cara mengaktifkan token listrik yang terblokir

Cara mengaktifkan token listrik yang terblokir dapat dilakukan dengan berbagai metode. Jadi bagi yang mengalami masalah ini, tidak perlu panik. Ya, token listrik sendiri menjadi satuan pembayaran yang digunakan untuk mengisi ulang daya listrik dari layanan PLN prabayar.

Namun, ternyata banyak yang mengalami masalah berupa token listrik terblokir dan tidak bisa diisi. Lantas, bagaimana cara mengaktifkan token listrik yang terblokir agar bisa digunakan kembali? Untuk lebih jelasnya lagi, simak uraian penjelasan yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Simak Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN dengan Mudah Berikut ini!

Alasan Token Listrik Prabayar Diblokir

cara mengetahui id pelanggan pln
Kompas/Iwan Setiyawan

Seperti yang sebelumnya dikatakan, jika token listrik prabayar merupakan layanan dari PLN yang memungkinkan para pengguna untuk bisa mengontrol penggunaan listrik dengan lebih mudah.

Berbeda dari layanan pascabayar, Sedulur hanya bisa menggunakan listrik setelah token diisi. Metode ini sama seperti penggunaan pulsa seluler prabayar. Berdasarkan informasi dari situs resmi PLN, pengguna dapat mengisi token listrik mulai dari 20 ribu sampai 1 juta rupiah.

Dengan menggunakan sistem listrik prabayar, maka setiap rumah tangga maupun pengguna listrik bisa dengan lebih mudah dalam mengontrol pembelian dan penggunaan listrik harian.

Nah, untuk alasan token listrik prabayar diblokir sendiri ada banyak. Yang paling sering yakni kesalahan dalam memasukkan kode token hingga 10 kali. Selain itu, ada pelanggaran atau penunggakan pembayaran jika bisa menjadi penyebab dari masalah yang satu ini.

BACA JUGA: Cara Mudah Cek Sisa Token Listrik di Rumah, Yuk Catat!

Cara Mengatasi Token Listrik Terblokir

cara mengetahui id pelanggan pln
Unsplash/Enrico Mantegazza

Apabila meteran listrik yang Sedulur gunakan terblokir, tentu saja tidak akan bisa memasukkan nomor token listrik. Jika mengalami masalah semacam ini dan token listrik telah habis, pastinya akan membuat listrik di rumahmu mati dan tidak dapat digunakan.

Maka dari itu, cara mengaktifkan token listrik yang terblokir adalah dengan menghubungi pihak PLN. Sedulur dapat menghubungi pihak PLN dengan beberapa metode yang ada di bawah ini.

1. Hubungi call center PLN

Cara mengaktifkan token listrik yang terblokir pertama, yakni dengan menghubungi call center PLN di nomor 123. Sebelum itu, pastikan Sedulur memiliki pulsa yang cukup supaya telepon tidak terputus ketika masalah belum selesai. Lebih jelasnya, berikut ini langkah untuk menghubungi call center PLN.

  • Hubungi call center resmi PLN di nomor 123.
  • Setelah itu, sampaikan pada petugas jika meteran listrik di rumah telah terblokir.
  • Nantinya petugas akan memberitahukan alasan mengapa masalah tersebut bisa terjadi.
  • Berikutnya, silahkan ikuti instruksi petugas untuk mengatasinya.
  • Jika Sedulur tidak paham, mintalah petugas untuk datang secara langsung ke rumah dan memperbaiki masalah ini.

2. Hubungi melalui media sosial PLN

Apabila Sedulur tidak mempunyai jumlah pulsa yang cukup untuk melakukan panggilan, maka dapat menghubungi pihak PLN melalui media sosial resmi mereka. Nah, di bawah ini adalah layanan media sosial PLN yang menerima keluhan dari para pelanggannya.

  • Facebook : PLN 123
  • Instagram : pln123_pln.co.id
  • Twitter : @pln_123

3. Hubungi melalui email

Selain dengan menggunakan dua cara yang ada di atas, para pelanggan juga dapat menghubungi pihak PLN melalui email resmi. Nah, alamat email resmi dari PLN sendiri adalah pln123@pln.co.id. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara mengaktifkan token listrik yang terblokir melalui email PLN/

  • Pertama, masukkan dulu alamat email PLN di bagian “To” atau “Kepada”.
  • Setelah itu, tulis “Token Listrik Terblokir” di bagian subjek email.
  • Kemudian, beritahu masalah yang Sedulur alami di bagian badan email.
  • Jangan lupa sertakan juga informasi tentang data diri Sedulur seperti nama lengkap, nomor ID pelanggan atau no meter, alamat rumah, serta nomor telepon yang bisa dihubungi.
  • Pastikan email ditulis dengan benar, lalu klik “Kirim”.
  • Jika sudah, Sedulur hanya perlu menunggu balasan dari pihak PLN.

