makanan khas sidoarjo

Salah satu wilayah yang termasuk kawasan Surabaya Besar adalah Sidoarjo. Tak kalah dengan Surabaya, di Sidoarjo juga terdapat kuliner super lezat yang jadi makanan khasnya. Hidangannya juga bisa dibilang unik mulai dari yang berbentuk camilan hingga menu makan besar. Sehingga bisa dijadikan opsi untuk mencari oleh-oleh.

Kalau penasaran dengan apa saja jenis makanan khas Sidoarjo yang wajib Sedulur coba ketika datang ke sana? Langsung simak rekomendasi kuliner terbaik berikut ini ya!

BACA JUGA: 11 Spot Nasi Goreng Surabaya Yang Legendaris!

1. Kue lumpur bakar

makanan khas sidoarjo
Unsplash/Nick Fewings

Makanan khas Sidoarjo yang wajib dicoba karena sering dijadikan oleh-oleh adalah kue lumpur. Kue lumpur sendiri memang cukup umum djumpai di Pulau Jawa, namun ada satu keunikan dari kue lumpur yang ada di Sidoarjo ini.

Apabila biasanya kue lumpur dimasak dengan cara dikukus, para pedagang di Sidoarjo menambahkan proses pembakaran setelah kue lumpur jadi. Jadi tidak heran jika orang-orang lantas menyebut cemilan satu ini menjadi kue lumpur bakar.

Tekstur makanan kue lumpur bakar hampir sama dengan beberapa jenis kue lumpur yang ada di daerah lain. Adonannya lembut dan kenyal dengan rasa manis gurih yang sangat lezat. Namun karena dibakar di atasnya, kue lumpur tersebut memiliki tekstur krispi dengan aroma manis gula terbakar.

Dengan sensasi makanan yang unik dan rasa makanan yang lezat, pasti Sedulur akan ketagihan saat pertama kali mencobanya!

2. Wader krispi

Memiliki banyak aliran sungai dan terletak di kawasan pesisir pantai, membuat Sidoarjo kaya akan kuliner ikan. Salah satu yang paling terkenal dan wajib Sedulur coba adalah wader krispi.

Wader sendiri merupakan ikan air tawar yang sering hidup di aliran sungai. Ikan ini memiliki ukuran kecil yaitu sekitar 10 cm saja. Namun, dibalik ukurannya yang mungil, ikan wader terkenal dengan rasa gurihnya.

Banyak masyarakat di Sidoarjo lantas menjadikan ikan wader sebagai cemilan dan juga lauk untuk dimakan dengan nasi. Bagaimana Sedulur, sudah pernah mencoba makanan khas Sidoarjo satu ini?

3. Bandeng asap

makanan khas sidoarjo
Unsplash/Saksia Van Manen

Air payau yang ada di pesisir Sidoarjo juga memperkaya daftar kuliner untuk para pelancong. Salah satu tersaji dalam makanan khas Sidoarjo yang berasal dari ikan bandeng. Di Sidoarjo, ikan bandeng dimasak dengan cara diasap sehingga memiliki rasa yang nikmat.

Selain itu, aroma makanan khas Sidoarjo ini juga menggugah selera. Bagi Sedulur yang ingin menjadikan kuliner satu ini untuk oleh-oleh juga bisa lho, karena ikan bandeng asap bisa tahan dalam beberapa hari.

4. Terasi Sidoarjo

Bukan makanan khas Sidoarjo, tapi bisa dijadikan oleh-oleh yaitu terasi. Terasi sendiri biasanya dijadikan bumbu masakan untuk membuat sambal, tumis, dan olahan makanan lainnya. Salah satu keunikan terasi Sidoarjo adalah aromanya yang khas hasil dari olahan rebon dan udang. Warna terasi sidoarjo juga unik, karena cenderung berwarna cokelat kemerahan.

Ciri khas lain dari terasi Sidoarjo adalah rasanya yang sangat intens, yang memberikan sentuhan pada berbagai masakan Indonesia, seperti sambal, tumisan, dan sup. Ya, aroma yang kuat dan rasa gurih yang mendalam membuat terasi ini menjadi bumbu yang sangat dicari oleh para pecinta kuliner.

