makanan khas Jember

Jember adalah salah satu kabupaten yang berada di Jawa Timur. Tak hanya memiliki kekayaan alam yang begitu banyak, ternyata makanan khas Jember juga terkenal akan kelezatannya.

Jika Sedulur memiliki rencana untuk berkunjung ke Jember, maka ada beberapa kuliner yang wajib banget untuk dicoba. Ada apa saja? Mari simak ulasan makanan khas Jember berikut ini.

BACA JUGA: Cara Membuat Petis Homemade untuk Cocolan Gorengan

1. Pecel gudeg

Makanan khas jember
Twitter/Rendy Oktoriansyah

Makanan khas Jember yang pertama adalah pecel gudeg. Keunikan dari panganan yang satu ini ialah perpaduan dari pecel dan gudeg sehingga menawarkan cita rasa yang unik di lidah.

-->

Bagaimana tidak? Pecel khas Jawa Timur biasanya memiliki cita rasa gurih pedas, berpadu dengan cita rasa gudeg yang manis. Makanan khas Jember satu ini makin lengkap dengan potongan daging sapi dan rempeyek.

2. Nasi langgi Jember

Makanan khas jember
7Terbaik

Makanan khas Jember selanjutnya adalah nasi langgi Jember. Kuliner satu ini mirip dengan nasi campur atau nasi rames. Namun, ada beberapa komponen yang membedakan seperti telur asin, petis, dan abon sapi.

Menu nasi langgi sendiri menjadi salah satu makanan yang banyak disajikan di berbagai macam warung makan. Salah satu tempat nasi langgi paling lezat di Jember ada di Depot Jawa Timur yang ada di kawasan Jalan Gatot Subroto.

3. Tahu Hwa

Makanan khas jember
Hobby Makan

Bagi Sedulur yang merupakan seorang vegan atau sedang mejalani diet, makanan khas Jember satu ini sangat cocok untuk dicoba. Namanya adalah tahu hwa.

Tahu hwa adalah makanan yang terbuat dari ampas tahu yang disajikan dengan kuah jahe. Rasa kuliner satu ini memang cukup unik, karena Sedulur akan merasakan rasa getir pahit dibalik rasa manis gurih tahu hwa.

4. Lontong kupang

Makanan khas jember
Fimela

Lontong Kupang atau juga dikenal dengan nama Kupang Lontong merupakan makanan khas Jawa Timur khususnya wilayah yang berada di bagian pesisir pantai.

Makanan khas Jember ini berasal dari olahan kerang laut. Kerang ini berbeda dengan jenis kerang dara atau hijau karena kupang memiliki ukuran yang lebih kecil.

Kerang tersebut nanti akan disajikan dengan kuah bumbu petis dan disantap bareng lontong. Jika Sedulur pecinta seafood, makanan ini wajib banget untuk dicoba.

5. Pecel pincuk Garahan

Makanan khas jember
Foodnesia

Selanjutnya ada pecel pincuk Garahan yang jadi salah satu makanan khas Jember. Berbeda dengan pecel lainnya, pecel pincuk akan disajikan dengan menggunakan potongan daun pisang.

Pecel pincuk memiliki rasa pedas gurih. Salah satu keunikan pecel ini adalah tauge dan sayur gundonya. Dijamin sekali mencoba makanan satu ini, Sedulur tidak akan menyesal.

BACA JUGA: 13 Makanan Khas Gresik Legendaris yang Bikin Lidah Bergoyang!

6. Prol tape

Makanan khas jember
Fimela

Salah satu makanan yang banyak diolah di Jember adalah tape. Dimana hasil olahan yang terkenal adalah prol tape.

Makanan khas Jember satu ini termasuk dalam jenis kue dan sering dijadikan oleh-oleh para wisatawan. Prol tape sendiri memiliki rasa gurih manis. Selain itu, rasa asam khas tape juga bisa Sedulur rasakan dari kue satu ini.

