oleh oleh khas jember

Bagi Sedulur yang berencana berkunjung ke kota Jember, tentu Sedulur harus mencari tahu makanan khas apa saja yang ada di Jember yang wajib disantap atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Jember.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama daftar makanan khas yang bisa Sedulur bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Jember. Apa saja rekomendasi makanan khas yang dimaksud? Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: Oleh-oleh Khas Jawa Timur yang Wajib Sedulur Beli!

1. Pao tape Jember

oleh-oleh khas Jember
Fimela

Berbeda dengan bakpo pada umumnya, kuliner khas dari Jember ini sayang untuk dilewatkan. Terutama para pecinta bakpao, rasa yang terbuat dari tape ini berbeda seperti bakpo umumnya. Cita rasanya yang berbeda, didapatkan dari aroma tapainya yang begitu dominan.

Dimana tape yang sebelumnya ditaburi dengan ragi  tersebut, akan diolah bersama dengan tepung. Dari perpaduan bahan tersebut,  menghasilkan rasa yang luar biasa nikmat. Agar tidak bosan, produsennya pun menghadirkan rasa lain sebagai pelengkapnya.

2. Prol tape

Seakan wajib untuk dijadikan buah tangan, jajanan khas Jember ini terbuat dari campuran bahan sederhana. Bahan yang digunakan seperti tape singkong, tepung, susu, gula, dan mentega akan diolah sedemikian mungkin hingga menghasilkan rasa yang begitu fantastis.

Saat gigitan pertama, Sedulur sudah bisa merasakan rasa manis, gurih, nan asam menjadi satu kesatuan yang begitu nikmat dikonsumsi kapanpun. Tersedia dalam beberapa rasa baru, diharapkan mampu memenuhi selera para pecintanya.

3. Permen suwar-suwir

Berdasarkan dengan namanya, mungkin sudah banyak yang menduga bahwa permen ini miliki bentuk kecil kecil. Namun kenyataannya, permen ini miliki bentuk yang jauh dari yang dibayangkan sebelumnya. Miliki bentuk kotak yang memanjang, tampilan permen ini hampir serupa dengan dodol khas Jawa.

Yang membedakan keduanya hanya terletak pada bahan baku pembuatannya saja, meski cara pengolahannya seperti membuat dodol. Sedulur akan merasakan teksturnya yang renyah, dipadukan dengan sempurna dari rasa asam.

Agar semakin menarik, permen populer ini dihadirkan dengan varian rasa. Mulai dari rasa buah, kacang, susu, hingga familiar seperti coklat pun tersedia untuk memanjakan lidah penggemarnya. Apabila tertarik membelinya, silahkan datangi toko Primadona di kawasan Pasar Tanjung Jember. Tidak perlu khawatir kantong kosong, lantaran harganya terjangkau.

4. Pia tape

Menjadi jajanan yang namanya sudah tidak asing didengar, namun rasa yang dihadirkan berbeda beda. Dari sekian banyak daerah yang menghasilkan pia, nampaknya pria khas Jember tidak boleh dilewatkan untuk dicoba. Umumnya isian pia berupa kacang hijau yang dihaluskan, namun pia Jember berisikan tape.

Soal rasa tidak perlu diragukan, karena rasa tapenya membuat penggemarnya semakin ketagihan. Bahan pembuatannya tidak jauh berbeda ketika membuat pia pada umumnya yaitu menggunakan tepung, gula, garam, dan tentunya mentega.

5. Edamame

Makanan yang terbuat dari kedelai Jepang ini, juga tidak kalah populer dicari oleh para wisatawan. Entah itu versi utuhnya, atau sudah menjadi berbagai olahan pun si edamame selalu berhasil mencuri hati masyarakat. Seakan wajib untuk dicicipi, lantaran rasa yang dihadirkannya begitu lezat sekaligus membuat ketagihan.

Edamame khas Jember memiliki ciri khas tersendiri. Edamame Jember biasanya lebih besar dari edamame biasa, dengan biji yang lebih padat dan rasa yang lebih manis. Untuk mendapatkannya pun cukup  mudah, karena hampir seluruh toko oleh oleh menjajakannya dengan harga terjangkau.

