oleh oleh khas gresik

Gresik merupakan sebuah kota yang wajib Sedulur kunjungi, selain banyak tempat wisata menarik, juga terdapat banyak kuliner khas di Gresik yang dapat Sedulur beli sebagai oleh-oleh. Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas apa saja oleh-oleh khas Gresik tersebut.

Jika berkunjung ke suatu tempat, tentu saja kuliner menjadi salah satu hal yang dituju. Bahkan mencari oleh-oleh pun, tujuan utamanya adalah kuliner. Nah, berikut ini adalah beberapa daftar kuliner oleh-oleh khas Gresik yang bisa Sedulur beli. Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 13 Makanan Khas Gresik Legendaris yang Bikin Lidah Bergoyang!

1. Kue pudak

Oleh-oleh khas Jawa Timur
Foodnesia

Kue pudak merupakan makanan khas Gresik yang terbuat dari tepung beras, gula jawa, dan santan. Panganan ini memiliki rasa manis gurih dengan tekstur mirip gethuk pisang oleh-oleh khas Tulungagung. Kemasannya juga unik karena menggunakan pelepah pinang sebagai bungkus.

Kue ini juga punya beberapa varian warna seperti putih, coklat dan hijau. Pudak juga merupakan camilan yang tahan hingga beberapa hari. Sedulur bisa membawa ke luar kota tanpa khawatir basi.

2. Bandeng asap

Selain terkenal dengan pudak, Gresik juga identik dengan ikan bandeng. Ada beberapa olahan bandeng yang sangat populer seperti bandeng asap yang gurih dan enak. Kelezatan bandeng ini pun tidak kalah dari bandeng asap oleh-oleh khas Sidoarjo.

Karena sebelum pengasapan bandeng mendapat marinasi rempah dan bumbu khusus khas dari Gresik. Selain enak, bandeng asap juga mampu bertahan hingga dua hari.

3. Otak-otak bandeng

Makanan olahan ikan bandeng berikutnya adalah otak-otak. Otak-otak bandeng khas Gresik hampir sama dengan otak-otak bandeng oleh-oleh khas Pacitan yang enak. Rasa ikan bandeng yang khas berpadu dengan resep turun temurun membuat rasa makanan ini begitu lezat.

Rasa pedas yang menggigit sangat cocok untuk Sedulur yang menyukai makanan pedas. Otak-otak bandeng juga tidak menggunakan bahan pengawet apapun. Oleh sebab itu Sedulur wajib membelinya sebagai buah tangan.

4. Kue jubung

Oleh-oleh khas Gresik berikutnya adalah kue jubung. Jajanan tradisional ini memiliki warna yang hitam dengan taburan biji wijen di atasnya. Meski berwarna gelap, kue jubung memiliki rasa yang sangat lezat.

Bahan dasarnya adalah dari ketan hitam sehingga rasanya manis legit mirip dengan dodol oleh-oleh khas Garut. Kemasannya juga menggunakan kulit pohon pinang atau jubung yang membuatnya semakin menarik.

5. Kue bonggolan

Jangan dulu pulang sebelum Sedulur membeli kue bonggolan khas Gresik. Kue ini terbuat dari daging ikan dengan campuran tepung kanji dan berbagai rempah-rempah. Cara memakannya cukup unik, Sedulur perlu memotong bonggolan dengan bentuk bulat pipih atau sesuai dengan selera.

Agar semakin lezat, kue bonggolan biasanya disajikan dengan cocolan saos. Beberapa pilihan saus yang menarik untuk dicoba adalah saus sambal, saus tomat atau sambal petis.

6. Petis

Petis udang
Wikipedia

Petis merupakan bumbu khas Jawa Timur yang sangat populer. Bahan utamanya terbuat dari udang dengan hasil akhir berwarna hitam pekat mirip terasi namun bertekstur kental.

Tidak hanya sebagai bumbu masakan, petis juga sering menjadi sambal rujak. Petis Gresik memiliki tekstur yang lebih lembut dan tidak begitu lengket. Cocok untuk berbagai makanan khas Jawa Timur.

7. Keripik bayam

Ada makanan kering dan unik yang bisa Sedulur temukan di Kota Semen ini, yaitu keripik bayam. Rasanya renyah berkat baluran adonan tepung yang menyelimuti bayam. Keripik bayam khas Gresik ini juga tidak menggunakan bahan pengawet apapun sehingga lebih aman untuk kesehatan.

Jika Sedulur tertarik, keripik ini bisa Sedulur dapatkan di pasar tradisional. Keripik ini juga sangat gurih jadi cocok untuk Sedulur yang menyukai rasa asin dan kriuk.

