basreng daun jeruk

Basreng daun jeruk merupakan salah satu camilan gurih dan renyah yang bisa menemani aktivitas santai. Misalnya untuk jajanan nonton drakor di rumah ketika hari libur. Tidak afdol nonton drakor atau nonton film lain jika tidak ditemani dengan camilan yang gurih dan nikmat.

Basreng daun jeruk bisa jadi salah satu pilihan. Tidak usah repot membeli basreng, Sedulur tinggal membuatnya sendiri di rumah dengan menyimak dan mengikuti langkah yang dibahas di bawah ini. Seperti apa resepnya? Langsung ikuti tutorialnya.

BACA JUGA: Resep Pesmol Ikan Mas Enak untuk Lauk Makan Siang

Bahan yang dibutuhkan

resep basreng daun jeruk renyah
Bukalapak

Bahan yang dibutuhkan dalam resep basreng daun jeruk renyah adalah sebagai berikut:

-->
  • 500 gram bakso ikan
  • 4 siung bawang putih, iris tipis
  • 1,5 ruas kencur, iris tipis
  • 5 lembar daun jeruk, iris tipis
  • Kaldu jamur secukupnya
  • Cabai merah bubuk secukupnya
  • Tepung tapioka secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak secukupnya

Potong-potong bakso

resep basreng daun jeruk pedas
Lazada

Langkah selanjutnya dalam membuat resep ini adalah dengan memotong dan mengiris basreng. Sedulur bisa memotongnya setipis mungkin atau memotong dadu dengan ketebalan yang berbeda. Perihal ukuran potongan, kembali lagi ke selera Sedulur masing-masing.

Lumuri bakso dengan tepung

cara membuat
IDNTimes

Langkah selanjutnya dalam resep basreng daun jeruk pedas yaitu dengan melumuri bakso yang telah dipotong dengan tepung tapioka. Aduk-aduk hingga tepung menempel pada potongan bakso. Tujuan langkah ini agar resep bumbu basreng daun jeruk menyerap dan lebih renyah saat digoreng.

Goreng bakso hingga kering dan tumis bumbu

bakso
IDNTimes

Langkah selanjutnya dalam resep membuat basreng daun jeruk adalah dengan menggoreng bakso hingga kering. Siapkan minyak dalam jumlah banyak, panaskan wajan. Setelah minyak panas, masukkan potongan bakso yang telah diaduk dengan tepung tapioka. Tunggu hingga kering, setelah kering lalu sisihkan dan tunggu hingga dingin.

Ini yang membuat resep basreng mercon daun jeruk berbeda dengan basreng pada umumnya, yaitu dengan ditambahkan bumbu tumisan. Bahan-bahan sisa yang tertera dalam resep, bisa Sedulur tumis hingga wangi. Pastikan daun jeruk ditumis hingga kering dan mengeluarkan aroma.

Setelah matang, masukkan basreng dan aduk rata. Resep basreng daun jeruk  pun telah selesai dan Sedulur tinggal menyantap basreng daun jeruk sebagai camilan. Sedulur bisa memasukkan bumbu perasa pada saat mengaduk basreng daun jeruk, atau memasukknya pada saat menumis. Semua itu tergantung selera Sedulur, ya!

BACA JUGA: 5 Resep Mie Tek Tek Enak, Lezat dan Menggugah Selera

Tips yang perlu diperhatikan

resep bumbu basreng daun jeruk
Resep Masakan

Agar Sedulur tidak gagal membuat resep camilan dari bakso yang digoreng ini, terdapat beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan sebagai tips. Berikut ini beberapa hal yang dimaksud:

  • Usahakan untuk memilih bakso ikan yang berukuran besar dan berwarna putih. Hal tersebut bertujuan agar Sedulur bisa leluasa memotong dan mengiris basreng dengan ukuran yang beragam.
  • Jika bakso ikan yang digunakan berukuran kecil, Sedulur tidak bisa mengiris atau memotong basreng dengan leluasa.
  • Bakso ikan berwarna putih dikhususkan untuk digoreng dijadikan basreng, berbeda dengan bakso ikan yang berwarna gelap diperuntukan sebagai bakso ikan yang direbus dan disajikan dengan kuah.
  • Pastikan Sedulur menggunakan minyak goreng dengan jumlah yang banyak, hal ini bertujuan agar basreng yang digoreng dapat menghasilkan kerenyahan yang sempurna. Menggoreng dengan jumlah minyak yang banyak juga dikenal dengan istilah deep frying dan bertujuan membuat makanan yang digoreng menjadi lebih renyah.

Itulah tadi resep dan cara membuat basreng daun jeruk yang bisa jadi pilihan camilan Sedulur sambil nonton atau bersantai. Sedulur tinggal mengikuti langkah dan cara membuat yang telah dibahas di atas. Pastikan setiap bahan yang dibutuhkan telah Sedulur beli semua, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!