4. Hubungi melalui WhatsApp

Tidak hanya media sosial dan email, Sedulur juga bisa mengakses layanan dari PLN melalui WhatsApp. Ya, tidak ada salahnya untuk mencoba metode yang satu ini, dan berikut ini langkah-langkah yang bisa diikuti.

  • Buka aplikasi WhatsApp, lalu buat pesan ke nomor 08122 123 123.
  • Langsung saja tulis keluhan dan permintaan untuk mengaktifkan token listrik.
  • Jangan lupa untuk memberikan beberapa informasi penting, seperti nama lengkap, nomor ID pelanggan atau no meter, dan alamat rumah.
  • Kirim pesan tersebut.
  • Tunggu sampai pihak PLN memberikan balasan.

5. Hubungi melalui PLN Mobile

Bagi yang belum tahu, PLN Mobile adalah aplikasi yang dirilis secara resmi oleh Perusahaan Listrik Negara alias PLN. Aplikasi yang satu ini dibuat untuk memudahkan masyarakat dan pelanggan PLN dalam mengelola penggunaan listrik dengan mudah hanya lewat ponsel.

Aplikasi PLN Mobile juga dapat menjadi tempat bagi para pelanggan untuk mengadukan berbagai macam kendala terkait dengan listrik yang ada di rumah mereka. Nah, berikut ini cara mengaktifkan token listrik yang terblokir melalui aplikasi PLN Mobile.

  • Pertama, download dulu aplikasi PLN Mobile.
  • Buka aplikasi dan buat akun baru.
  • Jika sudah, klik pada menu “Pengaduan”.
  • Pilihlah salah satu jenis pengaduan gangguan. Penting untuk diketahui jika jenis gangguan hanya bisa diubah sebelum memasukkan ID Pelanggan atau No. Meter.
  • Setelah itu, pilih ID Pelanggan atau No. Meter yang sudah didaftarkan pada akun PLN Mobile. Jika belum didaftarkan, silahkan masukkan ID Pelanggan atau No. Meter secara manual.
  • Kemudian pastikan tagging koordinat lokasi gangguan telah sesuai, lalu tekan tombol “KONFIRMASI”, dan pilih opsi “YA” jika telah sesuai.
  • Berikutnya, lampirkan foto kendala (jika ada), input deskripsi laporan, dan lanjutkan dengan memilih opsi “KIRIM PENGADUAN”.
  • Tunggu beberapa saat, nantinya Sedulur akan menerima Nomor Laporan dengan format: Gxxxxx.
  • Tekan tombol “OK”, sehingga laporan akan diteruskan kepada pihak yang terkait, sementara layar ponsel akan diteruskan ke halaman Riwayat Pengaduan.

6. Datangi kantor PLN terdekat

Jika Sedulur masih merasa tidak yakin dengan beberapa cara mengaktifkan token listrik yang terblokir sebelumnya, masih ada metode terakhir yang bisa dicoba. Metode terakhir ini, yakni dengan mendatangi secara langsung kantor PLN terdekat dengan lokasi.

Akan tetapi, pastikan untuk datang pada saat jam operasional masih berlangsung, yaitu antara pukul 08.00-17.00. Dan ketika sudah sampai di kantor PLN terdekat, Sedulur dapat langsung menemui petugas yang sedang berjaga. Kemudian langsung saja katakan permasalahan yang dialami.

Nantinya si petugas akan memberikan solusi yang terbaik. Jika diperlukan, mungkin akan ada petugas yang datang berkunjung ke rumah untuk memperbaiki meteran listrik di rumah Sedulur.

Nah, itulah sekiranya beberapa cara mengaktifkan token listrik yang terblokir yang bisa dilakukan. Sedulur bisa mencoba satu persatu metode yang ada di atas, sampai menemukan satu metode terbaik yang mampu mengatasi permasalahan tersebut.