Wajan anti lengket memang salah satu komponen penting di dapur. Bisa dipakai untuk menggoreng, membuat omelet tanpa minyak, masak nasi goreng yang garing, masak makanan berkuah tanpa khawatir tumpah, menumis, atau bahkan membuat martabak dan yang paling penting gak bikin stres saat mencucinya. 

Sedang mencari wajan anti lengket yang fiturnya bukan abal-abal serta siap menemanimu berkreasi di dapur? Namun, terlalu banyak pilihan justru bikin pusing sendiri. Sedulur bisa simak dulu tips memilih wajan anti lengket mulai dari bahan coat sampai pegangannya berikut ini. 

Pilih berdasarkan ukuran dan bentuknya. Akan lebih baik jika Sedulur memilih teflon dengan ukuran lebih dari 20cm dengan kedalaman yang lumayan. Jadi, teflon anti lengketmu bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan memasak. Mulai memasak saus, sup, menggoreng ayam, telur, hingga memanggang roti. 

  • Perhatikan bagian gagangnya. Jangan hanya melihat bentuknya yang cantik, pastikan bahan apa yang dipakai untuk pegangan panci. Pegangan adalah elemen penting dalam panci dan harus benar-benar kuat. Bahan logam  lebih disarankan. 
  • Lihat fitur-fitur tambahannya. Jika ingin benar-benar dapat yang serbaguna, lihat apakah ia punya fitur oven safe alias bisa dipakai untuk pengganti loyang. 
  • Ada dua jenis coating atau lapisan anti lengket yang dipakai di pasaran. Lapisan pertama dan paling umum adalah PTFE atau yang biasa dikenal dengan istilah teflon. Kedua, adalah lapisan keramik. Lapisan ini dikenal lebih sehat dan aman dibanding teflon. Namun, secara ketahanan, teflon lebih tahan lama. 
  • Perhatikan bahan pancinya juga. Ada panci stainless steel dan panci aluminium tiga lapis. Panci stainless steel tentu lebih awet dan distribusi panasnya merata, sehingga ideal untuk memasak. Sebaliknya, panci aluminium cenderung cepat panas sehingga jika tak hati-hati risiko gosong lebih besar. Kelemahan stainless steel adalah harganya lebih mahal dan lebih berat dari segi beban. 

Nah, sudah tahu beberapa tips memilih wajan anti lengket. Saatnya baca rekomendasi wajan anti lengket berikut ini. Sudah dipilih berdasar ulasan terbaik dari para penggunanya. 

-->

BACA JUGA: 18 Kue Lebaran Kering Khas Indonesia yang Wajib Ada!

1. Tefal Cook & Clean Wokpan 28cm

tokopedia.com

Dari produsen lokal, kamu bisa mencoba teflon anti lengket dari Teflan. Bahan yang dipakai titanium sehingga menghasilkan warna panci yang hitam elegan. Tersedia di berbagai ukuran yang bisa disesuaikan kebutuhan. Harga teflon anti lengket ini masuk akal. Cocok buat yang ingin hemat, tetapi tak mau kehilangan kualitas. Wajan ini sudah diklaim bebas PFOA, salah satu bahan berbahaya yang biasanya dipakai dalam pembuatan teflon.

2. Maxim Valentino 2pcs Set Wajan dan Penggorengan

shopee.co.id

Buat yang butuh mengisi dapur baru dan ingin hemat,  teflon anti lengket 1 set ini bisa jadi pilihan tepat. Khas Maxim, bagian luar panci berwarna merah, sementara lapisan dalamnya berwarna hitam. Mengikuti permintaan pasar saat ini yang butuh wajan anti lengket tanpa bahan berbahaya, Maxim pun sudah mengklaim produknya bebas PFOA.

3. Wajan Enamel Marble Royal Maspion

tokopedia.com

Dengan diameter mencapai 40cm, memasak dengan wajan enamel dari Maspion pasti bikin Sedulur puas dan lega. Bahannya sudah menggunakan baja dan ditambah lapisan enamel dengan corak marble yang menawan. Teflon anti lengket Maspion ini bisa kamu dapatkan di harga Rp130 ribuan saja.

