Anak usia 6 tahun biasanya membutuhkan perhatian khusus selama masa tumbuh kembangnya, terutama mengenai tinggi badan. Hal ini tidak lepas dari tinggi badan menjadi salah satu indikator bahwa anak tumbuh dengan sehat dan tidak memiliki masalah sedikitpun. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar perkembangan bisa berjalan baik yaitu dengan memberikan vitamin pertumbuhan anak 6 tahun. 

Selain memberikan vitamin, Sedulur juga harus memperhatikan asupan gizi si kecil selama masa pertumbuhan. Berikan makanan yang bergizi sembari ditunjang dengan vitamin peninggi badan. Nah, supaya Sedulur bisa memilih vitamin pertumbuhan anak 6 tahun yag tepat, coba simak beberapa rekomendasi vitamin pertumbuhan anak berikut ini! 

BACA JUGA : 100+ Ide Nama Bayi Perempuan Islami Lahir di Bulan Ramadan

Cara menambah tinggi anak secara alami

Vitamin pertumbuhan anak 6 tahun
eMediHealth

Berikut tips menambah tinggi badan anak yang perlu Sedulur perhatikan.

1. Beirkan makanan bergizi seimbang

Makanan bergizi seimbang menjadi syarat utama untuk bisa mengoptimalkan tinggi badan anak. Asupan gizi seimbang merupakan susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Maka dari itu, agar anak bisa mendapatkan asupan gizi yang seimbang, anak perlu mengonsumsi beberapa nutrisi yang dibutuhkan. Mulai dari protein, lemak, serat, karbohidrat, vitamin, dan juga berbagai mineral penting.

Adapun beberapa makanan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi seimbang yang dibutuhkan oleh anak di antaranya yaitu kacang, daging ayam, sayuran hijau, yoghurt, telur, buah-buahan, hingga ikan salmon. Tak hanya dari makanan, nutrisi dan gizi juga dapat diperoleh dari suplemen yang tepat. Jadi pastikan Sedulur memberikan asupan gizi yang seimbang untuk si kecil sebelum memberikan tambahan vitamin.

2. Berikan susu

Cara menambah tinggi badan anak yang selanjutnya adalah dengan memberikannya susu. Susu mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan anak untuk membantu mengoptimalkan tinggi badannya. Susu mengandung kalsium, protein, magnesium, zinc, dan lemak. Namun, susu yang memiliki khasiat tinggi dalam membantu pertumbuhan tulang adalah susu tinggi kalsium.

 3. Ajak untuk berolahraga

Cara menambah tinggi badan anak juga dapat dengan rutin berolahraga. Ingat, olahraga juga memiliki berbagai manfaat bagi anak-anak. Rutin berolahraga akan memperkuat otot, tulang, dan menambah produksi human growth hormone (HGH). Hormon inilah yang nantinya akan merangsang agar tinggi badan anak meningkat.

Lantas, berapa lama sebaiknya anak untuk berolahraga? Menurut ahli di KidsHealth, balita setidaknya perlu bermain aktif selama 60 menit tiap hari dan usia prasekolah setidaknya 120 menit per hari. Durasi ini harus mencakup aktivitas fisik terencana yang dipimpin oleh orang dewasa. Perlu Sedulur perhatikan jika anak kecil tidak boleh tidak aktif untuk jangka waktu yang lama. Misalnya, tidak lebih dari satu jam, kecuali ketika mereka sedang tidur. Sedangkan anak-anak usia sekolah, tidak boleh tidak aktif selama periode lebih dari dua jam.

Adapun beberapa jenis olahraga yang dianggap efektif untuk menambah tingi badan anak, meskipun belum dibuktikan secara ilmiah. Di antaranya berenang, bermain basket, dan lompat tali.

4. Perhatikan jadwal tidur

Tidur ternyata juga bisa membantu mengoptimalkan tinggi badan anak lho Sedulur. Ketika tidur tubuh akan menghasilkan hormon-hormon penting. Salah satunya HGH, hormon pertumbuhan yang memengaruhi tinggi badan anak. Adapun jam tidur anak yang perlu Sedulur perhatikan di antaranya yaitu sebagai berikut.

  • Bayi baru lahir (0–3 bulan): 14–17 jam setiap hari.
  • Bayi (4–11 bulan): 12–15 jam.
  • Balita/Toddlers (1–2 tahun): 11–14 jam.
  • Balita/Preschoolers (3–5 tahun): 10–13 jam.
  • Anak usia sekolah (6–13 tahun): 9–11 jam.
  • Remaja (14–17 tahun): Rentang tidur melebar satu jam menjadi 8–10 jam.

BACA JUGA : 8 Cara Menyikapi Masa Pubertas Pada Anak Remaja

Rekomendasi vitamin anak penambah tinggi badan

Berikut rekomendasi vitamin pertumbuhan anak 6 tahun yang dapat Sedulur jadikan pilihan.