5. Ote-ote Porong

Makanan khas Sidoarjo selanjutnya ada ote-ote. Ote-ote sendiri merupakan makanan yang mirip dengan bakwan. Namun, di Sidoarjo, isian makanan ini diberi kupang atau semacam kerang kecil. Ote-ote khas Sidoarjo ini juga tidak banyak dijumpai kecuali di daerah Porong. Jadi tidak heran jika makanan satu ini memiliki nama ote-ote Porong.

Ote-ote Porong tidak hanya disukai oleh masyarakat setempat, tetapi juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Sidoarjo. Camilan ini sering dijajakan di pasar-pasar tradisional, warung makan, dan bahkan menjadi menu andalan di beberapa restoran lokal.

BACA JUGA: 12 Minuman Khas Jawa Timur, Segar dan Menyehatkan

6. Otak-otak bandeng

makanan khas sidoarjo
Unsplash/Frederick Medina

Setelah ote-ote, maka ada juga otak-otak ikan bandeng yang menjadi makanan khas Sidoarjo. Kuliner satu ini memiliki rasa ikan yang sangat kuat dan biasanya disajikan dengan bungkus daun pisang.

Namun, ada satu inovasi unik di kuliner ini, karena Sedulur bisa mendapatkan otak-otak dengan bentuk satu ikan bandeng utuh. Sedulur bisa mencicipi makanan satu ini di wilayah Sukoharjo, Sidoarjo. Agar semakin nikmat, biasanya Sedulur bisa menyantap otak-otak dengan cocolan sambal atau saus.

Selain di Sidoarjo, otak-otak bandeng juga mulai dikenal di daerah lain dan bahkan dijadikan oleh-oleh khas oleh para wisatawan. Kelezatan dan keunikan otak-otak bandeng menjadikannya salah satu kuliner yang patut dicoba untuk merasakan kekayaan tradisi kuliner Sidoarjo.

7. Keripik teripang

Terakhir, makanan khas Sidoarjo yang jarang ada di daerah lain adalah kerupuk teripang. Teripang sendiri merupakan salah satu hewan laut yang memiliki bentuk seperti timun.

Umumnya teripang yang didapatkan para nelayan di Sidoarjo dijadikan kerupuk dan dijual kepada para wisatawan. Rasanya makanan khas Sidoarjo satu ini cukup unik dengan tekstur yang agak keras.

Tapi jangan remehkan kerupuk teripang ini ya, karena khasiatnya sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Hal ini lantaran kerupuk teripang memiliki kandungan gizi tinggi, khususnya pada protein.

8. Lontong Kupang Pak Misari

lontong kupang surabaya
Unsplash/Rivage

Lontong Kupang merupakan salah satu kuliner khas Sidoarjo yang sangat populer. Hidangan ini terdiri dari lontong dan kupang, yaitu kerang kecil yang dimasak dengan bumbu khas. Kombinasi antara lontong yang lembut dan kupang yang gurih menciptakan cita rasa yang unik dan lezat.

Hal ini menjadikan lontong kupang sebagai salah satu makanan favorit yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Sidoarjo. Untuk menambah kelezatannya, biasanya hidangan ini dinikmati dengan petis, sejenis saus khas yang terbuat dari fermentasi udang atau ikan.

Bagi para pecinta kuliner yang berkunjung ke Sidoarjo dan sekitarnya, mencicipi lontong kupang adalah sebuah keharusan. Salah satu tempat terbaik untuk mencicipi lontong kupang adalah di Warung Lontong Kupang Pak Misari.

9. Rawon

Rawon adalah makanan khas yang terdiri dari potongan daging sapi yang dilengkapi dengan tauge, telur asin, kerupuk, serta sambal. Hidangan ini dikenal karena kuahnya yang berwarna hitam pekat, yang berasal dari penggunaan kluwek, buah lokal yang memberikan rasa dan aroma khas pada masakan.

Warna hitam dari kluwek memberikan tampilan yang khas, sekaligus rasa yang dalam dan juga kompleks. Kuah rawon yang kaya akan rempah ini menjadi ciri khas yang membedakannya dari kebanyakan sup daging yang lainnya.

