Pesmol ikan mas merupakan salah satu variasi hidangan berbahan dasar ikan yang sering disajikan untuk makan siang. Cita rasa khas masakan itu berasal dari daging yang dimasak dengan bumbu pesmol sehingga kaya akan rempah-rempah. Hidangan tersebut dapat disajikan dengan acar dan rawit agar semakin lengkap.

Ikan mas menjadi salah satu jenis ikan favorit yang dihidangkan di beberapa masakan Indonesia. Terdapat banyak gizi yang terkandung pada ikan mas segar, antara lain 86 kkal energi, 45 mcg vitamin A, 16 g protein, dan 65 mg natrium. Maka dari itu, tidak heran apabila ibu-ibu rumah tangga di Indonesia menjadikan hidangan berbahan dasar ikan mas sebagai masakan untuk keluarganya sehari-hari.

Pesmol ikan mas sendiri berasal dari Jawa Barat. Sebenarnya, terdapat beberapa jenis ikan yang dapat diolah menggunakan bumbu pesmol seperti ikan bandeng, ikan nila, ikan lele, dan ikan kembung. Tetapi, dengan tekstur daging yang dimiliki ikan mas, hidangan dibalut dengan bumbu pesmol tersebut terasa lebih nendang di lidah.

Penasaran seperti apa rasanya? Tenang, Sedulur dapat membuat hidangan spesial tersebut di rumah untuk sajian makan siang bersama keluarga. Yuk, simak resep pesmol ikan mas di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Resep Ikan Patin Enak & Gurih untuk Makanan Keluarga

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pesmol ikan mas

pesmol ikan mas
Kumparan

Terdapat beberapa bahan masakan yang perlu Sedulur persiapkan untuk membuat santapan makan siang ini.

Bahan-bahan utama

  • 2 ekor ikan mas
  • 1 ruas jahe, memarkan
  • Daun bawang, iris tipis-tipis
  • Cabai rawit, opsional sesuai selera
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Bumbu pesmol

  • ½ sdt ketumbar
  • ½ sdt merica
  • 2 ruas kunyit
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 4 butir kemiri

2. Bersihkan ikan mas, lalu lumuri dengan jeruk nipis sampai rata

pesmol ikan mas
Depositphotos

Sebelum dimasak, ikan mas harus terlebih dahulu dibersihkan dan dicuci. Proses pembersihannya pun tidak boleh dilakukan sembarangan, jeroan dan kotoran di dalam ikan harus turut dikeluarkan. Setelah selesai, lumuri ikan mas dengan jeruk nipis dan diamkan selama 5 menit. Cuci kembali ikan mas agar lumuran jeruk nipis tidak ikut termasak, lalu tiriskan.

BACA JUGA: 10 Resep Ikan Kembung Enak, Lezat dan Bikin Nagih

3. Goreng pada minyak yang panas

Depositphotos

Proses berikutnya adalah menggoreng. Panaskan minyak secukupnya di dalam wajan. Masukkan ikan, lalu goreng hingga matang keemasan dan angkat. Proses penggorengan ini dilakukan supaya nanti ikan mas tidak hancur pada saat dimasak dengan bumbu pesmol.

4. Tumis bumbu pesmol

IDN Times

Panaskan sedikit minyak, kemudian mulai tumis bahan-bahan untuk bumbu pesmol. Tambahkan jahe dan daun salam, aduk terus hingga tercium aroma wangi. Selanjutnya, tuangkan air secukupnya dan masukkan daun bawang, cabai, serta tomat. Aduk-aduk semuanya hingga merata sempurna.

BACA JUGA: 12 Resep Ikan Bawal yang Gurih & Enak untuk Lauk Keluarga

5. Lengkapi sajian pesmol ikan mas dengan gula dan garam

PermataBoga

Langkah terakhir adalah menambahkan gula, garam, dan penyedap rasa agar semakin mantap. Apabila rasa bumbu pesmol sudah terasa pas, maka langsung masukkan ikan mas yang telah digoreng tadi. Masak sebentar hingga meresap, lalu angkat dan sajikan pada piring. Pesmol ikan mas siap disantap saat makan siang bersama keluarga.

Nah, Sedulur, itu tadi merupakan resep pesmol ikan mas yang bisa dicoba dengan mudah. Jangan lupa gunakan bahan berkualitas agar cita rasa dan nutrisi dari ikan mas tetap terjaga. Selamat menikmati!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!