wisata alam kediri

Kediri merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki keindahan alam sebagai daya tarik wisata. Tidak heran jika ada banyak wisata alam Kediri yang terkenal dan populer sehingga banyak dikunjungi oleh masyarakat.

Nah, bagi Sedulur yang belum tahu ada apa saja tempat wisata alam Kediri, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas bersama daftar tempat wisata yang dimaksud. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kia simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 10+ Rekomendasi Makanan Khas Kediri Asli yang Patut Dicoba

1. Bukit Ongakan

Pinterest

Wisata alam Kediri pertama adalah Bukit Ongakan. Bukit Ongakan merupakan salah satu tempat populer di Kediri karena pemandangan indah khas dari atas ketinggian. Wisata ini juga memiliki beragam area yang cocok digunakan sebagai camping atau berkemah.

-->

Tempat ini buka selama 24 jam dengan beragam spot foto yang keren. Tiket masuk Bukit Ongakan dibanderol dengan harga Rp 5ribu untuk satu orang.

2. Bukit Gandrung

Bukit Gandrung menjadi salah satu tempat yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi saat datang ke Kediri. Wisata ini menawarkan pemandangan dari ketinggian dengan alam yang begitu mengesankan.

Beberapa fasilitas juga tersedia di wisata ini seperti untuk berfoto, atau melihat pemandangan yang indah. Selain itu ada area outbond, sewa ATV, flying fox, kolam renang, dan kemah. Tiket masuk wisata ini dibanderol Rp 8ribu untuk satu orang pengunjung.

3. Bukit View 138

Masih dengan perbukitan yang menjadi wisata alam Kediri, berikutnya yaitu Bukit View 138. Bukit ini berada di kawasan Gunung Klotok dan juga menawarkan pemandangan alam yang indah dari ketinggian.

Berlokasi di kawasan Hutan Mojoroto, Bukit View 138 juga menawarkan asupan untuk ketenangan dan kebahagiaamu dengan pesona panorama yang mengagumkan.

4. Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo berada di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Destinasi wisata di Kediri ini bakal membuat pengunjung terpesona karena kealamian alam di sekitarnya, serta udara yang sejuk dan air yang menyegarkan.

Air terjun Dolo berada di bagian timur lereng Gunung Wilis dengan ketinggian 125 meter dan 1800 meter di atas permukaan laut. Tiket masuk wisata ini adalah Rp 5 ribu per tiket.

5. Air Terjun Ngleyangan

Air terjun ngleyangan menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kediri. Terletak di wilayah Gunung Cemorosewu, akses menuju lokasi ini perlu tenaga ekstra karena jalan yang sulit.

Meski demikian, pengunjung akan merasa puas saat tiba di lokasi air terjun karena pemandangan alam yang luar biasa indah dan sejuk karena dikelilingi hutan dan pepohonan. Tiket masuk ke wisata ini tidak dikenakan biaya alias gratis.

6. Air Terjun Irenggolo

wisata alam kediri
Pinterest

Air terjun Irenggolo berada di wilayah wisata Besuki atau kaki Gunung Wilis. Air terjun ini memiliki bentuk yang unik berupa undakan-undakan yang biasa dipakai pengunjung bermain air. Tiket masuk yang dipatok wisata ini adalah Rp8 ribu per pengunjung.

7. Gua Maria Pohsarang

Rekomendasi tempat wisata alam Kediri yaitu Gua Maria. Di tempat ini terdapat patung Bunda Maria yang menarik untuk dikunjungi, lokasinya masih berdekatan dengan Gereja Puh Sarang.

Tempat ini menjadi lokasi ziarah agama Katolik yang berlokasi di kompleks Gereja Pohsarang desa Pohsarang, kec. Semen, Kediri, 10 km arah barat kota Kediri.

8. Gunung Wilis

Kaki Gunung Wilis salah satunya berada di wilayah Kediri. Gunung berapi dengan ketinggian 2169 mdpl tersebut termasuk salah satu gunung yang menantang untuk didaki. Apalagi, saat mendaki gunung ini Sedulur akan disajikan keindahan alam khas pegunungan yang sangat menawan.

9. Gunung Mas Kumambang

Gunung Mas Kumambang berada di wilayah perbukitan Gunung Wilis.Panorama indah khas pegunungan yang asri dan indah membuat wisata ini menarik perhatian pengunjung yang datang.