1. Youvit Multivitamin Gummy Anak

Vitamin pertumbuhan anak 6 tahun
Youvit

Biasanya anak usia 6 tahun masih kesulitan untuk menelan vitamin yang berbantuk kapsul. Namun, hal ini dapat Sedulur akali dengan memberi mereka vitamin yang bentuknya jeli seperti Youvit Multivitamin Gummy Anak. Cara makannya seperti permen jeli pada umumnya, cukup dikunyah dan tidak butuh air untuk menelannya.

Dalam satu bungkus vitamin ini, terdiri dari 10 vitamin (vitamin A, B kompleks, C, D, E) dan 3 mineral (selenium, iodium, zinc). YOUVIT multivitamin bermanfaat untuk mendukung imunitas, tumbuh kembang, dan aktivitas harian anak. Vitamin tambahan dari Youvit ini dapat dikonsumsi oleh anak usia 3 sampai dengan 12 tahun.

Nomor registrasi BPOM: MD224510103115

2. Holisticare Super Ester C Kids

Vitamin anak
Halodoc

Holisticare Super Ester C Kids berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Tablet isap atau kunyah ini mengandung vitamin C yang tidak memiliki sifat asam sehingga aman bagi lambung. Di dalam vitamin Holisticare terdapat metabolit threonat yang secara unik terkandung dalam Ester-C sehingga penyerapan vitamin C dapat lebih optimal. Vitamin yang satu ini aman untuk dikonsumsi anak usia 4 hingga 12 tahun. Harganya pun cukup terjangkau, yaitu mulai Rp 45.000 sampai Rp 52.900.

Nomor registrasi BPOM: NA18170200368

3. Blackmores Koala Kids Body Shield

Blackmores

Sedulur tentu sudah pasti ingin seluruh anggota keluarga memiliki daya tahan tubuh yang baik bukan? Maka vitamin Balcmores Koala Kids Body Shield menjadi pilihan yang tepat.  Blackmores Koala Kids Body Shield mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk meningkatkan imunitas tubuh.  Produk ini berisi 60 tablet kunyah dan diperkaya rasa jeruk yang enak.

Produk ini juga pun mengandung pemanis alami xylitol, sehingga cukup disukai oleh anak-anak. Tak hanya itu, vitamin anak ini juga diperkaya pula dengan vitamin A, C, D3, E, dan zinc, sehingga membuat sistem kekebalan tubuh anak menjadi lebih baik. Sedulur tidak perlu khawatir, karena vitamin anak ini dijamin bebas kandungan gula pasir sehingga tidak akan merusak gigi si kecil.

Nomor registrasi BPOM: SI164507171

4. Imboost Kids Tablet Hisap

Kalcare

Vitamin untuk anak selanjutnya yang bisa Sedulur pilih untuk si kecil yaitu Imboost Kids Tablet Hisap. Sesuai dengan namanya, vitamin ini merupakan vitamin anak dalam bentuk tablet hisap. Vitamin ini memiliki kandungan aktif yang dapat memelihara daya tahan tubuh anak sekaligus mempercepat pemulihan setelah sakit. Memiliki rasa mixberry, membuat Imboost Kids Tablet Hisap jadi salah satu vitamin yang disukai oleh anak-anak.

Nomor registrasi BPOM: SD172551231.

BACA JUGA : 120 Nama Bayi Malaysia yang Sangat Populer Beserta Artinya

5. Fitkom Tablet Hisap

SOHO Health

Fitkom tablet hisap hadir dalam bentuk bintang sehingga sangat menarik si kecil. Vitamin ini memiliki varian rasa anggur yang enak dan disukai anak-anak. Produk vitamin anak dalam bentuk tablet hisap ini berkhasiat untuk menjaga kesehatan si kecil setiap hari, memenuhi kebutuhan vitamin mineral anak di masa pertumbuhannya, serta dapat membantu memulihkan kondisi tubuh setelah sakit. Hal ini karena Fitkom sudah diperkaya dengan kandungan vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, C, D3, E dan mineral kalsium. Sehingga daya tahan tubuh dan tumbuh kembang anak setiap hari selalu sehat, aktif, dan cerdas.

Nomor registrasi BPOM: SD172551141

6. Vidoran Smart ImunUP Tablet

Vidorant Smart

Vidoran Smart ImunUP Tablet merupakan vitamin anak berbentuk tablet yang sudah diperkaya dengan kandungan echinacea, yakni bahan herbal untuk memelihara daya tahan tubuh. Vitamin anak ini juga memiliki kandungan MVitamin C (Buffered) yang merupakan kombinasi dua bentuk vitamin C sehingga akan membantu mengurangi tingkat keasaman vitamin C.

Ketika kandungan vitamin C tersebut dikombinasikan dengan echinacea, kemampuannya dalam memelihara daya tahan tubuh akan semakin lebih efektif sehingga bisa melindungi anak dari berbagai serangan penyakit.

