Bumbu nasi goreng

Pernahkah Sedulur penasaran tentang perbedaan rasa nasi goreng abang kaki lima yang bisa lebih lezat dari nasi goreng restoran atau nasi goreng buatan sendiri? Ternyata, terdapat beberapa rahasia pada bumbu masak nasi goreng yang digunakan para penjual makanan pinggir jalan tersebut.

Kali ini, kita akan mencoba untuk membedah secara tuntas tentang apa saja rahasia yang dimiliki oleh para pedagang nasi gorong kaki lima. Sedulur pun bisa mencoba menerapkan resep bumbu nasi goreng ini untuk menciptakan masakan yang enak di rumah. Mari langsung simak ulasan lengkapnya!

BACA JUGA: Cara Masak Bihun Goreng Pedas Khas Jawa Timur, Simpel dan Enak!

Mulai dari bahan dasarnya

bumbu nasi goreng
Rachel Cooks

Kupasan pertama tentang rahasia bumbu nasi goreng abang-abang kaki lima adalah pada bahan dasarnya. Untuk membuat nasi goreng yang enak, para pedagang kaki lima biasanya memiliki empat bumbu utama yaitu bawang merah, bawang putih, bawang bombay, dan kemiri.

-->

Bumbu tersebut lantas dikombinasikan dengan rempah dan penyedap seperti cabai, lada, serta kaldu jamur. Jika dilihat, bahan-bahan ini terlihat Sederhana dan mirip dengan bumbu masak nasi goreng pada umumnya.

Bukan bawang putih biasa

Baceman bawang putih
Grid

Namun, dibalik bumbu-bumbu dasar yang sudah dibahas di atas. Ternyata ada satu bahan yang perlu diolah secara khusus. Berdasarkan liputan dari Suara, ternyata bawang putih yang digunakan oleh abang nasi goreng kaki lima bukan bawang putih biasa seperti yang kita biasa gunakan.

Para pedagang nasi goreng kaki lima biasanya menggunakan bawang putih yang sudah dimasak dan didiamkan semalam agar rasanya semakin sedap. Jadi bawang putih tersebut dilembutkan dengan blender atau dipotong halus bersama bahan lain seperti bawang merah serta kemiri.

Setelah itu, adonan bumbu ini ditumis sampai wangi dan berwarna kecoklatan. Namun jangan sampai adonannya gosong dan mengerak ya. Jadi Sedulur bisa menggunakan minyak yang agak banyak untuk menumis bumbu tersebut.

BACA JUGA: 14 Bumbu Masak Paling Penting di Dapur, Kunci Lezatnya Makanan!

Masak bumbu 2 kali

Thrifty DIY Diva

Bumbu yang sudah ditumis ternyata harus diolah kembali. Setelah selesai dimasak hingga wangi dan kecoklatan, Sedulur bisa menambahkan kaldu jamur dan lada untuk meningkatkan kompleksitas rasa bumbu.

Jika sudah, bumbu tersebut ditumis sekali lagi dengan tempo waktu yang lebih singkat dari sebelumnya. Pada tahap ini, aroma bumbu akan menjadi lebih wangi dan rasanya juga semakin lezat. Bila sudah, matikan api dan diamkan bumbu tersebut.

Masukkan ke dalam toples

Bumbu nasi goreng
Kompas

Setelah proses penumisan selesai, Sedulur harus menyimpan bumbu tersebut dalam toples dan didiamkan dalam kulkas selama semalam. Jangan lupa untuk menyimpan bumbu dengan semua minyaknya agar terjadi proses fermentasi pada bumbu.

Diamkan toples bumbu tersebut untuk semalam dan pada hari selanjutnya bumbu ini bisa digunakan untuk memasak nasi goreng. Dijamin rasa nasi goreng yang dibuat akan lebih nikmat.

Tak hanya itu bumbu ini juga bisa awet hingga 1 bulan lamanya. Jadi Sedulur tidak perlu repot membuat bumbu nasi goreng lagi ketika ingin memasaknya sewaktu-waktu.

BACA JUGA: Resep Ayam Goreng Bawang Putih, Gurihnya Nendang Banget!

Kombinasikan kecap dan saus tiram

Savor the Best

Selain bumbu bawang putih spesialnya, para abang kaki lima biasanya juga menggunakan kecap dan saus tiram sebagai salah satu bahan untuk memberikan rasa gurih manis pada nasi goreng.

Hal ini yang cukup unik dan kadang tidak terpikirkan oleh orang kebanyakan. Kecap bisa membuat nasi goreng lebih manis, sedangkan saus tiram akan memberikan gurihnya rasa seafood sehingga kelezatannya semakin kompleks.

Sedulur sendiri bisa menemukan atau membeli langsung kecap dan saus tiram di toko kelontong maupun e-commerce seperti Aplikasi Super. Tersedia berbagai macam kebutuhan memasak dan sembako yang bisa Sedulur beli dengan harga murah baik itu secara satuan maupun grosiran.

Aplikasi Super juga memiliki banyak promo menarik dari cashback hingga gratis ongkir yang membuat pengalaman belanja semakin menyenangkan. Tentu fasilitas-fasilitas seperti ini tak banyak ditemukan, jadi buruan download aplikasinya sekarang dan nikmati kemudahan belanja di Aplikasi Super.

Gunakan beras pulen

Bumbu nasi goreng
Taste

Bumbu memang menjadi kunci kelezatan nasi goreng ala abang kaki lima, tapi rahasia bumbu nasi goreng yang enak juga berasal dari berasnya. Dilansir dari Kompas, kebanyakan pedagang nasi goreng menggunakan beras berkualitas baik dan pulen.

Selain itu, beras harus dimasak dengan air yang tidak terlalu banyak sehingga karakternya sedikit pera. Nasi yang sudah matang tersebut juga tidak langsung dimasak menjadi nasi goreng, tetapi didinginkan terlebih dahulu selama sehari. Hal ini penting diperhatikan untuk bisa mendapatkan nasi yang tidak lembek dan basah.

Demikian tadi rahasia bumbu nasi goreng yang enak ala abang-abang kaki lima. Resep rahasia ini memang sederhana, tapi wajib banget Sedulur coba di rumah. Dijamin Sedulur akan mendapatkan rasa nasi goreng terbaik meskipun dengan bahan-bahan sederhana.