Meningkatkan kecerdasan anak secara alami

Sebagai orang tua yang memiliki anak masih balita, tentu terbesit tentang bagaimana tumbuh kembang si anak. Bukan hanya perkembangan fisik dan tubuh, namun juga perkembangan mental dan kecerdasannya. Mengembangkan fisik anak mungkin lebih mudah, dari pada meningkatkan kecerdasan anak secara alami. Namun, Sedulur ternyata bisa melakukan keduanya secara bersamaan lho.

Untuk membantu Sedulur sekalian, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas bersama berbagai cara yang bisa Sedulur lakukan. Tanpa berlama-lama lagi, kita langsung saja bahas bagaimana cara meningkatkan kecerdasan anak secara alami berikut ini!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 5 Tahun dan Manfaatnya

1. Membiasakan kegiatan membaca

meningkatkan kecerdasan anak secara alami
iStock

Kebiasaan membaca juga baik untuk meningkatkan kecerdasan anak secara alami. Semakin anak banyak membaca, maka kecerdasannya pun akan semakin baik di kemudian hari. Sedulur bisa mengenalkan buku bacaan sejak anak masih kecil. Kelilingi anak dengan buku bacaan.

Bacakan anak dogeng atau buku cerita yang menarik untuk mengembangkan minat, meningkatkan kecerdasan otak dan juga merangsang imajinasi anak. Selain itu, membaca juga dapat meningkatkan perspektif dan keterampilan belajar anak.

Sedulur bisa membacakan cerita kemudian mengajukan berbagai pertanyaan untuk melihat reaksi dan emosinya terhadap cerita tersebut. Hal ini baik untuk membuat anak terangsang kecerdasannya.

2. Bermain puzzle dan teka-teki

meningkatkan kecerdasan anak secara alami
iStock

Cara selanjutnya yaitu dengan memainkan permainan puzzle atau teka-teki. Permainan tersebut wajib dimiliki oleh anak-anak karena berpengaruh terhadap tumbuh kembang otak. Saat kegiatan sekolah usai, berikan permainan ini untuk mengisi waktu luang anak-anak.

Kelebihan dari permainan puzzle dan teka-teki yaitu anak-anak akan merasa menikmatinya. Inilah yang disebut dengan belajar sambil bermain. Bermain puzzle ternyata dapat meningkatkan kecerdasan spasial yang berpengaruh terhadap kemampuan dalam memahami teknologi dan matematika.

Dalam memainkan puzzle atau teka-teki, anak sudah dilatih untuk memecahkan masalah. Anak harus menyusun balok-balokan acak menjadi sesuatu yang terstruktur. Jika hal ini dilakukan terus-menerus maka kemampuan otak anak akan meningkat. Anak juga akan lebih mudah untuk memecahkan masalah.

3. Melakukan kegiatan fisik

meningkatkan kecerdasan anak secara alami
iStock

Ternyata cara meningkatkan kecerdasan anak juga dapat dilakukan dengan memberi aktivitas fisik yang sesuai dengan usia anak. Alih-alih menyuruh anak untuk terus belajar, orang tua juga perlu membawa anak untuk bermain dan eksplorasi diri di luar rumah.

Anak dapat bermain apapun yang membuat fisik bergerak. Hal ini dapat melatih kecerdasan motorik anak yang berpengaruh terhadap kecerdasan. Mungkin banyak orang yang menganggap hal ini merupakan sesuatu yang sepele, tetapi pengaruh terhadap perkembangan otak anak cukup besar.

Apalagi, masa anak-anak merupakan masa penting bagi pertumbuhan fisik. Ditambah lagi, anak-anak pasti sangat menyukai aktivitas fisik. Apapun bisa dilakukan oleh anak untuk membuatnya bergerak dan berkerigat. Sedulur hanya perlu mengawasi anak, jika sudah terlalu lelah dan berlebihan Sedulur bisa mengajak anak untuk berhenti atau istirahat sejenak.

4. Belajar matematika

iStock

Tidak perlu membayangkan belajar matematika ini merupakan sesuatu yang membosankan. Untuk meningkatkan kecerdasan anak, belajar matematika yang dimaksud yaitu mengenalkan angka dan huruf serta bentuknya sehingga lebih mudah dimengerti.

Misalnya untuk huruf, menunjukkan huruf A untuk buah Apel. Sedangkan untuk angka, menunjukkan dua angka untuk 2 buah balok. Cara ini sangat sederhana tetapi dapat membantu otak anak untuk lebih mudah menangkap dan memahami sesuatu yang baru.

5. Ajak berolahraga

iStock

Aktivitas fisik dapat membantu anak meningkatkan kualitas otak. Sebuah penelitian di Medical College of Georgia mengungkapkan bahwa anak-anak yang memiliki kelebihan berat badan dan kemudian berolahraga, mereka mengalami perbaikan fungsi kognitif.

Olahraga juga dapat membantu anak agar memiliki tubuh yang sehat. Pertumbuhan tubuh anak bisa terbantu dengan olahraga yang tepat. Namun, jangan memaksakan anak untuk melakukan olahraga berat yang belum mampu dilakukan oleh tubuhnya.

6. Memberikan makanan yang bergizi

iStock

Salah satu faktor yang mempengaruhi kecerdasan anak adalah asupan makanan. Makanan memiliki peran yang sangat penting untuk proses pembentukan kecerdasan intelektual sehingga perlu memberikan gizi yang seimbang sehingga dapat menunjang proses belajar.

