registrasi kartu telkomsel

Telkomsel merupakan salah satu provider ternama di Indonesia. Banyak masyarakat menggunakan Telkomsel karena fitur yang beragam, murah dan menarik. Selain itu, provider ini juga memilikilayanan sinyal dan jaringan yang kuat hampir di seluruh pelosok Indonesia. Bagi para pengguna awal Telkomsel, biasanya cukup dibingungkan dengan cara regristrasi kartu Telkomsel.

Namun, Sedulur tidak perlu khawatir karena ternyata cara melakukan registrasi kartu Telkomsel itu tidak serumit yang dibayangkan. Kami akan membantu Sedulur dengan menjelaskan langkah dan beberapa tips regristasi kartu yang identik dengan warna merah ini. Dijamin tidak akan mengalami registrasi kartu telkomsel gagal atau permasalahan lainnya. Penasaran bagaimana cara dan tipsnya? Mari simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA : Cara Unreg Kartu Telkomsel yang Sedang Aktif, Hilang & Hangus

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Paling Praktis

Untuk melakukan regristrasi sebuah kartu provider komunikasi, biasanya pemerintah sudah membuat aturan dasar yang perlu dipersiapkan oleh setiap provider. Hal ini agar masyarakat bisa dengan mudah dan tidak mengalami kesulitan untuk mendapatkan akses komunikasi. Namun, bila Sedulur bingung bagaimana cara melakukan regristrasi kartu Telkomsel, bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

1. Melalui Layanan SMS

registrasi kartu telkomsel
Telkomsel

Cara pertama dapat Sedulur lakukan hanya dengan melalui SMS. Cara daftar kartu telkomsel satu ini menjadi pilihan pertama oleh setiap pengguna baru kartu telkomsel. Untuk bisa melakukan cara registrasi kartu telkomsel satu ini, Sedulur perlu menyiapkan beberapa persyaratan, yaitu nomor identitas Sedulur yang tertera pada KK dan KTP.

Cara registrasi kartu telkomsel melalui layanan SMS bisa Sedulur lakukan di bawah ini:

  • Persiapkan KTP dan KK, catat nomor KTP dan nomor KK Sedulur.
  • Buka fitur SMS di smartphone Sedulur.
  • Ketik pesan dengan format: REG(Spasi)Nomor KTP#Nomor KK#.
  • Kirim pesan ke nomor 4444.
  • Tunggu beberapa saat, Sedulur akan menerima balasan dari telkomsel yang menyatakan registrasi berhasil dilakukan.

Bukan hanya registrasi kartu telkomsel yang perlu diperhatikan, jika Sedulur ingin mengganti nomor lama Sedulur, Sedulur perlu untuk menghapus nomor identitas Sedulur di nomor lama. Caranya sangat mudah, Sedulur tinggal ketik pesan dengan format UNREG#NIK dan kirim ke nomor 4444.

Setelah itu, Sedulur hanya perlu menunggu pesan konfirmasi bahwa unregistrasi nomor yang Sedulur lakukan telah berhasil. Dan Sedulur tinggal mendaftarkan nomor KK dan KTP kepada nomor telkomsel baru Sedulur dengan melakukan cara registrasi yang sudah dijelaskan di atas.

2. Registrasi Secara Online Melalui Website

Registrasi Secara Online Melalui Website
Telkomsel

Cara registrasi kartu telkomsel yang kedua yang bisa Sedulur lakukan adalah dengan registrasi kartu melalui website secara online. Telkomsel telah memberikan layanan website sendiri yang bisa diakses oleh setiap penggunanya. Berikut langkah yang bisa Sedulur lakukan:

  • Kunjungi laman www.telkomsel.com, dan pilih registrasi kartu.
  • Pada kolom pertama, masukkan nomor telkomsel yang ingin didaftarkan.
  • Pada kolom kedua, masukkan nomor KTP Sedulur.
  • Pada kolom ketiga masukkan nomor KK yang aktif.
  • Jika semuanya sudah sesuai, klik kirim.
  • Cara registrasi pun selesai dilakukan.

Namun cara ini membutuhkan koneksi internet untuk bisa melakukannya, oleh karena itu cara registrasi kartu telkomsel melalui website jarang dilakukan oleh sebagian besar pengguna telkomsel.

3. Melalui Layanan Telpon atau UMB

Melalui Layanan Telpon atau UMB
Selular.id

Cara yang mudah untuk registrasi kartu telkomsel adalah melalui layanan UMB atau telepon. Sedulur tinggal klik nomor *444# dan pilih menu Registrasi dan Sedulur tinggal mengikuti petunjuk selanjutnya dari layanan Telkomsel.

