cek no kartu bpjs kesehatan yang hilang

Ingin mengecek nomor kartu BPJS Kesehatan, tapi kartunya hilang? Tenang, Sedulur tidak perlu khawatir jika hal tersebut terjadi. Kini terdapat beberapa cara yang dapat Sedulur lakukan untuk cek no kartu BPJS Kesehatan yang hilang. 

No kartu BPJS Kesehatan memanglah sangat penting untuk mengecek tagihan iuran kesehatan maupun berobat ke dokter. Nah, berikut cara yang dapat Sedulur lakukan untuk cek kartu BPJS Kesehatan yang hilang.

BACA JUGA : Cara Unreg Kartu Indosat Lewat Kode SMS, Mudah Banget!

Cara cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK

Kompas

Berikut beberapa cara yang dapat Sedulur lakukan untuk mengecek kartu BPJS kesehatan menggunakan NIK yang perlu Sedulur perhatikan.

-->

1. SMS

BPJS Kesehatan sekarang ini telah menyediakan layanan SMS Gateaway agar peserta BPJS mudah untuk mendapatkan informasi melalui pesan singkat. Caranya sangat mudah, Sedulur hanya tinggal ketik NIK (spasi) NIK dan kirim ke nomor 087775500400.

2. Aplikasi Mobile JKN

Selain itu, Sedulur juga bisa mengecek nomor BPJS Kesehatan melalui NIK dengan cara mengunduh aplikasi mobile JKN di Google Play Store maupun App Store. Caranya hanya tinggal buka aplikasi dan login, kemudian pilih menu peserta, dan pilih jenis kartu yang digunakan untuk pengecekan.

3. WhatsApp

Selain dengan cara mengirimkan SMS, cara mengecek Nomor BPJS Kesehatan juga dapat dilakukan dengan cara mengirimkan pesan melalui WhatsApp lho. Sedulur dapat menggunakan layanan ini untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan di nomor 0811-8750-400. 

4. Call Center

Peserta BPJS Kesehatan juga dapat menghubungi call center BPJS Kesehatan untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan dengan menggunakan NIK KTP. Sedulur dapat langsung menghubungi call center 24 jam BPJS Kesehatan di nomor 165.

5. Kantor cabang terdekat

Cara berikutnya untuk mengecek no kartu BPJS yang hilang adalah Sedulur dapat mengecek secara langsung nomor BPJS Kesehatan dengan mendatangi kantor cabang terdekat.

6. Media Sosial

Selanjutnya,Sedulur juga bisa mengecek nomor BPJS Kesehatan dengan menggunakan akun resmi media sosial perusahaan. Pastikan Sedulur menghubungi akun media sosial BPJS Kesehatan yang bercentang biru ya!

7. Cara cek BPJS Ketanagakerjaan di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

Dilansir dari laman Kontan, salah satu cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan mengunjungi  laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Berikut caran yang harus Sedulur lakukan.

  • Kunjungi laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  • Masukkan alamat email dan password yang telah terdaftar di sso.bpjs.ketenagakerjaan.go.id.
  • Jika belum mempunyai akun di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id, maka bisa pilih “Buat Akun Baru” Selanjutnya, klik dan beri centang pada kolom “Saya bukan robot”
  • Klik Login Setelah masuk ke dashboard sso.bpjsketenagakerjaan.go.id,Sedulur bisa klik Kartu Digital Terakhir, akan muncul kartu digital BPJS Ketenagakerjaan miliki Sedulur.

BACA JUGA : Cara Registrasi Kartu Telkomsel Beserta Syaratnya di 2023

Cara mengurus kartu BPJS yang hilang secara online

App Store

 

Berikut cara mengurus kartu BPJS Kesehatan yang hilang yang dapat Sedulur lakukan secara online tanpa harus pergi ke kantor cabang.

  • Pastikan kamu sudah mempunyai aplikasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)
  • Buka aplikasi JKN dan lakukan pendaftaran.
  • Isi pendaftaran dengan data pribadi seperti nomor kartu BPJS, KTP, dan nomor telepon .
  • Login dengan menggunakan nomor kartu/username/email dan kata sandi yang telah didaftarkan.
  • Masuk ke menu utama, dan pilih “cetak kartu e-ID”
  • Klik pada ikon email dan ikuti sesuai arahan.
  • Nantinya, Sedulur akan mendapat email dari BPJS yang berisi kartu atas nama Sedulur.
  • Cetak kartu BPJS Kesehatan yang baru

Cara mengurus kartu BPJS yang hilang secara offline

cek no kartu bpjs kesehatan yang hilang
Kompas

Berikut cara mengurus kartu BPJS yang hilang secara offline dengan mendatangi kator cabang terdekat. Pastikan Sedulur sudah membawa dokumen pendukung ya!

  • Biasanya Sedulur perlu membuat surat keterangan kehilangan dari polisi terdekat.
  • Kunjungi kantor BPJS Kesehatan dengan membawa dokumen yang dibutuhkan seperti, surat kehilangan, KTP dan Kartu Keluarga (KK)
  • Serahkan dokumen tersebut ke petugas BPJS Kesehatan.
  • Jika sudah, minta untuk dicetakan kartu baru Petugas BPJS Kesehatan. Tunggu hingga selesai proses verifikasi.
  • Jika dokumen dinyatakan lengkap dan sesuai, petugas akan langsung mencetakkan kartu BPJS Kesehatan yang baru.

BACA JUGA : QRIS adalah: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Memakainya

Pentingnya BPJS Kesehatan

Maucash

BPJS Kesehatan merupakan badan hukum yang disediakan untuk masyarakat dengan tujuan memberikan perlindungan sosial kepada seluruh masyarakat di Indonesia dari risiko sosial ekonomi tertentu.Perlu Sedulur ketahui bahwa terdapat banyak manfaat BPJS Kesehatan bagi masyarakat. Selain untuk menjamin biaya kesehatan keluarga jika sakit, program wajib dari pemerintah ini juga menawarkan premi yang relatif jauh lebih murah dari asuransi swasta pada umumnya.

Keunggulan utama dari program dari pemerintah ini adalah layanan proteksi perawatan kesehatan atas sebagian besar penyakit. Tak hanya itu, tagihan iurannya pun masih cukup terjangkau, dan bagi masyarakat tidak mampu, tagihan tersebut akan dibayarkan oleh pemerintah. Maka dari itu sangat penting untuk Sedulur memiliki BPJS Kesehatan. 

Demikianlah ragkuman informasi tentang cek no kartu B00PJS Kesehatan yang hilang dan cara mengurusnya baik secara online maupun offline. Jika sudah memiliki BPJS jangan lupa untuk membayar tagihan secara rutin ya Sedulur. 

Kini Sedulur dapat dengan mudah membayar berbagai tagihan seperti tagihan BPJS, tagihan PDAM bahkan membeli kouta di Aplikasi Super melalui Super Agen lho. Jika Sedulur belum memiliki Aplikasi Super di Hp, Sedulur dapatmelakukan pembayaran melalui Super Agen terdekat. Cukup bilang ke Super Agen, maka Super Agen akan melalukan pembayaran sesuai yang Sedulur butuhkan. Mudah bukan?