Pada usia anak, berilah makanan yang memiliki kandungan protein tinggi karena berdampak positif terhadap kecerdasan si kecil. Fungsi protein salah satunya yaitu memproduksi neurotransmitter pada otak yang bisa membuat level dopamin dan norepinefin meningkat.

Ada banyak makanan yang bisa jadi rekomendasi, seperti ikan salmon, susu, yoghurt dan makanan lain yang terbukti mengandung kandungan baik untuk perkembangan kecerdasan anak itu sendiri.

7. Membangun interaksi dengan anak

iStock

Cara meningkatkan IQ anak selanjutnya yaitu dengan menjalin interaksi yang kuat antara anak dan orang tua. Bahkan dapat dikatakan bahwa interaksi orang tua dan anak menjadi kunci utama yang mempengaruhi proses tumbuh kembang anak.

Ada banyak bentuk interaksi yang dapat dilakukan mulai dari mengobrol dua arah, memeluk anak, mendengarkan saat anak bicara, dan lain-lain. Ternyata interaksi yang demikian dapat membentuk rasa kepercayaan diri pada anak sehingga anak dapat mengekspresikan apa yang ada di pikiran mereka.

Kebanyakan anak yang minder dan tidak percaya diri karena interaksi mereka dengan orang tua kurang intens. Alhasil anak merasa kurang dukungan dari orang tua dan menjadi minder.

8. Mendengarkan musik

iStock

Mendengarkan musik juga bisa Sedulur lakukan sebagai cara untuk meningkatkan kecerdasan anak secara alami. Sedulur bahkan bisa membiasakan untuk mendengarkan musik-musik klasik pada si kecil. Karena musik-musik klasik dapat merangsang perkembangan otak bagi si kecil.

Sehingga kemampuan-kemampuan si kecil yang berkaitan dengan penggunaan otak bisa cepat dikuasai. Sedulur bisa memutar musik klasik sambil bermain dengan si kecil. Atau membiasakan memutar musik ketika si kecil hendak tidur.

9. Mengenalkan alat musik

iStock

Bukan hanya membiasakan si kecil mendengarkan musik, Sedulur juga bisa mengenalkan alat musik kepada si kecil. Mengenalkan berbagai alat musik bagi si kecil sejak masih dini dapat merangsang bidang penguasaan bahasa dan keterampilan.

Bahasa dan keterampilan membaca serta dapat meningkatkan kecerdasan otak bagi si kecil. Bahkan belajar memainkan alat musik dapat meningkatkan kemampuan belajar dan meningkatkan nilai di sekolah.

Dengan mengenalkan alat musik, bisa jadi memudahkan si kecil untuk menemukan bakatnya. Mengasah bakat dan kemampuan yang dimiliki sejak kecil merupakan cara yang tepat untuk meningkat kecerdasan anak secara alami.

10. Melukis bersama

meningkatkan kecerdasan anak secara alami
iStock

Untuk meningkatkan kecerdasan anak secara alami, Sedulur bisa mengajak anak untuk melukis. Melukis atau mewarnai dapat membantu anak meningkatkan kecerdasan otak. Karena dengan melukis, anak dapat melatih kemampuan koordinasi tangan dan mata.

Bukan hanya itu, melukis juga dapat melatih ketangkasan si kecil. Menggambar akan melatih anak untuk menggunakan kedua tangan mereka dan membantu melatih kemampuan sensorik si kecil. Aktivitas. Seni lainnya dapat membantu meningkatkan kecerdasan, daya ingat dan rasa percaya diri si kecil.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Tas Selempang Anak Agar Makin Stylish

11. Beri apresiasi proses belajar anak

meningkatkan kecerdasan anak secara alami
iStock

Orang tua juga perlu memberikan pujian terhadap proses belajar yang dilakukan oleh anak. Ini merupakan salah satu bentuk apresiasi untuk anak yang dapat meningkatkan kecerdasan otak. Dengan memberikan pujian terhadap proses belajar anak maka anak lebih termotivasi untuk terus belajar.

Dengan motivasi untuk terus belajar, anak juga akan termotivasi untuk dapat memecahkan berbagai masalah. Selanjutnya, kapasitas otak anak terus berkembang seiring berjalannya waktu dan sangat berpengaruh terhadap kecerdasan intelektual anak.

Ini merupakan modal penting yang perlu Sedulur berikan kepada anak. Maka dari itu, biasakan untuk memberikan apresiasi atas setiap capaian yang berhasil diraih oleh si kecil dalam proses belajar yang dilakukan.

12. Istirahat yang cukup

meningkatkan kecerdasan anak secara alami
iStock

Terakhir, jangan lupa untuk memastikan si kecil mendapatkan istirahat yang cukup. Setelah berbagai aktivitas hariannya yang melelahkan, tubuh si kecil butuh istirahat dan tidur yang cukup. Tidur berpengaruh terhdap perkembangan aspek kognitif.

Perkembangan aspek kognitif sendiri seperti daya ingat, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan dan lain sebagainya. Karena itu, sebaiknya Sedulur memberikan batasan waktu supaya anak bisa tidur cukup.

Nah itulah beberapa tips dan cara efektif meningkatkan kecerdasan anak secara alami yang bisa Sedulur lakukan untuk kebaikan anak itu sendiri. Jangan lupa juga untuk tetap memperhatikan setiap kebutuhan tumbuh kembang si kecil. Bukan hanya kebutuhan fisik tapi juga kebutuhan mental si kecil juga.