Nomor registrasi BPOM: SD201514051

7. Sakatonik ABC Tablet

Vitamin pertumbuhan anak 6 tahun
Kalcare

Sakatonik ABC mengandung multivitamin, seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, D, dan E. Merek vitamin anak ini juga sudah tersedia dalam bentuk tablet hisap dengan rasa buah yang disukai si kecil. Vitamin ini dapat membantu menjaga kesehatan, juga memenuhi kebutuhan vitamin untuk tumbuh kembang dan masa penyembuhan si kecil. Perlu Sedulur perhatikan bahwa vitamin ini tidak untuk dikonsumsi anak-anak dengan usia di bawah satu tahun, ya.

Nomor registrasi BPOM: SD071530471

8. Redoxon Kids Vitamin C

Redoxon

Redoxon kids vitamin C merupakan tablet kunyah tanpa air yang cocok untuk anak karena dapat membantu menambah daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C di dalamnya dapat membantu sistem imunitas tubuh dan berkontribusi melindungi sel-sel karena antioksidan kuat yang dimilikinya. Tak hanya itu, vitamin C juga berperan dalam pembentukan kolagen pada kulit dan tulang. Sehingga baik untuk kesehatan anak secara menyeluruh.

Nomor registrasi BPOM: SD201514031

BACA JUGA : 15 Rekomendasi Merk Kereta Dorong Bayi Paling Bagus!

9. Biolysin Kids Tablet

Biolysin Kids

Biolysin kids tablet kunyah merupakan vitamin anak yang hadir dalam tiga varian rasa, seperti stroberi, jeruk, dan blackcurrant. Vitamin ini mengandung multivitamin dan lysine yang bermafaat sebagai suplemen untuk memelihara kesehatan tubuh, membantu memenuhi kebutuhan multivitamin pada anak-anak usia pertumbuhan, dan juga dapat membantu dalam proses mempercepat penyembuhan setelah sakit.

Nomor registrasi BPOM: SD031508191

10. Wellness Gummy Kids

Vitamin pertumbuhan anak 6 tahun
Watson

Wellness Gummy Kids bisa menjadi pilihan produk vitamin anak berikutnya yang dapat Sedulur coba. Vitamin ini mengandung vitamin A, C, D, E, B6, B12, Folate, Biotin, Pantothenic Acid, Iodine, Choline, Inositol, Sodium, dan Zinc yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh Si Kecil. Dengan mengkonsumsi vitamin ini secara rutin, anak pun dapat terhindar dari berbagai penyakit sehingga mereka bisa beraktivitas secara nyaman setiap harinya.

Nomor registrasi BPOM: SI084527231

11. Appeton A-Z Vitamin C Gummies

Vitamin pertumbuhan anak 6 tahun
Halodoc

Rekomendasi vitamin pertumbuhan anak 6 tahun yang berikutnya adalah Appeton A-Z Vitamin C Gummies. Tablet kunyah ini diperkaya dengan vitamin C dosis rendah yang aman dikonsumsi dalam jumlah banyak sebagai pengganti permen.

Dengan kebutuhan vitamin C yang cukup, maka anak pun akan memiliki daya tahan tubuh lebih kuat sehingga tidak akan mudah sakit. Selain itu, vitamin C bisa membantu penyerapan zat besi pada tubuh agar anak terhindar dari anemia.

Nomor registrasi BPOM: SI225060791

12. Nutrimax Nutri Kidz Tablet

HBhoz

Selanjutnya, ada Nutrimax Nutri Kidz Tablet yang bisa Sedulur jadikan pilihan. Vitamin ini tersedia dalam bentuk tablet kunyah (chewable) dengan rasa jeruk, yang mengandung multivitamin dan mineral dengan komposisi lengkap dan seimbang. Sehingga daya tahan tubuh buah hati akan terjaga dengan baik dan akan selalu terlindungi dari berbagai penyakit.

Nutrimax Nutri Kidz Tablet juga diperkaya dengan DHA (Docosahaxaenoic acid) untuk membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat anak dan dilengkapi dengan L-Lysine untuk membantu meningkatkan nafsu makan anak.

Nomor registrasi BPOM: SI024502821

Demikianlah rangkuman informasi tentang rekomendasi vitamin pertumbuhan anak 6 tahun yang dapat Sedulur pilih. Selain memberikan vitamin dan asupan gizi yang seimbang, pastikan juga Sedulur memenuhi kebutuhan dan perlengkapan si kecil ya. 

Sedulur dapat membeli kebutuhan untuk perawatan si kecil dengan kualitas terbaik di Aplikasi Super. Mulai dari popok, susu, bedak higga minyak telon semuanya lengkap. Harganya tentu lebih terjangkau dibandingkan di pasaran. Yuk langsung download dan belanja di Aplikasi Super sekarang! Ada banyak promo menarik dan juga gratos ongkir lho. Belanja di Aplikasi Super dijamin semaki mudah dan murah.