nama bayi laki-laki langka

Belakangan, banyak orang tua yang cenderung memilih nama unik sekaligus langka untuk sang buah hati. Hal ini dimaksudkan agar nama yang diberikan tidak pasaran. Tak heran, topik seperti inspirasi nama langka untuk bayi laki-laki pun sedang banyak dicari.

Nah, apakah Sedulur juga sedang mencari nama untuk anak laki-laki? Jika iya, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan memberikan nama dengan makna baik yang jarang digunakan. Agar tidak bingung, berikut sudah dirangkum beberapa inspirasi nama langka untuk bayi laki-laki beserta maknanya. Yuk, langsung disimak!

BACA JUGA: 50 Nama Bayi Laki Laki Islami Aesthetic Bermakna Baik

Nama bayi laki-laki langka beserta maknanya

nama bayi laki-laki langka
iStock

Memilih nama yang unik dan langka ternyata bisa memberikan keuntungan bagi sang buah hati. Sejumlah ahli mengatakan bahwa memiliki nama yang unik bisa mendorong seseorang untuk berpikir kreatif dan di luar kebiasaan. Selain itu nama yang unik juga dapat membuat anak berpikir bahwa dirinya istimewa, luar biasa, dan berbeda daripada kebanyakan orang.

-->

Meski begitu tak dapat dipungkiri bahwa nama yang unik dan bahkan langka juga bisa memberikan beban, baik kepada sang anak maupun orang tua. Hal ini dikarenakan mereka mungkin akan kerap diminta menjelaskan soal asal usul serta makna dari nama tersebut. Oleh karenanya Sedulur perlu mempertimbangkan secara matang dalam memilih nama untuk anak.

Sementara itu, berikut ada 55 nama langka untuk bayi laki-laki yang bisa menjadi referensi bagi Sedulur, lengkap dengan makna atau artinya.

1. Aakash

nama bayi laki-laki langka
iStock

Inspirasi nama langka yang pertama adalah Aakash. Nama tersebut merupakan bentuk lain dari Akash yang dalam bahasa Sansekerta memiliki makna langit atau ruang luas yang terbentang di atas bumi. Makna tersebut bisa mewakili sifat yang agung atau sesuatu yang mulia. Selain itu, nama dengan makna langit juga menunjukkan kepribadian yang cerah serta penuh semangat.

2. Ace

Ace merupakan nama yang berasal dari bahasa Inggris dan bahasa Yunani. Dalam bahasa Inggris, Ace memiliki arti jagoan atau seseorang yang unggul. Sementara dalam bahasa Yunani, Ace merupakan bentuk pendek dari Alexandros yang bermakna pembela atau pelindung manusia.

3. Adriel

Adriel merupakan nama anak laki-laki yang diambil dari bahasa Ibrani. Nama ini juga memiliki variasi, seperti Adriella atau Adrielle yang sekaligus menjadi bentuk feminin dari Adriel. Adapun Adriel bermakna bangsawan, hamba Tuhan, serta penolong Allah. Nama ini bisa dipilih sebagai doa agar sang buah hati menjadi seorang manusia besar yang taat beribadah.

4. Albirru

Albirru merupakan nama yang berasal dari bahasa Arab, yaitu الْبِرِّ (al birru) dan memiliki makna kebaikan. Nam tersebut dapat menjadi doa agar sang putra senantiasa dilimpahi kebaikan dalam hidupnya. Selain itu juga sebagai harapan agar ia menjadi anak dengan karakter yang baik.

5. Alder

Alder juga termasuk nama bayi laki-laki yang cukup langka digunakan di Indonesia. Nama Alder sendiri diambil dari bahasa Inggris dan merujuk pada nama pohon alder. Sekadar diketahui, pohon alder dikenal sebagai jenis pohon dengan batang yang kokoh dan daun yang rimbun. Adapun nama tersebut memiliki makna bangsawan atau orang yang mulia. 

6. Alfie

nama bayi laki-laki langka
iStock

Berikutnya ada nama Alfie yang berasal dari bahasa Jerman dan Fenisia. Nama yang disebut sebagai bentuk lain dari Alfa ini memiliki makna serigala yang mulia, luar biasa, dan paling penting. Selain itu, dalam bahasa Inggris nama Alfie bermakna seorang penasihat yang baik.

