Tahu bakso bisa menjadi pilihan camilan di rumah!

Satu lagi kuliner khas Semarang, yaitu tahu bakso. Tidak hanya lumpia goreng, Semarang memiliki cadangan kuliner lain yang menjadi ciri khas nya. Tahu bakso merupakan olahan makanan yang berisi tepung dengan campuran daging sapi.

Tidak hanya menggunakan daging sapi saja, tahu bakso juga bisa diolah menggunakan campuran daging lainnya, seperti daging ayam, kepiting, dan udang. Artikel kali ini akan menjelaskan berbagai resep tahu bakso, mulai dari resep tahu bakso spesial, resep tahu bakso 1000an hingga resep tahu bakso goreng.

Beberapa resep tahu bakso tanpa daging juga menggunakan resep tahu bakso ikan, resep tahu bakso sapi dan banyak lagi. Yuk, langsung saja kita simak pembahasan resep dan cara membuat tahu bakso untuk dijual di bawah ini.

Baca Juga: 9 Cara Membuat Bakso Ikan yang Empuk, Lezat untuk Jualan

Daftar Resep Tahu Bakso yang Bisa Kita Buat Sendiri di Rumah

1. Tahu Bakso Kukus

Tahu Bakso Kukus

Resep pertama yang bisa kita buat sendiri di rumah adalah dengan melakukan cara membuat tahu isi bakso kukus. Bahan yang dibutuhkan adalah 15 buah tahu, daging sapi giling, tepung tapioka, bawang putih yang telah halus, bawang daun, air es, garam, merica dan penyedap rasa.

Langkah pertama adalah goreng terlebih dahulu tahu hingga kecoklatan, dan lalu sisihkan. Buat adonan bakso dengan mencampurkan daging giling, tepung tapioka, bawang putih, garam, merica dan penyedap rasa. Aduk rata dengan menggunakan mesin penggiling.

Masukan air es secara perlahan, hingga tekstur adonan menjadi pas kekenyalannya. Cetak dan masukkan kepada tahu yang telah digoreng. Selanjutnya kukus tahu hingga matang. Bakso tahu kukus pun siap kita nikmati.

2. Tahu Bakso Malang

Tahu Bakso Malang

Selain Semarang, kota yang terkenal dengan olahan baksonya adalah kota Malang. Resep tahu bakso Malang sama dengan resep tahu bakso isi kanji. Bahan yang digunakan adalah daging giling, tepung kanji, bawang putih, bawang daun, garam, merica dan penyedap rasa.

Cara membuat tahu bakso Malang ini sama dengan membuat bakso tahu kukus. Membuat adonan terlebih dahulu, lalu mencetaknya atau memasukkannya ke dalam isian tahu. Kita bisa menggunakan tahu yang telah digoreng atau tahu mentah.

Isian bakso Malang juga bisa diubah dengan daging ayam, karena bakso Malang menggunakan cara membuat tahu bakso ayam sebagai salah satu pilihan. Bakso Malang merupakan salah satu alternatif makanan yang bisa menghilangkan rasa lapar.

3. Tahu Bakso Goreng

Tahu Bakso Goreng

Cara membuat tahu bakso enak dan gurih selanjutnya adalah dengan cara digoreng. Cara membuatnya pertama adalah membuat adonan untuk bakso terlebih dahulu. Pertama giling daging sapi, tepung tapioka, bawang putih yang telah dihaluskan, daun bawang, merica, garam dan penyedap rasa.

Giling adonan menggunakan mesin penggilingan agar mendapatkan kelembutan yang sempurna dan juga semua bahan tercampur rata. Saat proses penggilingan, masukan air es secara perlahan hingga adonan mendapatkan kekenyalan yang pas.

Setelah itu, cetak adonan bakso dengan tahu. Buat beberapa buah sesuai kebutuhan. Siapkan minyak panas untuk menggoreng bakso, goreng bakso hingga masak dan tahu berubah warna. Setelah masak tiriskan dan bakso goreng pun siap dinikmati dengan bumbu chili oil.

4. Tahu Bakso Bumbu Siomay

Tahu Bakso Bumbu Siomay

Resep kali ini adalah resep bakso spesial, karena dinikmati dengan bumbu kacang khas siomay. cara membuat tahu bakso sederhana satu ini sama dengan cara membuat resep bakso goreng. Siapkan adonan bakso terlebih dahulu yang terdiri dari daging giling, tepung tapioka, bawang putih halus, daun bawang, garam, merica dan penyedap rasa.

Kukus bakso dengan tahu seperti dalam cara dan resep lainnya. Jika telah matang, tiriskan terlebih dahulu. Selanjutnya membuat bumbu kacangnya. Siapkan kacang, bawang putih, cabai merah, dan kemiri.

Masak semua bahan di atas panci dengan terlebih dahulu telah dihaluskan. Tambahkan air dan daun jeruk. Didihkan hingga mengeluarkan minyak. Jangan lupa menambahkan garam, gula, merica dan penyedap rasa. Bumbu kacang siomay pun siap dinikmati dengan tahu dibalut bakso.

