Yuk, simak manfaat dari kandungan gizi jamur tiram di bawah ini. Sedulur wajib tahu!

Tidak hanya lezat, jamur tiram juga memiliki manfaat. Manfaat jamur tiram sangat baik untuk kebutuhan tubuh Sedulur, terutama di masa pandemi virus corona saat ini. Superapp.id dalam kesempatan kali ini, akan membahas mengenai kandungan gizi jamur tiram yang mengandung manfaat jamur tiram bagi kesehatan.

Setiap dari nutrisi jamur tiram akan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Ciri ciri jamur tiram memiliki tekstur yang lembut, dengan habitat jamur tiram yang tumbuh di tempat yang lembab, termasuk juga jamur tiram hitam. Selain untuk kesehatan tubuh, terdapat juga jamur tiram untuk ibu hamil, bergantung dengan jenis jamur tiram.

Yuk, mari kita langsung saja simak pembahasan jamur yang menguntungkan beserta dengan kandungan gizi jamur tiram yang bermanfaat untuk tubuh dalam penjelasan di bawah ini.

-->

Baca Juga: Ternyata Ini Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Wajib Tahu!

Berbagai Manfaat Dari Kandungan Gizi Jamur Tiram untuk Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
hallosehat.com

Manfaat dari kandungan gizi jamur tiram yang pertama adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal tersebut disampaikan dan telah diterbitkan dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine. Dalam jurnal tersebut disampaikan bahwa kandungan gizi jamur tiram dapat berpotensi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bahan aktif dalam jamur tiram dapat memberi stimulus makrofrag untuk bekerja lebih aktif. Makrofrag adalah salah satu bagian dari sel dara putih yang bertugas untuk melawan virus, bakteri dan mikroorganisme lainnya. Hal ini sangat dibutuhkan dalam kondisi pandem virus corona saat ini.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

2. Menurunkan Kadar Kolesterol
beritalima.com

Manfaat dari kandungan gizi jamur tiram yang kedua adalah dapat menurunkan kadar kolesterol. Sebagaimana yang telah dipublikasikan dalam Clinical and Experimental Pharmacology and Physiology menunjukan bahwa jamur tiram dapat membantu tubuh mengurangi jumlah kolesterol total dalam darah.

Jamur tiram bisa menurunkan kadar kolesterol jika dikonsumsi secara rutin dalam 24 hari. Manfaat dari jamur tiram ini berasal dari kandungan lovastatin yang membantu mengatur sirkulasi kadar kolesterol darah. Selain kolesterol daram, kandungan gizi jamur tiram dapat membantu menurunkan trigliserida dan gula darah bagi penderita diabetes.

Baca Juga: 9 Manfaat Kunyit Putih yang Wajib Kamu Tahu!

3. Membantu Mencegah Kanker

juvee.id
alodokter.com

Manfaat jamur tiram selanjutnya adalah dapat membantu mencegah kanker. Suplemen ekstrak jamur tiram dapat menekan pertumbuhan sel kanker payudara dan kanker usus. Suplemen yang sama juga dapat membantu untuk mencegah penyebaran sel kanker ke bagian tubuh lainnya.

Kandungan beta glukan dan glikoprotein yang terdapat dalam jamur tiram dapat meningkatkan respons antikanker bagi tubuh secara alami. Hal tersebut menunjukkan bahwa jamur tiram sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

4. Sumber Vitamin B3

4. Sumber Vitamin B3
juvee.id

Jamur tiram juga merupakan sumber vitamin B3 yang sangat kaya. Kandungan gizi jamur tiram memiliki peranan penting untuk membantu proses pertumbuhan, perkembangan, serta kerja organ-organ dalam tubuh. Vitamin B3 juga bertugas untuk membantu memecah karbohidrat, lemak, dan protein dari makanan.

Ketika masuk dalam tubuh, vitamin B3 akan diubah menjadi nikotinamida adenin dinukleotida yang merupakan senyawa yang bersifat antioksidan, yang dapat membantu kita menjaga kesehatan tubuh.

5. Kaya Antioksidan

5. Kaya Antioksidan
kompas.com

Selanjutnya kandungan gizi jamur tiram adalah kaya antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa yang bertugas untuk melawan berbagai efek buruk yang dapat ditimbulkan oleh radikal bebas. Walaupun sebenarnya, tubuh kita dapat menghasilkan antioksidan sendiri.

Namun, jumlah antioksidan yang dihasilkan terbatas dan hanya sedikit, hal tersebut yang membuat kita harus mengkonsumsi asupan lainnya untuk dapat menghasilkan antioksidan dalam tubuh. Hal tersebut bisa didapatkan dengan mengkonsumsi jamur tiram secara rutin.

6. Meningkatkan Kolagen

6. Meningkatkan Kolagen
klikdokter.com

Manfaat jamur tiram terakhir adalah sebagai sumber mineral tembaga yang baik untuk tubuh, yaitu kolagen. Mineral tembaga berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah dengan meningkatkan pertumbuhan tubuh dalam sel darah merah. Fungsi sistem saraf pun akan lebih optimal berkat kandungan tersebut. Selain itu, manfaat lainnya yaitu berfungsi untuk memperkuat jaringan ikat dengan membantu meningkatkan produksi kolagen.

Sekian penjelasan mengenai manfaat dari kandungan gizi jamur tiram. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Sedulur Super sekalian. Jangan lupa untuk menyediakan jamur tiram sebagai persediaan di dapur Sedulur. Sedulur bisa membeli jamur tiram di Aplikasi Super.

Sedulur sangat wajib melengkapi kebutuhan sehari-hari, terutama kebutuhan dapur dengan membeli persediaan di Aplikasi Super. Mulai dari kebutuhan dapur, kebutuhan memasak, hingga juga perawatan, kesehatan dan kecantikan tersedia di Aplikasi Super.

Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum download Aplikasi Super dan juga Sedulur wajib untuk pantengin terus Aplikasi Super, karena akan banyak bonus dan program menarik yang diberikan oleh Aplikasi Super. Sedulur juga bisa klik di sini untuk mempelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi.