cara mengetahui id pelanggan pln

Lupa pada nomor identitas atau ID pelanggan PLN memang cukup merepotkan. Namun, hal itu merupakan masalah yang cukup umum dan sering terjadi. Sedulur juga tidak perlu khawatir karena ada cara mengetahui ID pelanggan PLN yang mudah dilakukan.

Tentunya cara mengetahui ID pelanggan PLN ini bisa dilakukan oleh Sedulur tanpa perlu menelepon pihak yang berwajib atau datang ke kantor PLN langsung. Penasaran seperti apa caranya? Simak berikut ini ya!

BACA JUGA: Biaya Tambah Daya Listrik PLN Terbaru

Apa itu ID Pelanggan PLN?

Unsplash/Sehajpal Singh

ID pelanggan PLN adalah serangkaian kode unik atau nomor yang menyatakan identitas pengguna layanan PLN. ID pelanggan PLN digunakan untuk berbagai keperluan yang berhubungan langsung dengan kelistrikan. Pada jenis listrik pascabayar, nomor ini digunakan untuk membayar tagihan setiap bulan sesuai tanggal yang ditentukan.

Sementara, pada listrik prabayar, ID pelanggan PLN berfungsi untuk membeli token listrik. Oleh sebab itu, Sedulur perlu mengingat nomor ID pelanggan PLN atau mengeceknya secara berkala. Pasalnya, nomor ini dibutuhkan hampir setiap bulan untuk melakukan transaksi.

Selain itu, nomor ID pelanggan PLN juga berfungsi untuk mengecek informasi pelanggan PLN, seperti nama, daya listrik yang terpasang, jumlah kwh, dan lain sebagainya. 

Kamu juga akan diminta menyebutkan nomor ID pelanggan jika melakukan permohonan atau pengaduan ke pihak PLN. Contohnya, pengurangan dan penambahan daya, perbaikan kerusakan, terjadinya error, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Penyebab dan Cara Memperbaiki AC Konslet saat Dinyalakan

Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN

cara mengetahui id pelanggan pln
Unsplash/Enrico Mantegazza

Untuk mengecek ID Pelanggan PLN, Sedulur bisa menggunakan beberapa cara. Berikut penjelasan bagaimana cara cek ID Pelanggan PLN.

1. Melihat struk tagihan fisik

Pada setiap pembayaran tagihan pascabayar maupun pembelian token listrik prabayar secara offline, Sedulur akan mendapat sebuah struk. Nah, di struk ini tertulis dengan jelas informasi pelanggan listrik, mulai dari nama serta ID pelanggan.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan buang struk ini begitu saja. Sedulur bisa menyimpan salah satu di dompet untuk mengecek ID pelanggan bilamana sewaktu-waktu lupa dan dibutuhkan.

2. Cek meteran listrik

Sedulu juga bisa cek ID pelanggan PLN melalui meteran listrik. Pada meteran listrik tersebut tertera nomor ID pelanggan yang terdiri dari 11 hingga 12 digit angka.

Untuk selengkapnya, perhatikan cek ID pelanggan PLN pascabayar berikut ini, ya. Cek ID pelanggan PLN:

  • Lihat meteran listrik di rumah.
  • Cari bagian barcode pada meteran listrik (kWh meter).
  • Tulis atau foto 11 atau 12 angka yang tertera di barcode berupa ID pelanggan.
  • Simpan baik-baik nomor ID PLN tersebut.

3. Melihat hasil transaksi pembayaran online

Cara mengetahui ID PLN selanjutnya adalah melalui struk pembayaran tagihan maupun riwayat pembelian token di marketplace, mobile banking, e-wallet, maupun aplikasi payment gateway. Melalui cara ini, ada banyak informasi yang bisa Sedulur dapatkan dan tidak cuma nomor ID pelanggan saja. 

4. Menggunakan aplikasi PLN Mobile

Selain melalui empat cara di atas, Sedulur juga bisa cek nomor ID Pelanggan melalui aplikasi PLN Mobile. Untuk mendapatkan aplikasi PLN Mobile, Sedulur bisa mengunduhnya melalui PlayStore untuk pengguna Android maupun AppStore untuk pengguna Apple.

Melalui aplikasi ini, Sedulur dapat melihat informasi mengenai layanan listrik yang digunakan, termasuk jumlah pemakaian listrik, nomor ID Pelanggan, nama pemilik rekening, dan masih banyak lagi.Berikut cara cek ID pelanggan PLN melalui aplikasi.

  • Unduh PLN Mobile melalui App Store maupun Play Store.
  • Buka Aplikasi dan Login atau Daftar
  • Kemudian, pilih menu “Pelanggan”.
  • Lalu, cek nomor ID pelanggan kamu.

5. Melakukan pengecekan di website PLN

PLN merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang energi listrik. Sebagai perusahaan penyedia listrik terbesar di Indonesia, PLN memiliki laman atau website resmi yang menjadi acuan berbagai informasi.

Salah satu informasi yang bisa Sedulur dapatkan melalui website resmi PLN adalah nomor ID pelanggan. Berikut cara cek ID pelanggan PLN melalui website resminya.

  • Buka laman https://portal.pln.co.id/.
  • Lakukan “Login” dengan akun email dan kata sandi.
  • Jika belum punya akun, lakukan daftar terlebih dahulu.
  • Kemudian, pilih menu dan cek ID pelanggan PLN dengan nama pemilik meteran.
  • Maka akan muncul nomor ID pelanggan.