Pada bagian puncak gunung terdapat makam milik mbah Boncolo yang sakral. Untuk dapat masuk ke wisata ini pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp5 ribu untuk satu orang.

10. Goa Selomangkleng

Berada di kawasan Keluarahan Pojok, kecamatan Mojoroto, lokasi ini memiliki nuansa alam yang indah. Tempat ini bernama Goa Selomangkleng. Wisata alam Kediri ini telah banyak mengalami perkembangan dan perbaikan hingga sekarang.

Dengan harga yang murah, para pengunjung sudah bisa menikmati Goa Selomangkleng yang konon katanya adalah tempat pertapaan Putri Mahkota Raja Airlangga, Dewi Kili Suci (Sanggramawijaya Tungga Dewi).

BACA JUGA: 40 Tempat Wisata Kediri Terbaru dan Paling Hits 2023

11. Candi Tegowangi

wisata alam kediri
Detik

Candi Tegowangi berada di Desa Tegowangi, Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Menawarkan situs sejarah berupa candi yang dipadukan dengan panorama alam yang indah membuat wisata ini cukup direkomendasikan sebagai salah satu spot foto favorit saat berkunjung ke Kediri.

Bagi Sedulur yang menyukai wisata sejarah sekaligus wisata alam, Candi Tegowangi sangat cocok untuk dikunjungi. Dari sisi edukasi sejarah, Sedulur akan mendapatkan banyak informasi berharga. Dari objek alam, Sedulur bisa mendapatkan banyak keindahan di tempat ini.

12. Wisata Gumul Paradise Island

Gumul Paradise Island menjadi salah satu tujuan wisata keluarga di Kediri yang tidak boleh dilewatkan. Ada banyak wahana permainan di sini. Sedulur bisa menikmati permainan berupa slide kecepatan, slide tubuh, cetakan luar ruangan, menyenangkan bumerang.

Seperti kolam tumpah, flying fox dll .. Hal ini juga tersedia fasilitas pendukung untuk keamanan dan kenyamanan pengunjung seperti: Toilet, Food Court, masjid, Loker, giftmart dll. Lokasi Gumul Paradise Island ada di Ds Tugurejo, Kec. Gampengrejo, Kediri, Jawa Timur.

13. Wisata Alam Sumber Ubalan

Sedulur pecinta wisata alam? Maka Sumber Ubalan harus menjadi destinasi wisata di Kediri untuk Sedulur dan keluarga yang selanjutnya. Sumber Ubalan ini merupakan tempat wisata yang berada di dalam hutan lindung. Ada berbagai fasilitas disini antara lain panggung hiburan, kolam renang dan taman bermain

Lokasi sumber air ini berada di dalam hutan sehingga suasananya sangat nyaman dan sejuk. Tempat wisata berada di desa Kalasan, kecamatan Plosoklaten, kabupaten Kediri jaraknya kurang lebih 15 km dari kota Kediri.

14. Candi Surawana

Salah satu objek wisata sejarah yang ada di Kediri adalah Candi Surawarna atau Suroworno yang lokasinya berdekatan dengan kampung Inggris, lokasinya masih di Kecamatan Pare, Kediri.

Candi Surawana merupakan sebuah candi bercorak Hindu. Sebagaimana candi-candi pada umumnya, candi ini juga memiliki nilai sejarah. Candi Surawana diperkirakan dibangun sekitar abad 14 untuk memuliakan raja kerajaan Wengker bernama Bhre Wengker. Raja Bhre Wengker meninggal pada tahun 1388 masehi.

15. Gunung Kelud

wisata alam kediri
Kompasiana

Setelah wisata air terjun, kini kita masuk ke wisata alam Kediri khusus pegunungan. Gunung Kelud merupakan salah satu wisata alam Kediri yang sudah sangat terkenal, baik dari berita tentang aktifnya gunung ini, dan tentunya karena keindahan alamnya.

Masih di lokasi kawasan tersebut, pengunjung juga bisa menikmati Taman Durian dan Taman Agrowisata yang memiliki banyak tanaman langka yang dirawat dengan baik. Tempat tersebut disediakan sebagai tempat wisata dan juga ruang edukasi bagi para pecinta durian.

Nah itulah beberapa rekomendasi wisata alam Kediri yang bisa jadi rekomendasi Sedulur. Semoga dari daftar di atas terdapat tempat wisata yang akan Sedulur kunjungi saat liburan nanti.