Menu *444# juga bisa dilakukan untuk membatalkan registrasi nomor simpati Sedulur. Caranya sangat mudah, Sedulur tinggal pilih menu UNREF dan ikuti setiap langkah selanjutnya yang diberikan oleh layanan telkomsel satu ini.

BACA JUGA : QRIS adalah: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Memakainya

4. Pusat Layanan Pelanggan GraPARI terdekat

Telkomsel

GraPARI merupakan pusat layanan yang disediakan oleh Telkomsel hampir di setiap kecamatan dan daerah di Indonesia. Layanan yang diberikan GraPARI beragam, mulai dari isi pulsa hingga upgrade kartu menjadi 4G disediakan oleh GraPARI.

Termasuk untuk registrasi kartu. Sedulur tinggal cari tahu informasi lebih lanjut untuk dapat melakukan  registrasi kartu telkomsel di GraPARI. Sedulur tinggal cari tahu informasinya di laman resmi situs Telkomsel.

5. Cara Registrasi Kartu Prabayar Telkomsel

registrasi kartu telkomsel
Telkomsel

Jika Sedulur ingin upgrade nomor menjadi kartu prabayar, Sedulur tinggal mendaftarkannya dengan cara,  sama seperti pada registrasi kartu telkomsel melalui layanan SMS:

  • Ketik pesan dengan format: REG(Spasi)Nomo KTP#Nomor KK#.
  • Kirim pesan ke nomor 4444.
  • Bagi pelanggan lama telkomsel bisa mengetik format: ULANGNIK#KK dan kirim ke nomor 4444.

6.Cara registrasi Telkomsel melalui akun sosial media Telkomsel

SitusNoka

Cara registrasi kartu Telkomsel bisa dilakukan dengan cara menghubungi akun sosial media resmi Telkomsel. Caranya mudah, cukup kirimkan pesan yang berisi tujuan Anda yaitu registrasi kartu Telkomsel ke Customer Service Telkomsel di sosial media mulai dari Twitter, Facebook, Telegram, dan Line berikut ini:

  • Twitter: @Telkomsel
  • Facebook: @telkomsel
  • WhatsApp: 0811-1111-1111
  • Telegram: @telkomsel_official_bot
  • Line: @Telkomsel

Tujua dan manfaat registrasi kartu prabayar

Detik


Pemerintah menggandeng Kominfo sudah mengimbau kepada masyarakat untuk segra mendaftarkan nomor telepon menggunakan NIK sesuai KTP. Akan tetapi, hingga  saat ini masih banyak masyarakat yang belum melakukan registrasi baik dari pemilik nomor baru maupun pelanggan lama.

Padahal registrasi nomor telepon tersebut sangat penting lho Sedulur. Dikutip dari laman Kominfo, aturan registrasi ini merupakan penyempurnaan aturan yang telah dibuat Kominfo sebelumnya tepatnya pada 2005 lalu. Tentu ada tujuan dan manfaat dari registrasi nomor telepon di antaranya yaitu sebagai berikut. 

  • Untuk meminimalisir penyalahgunaan nomor pelanggan prabayar yang selama ini banyak dipergunakan untuk penipuan, penyebaran konten negatif, dan hate speech.
  • Dengan dihubungkannya nomor telepon selular dengan data di Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), maka langkah registrasi bisa dijadikan salah satu instrumen pengendalian penyalahgunaan nomor prabayar yang selama ini sering digunakan sebagai alat untuk bertindak kriminal.
  • Bentuk perlindungan langsung terhadap konsumen agar dapat terhindar dari penyalahgunaan data serta hal-hal yang merugikan konsumen di kemudian hari.

Semoga cara registrasi kartu telkomsel di atas bisa memberikan informasi yang bermanfaat yang Sedulur butuhkan untuk melakukan registrasi. Karena jika nomor telkomsel Sedulur tidak diregistrasikan Sedulur tidak akan dapat melakukan apapun dengan nomor telkomsel Sedulur.

Selanjutnya, setelah terdaftar, Sedulur bisa melakukan apapun bersama kartu telkomsel. Termasuk bisa melakukan telepon, internetan dan lainnya. Jangan lupa untuk selalu menyediakan pulsa dan data internet. Agar Sedulur bisa selalu menikmati layanan dari Telkomsel.

Nah untuk mempermudah Sedulur melakukan berbagai pembayaran dan membeli paket data, Aplikasi Super hadir dengan fitur menarik lho. Sedulur dapat melakukan pembayaran token listrik, tagihan BPJS hingga tagihan PDAM di Aplikasi Super.  Jika Sedulur belum memiliki Aplikasi Super di Hp, Sedulur dapatmelakukan pembayaran melalui Super Agen terdekat. Cukup bilang ke Super Agen, maka Super Agen akan melalukan pembayaran sesuai yang Sedulur butuhkan. Mudah bukan?