nama bayi filipina

Memberikan nama terbaik untuk anak merupakan keinginan setiap orang tua. Tak jarang para orang tua yang sedang menantikan kelahiran sang buah hati akan mencari referensi nama. Mulai dari nama yang berasal dari bahasa daerah, bahasa asing, hingga nama yang populer digunakan di negara tertentu. Misalnya nama bayi khas Filipina.

Dihimpun dari berbagai sumber, Filipina dikenal sebagai negara yang memiliki banyak bahasa. Setidaknya ada tiga bahasa yang umum digunakan, yaitu bahasa Filipina atau Tagalog, Inggris, dan Spanyol. Kondisi tersebut pun membuat nama orang Filipina cukup beragam sekaligus unik di samping sarat akan makna yang indah. Oleh karenanya, nama bayi Filipina juga bisa menjadi referensi bagi Sedulur yang sedang mencari nama untuk buah hati yang akan segera hadir di dunia.

Tertarik untuk memberikan nama Filipina untuk anak? Berikut sudah dirangkum 30 ide nama Filipina yang penuh arti untuk bayi cowok dan cewek. Yuk, langsung disimak informasinya di bawah ini!

BACA JUGA: 200 Insipirasi Nama Bayi Lelaki Huruf F, Unik Tapi Penuh Makna

-->

Nama bayi Filipina untuk anak cowok

nama bayi filipina
iStock

Ada banyak nama Filipina untuk bayi laki-laki yang bisa Sedulur pilih. Beberapa di antaranya adalah nama-nama yang diambil dari bahasa Spanyol dan Portugis. Selain itu tak jarang pula digunakan nama bernuansa Kristiani yang penuh makna. Berikut ada 15 ide nama bayi laki-laki Filipina beserta penjelasan mengenai maknanya.

1. Aaron

Aaron merupakan salah satu nama yang cukup populer di berbagai negara, termasuk Filipina. Terdapat beberapa versi terkait asal-usul nama satu ini. Pertama, nama Aaron disebut berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna pembawa pesan. Selain itu, nama Aaron dalam bahasa Ibrani atau Mesir Kuno disebut memiliki arti gunung yang tinggi, ditinggikan, kekuatan, dan ketangguhan.

2. Alejandro

Alejandro merupakan nama Filipina yang diambil dari bahasa Spanyol. Nama tersebut memiliki arti penjaga atau pembela umat manusia dan seseorang yang suka menolong. Di samping itu, nama Alejandro juga mengandung makna mengenai karakter yang cerdas, penuh semangat, dan memiliki keinginan yang kuat.

3. Alvino

Secara sederhana, nama Alvino mengandung makna teman yang setia atau teman lama. Selain itu, nama tersebut juga berarti putih yang melambangkan karakter jujur. Sedulur bisa memberikan nama Alvino untuk si kecil dengan panggilan Alvin atau Vino.

BACA JUGA: 150 Nama Bayi Dari Bahasa Latin Untuk Laki-laki dan Perempuan

4. Aurelio

iStock

Selanjutnya ada Aurelio, nama bayi laki-laki yang diambil dari bahasa Latin. Nama tersebut memiliki arti emas yang juga melambangkan sesuatu yang berharga. Aurelio sendiri juga merupakan versi maskulin dari nama Aurel. Sehingga variasi nama Aurel dan Aurelio ini juga bisa menjadi ide untuk Sedulur yang memiliki anak kembar laki-laki dan perempuan.

5. Carlo

Carlo adalah nama bayi laki-laki Filipina yang berasal dari bahasa Italia. Nama Carlo memiliki makna kuat dan pemberani. Tak hanya itu, nama Carlo juga disebut berasal dari nama Charles dan menyimpan makna laki-laki yang bebas. Adapun salah satu tokoh terkenal yang juga memiliki nama tersebut adalah Carlo Collodi, pengarang dongeng anak-anak berjudul Pinokio yang populer di hampir seluruh penjuru dunia.

6. Danilo

Sedulur yang menginginkan nama dengan nuansa Kristiani bisa memilih Danilo. Nama Danilo berasal dari bahasa Ibrani dan memiliki makna Tuhan adalah hakimku atau Allah akan menghakimi.

7. Fernandez

Fernandez adalah nama bayi laki-laki yang juga cukup populer di Filipina. Nama tersebut diambil dari bahasa Jerman dan memiliki makna pelindung yang pemberani serta pemberani dalam kedamaian. Nama Fernandez juga bisa mewakili harapan agar sang buah hati tumbuh menjadi sosok dengan jiwa pemberani terutama dalam hal kebaikan.

BACA JUGA: 200 Ide Nama Bayi Perempuan Pakai Huruf J yang Cantik dan Manis!

8. Jared

iStock

Jared merupakan nama anak laki-laki yang berasal dari bahasa Ibrani. Nama tersebut memiliki makna keturunan atau turun. Di sisi lain, nama Jared juga mengandung arti terkait karakter selalu ingin menyenangkan orang lain, lembut, dan pekerja keras.