8. Martabak usus

Jika sedang berada di Gresik, Sedulur wajib mencoba martabak usus. Kuliner unik ini cukup populer di Gresik dan juga sering mendapat perhatian para wisatawan. Sekilas bentuknya mirip dengan martabak telur biasa namun isiannya menggunakan tambahan usus ayam yang enak.

Ukurannya pun lebih kecil dan punya tekstur kulit yang lebih lembut. Jajanan ini banyak terdapat di tepian jalan menuju Makam Sunan Giri.

9. Kerupuk Ikan

Kerupuk ikan juga bisa menjadi oleh-oleh khas Gresik yang bisa Sedulur bawa pulang. Bahan pembuatnya adalah ikan payus atau bandeng lanang yang banyak terdapat di Gresik. Kerupuk ini mempunyai rasa yang gurih dan pas untuk Sedulur jadikan teman saat bersantap.

Ada banyak toko makanan dan pusat oleh-oleh yang menyediakan kerupuk ikan ini. Sedulur juga bisa mendapatkan kerupuk ikan mentah yang lebih tahan lama di perjalanan.

10. Legen

Selain makanan, oleh-oleh khas Gresik dalam bentuk minuman seperti legen ini juga bisa Sedulur pilih. Minuman ini terbuat dari getah bunga siwalan daun lontar. Rasanya manis dan segar apalagi saat Sedulur tambahkan es dan daging buah siwalan ke dalam minuman.

Selain dapat langsung Sedulur minum, tersedia juga olahan lain dari legen ini seperti sirup dan gula. Minuman ini bisa Sedulur dapatkan dengan mudah di sejumlah pusat oleh-oleh terdekat.

BACA JUGA: 15 Objek Wisata Alam Kediri Terbaru 2023, Menakjubkan!

11. Kopi Gresik

Pinterest

Bagi Sedulur pecinta kopi wajib sekali mencoba salah satu produk kopi khas Gresik. Kopi ini merupakan jenis robusta yang punya aroma serta rasa yang khas. Ada banyak pusat oleh-oleh yang menyediakan kopi asli Gresik ini. Harganya juga tidak begitu mahal.

12. Wedaran

Tatkala Sedulur mencari oleh-oleh yang istimewa dari Gresik, jangan lupa mencicipi Wedaran. Makanan ringan yang menjadi kebanggaan khas kota ini tak hanya menggoda lidah, tetapi juga membawa cerita lezat dari setiap gigitannya.

Wedaran termasuk dalam kategori kue kering yang populer di Jawa, namun versi memiliki makanan khas Gresik daya tarik yang tak tertandingi.

13. Aksesoris unik khas Gresik

Ada berbagai aksesoris menarik buatan warga lokal yang bisa Sedulur bawa pulang. Beberapa aksesoris tersebut adalah gelang, kalung, cincin, tas dan banyak lagi. Harganya sendiri bermacam-macam tergantung dari ukuran, kualitas dan kesulitannya.

Pastikan Sedulur membelikan juga hiasan tersebut untuk orang-orang terkasih, seperti keluarga atau pasangan.

14. Baju khas Gresik

Desain unik dari kaos Gresik membuatnya cocok untuk Sedulur jadikan souvenir setelah liburan. Mulai dari tulisan lucu hingga gambar yang menarik bisa Sedulur dapatkan di kaos ini. Salah satu pusat produksi kaos Gresik yang terkenal terletak di Jl. Arif Rahman Hakim.

15. Damar Kurung

Damar kurung juga bisa menjadi alternatif oleh-oleh yang bisa Sedulur beli ketika berada di Gresik. Kerajinan ini merupakan penutup lampu yang terbuat dari kertas dengan lukisan menarik. Damar kurung ini tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari yang terkecil sekitar 10x4x4 cm dengan harga sangat terjangkau.

16. Gajih pinggir

oleh oleh khas gresik
Cookpad

Gajih pinggir, sebuah kuliner yang tak biasa namun unik dalam keberagaman Gresik, menjelma dari berbagai macam jeroan atau bagian dalam ikan bandeng. Proses pembuatannya melibatkan tumisan dengan campuran bumbu khas Gresik, menciptakan harmoni rasa.

Dalam setiap sajian gajih pinggir, terdapat cita rasa unik untuk menciptakan kuliner yang tidak biasa namun tetap menggugah selera. Bagi mereka yang berkunjung ke Gresik, gajih pinggir adalah salah satu hidangan yang wajib dicoba.

Nah itulah tadi daftar oleh-oleh khas Gresik yang bisa jadi pilihan Sedulur. Semoga penjelasan oleh-oleh di atas, bisa menginspirasi Sedulur untuk segera bermain dan berkunjung ke Gresik untuk berlibur.