unreg kartu indosat

Sebelum membuang kartu Indosat yang sudah terpakai, sebaiknya Sedulur melakukan unreg kartu Indosat terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar NIK dapat digunakan untuk diregistrasi kembali. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pemerintah telah membuat kebijakan registrasi kartu SIM Card harus menggunakan NIK dan KK. Aturan tersebut sudah berlaku sejak tahun 2018 kemarin.

Dengan adanya kebijakan tersebut, tentunya Sedulur harus mengetahui cara unreg kartu Indosat agar NIK dapat digunakan kembali ketika Sedulur ingin mengganti kartu. Berikut beberapa cara yang perlu Sedulur lakukan.

BACA JUGA : Cara Unreg Kartu Telkomsel yang Sedang Aktif, Hilang & Hangus

Cara unreg kartu Indosat melalui telepon

unreg kartu indosat
Tips Pintar

Jika Sedulur ingin unreg melalui panggilan telepon, berikut cara yang harus Sedulur lakukan.

-->
  • Pada layar smartphone atau perangkat seluler, pilih menu Panggilan Telepon.
  • Lalu, ketik *123*4444# dan OK atau tombol Call.
  • Lalu, pengguna dapat memilih opsi yang tersedia, seperti: cek status, registrasi, cek NIK, dan unreg/hapus data registrasi.
  • Pilih opsi unreg/hapus data registrasi, Setelah itu konfirmasi dengan menekan tombol OK
  • Lanjutkan proses ini dengan memasukkan angka 1.
  • Jika proses atau cara unreg kartu melalui telepon ini sukses, maka akan muncul notifikasi yang menyatakan bahwa “UNPAIR berhasil” atau “UNREG nomor sukses”.

Unreg kartu Indosat melalui SMS

Kompas

Tak hanya memalaui telepon, unreg kartu juga dapat dilakukan melalui SMS lho. Berikut langkah-langkah yang harus Sedulur lakukan. 

  • Pada perangkat seluler, buka menu SMS.
  • Lalu, ketikan pesan UNPAIR#Nomor Telp#. Sebagai contoh, UNPAIR#081567891011#
  • Pastikan nomor telepon yang dicantumkan sudah valid. Kemudian, kirim SMS ke nomor 4444.
  • Jika cara ini telah berhasil, maka akan muncul notifikasi yang menyatakan sukses. Sebaliknya, jika tidak berhasil, ulangi langkah seperti di atas.

BACA JUGA : Cara Registrasi Kartu Telkomsel Beserta Syaratnya di 2023

Unreg kartu Indosat melalui Customer Service

iStock

Jika Sedulur sudah mencoba cara unreg kartu Indosat via telepon atau SMS, tapi masih gagal Sedulur tidak perlu khawatir. Sedulur masih bisa menghubungi petugas Call Center Indosat atau Customer Service.

Terdapat dua cara yang dapat Sedulur lakukan melalui Customer Service, yaitu via panggilan  telepon (021) 30003000 atau  langsung datang ke gerai Indosat terdekat dari lokasi tempat tinggal Sedulur.  Akan tetapi perlu diingat, sebelum datang ke gerai, sebaiknya persiapkan berkas yang diperlukan seperti formulir yang sama saat registrasi kartu indosat dengan unreg kartu Indosat , KTP, KK, dan lainnya. Untuk pengisian formulir, biasanya akan dibantu oleh petugas Customer Service.

Cara unreg kartu Indosat yang hilang

Bungdus

Terdapat beberapa alasan yang membuat seseorang harus tahu cara unreg kartu. Salah satunya adalah ketika smartphone atau perangkat seluler hilang, entah karena jatuh maupun dicuri. Jika tidak memungkinkan untuk ditemukan kembali, Sedulur pun masih dapat meminta bantuan kepada Customer Service untuk mengetahui tata caranya. Perhatikan langkah-langkahnya berikut ini.

  • Jika kartu Indosat kalian hilang, segera hubungi Customer Service Indosat melalui panggilan telepon (021) 30003000 untuk segera mendapatkan tindak lanjut.
  • Jelaskan mengenai kendala tentang kehilangan kartu Indosat tersebut, misalnya: kapan kartu tersebut hilang? Lokasi kehilangan? Siapa identitas pemiliknya? Dan lain-lain.
  • Apabila memungkinkan untuk datang ke gerai Indosat terdekat, sangat disarankan untuk datang langsung. Jangan lupa untuk membawa dokumen identitas seperti KTP dan KK yang digunakan ketika mendaftar kartu Indosat.

BACA JUGA : Cara Terbaik Menghemat Listrik Token/Pulsa, Mudah Banget!

Manfaat Unreg kartu

Viva

Berikut manfaat yang akan Sedulur dapatkan ketika unreg kartu sebelum membuangnya. 

  • Agar NIK dapat digunakan untuk registrasi kartu baru.
  • Untuk meminimalisir penyalahgunaan nomor pelanggan prabayar yang selama ini banyak dipergunakan untuk penipuan, penyebaran konten negatif, dan hate speech.
  • Dengan dihubungkannya nomor telepon selular dengan data di Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), maka langkah registrasi bisa dijadikan salah satu instrumen pengendalian penyalahgunaan nomor prabayar yang selama ini sering digunakan sebagai alat untuk bertindak kriminal.
  • Bentuk perlindungan langsung terhadap konsumen agar dapat terhindar dari penyalahgunaan data serta hal-hal yang merugikan konsumen di kemudian hari.

Demikianlah rangkuman informasi mengenai cara unreg kartu Indosat. Pastikan Sedulur sudah menyiapkan dokumen yang diperlukan ya, seperti KK dan juga NIK. Selamat mencoba. 

Nah untuk mempermudah Sedulur melakukan berbagai pembayaran, Aplikasi Super hadir dengan fitur menarik lho. Sedulur dapat melakukan pembayaran token listrik, tagihan BPJS hingga tagihan PDAM di Aplikasi Super.  Jika Sedulur belum memiliki Aplikasi Super di Hp, Sedulur dapatmelakukan pembayaran melalui Super Agen terdekat. Cukup bilang ke Super Agen, maka Super Agen akan melakukan pembayaran sesuai yang Sedulur butuhkan. Mudah bukan? Yuk langsung saja kunjungi Super Agen terdekat.