7. Pia tape

Makanan khas jember
Sastrawacana

Olahan tape selanjutnya ada pia. Makanan khas Jember ini memiliki banyak varian rasa seperti keju, pisang, cokelat, blueberry dan original. Ini juga jadi makanan yang cocok untuk oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

8. Edamame

Edamame
Kompas

Jember juga terkenal dengan salah satu hasil pertaniannya, yaitu kacang kedelai edamame. Bahkan, Dilansir dari Kompas, produk edamame dari para petani Jember menjadi yang paling banyak diekspor oleh pemerintah.

Kualitas edamame yang baik membuat kacang satu ini jadi makanan khas Jember yang paling terkenal.Jadi kalau Sedulur sempat datang ke Jember, jangan lupa untuk membeli edamame.

9. Wedang cor

Wedang Cor
Cookpad

Kuliner khas Jember yang menarik banget untuk Sedulur coba adalah wedang cor. Minuman satu ini berasal dari olahan tape singkong, jahe dan susu kental manis.

Wedang cor sendiri biasanya banyak disajikan saat pagi hari atau malam hari. Minuman ini juga cocok banget jadi pendamping cemilan seperti pia tape atau pisang goreng.

10. Suwar suwir

Suwar Suwir Jember
Bosmeal

Makanan khas Jember suwar suwir sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Makanan ini hampir mirip dengan dodol, tapi yang membedakan adalah bahan utama yang digunakan.

Suwar suwir terbuat dari campuran tape, gula dan tepung. Karakteristik suwar suwir lebih padat dan kenyal dibandingkan dodol.

BACA JUGA: Resep Bakso Mercon Untuk Jualan yang Menggelora dan Nampol Banget!

11. Martabak Malabar

Martabak malabar
Dictio

Jika martabak biasanya diisi dengan daging ayam, martabak Malabar memiliki isi yang berbeda. Makanan khas Jember ini memiliki isian daging kambing cincang yang sudah dicampur dengan rempah-rempah khas.

Martabak Malabar jadi salah satu makanan khas Jember yang enak. Jika Sedulur tidak percaya, banyak toko martabak Malabar yang selalu penuh dengan pembeli setiap harinya.

12. Sate CR

Sate CR Jember
Fimela

Makanan khas Jember adalah sate CR. Sate ini cukup unik karena dalam satu porsi sate ada kambing dan ayam. Sate ini menggunakan bumbu kacang yang cukup cair seperti kuah.

Sate CR menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Jember. Rasa sate CR cenderung gurih dan sedikit manis.

13. Es Domino

Es domino jember
Madang Wae

Salah satu tempat kuliner yang wajib didatangi saat berkunjung ke Jember adalah Depot Ice Cream Domino di Trunojoyo. Bagi Sedulur yang suka dengan makanan pencuci mulut, maka es domino ini akan sangat cocok untuk Sedulur.

Es domino memiliki berbagai macam rasa seperti coklat, vanilla, strawberry, rainbow dan banyak lagi. Untuk kelezatan es domino di Depot Trunojoyo ini sudah tidak perlu diragukan, karena penjualnya sudah memulai bisnis sejak 50 tahun lalu.

14. Jenang waluh

Jenang waluh
YT Sean Silin

Makanan khas Jember berikutnya yaitu jenang waluh. Jenang waluh terbuat dari olahan daging buah labu kuning atau biasa dikenal dengan nama awaluh.

Menu kuliner satu ini biasanya disajikan bersama dengan olahan dari ketan yang dicampur dengan kelapa tua bernama uli. Perpaduan jenang waluh dan uli akan  menciptakan cita rasa yang sangat unik dan khas.

15. Tape bakar

Tape bakar
Fimela

Terakhir ada tape bakar. Olahan tape memang sangat banyak di Jember. Makanan khas Jember satu ini terbuat dari tape singkong yang dibakar lalu diberi isian gula merah, selai buah atau cokelat.

Jika Sedulur belum pernah mencoba kuliner satu ini, maka wajib banget merasakan kenikmatan tape bakar Jember.

Demikian tadi deretan makanan khas Jember yang wajib Sedulur coba. Meskipun terkenal dengan keindahan alamnya, Jember juga menyimpan banyak kuliner enak yang harus dinikmati.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. 
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.