6. Bertanya langsung ke kantor PLN

Opsi lain mengecek nomor ID pelanggan PLN adalah melalui call center. Sedulur bisa menghubungi PLN di 123 untuk mendapatkan nomor ID pelanggan dengan cepat.

Call center PLN tersedia 24 jam setiap hari untuk melayani kebutuhan dan keluhan pelanggan. Akan tetapi, cara ini tidak gratis. Sedulur dikenakan sejumlah pulsa saat menelpon dengan ponsel. 

Besaran biaya tergantung jenis operator seluler dan lama waktu menelpon. Maka dari itu, pastikan Sedulur memiliki pulsa yang cukup ketika menghubungi call center PLN 123.

BACA JUGA: Gampang! Ini Cara Bayar PLN Lewat BCA Mobile Cuma 3 Menit

Cara Cek Daya Listrik Rumah

cara mengetahui id pelanggan pln
Kompas/Iwan Setiyawan

Selain cara mengetahui ID pelanggan PLN, hal yang perlu Sedulur ketahui juga adalah melihat atau mencari tahu daya listrik rumah. Hal ini sangat berguna ketika Sedulur ingin membeli perabotan elektronik agar sesuai dengan kapasitas listrik hunianmu.

 Apabila Sedulur belum mengetahui cara cek daya listrik rumah. Berikut ini ada beberapa tips dan trik mudah untuk mengetahui kapasitas listrik di rumahmu.

1. Cek kode CL

Cara mengetahui daya listrik rumah yang pertama adalah dengan membaca kode di meterannya. Setiap meteran listrik di rumah tentu mempunyai sejumlah kode. Nah, kode-kode tersebut berisi keterangan tentang kapasitas daya, jumlah penggunaan listrik, serta catatan riwayat lainnya. 

Jika Sedulur ingin mengetahui berapa kapasitas daya di suatu bangunan, cek kode CL pada meteran listriknya. Berikut ini cara membaca arti dari kode CL pada meteran listrik rumah.

  • Kode CL 2: yang berarti rumah tersebut memiliki kapasitas daya listrik 450 VA
  • Kode CL 4: yang berarti rumah tersebut memiliki kapasitas daya listrik 900 VA
  • Kode CL 6: yang berarti rumah tersebut memiliki kapasitas daya listrik 1.300 VA
  • Kode CL 1: yang berarti rumah tersebut memiliki kapasitas daya listrik 2.200 VA
  • Kode CL 16: yang berarti rumah tersebut memiliki kapasitas daya listrik 3.500 VA

Adapun cara lain untuk membaca kode CL pada meteran listrik adalah dengan mengalikan besaran daya dasar (220 kVA) dengan angka setelah CL. Misalnya saja, bila angka setelah kode CL di tempatmu adalah 2, maka setelah dikalikan 220 hasilnya adalah 440kVA. Kategori daya listrik yang paling mendekati untuk hasil tersebut adalah 450 kVA. 

2. Melakukan pengecekan di PLN Mobile

Untuk cara mengetahui daya listrik rumah berikutnya, Sedulur bisa mengeceknya via aplikasi mobile. Dalam hal ini, PLN Mobile adalah aplikasi yang menyediakan informasi terlengkap terkait kelistrikan di Indonesia. 

Dengan aplikasi ini, pelanggan juga bisa mengecek berapa kapasitas daya listrik di rumah. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Pertama, Sedulur wajib mengunduh aplikasi PLN Mobile di Play Store atau App Store.
  • Setelah itu, instal dan tunggu proses pemasangannya hingga selesai di ponselmu.
  • Kemudian, masuk ke halaman utama dan pilih opsi Token dan Pembayaran.
  • Jika sudah, masukkan ID Pelanggan-mu. Jika tidak hafal atau menyimpan catatannya, Sedulur bisa cek nomornya langsung di meteran listrik rumah. 
  • Nomor ID pelanggan biasanya terdiri atas 11-12 digita angka. Selanjutnya, masukkan dan periksa.
  • Untuk pelanggan yang menggunakan listrik prabayar, pilih menu Beli Token. Namun, jika Sedulur menggunakan listrik pascabayar, ambil opsi tagihan pascabayar. 

Dengan cara ini, Sedulur pun bisa tahu berapa daya listrik di rumah. Caranya terbilang praktis dan tentunya dapat memberimu informasi yang lebih valid. 

3. Melihat di website PLN

Selain itu, Sedulur juga bisa menggunakan cara mengetahui daya listrik rumah berikut ini. Untuk lebih jelasnya, yuk ikuti langkah-langkahnya di bawah ini!

  • Bukalah browser di ponsel, komputer, atau laptop.
  • Setelah itu, coba masukkan alamat situs resmi PLN, https://layanan.pln.co.id.
  • Bila sudah, cek pada bagian Identitas Pelanggan. Selanjutnya, masukkan nomor meteran atau ID Pelanggan milikmu.
  • Kemudian, klik pada tombol Cari.
  • Tunggu sampai website PLN selesai memproses informasi tersebut.
  • Tidak berselang lama, Sedulur pun bisa menemukan informasi terkait kapasitas daya listrik, tarif listrik, serta pemakaian listrik pada meteranmu.

Demikian tadi beberapa cara mengetahui ID pelanggan PLN dan mengetahui kapasitas meteran listrik di rumah. Semoga informasi kali ini bisa membantu Sedulur dan menghilangkan kebingungan yang melanda ya!