu agar suhunya pas untuk bakteri yogurt yaitu 38 derajat Celcius. 
  • Masukkan yogurt dan aduk rata dengan sendok yang steril. 
  • Tuang ke dalam wadah kedap udara dan simpan di suhu ruangan selama 12-24 jam. 
  • Cek tekstur dan aromanya. Nikmati deh bersama buah, madu, atau pelengkap lain yang Sedulur inginkan. Cara membuat yogurt dengan Biokul jauh lebih mudah, bukan?

BACA JUGA: 12 Cara Membuat Smoothies Pisang Segar, Sehat untuk Diet

Resep yogurt parfait 

cara membuat yogurt
Instagram @jar.of.lemons

Kalau sudah bisa bikin yogurt sendiri, Sedulur perlu nih belajar cara membuat yogurt buah alias yogurt parfait. Intinya cuma yogurt yang disajikan dengan selai dan buah-buahan segar. Berikut resepnya. 

Bahan: 

  • Yogurt 
  • Madu 
  • Ekstrak vanila 
  • Buah segar sesuai selera bisa stroberi, pisang, blueberry 
  • Biji-bijian atau multigrain siap makan 

Bahan saus buah:

  • Stroberi 
  • Gula atau madu
  • Perasan jeruk nipis

Cara membuat:

  • Campurkan yogurt dengan madu dan ekstrak vanila. Aduk rata. 
  • Tata di dalam gelas bersama potongan buah dan multigrain. 
  • Buat saus dengan memasak stroberi bersama gula dan perasan jeruk nipis sampai stroberi hancur dan lembek menyerupai saus. 
  • Tuang saus stroberi ke atas yogurt parfait. Nikmati deh. Boleh didinginkan dulu biar makin sedap.

Mengapa harus coba buat sendiri? 

Pexels
  • Yogurt buatan sendiri bebas gula dan perasa tambahan, jadi aman buat yang sedang diet atau mengidap diabetes. Kamu tetap bisa menikmati khasiatnya tanpa khawatir gula darah tidak terkontrol.
  • Hitungannya jauh lebih murah ketimbang beli yogurt jadi yang satu liternya bisa mencapai harga Rp 60 ribu. Dengan dana sebesar itu, Sedulur bisa bikin 2-3 liter yogurt sendiri.  

Membuat yogurt itu tak susah, kok. Hanya saja perlu ketelitian dan niat. Tanpanya mungkin bukan hanya gagal, tetapi tidak kunjung terealisasi. Silakan pilih bahan yang paling kamu suka sesuai kemampuan, Sedulur. Membuat yogurt sendiri yang bebas gula itu mungkin, kok. Jadi ide bisnis untuk menambah penghasilan? Boleh juga.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.