7. Alzam

Alzam merupakan nama bernuansa Islami yang diambil dari bahasa Arab. Secara sederhana, Alzam mengandung makna tekun atau seseorang yang tekun. Melihat maknanya, nama tersebut dapat dipilih sebagai doa dan harapan agar sang buah hati tumbuh menjadi anak yang tekun dan selalu bersemangat.

8. Amerigo

Amerigo merupakan nama yang diambil dari bahasa Italia dan memiliki makna kekuatan universal atau seorang pemimpin. Menariknya, Amerigo juga merupakan nama tokoh yang berhubungan dengan sejarah penemuan Benua Amerika. Ia adalah Amerigo Vespucci, seorang kru kapal Christopher Columbus yang dikenal sebagai penemu benua tersebut.

9. Ansel

Ansel adalah nama anak laki-laki yang berasal dari bahasa Jerman. Nama tersebut memiliki makna mendapatkan perlindungan Ilahi. Sehingga bisa disimpulkan bahwa nama tersebut mewakili harapan agar sang buah hati senantiasa mendapatkan perlindungan dari Tuhan.

10. Andres

Rekomendasi nama langka untuk bayi laki-laki yang selanjutnya adalah Andres. Nama tersebut berasal dari bahasa Yunani dan memiliki makna pria atau anak laki-laki, kuat, dan pemberani. Nama yang juga merupakan bentuk lain dari Andrew atau Andrea ini cocok untuk disematkan kepada sang buah hati sebagai harapan agar ia tumbuh menjadi seorang anak laki-laki yang kuat dan pemberani.

BACA JUGA: 150 Nama Bayi Dari Bahasa Latin Untuk Laki-laki dan Perempuan

11. Archie

iStock

Nama langka berikutnya yang bisa dipilih untuk bayi laki-laki adalah Archie. Nama tersebut merupakan kependekan dari nama lama asal Inggris dan Skotlandia, yaitu Archibald yang berarti sangat pemberani. Sementara dalam bahasa Jerman, nama Archie memiliki makna agung, istimewa, ketulusan, kemurnian, dan kekuatan.

12. Arden

Selanjutnya ada Arden, nama anak laki-laki yang berasal dari bahasa Inggris. Arden memiliki makna tinggi atau mulia. Nama Arden juga dapat dimaknai pemberani, bersemangat, serta rajin. Adapun nama tersebut memiliki sejumlah variasi, seperti Ardena dan Ardyn yang merupakan bentuk feminin dari Arden. 

13. Arius

Arius diambil dari kata dalam bahasa Yunani yang berarti perang dan mengabdi. Di samping itu, nama Arius juga memiliki makna abadi. Sehingga nama ini dapat mewakili karakter seseorang yang pemberani, setia, dan siap untuk mengabdi.

14. Arnav

Arnav adalah nama langka untuk bayi laki-laki yang berasal dari bahasa Sansekerta. Nama ini memiliki arti samudera atau lautan yang mewakili pemikiran atau pengetahuan yang luas dan mendalam. Sehingga nama Arnav juga bisa diartikan sebagai seorang anak laki-laki yang pandai dan berpengetahuan luas.

15. Arutala

Arutala juga merupakan nama anak laki-laki yang berasal dari bahasa Sansekerta. Nama Arutala memiliki makna cita-cita dan rembulan. Nama tersebut menyiratkan harapan orang tua agar sang buah hati memiliki cita-cita yang tinggi dan berusaha untuk mencapainya. Selain itu, nama Arutala juga memiliki kesan gagah yang cocok untuk anak laki-laki.

16. Athan

iStock

Nama Athan cocok untuk Sedulur yang menginginkan nama bernuansa Islami. Nama tersebut diambil dari bahasa Arab yang berarti hadiah atau sesuatu yang berharga. Selain itu, Athan juga bermakna kehidupan abadi serta karakter percaya diri dan seorang pemimpin.

17. Austin

Austin adalah nama anak laki-laki yang berasal dari bahasa Latin. Nama Austin memiliki makna suci, agung, mulia, meningkat, dan berkembang. Berbagai makna tersebut menunjukkan bahwa nama Austin mengandung makna yang sangat baik dan sekaligus dapat mewakili harapan Sedulur atas kehidupan sang buah hati.

18. Avan

Avan merupakan nama dari bahasa Arab yang memiliki makna sederhana, rendah hati, dan berakhlak baik. Sementara dalam bahasa Persia, Avan bermakna air sehingga melambangkan kemurnian. Di sisi lain, Avan adalah bentuk variasi penulisan dari nama Affan.

19. Aziel

Nama Aziel diambil dari kata dalam bahasa Ibrani yang berarti kekuatan terbesarku adalah Tuhan. Dari makna tersebut dapat diketahui bahwa nama Aziel melambangkan karakter seseorang yang beriman dan selalu mengandalkan Tuhan dalam berbagai urusan.

20. Bannon

Bannon merupakan nama bayi laki-laki yang termasuk langka, terutama di Indonesia. Nama tersebut memiliki makna seseorang yang kuat dan gagah sehingga cocok untuk disematkan pada anak laki-laki.

BACA JUGA: 40 Nama Bayi Perempuan dalam Bahasa Spanyol yang Indah

21. Baswara

nama bayi laki-laki langka
iStock

Baswara berasal dari bahasa Sansekerta dan memiliki makna bersinar, bercahaya, dan matahari. Selain itu, Baswara juga bisa mewakili kepintaran atau pengetahuan. Adapun makna tersebut mengandung harapan agar si kecil dapat tumbuh menjadi seseorang yang bersinar dan memiliki masa depan yang cerah.

22. Bazla

Bazla adalah nama bayi laki-laki yang diambil dari bahasa Arab. Bazla mempunyai arti luar biasa dan kebijaksanaan. Makna tersebut mengandung doa serta harapan supaya sang buah hati dapat menjadi sosok yang bijaksana dan dapat memberikan manfaat luar biasa kepada sekitarnya.

23. Bentala

Bentala juga termasuk nama langka untuk bayi laki-laki. Meski berasal dari bahasa Indonesia, nama tersebut terbilang sangat jarang digunakan. Adapun Bentala memiliki arti bumi atau tanah. Selain itu, Bentala juga dapat diartikan sebagai tambatan atau pelabuhan hati.

24. Blaine

Blaine merupakan nama yang berasal dari Gaelik dan Skotlandia. Nama tersebut dapat digunakan untuk anak laki-laki maupun anak perempuan. Adapun dalam bahasa aslinya, Blaine memiliki arti kuning dan lebih populer digunakan sebagai nama keluarga.

25. Brayden

Nama langka selanjutnya yang bisa Sedulur pilih untuk anak laki-laki adalah Brayden. Nama ini berasal dari bahasa Inggris kuno serta merupakan variasi dari Braden.

Sementara jika melihat maknanya, Brayden memiliki arti lembah atau bukit yang luas. Selain itu, nama Brayden juga dimaknai sebagai seseorang yang memiliki karakter pemberani.

26. Brexley

iStock

Rekomendasi nama unik sekaligus langka yang berikutnya adalah Brexley. Menurut sejumlah sumber, nama ini diyakini muncul di era generasi modern. Menariknya tidak ada yang mengetahui secara pasti tentang asal nama tersebut. Hanya saja dikatakan bahwa nama Brexley mencerminkan sifat seorang laki-laki yang pemberani namun juga lembut atau ramah.

27. Cagney

Cagney merupakan nama anak laki-laki yang berasal dari Irlandia dan memiliki arti penghargaan. Nama tersebut juga dapat mewakili kehadiran buah hati sebagai sesuatu yang berharga. 

28. Cairo

Cairo merupakan nama Ibukota mesir yang juga disebut sebagai kota terbesar di dunia Arab. Dalam bahasa Arab, Cairo ternyata memiliki arti yang sangat mulia, yaitu yang menang, penakluk, atau kemenangan. Nama tersebut menyiratkan doa serta harapan agar sang buah hati tumbuh dengan jiwa serta semangat seorang pemenang.

29. Callum

Callum adalah nama anak laki-laki yang berasal dari bahasa Skotlandia. Nama tersebut memiliki arti merpati yang memiliki makna mendalam bagi umat Kristiani. Sebab merpati dianggap melambangkan kemurnian, kedamaian, dan Roh Kudus. Sehingga nama Callum bisa menjadi pilihan bagi Sedulur yang menginginkan nama dengan nuansa Kristiani.

30. Cannon

Berikutnya ada nama anak laki-laki langka dari Inggris, yaitu Cannon. Nama ini bisa dibilang cukup jarang ditemukan, terlebih di kalangan orang Indonesia. Lantas apa artinya?

Nama Cannon memiliki makna aturan atau disiplin. Dengan kata lain, nama tersebut mewakili sifat atau karakter seorang anak laki-laki yang tertib dan taat dengan peraturan yang ada.

BACA JUGA: 40 Rangkaian Nama Bayi Perempuan Korea Islami dan Artinya

31. Cashel

iStock

Cashel adalah nama anak laki-laki yang berasal dari Irlandia. Nama Cashel sendiri mengandung makna kastil atau benteng batu. Makna tersebut mewakili karakter seseorang yang kuat, memiliki pendirian yang teguh, dan tidak mudah terpengaruh.

32. Caspian

Caspian merupakan nama dari bahasa asing yang juga jarang digunakan. Nama tersebut lebih populer dikenal sebagai nama seorang karakter dari film The Chronicles of Narnia yang diduga terinspirasi dari Laut Kaspia. Sementara jika melihat dari maknanya, Caspian disebut merupakan nama anak laki-laki yang berarti putih.

33. Castiel

Selanjutnya adalah Castiel, nama dari bahasa Ibrani yang memiliki makna sangat religius. Castiel bermakna perisai Tuhan, Tuhan adalah amarahku, dan Tuhan adalah pelindungku. Castiel sendiri disebut merupakan nama malaikat.

34. Catra

Catra diambil dari bahasa Sansekerta dan memiliki arti payung kebesaran raja atau juga payung kerajaan. Di samping itu, nama Catra juga melambangkan karakter yang idealis, sensitif, ulet, serta kompeten.

35. Cavan

Nama langka untuk anak laki-laki yang selanjutnya adalah Cavan. Dalam bahasa Irlandia, Cavan memiliki makna tersayang atau kesayangan. Selain itu Cavan juga diartikan sebagai seseorang yang memiliki paras tampan.

36. Claude

iStock

Claude adalah nama dari bahasa Latin yang kerap dikaitkan dengan nama Claudius. Adapun Claude mengandung makna seseorang yang berkemauan keras. Selain itu Claude juga memiliki variasi, seperti Claudia yang merupakan bentuk femininnya.

37. Colton

Tak hanya jarang digunakan, nama Colton juga memiliki arti yang cukup unik. Nama yang berasal dari bahasa Inggris ini bermakna berasal dari kota batu bara. Selain itu, ada beberapa variasi dari nama tersebut, yaitu Colten, Kolton, dan Kolten.

38. Conrad

Conrad adalah nama langka bayi laki-laki yang berasal dari bahasa Jerman. Nama ini memiliki makna yang bagus, yaitu berani dan penasihat. Di samping itu, nama Conrad juga mewakili karakter seseorang yang memiliki kemampuan berbicara yang baik, rela berkorban, serta penuh perhatian. 

39. Dayton

Dayton merupakan nama asal Amerika Serikat yang bermakna day town atau light town. Dalam bahasa Indonesia makna tersebut bisa diterjemahkan sebagai kota yang terang atau kota yang bercahaya.

40. Dechan

Dechan adalah nama langka untuk bayi laki-laki yang juga memiliki makna baik. Nama ini bermakna kebahagiaan yang besar serta kesehatan. Terdapat variasi nama dari Dechan, yaitu Dechen yang berasal dari Tibet dan berarti kebahagiaan besar.

BACA JUGA: 400 Ide Nama Bayi Laki-Laki Modern 2022, Inisial A Sampai Z

41. Devon

iStock

Rekomendasi nama langka untuk bayi laki-laki yang berikutnya adalah Devon. Nama yang berasal dari Inggris ini memiliki arti penghuni lembah yang dalam. Di samping itu, Devon dalam bahasa Latin bermakna luar biasa agung atau melambangkan seseorang yang sangat mulia.

42. Dexter

Dexter memiliki beberapa makna, misalnya tangan kanan. Selain itu nama tersebut juga mewakili kepribadian seseorang yang terampil dalam melakukan suatu pekerjaan.

43. Eran

Nama unik sekaligus langka untuk bayi laki-laki selanjutnya adalah Eran. Bisa dikatakan, nama ini terdengar asing terutama di Indonesia. Nama Eran sendiri ternyata memiliki makna yang sangat mulia, yaitu karunia dari Allah. Sehingga nama tersebut sekaligus dapat mewakili rasa syukur orang tua atas kehadiran sang buah hati. Di sisi lain, Eran dalam bahasa Ibrani diartikan sebagai terbangun atau tetap waspada.