Selain itu, berbagai bahan yang digunakan tentu saja mampu menciptakan hidangan yang kaya akan rasa, dengan sentuhan manis, gurih, dan sedikit asam.

10. Depot Langgeng

Bagi para pecinta sup yang sedang datang berkunjung ke Sidoarjo, wajib untuk berkunjung ke Depot Langgeng. Warung makan yang satu ini menyajikan sop buntut dengan cita rasa yang lezat dan khas. Apalagi saat musim hujan, hidangan nan lezat ini sangat cocok untuk menghangatkan tubuh.

Walaupun tempatnya tidak terlalu luas, namun dijamin suasana yang tersaji benar-benar terasa nyaman. Jadi tidak heran jika para pengunjung betah untuk berlama-lama di tempat ini. Selain sop buntut, tersedia pula beberapa hidangan lezat lain yang tidak kalah menarik untuk dicoba.

Di antaranya seperti iga penyet, iga bakar, pepes, dan lain sebagainya. Dengan begitu, maka Sedulur bisa memesan banyak hidangan sekaligus.

BACA JUGA: 9 Makanan Khas Mojokerto Jawa Timur yang Wajib Dicicipi

11. Ayam Goreng Gringging Lombok

aneka resep ayam goreng kampung
Unsplash/Streets of Food

Sementara bagi yang suka dengan ayam goreng, maka Sedulur bisa langsung datang ke Ayam Goreng Gringging Lombok. Bisa dibilang jika warung ini menyajikan ayam goreng yang sangat lezat. Ayam goreng di sini mempunyai tekstur yang empuk, bahkan sampai ke bagian dalam-dalamnya.

Apalagi penambahan daun kemangi segar, irisan mentimun, dan juga sambal pelengkap yang ada di setiap porsinya, membuat banyak orang menjadikannya sebagai hidangan favorit. Selain itu, ada satu hal menarik yang tidak bisa ditemukan di warung lain.

Hal itu ada pada pelayanannya, dimana para pengunjung tidak perlu menunggu lama ketika memesan hidangan. Jadi sangat cocok dikunjungi saat lapar.

12. Petis udang

Petis udang merupakan makanan khas sekaligus bumbu yang banyak digunakan dalam masakan tradisional Jawa Timur. Terbuat dari udang yang diolah bersama dengan rempah-rempah, petis udang memiliki tekstur kental dan warna cokelat tua hingga hitam pekat.

Rasa petis udang yang gurih dan sedikit manis ini memberikan cita rasa khas yang sulit ditemukan pada bumbu lainnya. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu komponen penting dalam berbagai hidangan seperti rujak cingur, lontong balap, dan tahu tek.

Pembuatan petis udang memerlukan ketelatenan dan pengalaman untuk mendapatkan rasa dan tekstur yang tepat. Kualitas petis udang sangat tergantung pada kualitas udang dan proporsi bumbu yang digunakan.

13. Sate kerang

Makanan khas Sidoarjo terakhir adalah sate kerang, salah satu kuliner khas yang terkenal dengan cita rasanya yang lezat dan unik. Hidangan ini dibuat dari kerang yang direndam dalam bumbu rempah-rempah, kemudian disajikan dengan cara ditusuk dan dipanggang hingga matang.

Proses pemanggangan ini memberikan aroma khas yang menggugah selera dan menciptakan tekstur yang sedikit renyah di luar tetapi tetap lembut di dalam. Aroma khas dari bumbu yang meresap sempurna dan rasa gurih dari kerang membuat sate ini menjadi favorit banyak orang.

Hidangan yang satu ini memang sangat cocok dijadikan sebagai hidangan utama, hidangan pembuka, maupun hanya sekadar camilan.

Nah, itu tadi deretan makanan khas Sidoarjo yang bisa Sedulur coba. Sidoarjo memang terkenal sebagai wilayah pesisir sehingga banyak sekali makanannya yang berasal dari ikan dan hewan laut. Kira-kira mana nih yang paling bikin Sedulur ngiler?

Ketika Sedulur berwisata kuliner, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!