Ingin mencoba jualan tahu bakso ayam untuk menambah penghasilan? Intip resep rahasianya di sini. Dijamin jualan akan semakin laris!

Tahu bakso merupakan kuliner khas Semarang yang seringkali dijadikan buah tangan oleh para wisatawan yang selesai berkunjung ke Semarang. Sedulur juga tahu bahwa Semarang terkenal dengan beberapa camilan khasnya, di antaranya adalah lumpia kering dan lumpia basah.

Tahu bakso merupakan salah satu olahan daging ayam atau daging sapi yang dipadukan dengan berbagai bahan lainnya. Superapp.id kali ini akan membahas resep tahu bakso ayam untuk jualan beserta dengan langkah dan cara membuat tahu bakso ayam itu sendiri.

Tahu bakso juga bisa dijadikan sebagai makanan beku yang laris dijual, mengingat kebutuhan masyarakat terhadap makanan beku belakangan ini semakin hari semakin meningkat. Tanpa berlama-lama, yuk langsung saja simak cara membuat dan resep tahu bakso ayam untuk jualan di bawah ini.

Baca Juga: 12 Kuliner Bakso Enak di Surabaya. Yakin Nggak Mau Coba?

Langkah dan Resep Tahu Bakso Ayam untuk Jualan, Dijamin Mengantarkan Keuntungan!

1. Bahan yang Dibutuhkan

1.   Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat tahu bakso ayam, Sedulur membutuhkan beberapa bahan, yaitu:

  • Tahu 15 buah atau secukupnya
  • Daging 350 gram, yang telah digiling halus
  • Tepung tapioka 5 sdm
  • Bawang putih 3 siung, haluskan
  • Bawang daun 2 lembar, haluskan
  • Air es secukupnya
  • Garam, merica, dan penyedap rasa sesuai selera

Setelah bahan-bahan di atas terkumpul, Sedulur bisa langsung lanjut ke langkah pembuatannya.

2. Goreng Tahu Terlebih Dahulu

2.   Goreng Tahu Terlebih Dahulu

Langkah pertama membuat resep tahu bakso untuk jualan ini adalah menggoreng tahu terlebih dahulu hingga kering. Sedulur juga bisa memotong tahu secara menyilang dan membagi tahu menjadi dua. Jangan lupa untuk membuat lubang di bagian tengah tahu.

Lubang di bagian tengah tersebut berfungsi untuk memasukkan adonan dan isian dari tahu bakso nantinya. Setelah tahu matang, angkat tahu dan tiriskan terlebih dahulu. Selanjutnya Sedulur membuat adonan untuk tahu bakso.

3. Membuat Adonan Tahu Bakso

3.   Membuat Adonan Tahu Bakso

Langkah selanjutnya dalam resep tahu bakso ayam untuk jualan adalah membuat adonan tahu bakso, sekaligus juga sambil menunggu tahu dingin dan kering. Membuat adonan bakso adalah dengan mencampurkan ayam giling, tepung tapioka, bawang putih, bawang daun, garam, merica dan penyedap rasa dalam satu wadah. Aduk hingga adonan tercampur rata dan mengental.

Sedulur disarankan mengaduknya menggunakan mixer atau mesin penggiling. Saat proses penggilingan, Sedulur tambahkan air es secara perlahan. Air es ini berfungsi untuk membuat adonan menjadi lebih kenyal. Setelah rasa adonan pas, dan tekstur kenyal Sedulur bisa mengangkat adonan tahu bakso.

Baca Juga: 10 Resep Tahu Bakso yang Enak, Mudah & bisa di Jual lagi

4. Cetak Adonan dengan Tahu

4.   Cetak Adonan dengan Tahu

Langkah selanjutnya adalah mencetak adonan dengan tahu yang telah digoreng. Caranya adalah Sedulur ambil potongan tahu yang telah digoreng, lalu masukkan adonan dalam tahu. Simpan adonan di bagian tahu yang telah dilubangi, agar cetakan menempel dengan tahu. Buah secukupnya hingga adonan dan tahu habis.

5. Kukus Tahu Bakso

5.   Kukus Tahu Bakso

Setelah tahu bakso selesai dicetak, langkah terakhir adalah mengukusnya hingga matang. Sedulur bisa menggukusnya selama 15 menit dengan menggunakan api kecil. Kukus hingga adonan daging matang dan tahu dengan adonan menempel sempurna.

Setelah 15 menit berlaku, tahu bakso pun siap diangkat dan ditiriskan. Tahu bakso ayam pun telah siap untuk dijual. Agar tahu bakso dapat bertahan lama, Sedulur bisa langsung menyimpan tahu bakso di dalam freezer dan membekukannya. Baru ketika akan dijual, Sedulur bisa kembali mengukusnya sebentar saja.

Semoga langkah membuat dan resep tahu bakso ayam untuk jualan di atas bisa memberikan referensi bagi Sedulur yang telah memutuskan untuk berbisnis dan berjualan aneka camilan. Sedulur juga bisa membeli bahan untuk membuat tahu bakso di Aplikasi Super.

Setiap kebutuhan Sedulur dijamin tersedia lengkap di Aplikasi Super, baik itu kebutuhan dagang atau kebutuhan sehari-hari. Langsung saja cek di sini untuk mempelajari lebih jauh terkait Aplikasi Super. Jalani hari-hari Sedulur lebih mudah dan menguntungkan bersama Aplikasi Super!