44. Ernest

Sedulur tentu tidak asing dengan sosok Ernest Prakasa yang merupakan aktor, sutradara, sekaligus komika kenamaan. Jika diperhatikan, nama Ernest terdengar cukup unik karena jarang ada orang yang memiliki nama yang sama.

Ernest sendiri ternyata nama yang berasal dari bahasa Jerman. Ernest memiliki arti serius dan tegas. Selain itu Ernest juga diartikan sebagai seseorang dengan pendirian yang teguh.

45. Ezekiel

Ezekiel adalah nama yang diambil dari bahasa Ibrani. Nama tersebut memiliki makna Tuhan yang menguatkan atau Tuhan akan memberi kekuatan.

46. Gentala

iStock

Nama unik untuk anak laki-laki yang berikutnya adalah Gentala. Nama ini diambil dari bahasa Jawa yang berarti naga. Sesuai dengan artinya, Gentala melambangkan anak laki-laki dengan kepribadian dan fisik yang kuat serta berani layaknya naga.

47. Griffith

Griffith merupakan nama anak laki-laki yang berasal dari bangsa Wales. Nama Griffith memiliki arti pangeran atau pemimpin yang kuat.

48. Kano

Kano adalah nama yang diambil dari bahasa Jepang. Nama Kano memiliki arti dewa air serta kekuatan maskulin. Melihat makna tersebut, dapat diketahui bahwa nama Kano sangat cocok untuk disematkan pada anak laki-laki.

49. Kellen

Dalam bahasa Irlandia, nama Kellen memiliki arti keturunan yang berkepala cerah. Selain itu, Kellen juga dimaknai sebagai seorang anak yang berbadan kurus atau ramping.

50. Laurent

Nama langka untuk bayi laki-laki berikutnya adalah Laurent. Dalam bahasa Latin, Laurent diartikan sebagai orang yang cerah atau bersinar. Nama ini juga memiliki versi lain, misalnya Laurentius.

BACA JUGA: 500 Daftar Nama Bayi Laki-Laki Islami Beserta Artinya

51. Lucerne

nama bayi laki-laki langka
iStock

Lucerne adalah nama bayi laki-laki yang terbilang cukup langka di Indonesia. Nama tersebut diambil dari bahasa Latin yang berarti lingkaran cahaya. Di sisi lain, Lucerne juga merupakan bentuk bahasa Perancis untuk nama kota di Swiss, yakni Luzern.

52. Mada

Mada merupakan nama anak laki-laki yang memiliki makna baik. Orang bernama Mada dikenal dengan karakter berani, cerdas, dan juga pekerja keras. Selain itu nama Mada juga berarti seorang bangsawan atau seorang yang memiliki derajat tinggi.

53. Maynard

Maynard adalah nama yang berasal dari bahasa Jerman dan memiliki arti kuat atau sangat kuat. Selain itu, nama Maynard juga dimaknai sebagai kekuatan, orang yang berani, dan Maha Perkasa.

54. Owais

Pilihan nama langka dari bahasa Arab yang selanjutnya adalah Owais. Nama tersebut memiliki makna serigala kecil. Selain itu, Owais juga disebut merupakan nama seorang sahabat Rasulullah saw.

55. Xander

Rekomendasi nama langka untuk bayi laki-laki adalah Xander. Nama tersebut merupakan kependekan dari Alexander, nama yang umum digunakan di Eropa. Dalam bahasa Yunani, nama Xander memiliki arti seseorang yang gagah, pembela, atau penolong manusia.

Itu dia 55 rekomendasi nama langka untuk bayi laki-laki sebagai referensi Sedulur. Selain menyiapkan nama terbaik untuk buah hati, jangan lupa lengkapi juga kebutuhan yang diperlukan setelah ia lahir.

Agar belanja kebutuhan bayi semakin hemat, Sedulur bisa menggunakan Aplikasi Super. Sebab, ada banyak pilihan produk perawatan bayi yang dibanderol dengan harga terjangkau. Selain itu belanja di Aplikasi Super juga anti-ribet. Sedulur cukup pesan lewat aplikasi dan barang belanjaan akan dikirim sampai depan rumah.

Praktis bukan? Yuk, langsung unduh Aplikasi Super dan lengkapi kebutuhan si kecil!