4. Greenpan Copenhagen Black Open Wok 30cm 

naturesmarket.id

Punya dana lebih dan ingin beli yang benar-benar tahan lama, teflon anti lengket keramik berkualitas premium bisa kamu dapatkan dari merek Greenpan. Sesuai kualitasnya, harga teflon anti lengket yang bagus ini mulai di harga Rp 1 jutaan per produknya. Dengan harga setinggi itu, kamu mungkin tak perlu beli panci baru dalam waktu bertahun-tahun kemudian. Kedalamannya oke mencapai 4 liter volume dan menggunakan lapisan keramik. Bahan yang dipakai pun stainless steel baik untuk wajan maupun pegangannya.

5. Scanpan Techniq 26cm 

instagram.com/scanpan_official

Selain Greenpan, kamu bisa pula menjajal keampuhan Scanpan. Merek alat masak dari Denmark ini juga gak perlu diragukan. Bahannya kuat, meski sedikit berat. Paling menarik adalah bentuknya yang melingkar dengan kedalaman yang tak tanggung. Cocok untuk berbagai jenis masakan, termasuk yang berkuah. Lapisan yang dipakai Stratanium dan bebas PFOA. 

6. Koch&Backen Cast Iron Skillet Fry Pan

shopee.co.id

Beberapa tahun belakangan selain teflon anti lengket keramik, cast iron skillet juga merajai pasar alat dapur. Jenis ini disukai karena diklaim jauh lebih aman karena lapisan minyaknya alami langsung dari besi berkualitas baik. Ia juga bisa dimasukkan dalam oven sebagai pengganti loyang. Lebih berat di volume, tetapi kualitas sudah terjamin. Harga teflon anti lengket tanpa minyak ini cukup di angka Rp 200-500 ribuan saja.

7. Neoflam FIKA Frypan 

instagram.com/neoflam_korea

Dari gambar teflon anti lengket di atas Sedulur mungkin langsung tergoda dengan penampakannya yang elegan. Warna pastelnya memang bikin siapapun menoleh. Panci anti lengket keramik asal Korea ini terbuat dari aluminium dengan lapisan keramik X-trema yang bisa dipakai untuk memasak dengan atau tanpa minyak. Harganya ada di angka Rp700 ribuan untuk versi diameter 24cm.

8. Wajan Anti Lengket Oxone OX24FP 24cm 

instagram.com/oxoneonline

Dari produsen lokal masih ada Oxone yang siap melengkapi perkakas masakmu di rumah. Dengan harga Rp200 ribuan saja, kamu sudah bisa dapat teflon yang bebas bahan berbahaya. Ukurannya pas dengan diameter lebar dan bentuk pipih. Ini bisa kamu pakai masak nasi goreng dan membakar roti tanpa mentega. Ringan dan elegan dengan harga yang masuk di kantong.

9. Debellin Grey Fry Pan 24cm 

instagram.com/debellin.premiumcookware

Ciri-ciri teflon anti lengket adalah kemampuannya memungkinkan pengguna masak tanpa minyak. Serta mudah dibersihkan dengan lap saja. Hal ini dimiliki panci dari Debellin yang berbahan alumunium dan berlapiskan granit. Pegangannya bercorak kayu dengan bahan yang nyaman digenggam dan awet. Miliki sekarang juga dengan merogoh kocek sedalam Rp800 ribu sampai 1 juta.

10. Bolde Super Pan Wok 24cm 

instagram.com/bolde_id

Merek lainnya yang bisa Sedulur andalkan di dapur adalah Bolde. Dengan lapisan granit yang bebas PFOA dan warna-warna netral yang elegan, momen memasak di rumah jadi lebih menyenangkan. Harganya pun sangat ramah di kantong. Cukup sisihkan Rp500 ribuan dari tabunganmu untuk memiliki salah satu varian produk teflon anti lengket dari merek ini. 

Sudah ada sepuluh wajan anti lengket terbaik yang bisa kamu miliki, Sedulur. Semuanya berkualitas baik. Perbedaannya mungkin dari ketahanan dan masa pakai saja. Mau yang awet tapi berharga tinggi, atau yang lebih murah. Silakan sesuaikan preferensi Sedulur saja. 

Sudah dapat panci baru dan siap-siap masak hari ini? Jangan lupa belanja sembakonya di Aplikasi Super, ya.