Baca Juga: 11 Resep Siomay Ayam Yang Enak, Mudah & Praktis

5. Bakso Tahu Tanpa Daging

Bakso Tahu Tanpa Daging

Resep selanjutnya membuat bakso tahu tanpa daging. Maka bahan adonan yang dibutuhkan adalah tepung terigu, tepung tapioka, bawang putih, bawang merah, lada bubuk, garam, penyedap rasa dan air es. Campurkan semua bahan di atas dan aduk hingga rata membentuk sebuah adonan.

Bentuk bakso menjadi bulat atau dimasukan ke dalam tahu sebagai isian. Selanjutnya kita tinggal memilih untuk mengukus atau merebus bakso tahu. Tergantung selera dan cara yang diinginkan.

6. Bakso Tahu Kuah

Bakso Tahu Kuah

Resep satu ini sama dengan membuat bakso tahu pada umumnya yang juga telah disampaikan di atas. Yang membedakannya adalah membuat kuah yang akan menemani olahan bakso tahu satu ini. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kuahnya adalah tetelan daging, tulang daging, bawang putih halus, garam, penyedap rasa dan merica.

Masukan tetelan daging dan tulang daging dalam air yang telah mendidih. Masukan bawang putih halus, lalu aduk hingga rata. Biarkan tetelan dan tulang daging mengeluarkan minyak alaminya. Setelah matang, kuah bakso tahu pun siap untuk disajikan.

7. Tahu Bulat Bakso

Tahu Bulat Bakso

Jika bosan dengan olahan bakso tahu yang biasa, kita bisa menggunakan resep tahu bulat bakso jika menginginkan resep yang tidak biasa. Pertama Siapkan tahu bulat, lalu hancurkan tahu hingga halus. Siapkan juga adonan bakso, seperti daging giling, tepung tapioka, bawang putih halus dan daun bawang.

Aduk dan campur rata semua bahan hingga mendapatkan kekenyalan yang pas. Jangan lupa juga tambahkan garam, merica, penyedap rasa sesuai selera. Cetak adonan berbentuk bulat seperti bentuk tahu bulat atau bakso pada umumnya. Kukus hingga matang, dan tahu bulat bakso pun siap disajikan.

8. Bakso Tahu Mercon

Bakso Tahu Mercon

Bagi para pecinta pedas, wajib sekali membuat dan mencoba bakso tahu  satu ini. Cara sama dengan membuat adonan bakso di atas. Hanya saja penambahan cabai rawit dalam jumlah besar menjadi pembedanya. Balut adonan dengan tahu, dan kukus hingga matang.

Untuk menetralisir rasa pedas yang berlebih, sajikan bakso tahu mercon satu ini dengan acar mentimun atau juga kuah kaldu. Resep bakso tahu pun selesai kita buat.

9. Bakso Tahu Sayur

Bakso Tahu Sayur

Sebagian para vegetarian mungkin ada yang penasaran bagaimana rasa bakso tahu yang terbuat dari daging. Namun, untuk sedikit merasakannya, para vegetarian bisa mengganti bahan daging dengan sayuran, seperti wortel dan kentang. Haluskan wortel dan kentang terlebih dahulu lalu campurkan dengan bahan adonan lainnya.

Masukkan adonan dengan tahu atau dibentuk bulat sesuai selera. Kukus adonan bakso tahu sayur hingga matang, dan resep satu ini pun telah bisa dinikmati sebagai camilan.

10. Belanja Segala Bahan Membuat Bakso Tahu di Aplikasi Super

Belanja Segala Bahan Membuat Bakso Tahu di Aplikasi Super

Aplikasi Super merupakan platform digital yang menyediakan setiap kebutuhan bahan dan sembako untuk kepentingan dapur. Termasuk bahan dan sembako untuk membuat tahu yang memiliki isian adonan bakso tersedia lengkap di Aplikasi Super.

Menggunakan Aplikasi Super bukan hanya memberikan keuntungan dan kemudahan dalam hal belanja sembako. Dalam kondisi apapun Aplikasi Super siap melayani setiap kebutuhan sembako yang dibutuhkan oleh Sedulur Super sekalian.

Di tengah masa pandemi saat ini, dengan keterbatasan ruang gerak, kebutuhan sembako harus tetap dijaga pasokannya. Salah satu layanan Aplikasi Super yang memudahkan adalah pengiriman barang pesanan gratis dengan gratis ongkos kirim.

Aplikasi Super akan memberikan pelayanan yang maksimal dan prima bagi setiap Sedulur Super sekalian. Hal ini dikarenakan Aplikasi Super memiliki misi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia.

Seperti apapun kondisi yang terjadi, Aplikasi Super sebagai sebuah platform digital yang bergerak di bidang sembako selalu siap untuk memberikan pelayanan bagi setiap Sedulur Super, para pelanggan setia Aplikasi Super.

Klik di sini bagi Sedulur Super yang belum download Aplikasi Super. Segera gunakan Aplikasi Super untuk kulak sembako dan jangan sekali-kali menyia-nyiakan keuntungan dan manfaat yang diberikan oleh Aplikasi Super untuk memudahkan Sedulur dalam melengkapi kebutuhan sembako Sedulur Super sekalian.