9. Jerome

Sedulur tentu tidak asing dengan sosok influencer Jerome Polin. Ia sukses menginspirasi banyak pemuda Indonesia lewat prestasi yang ditorehkannya. Salah satunya mendapatkan beasiswa untuk menempuh pendidikan di Negeri Sakura Jepang. Adapun Sedulur juga bisa memberikan nama Jerome untuk si buah hati sebagai harapan agar kelak ia juga dapat mengikuti jejak kesuksesan seorang Jerome Polin. Nama Jerome sendiri berasal dari bahasa Yunani dan memiliki makna sebagai nama yang sakral atau nama yang suci.

10. Keanu

Nama bayi Filipina yang populer berikutnya adalah Keanu. Nama ini memiliki makna udara dingin dalam bahasa Hawai dan tegas atau tajam dalam bahasa Jerman. Selain itu, Keanu juga melambangkan karakter disiplin, percaya diri, dan kuat.

11. Kyle

Selanjutnya ada Kyle, nama yang mungkin terdengar cukup unik namun ternyata umum digunakan di Filipina. Nama tersebut bisa digunakan untuk segala gender, baik laki-laki maupun perempuan alias unisex. Kyle sendiri merupakan nama yang berasal dari bahasa Inggris atau Irlandia dan memiliki makna tanah yang sempit atau sungai yang celahnya sempit. Selain itu juga dimaknai sebagai keturunan yang indah atau berparas rupawan.

BACA JUGA: 120 Nama Bayi Laki-Laki Islami Dua Kata Bermakna Baik

12. Nathaniel

iStock

Ide nama bayi bernuansa Kristiani yang selanjutnya adalah Nathaniel. Nama tersebut diambil dari bahasa Ibrani dan memiliki makna yang hampir sama dengan Jonathan atau Elnathan, yaitu Tuhan telah memberikan atau Tuhan akan memberi. Adapun Sedulur bisa menggunakan nama Nathan sebagai bentuk pendek atau panggilan untuk Nathaniel.

13. Rodrigo

Rodrigo adalah nama bayi laki-laki dari bahasa Jerman yang memiliki arti raja terhormat dan bangsawan mulia. Oleh karenanya, nama tersebut juga bisa mewakili harapan atas kemuliaan atau sesuatu yang mulia dan berderajat tinggi untuk buah hati.

14. Vergel

Nama bayi Filipina yang populer berikutnya adalah Vergel. Nama tersebut diambil dari bahasa Spanyol, yakni vergel yang memiliki arti kebun atau kebun buah-buahan. Vergel juga dimaknai sebagai kelimpahan atau keadaan berlimpah.

15. Victor

Ide nama Filipina untuk bayi laki-laki yang terakhir adalah Victor. Dalam bahasa Latin, Victor diartikan sebagai kejayaan atau penakluk. Sementara dalam bahasa Inggris berarti pemenang. Nama tersebut dapat mewakili harapan agar si kecil tumbuh dengan jiwa pemenang yang pantang menyerah.

BACA JUGA: 200 Nama Bayi Perempuan Berawalan A Beserta Maknanya

Nama bayi Filipina untuk anak cewek

nama bayi filipina
iStock

Selanjutnya juga sudah dirangkum 15 ide nama Filipina untuk bayi perempuan. Nama-nama berikut ini memiliki makna yang indah dan juga mengandung harapan baik untuk kehidupan si kecil.

1. Adelfa

Pertama ada Adelfa, nama yang diambil dari bahasa Spanyol dan memiliki arti bunga adelfa. Nama Adelfa juga mengandung makna yang cukup dalam yaitu seorang anak yang terlahir ke dunia.

2. Althea

Althea adalah nama yang diambil dari bahasa Yunani dan cocok untuk anak perempuan. Nama tersebut mengandung makna diberkati dengan kemampuan menyembuhkan. Secara lebih ringkas, nama Althea bisa diartikan sebagai seorang gadis penyembuh.

3. Amihan

Selanjutnya ada Amihan, nama yang terdengar unik lantaran mirip dengan Aminah. Meski begitu Amihan memiliki makna yang berbeda dengan Aminah yang lebih familier dengan orang Timur Tengah dan Indonesia. Nama Amihan sendiri diartikan sebagai angin utara yang menyejukkan. Nama tersebut juga diidentikkan dengan karakter seorang perempuan yang tegas dan memiliki prinsip yang kuat.

BACA JUGA: 60 Nama Bayi Perempuan Turki Islami, Tiga Kata Penuh Makna!

4. Analyn

nama bayi filipina
iStock

Analyn atau juga memiliki bentuk lain sebagai Annalynn merupakan nama bayi perempuan yang juga populer di Filipina. Nama tersebut diambil dari bahasa Inggris dan memiliki makna putri yang indah atau putri yang memiliki paras rupawan. Di sisi lain, nama Analyn juga disebut sebagai gabungan dari kata Anna yang berarti perempuan yang anggun dan Lyn yang artinya mudah bergaul.