BACA JUGA: 13 Makanan Khas Gresik Legendaris yang Bikin Lidah Bergoyang!

6. Brownies tape

brownnies tape jember
Pinterest

Cukup unik nan menarik, brownies khas Jember terbuat dari tape sebagai bahan tambahannya. Penambahan tape tersebut, justru membuat tekstur kue terasa lebih sedap nan lembut. Hanya dengan menyiapkan dana sekitar Rp. 20 ribuan, kelezatannya pun sudah bisa dirasakan sepuasnya.

Tersedia berbagai rasa, pelanggan bisa memilih sesuai dengan seleranya. Apabia baru pertama kali mencobanya, silahkan membeli versi original dan rasa lain untuk membandingkannya.

7. Tape manis Sekar Madu

Daerahnya yang mampu menghasilkan singkong unggulan, membuat masyarakat berinisiatif untk mengolahnya menjadi tape. Miliki tekstur yang lembut nan terasa manis, tidak mengherankan bila produk ini banyak dicari oleh para wisatawan.

Ada dua pilihan ketika membelinya, yaitu secara kiloan ataupun yang sudah dikemas cantik. Silahkan mampir ke salah satu toko pusat leh oleh, dapat dipastikan Sedulur dapat menemukannya dengan mudah.

8. Jenang waluh

Terbuat dari labu kuning atau biasa disebut sebagai waluh, jenang satu ini juga cocok dijadikan sebagai buah tangan yang begitu dinanti penerimanya. Umumnya jenang ini terbuat dari olahan ketan, yang kemudian dicampurkan dengan kelapa tua.

Rasanya yang begitu nikmat, mengajak para wisatawan untuk turut mencobanya. Selagi berkunjung ke Jember, jangan lupa untuk membelinya.

9. Cerutu

Tidak hanya terkenal sebagai penghasil tape yang juara, kota satu ini menjadi salah satu tempat yang menyumbangkan hasil tembakau terbesar di tanah air. Banyaknya hasil panen dari tembakau, kemudian masyarakatpun berinisiatif mengolahnya menjadi cerutu.

Cerutu ini juga mudah dibawa kemanapun, sehingga cocok masuk dalam daftar buah tangan terbaik bagi kerabat terdekat. Jika berbicara mengenai kualitasnya, nampaknya tidak perlu diragukan lagi.

10. Olahan kopi kakao

Siapa sangka, kota satu ini juga mampu menghasilkan biji kopi pilihan dengan rasa yang luar biasa mantap. Bagi penggemar kopi, tampaknya informasi ini begitu menyenangkan untuk didengar.

Selain rasanya yang lezat, olahan kopi ini mudah dibawa kemanapun. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai rekomendasi terbaik untuk buah tangan. Rekomendasi ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh, terutama bagi Sedulur yang menyukai berbagai olahan kopi.

11. Terasi udang Puger Jember

Hadirkan rasa lezar, membuatnya banyak diburu sebagai buah tangan terbaik. Dalam pembuatannya, terasi akan dijaga dengan baik tingkat kebersihannya. Aman untuk dikonsumsi, olahan dari perairan Jember ini tidak menggunakan pengawet sedikitpun.

Cocok dijadikan sebagai bumbu masakan, dijamin rasa kuliner pun semakin lezat ketika ditambahkan dengan terasi udang satu ini.

12. Kue kacang

Salah satu kawasan di Jember tepatnya di Kecamatan Mayang terdapat produksi kue kacang Jember. Sekitar 4 dusun dilibatkan dalam proses pembuatan kue dengan cita rasa manis dengan tekstur butiran kacang tanah ini.

Rasa kue kacang yang gurih manis asin ini membuat candu bagi siapapun yang menikmatinya. Tak heran jika di kota tembakau ini, banyak home industri kue kacang. Oleh-oleh ini semakin banyak diminati terlebih saat menyambut bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri.

BACA JUGA: Makanan khas Jember yang Wajib Dicoba!

11. Martabak malabar

Martabak malabar
Dictio

Umumnya martabak biasanya diisi dengan daging ayam, namun martabak Malabar memiliki isi yang berbeda. Makanan khas Jember ini memiliki isian daging kambing cincang yang sudah dicampur dengan rempah-rempah khas. Martabak Malabar jadi salah satu makanan khas Jember yang enak.