5. Ariana

Ariana adalah nama anak perempuan yang cukup populer di berbagai negara termasuk Filipina. Ariana juga merupakan nama dari salah satu penyanyi kenamaan dari Florida, yakni Ariana Grande. Nama Ariana sendiri memiliki beberapa arti. Misalnya dalam bahasa Inggris dan Skotlandia, nama tersebut diartikan sebagai perak. Sementara dalam bahasa Yunani, Ariana berarti suci atau seorang anak yang suci.

6. Aurora

Aurora merupakan nama bayi Filipina yang berasal dari bahasa Portugis. Nama tersebut juga kerap diidentikkan dengan karakter film yaitu Putri Aurora. Adapun nama Aurora memiliki makna fajar atau pagi hari.

7. Blessica

Blessica adalah nama bayi Filipina yang terbilang unik. Sebab nama ini merupakan gabungan dari dua kata yaitu bless dan Jessica. Bless diketahui memiliki makna sebagai berkat. Sedangkan Jessica adalah nama anak perempuan yang berarti kekayaan dan hadiah dari Tuhan. Sehingga nama Blessica bisa dimaknai sebagai anak perempuan yang dilimpahi berkah.

BACA JUGA: 50 Nama Bayi Laki Laki Islami Aesthetic Bermakna Baik

8. Chesa

iStock

Chesa bisa menjadi pilihan bagi Sedulur yang menginginkan nama yang tidak terlalu umum untuk si kecil. Nama tersebut mengandung makna yang indah, yaitu surgawi. Selain itu Chesa juga diartikan sebagai pelindung.

9. Dalisay

Sekilas, nama Dalisay terdengar mirip dengan Daisy yang merupakan nama bunga. Bunga daisy sendiri dikenal akan kecantikannya di samping menjadi simbol dari kesetiaan, kemurnian, dan kesederhanaan.

Sementara itu, Dalisay adalah nama anak perempuan yang umum digunakan di Filipina. Nama tersebut memiliki makna yang juga cukup mirip dengan bunga daisy, yaitu murni, jelas, dan sempurna.

10. Ligaya

Ligaya adalah nama anak perempuan yang diambil dari bahasa Tagalog. Sehingga memiliki kesan cukup unik untuk orang Indonesia. Adapun nama Ligaya menyimpan makna kebahagiaan.

11. Manuela

Manuela atau juga ditulis Manuella adalah nama Kristiani yang cukup populer. Nama tersebut mengandung makna Tuhan bersama kita. Sehingga dapat juga dijelaskan bahwa nama Manuela menyimpan arti sebagai harapan agar kehidupan si kecil akan selalu mendapat perlindungan sekaligus petunjuk dari Tuhan.

BACA JUGA: 40 Nama Bayi Perempuan dalam Bahasa Spanyol yang Indah

12. Reyna

iStock

Reyna adalah nama yang berasal dari bahasa Spanyol dan memiliki makna ratu. Nama Reyna bisa mewakili karakteristik mulia, kemuliaan, atau derajat yang tinggi.

13. Rosamie

Rosamie disebut sebagai versi feminin dari Rosamund yang berarti perlindungan. Di sisi lain, Rosamie juga dijelaskan sebagai gabungan dari Rose yang artinya bunga mawar atau lambang dari keindahan dan Amie yang berarti teman dalam bahasa Perancis.

14. Sampaguita

Sampaguita mungkin terdengar asing bagi orang Indonesia. Meski begitu, nama bayi Filipina yang diambil dari bahasa Tagalog ini memiliki makna yang indah. Diketahui, Sampaguita adalah istilah untuk melati putih yang dikenal sebagai bunga nasional Filipina.

15. Tala

Terakhir ada Tala, nama bayi perempuan yang berasal dari bahasa Tagalog. Dalam mitologi Tagalog, Tala disebut sebagai dewi bintang. Nama tersebut juga diartikan sebagai bintang yang terang. Di sisi lain, nama Tala memiliki makna keemasan atau serigala dalam bahasa Persia.

Itu dia 30 ide nama bayi Filipina untuk anak cowok dan cewek. Nama-nama di atas bisa menjadi inspirasi untuk Sedulur yang menginginkan nama yang unik sekaligus memiliki makna yang indah untuk si kecil.

Nah, selain mempersiapkan nama terbaik, jangan lupa Sedulur juga perlu melengkapi kebutuhan si kecil jelang kelahirannya. Agar belanja kebutuhan bayi semakin hemat, Sedulur bisa menggunakan Aplikasi Super yang punya banyak promo, diskon, dan cashback.

Menariknya lagi, Aplikasi Super juga memiliki layanan pengiriman gratis ongkir sehingga Sedulur cukup memesan dari rumah dan barang belanjaan akan dikirim sesuai alamat. Praktis bukan? Yuk, tunggu apa lagi, langsung unduh Aplikasi Super di Google Play Store!