Jika Sedulur tidak percaya, banyak toko martabak Malabar yang selalu penuh dengan pembeli setiap harinya. Saat berkunjung ke Jember, tentu kuliner ini wajib dicicipi oleh Sedulur. Selain itu, Martabak Malabar juga bisa jadi buah tangan untuk dibekal sebagai oleh-oleh.

12. Sate CR

Makanan khas Jember yang bisa dijadikan oleh-oleh selanjutnya yaitu adalah sate CR. Sate ini cukup unik karena dalam satu porsi sate ada kambing dan ayam. Sate ini menggunakan bumbu kacang yang cukup cair seperti kuah.

Sate CR menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Jember. Rasa sate CR cenderung gurih dan sedikit manis. Tidak heran jika banyak wisatawan yang ramai mencoba untuk menyantap sate ini. Tidak sedikit juga yang membungkusnya dan menjadikannya sebagai oleh-oleh.

13. Durian Sumberjane

Bagi penyuka durian, silakan mencoba membawakan durian khas Jember di kawasan Sumberjambe. Anda bisa mendapatkan berbagai pilihan durian termasuk varietas unggul yang pernah menang kontes-kontes durian. Salah satu durian untuk oleh-oleh Jember yakni jenis Durio zibethinus.

14. Wedang cor

Unsplash

Minuman khas Jember yang sangat menarik untuk Sedulur coba adalah wedang cor. Minuman satu ini berasal dari olahan tape singkong, jahe dan susu kental manis. Wedang cor sendiri biasanya banyak disajikan saat pagi hari atau malam hari.

Instagram/Yumikrez.id

Minuman ini juga cocok banget jadi pendamping cemilan seperti pia tape, pisang goreng, hingga cemilan renyah dengan rasa bawang seperti Yumi Krez. Perpaduan wedang cor akan terasa begitu nikmat dengan Yumi Krez yang juga jadi bisa teman perjalanan selama di Jember.

Sedulur bisa menemukan Yumi Krez di warung dan toko kelontong terdekat, serta di SuperApp. Tidak perlu khawatir karena beli di SuperApp selalu ada promo spesial setiap saat yang bakal bikin belanja makin hemat. Menarik ‘kan? Jadi buruan beli sekarang juga ya!

15. Tape bakar

Ada banyak jenis kulineh khas dari Jember yang berasal dari tape, salah satu yang menarik adalah tape bakar. Olahan tape memang sangat banyak di Jember. Makanan khas Jember satu ini terbuat dari tape singkong yang dibakar lalu diberi isian gula merah, selai buah atau cokelat.

Jika Sedulur belum pernah mencoba kuliner satu ini, maka wajib hukumnya merasakan kenikmatan tape bakar Jember. Jangan lupa juga dibungkus sebagai oleh-oleh, ya!

16. Jeruk semboro

Sebagai salah satu daerah dengan hasil panen jeruk khas, Jember memiliki jenis jeruk dengan rasa manis dan masam yakni jeruk semboro. Jeruk yang diminati wisatawan ini sangat tepat dijadikan oleh-oleh karena rasanya yang nikmat sekaligus bernutrisi.

Jeruk semboro banyak dipanen dari lahan di Kecamatan Umbulsari, Semboro, Gumukmas, dan Sumberbaru di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

17. Tahu hwa

Unsplash

Makanan khas terakhir dari Jember yang bisa jadi referensi oleh-oleh Sedulur lainnya yaitu tahu hwa. Tahu hwa adalah makanan yang terbuat dari ampas tahu yang disajikan dengan kuah jahe. Rasa kuliner satu ini memang cukup unik, karena Sedulur akan merasakan rasa getir pahit dibalik rasa manis gurih tahu hwa.

Demikian tadi deretan oleh-oleh khas Jember yang bisa Sedulur coba. Selain enak, ada beberapa jenis oleh-oleh budaya benda yang bisa jadi kenang-kenangan untuk orang di rumah. Jadi selamat berlibur dan belanja oleh-oleh di Jember ya!