Jajanan Surabaya

Ketika berkunjung ke Surabaya, pasti salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah berwisata kuliner. Makanan seperti rawon setan sampai bebek sinjay jadi menu wajib ketika datang ke Kota Pahlawan ini. Namun, bagaimana dengan jajanan Surabaya yang bisa dijadikan oleh-oleh?

Ternyata tak cuma memiliki keragaman pada makanan beratnya, ada banyak cemilan atau makanan ringan khas Surabaya yang bisa Sedulur coba. Selain cocok untuk dijadikan sangu selama berkunjung ke tempat wisata. Jajanan Surabaya juga bisa jadi buat tangan untuk keluarga di rumah. Berikut ini beberapa jajanan Surabaya yang begitu legendaris dan masih eksis sampai sekarang.

BACA JUGA: Rekomendasi Makanan Khas Sidoarjo yang Jarang Ditemui di Surabaya!

1. Spikoe

bolu kering
Unsplash/Charlesdeluvio

Jajanan Surabaya pertama yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh adalah spikoe atau spiku. Spiku sendiri merupakanan jajanan yang mirip dengan kue lapis dengan isian selai tipis di tengahnya.

Roti ini memiliki karakteristik yang mirip dengan chiffon cake, sehingga cocok dinikmati bersama minuman hangat seperti teh dan kopi. Roti spikoe sendiri menjadi salah satu jajanan legendaris Surabaya yang sudah terkenal sejak zaman dahulu. Dimana rekomendasi tempat untuk membelinya ada di Spikoe Resep Kuno Surabaya.

Kue dari Spikoe Resep Kuno Surabaya terdiri dari beberapa varian seperti spikoe lapis raisin, spikoe tanpa kismis, spikoe prunes, spikoe speculaas. Sedulur bisa mendapatkan lapis Spikoe di Jalan Rungkut Madya Nomor 41. Harga dari Spikoe Resep Kuno Surabaya mulai dari Rp80 ribu hingga Rp290 ribu.

2. Tauwa

Kultur Tionghoa memang banyak mempengaruhi kebudayaan di Surabaya. Jadi tidak heran jika Sedulur bisa dengan mudah menjumpai jajanan Surabaya yang mirip makanan Tionghoa. Salah satunya adalah tauwa.

Tauwa merupakan makanan yang mirip seperti puding berwarna putih. Puding lembut itu lantas disajikan dengan kuah beraroma jahe. Biasanya tauwa banyak dijadikan makanan penutup atau jajanan di malam hari.

Salah satu spot mancoba tauwa terbaik di Surabaya adalah Tahua Cak Man. Dimana sang penjual sering berada di Jalan Kertajaya Gubeng, Kota Surabaya dengan gerobak sepeda motornya yang sederhana.

Menariknya, kuah jahe tahua Cak Man sangat pas di lidah karena tidak terlalu manis. Semangkuk tahua ini bisa Sedlur nikmati hanya dengan merogoh kocek Rp5 ribu saja. Sangat murah meriah ‘kan!

3. Cakue peneleh

Tidak afdol jika membicarakan jajanan tanpa memasukkan gorengan sebagai salah satu pilihannya. Kali ini ada jajanan legendaris asal Surabaya yang wajib Sedulur coba saat tiba di Kota Pahlawan. Jajanan itu adalah cakue peneleh.

Cakue ini memiliki bentuk yang mirip dengan cakue pada umumnya. Namun untuk rasa, Sedulur akan dibuat terkejut karena rasa gurih makanan satu ini tiada duanya. Sedulur bisa mencoba cakue peneleh yang ada di Pasar Atom.

Uniknya, saat Sedulur berkunjung ke warung cakue ini maka bisa melihat langsung proses memasak cakue dari sang pemilik. Dapurnya dibatasi dengan kaca sehingga pengunjung bisa melihat bagaimana adonan cakue dibuat hingga digoreng.

Satu cakue polos dihargai sebesar Rp 5 ribu rupiah sedangkan cakue isi Rp 6 ribu. Cakue Peneleh terletak di Pasar Atom lantai dasar Tahap 3 dan Pakuwon Trade Center lantai UG stand E1-21.

Oia, ketika Sedulur sampai di depan toko Cakue Peneleh di Pasar Atom maka harus langsung cekatan untuk memesan cakue yang dijual ya. Sebab pengunjung akan terus datang dan mengantre di belakangmu. 

4. Klanting

Salah satu jajanan pasar Surabaya jadul yang masih bisa eksis sampai sekarang adalah klanting. Makanan ini menjadi salah satu cemilan yang wajib dicoba bagi para pelancong saat tiba di Surabaya.

Klanting sendiri mirip dengan cendol tapi bentuknya lebih besar. Rasanya manis dan memiliki tekstur yang kenyal saat digigit. Agar semakin lezat, biasanya klanting akan disajikan dengan campuran parutan kelapa halus dan siraman gula merah.

Klanting sendiri menjadi jajanan yang sangat mudah ditemukan ketika Sedulur ke pasar. Untuk harganya, klanting sendiri dihargai sebesar Rp2.500 sampai Rp7 ribu saja per bungkusnya. Murah banget ‘kan!

5. Kue tok

Selanjutnya ada jajanan Surabaya yang mengadaptasi budaya Tionghoa, yaitu kue tok. Kue ini memiliki bentuk yang unik karena disajikan di atas potongan daun pisang.

Masyarakat di Surabaya biasanya membuat roti ini dengan tepung ketan yang pada bagian dalamnya diisi dengan kacang hijau. Roti ini juga memiliki warna merah mencolok sehingga sangat menarik perhatian.

BACA JUGA: 12+ Jajanan Kering Khas Surabaya, Cocok untuk Oleh Oleh

6. Waffle Pocoyo

Jajanan Surabaya
Unsplash/Mae Mu

Waffle satu ini menjadi jajanan yang sering ditemukan di Surabaya. Pocoyo menawarkan rasa waffle yang beraneka rasa dengan isian yang variatif. Jajanan ini cocok bagi kamu yang ingin camilan yang mengenyangkan.

Porsi yang tebal dan besar cukup untuk membuat perutmu kenyang. Waffle dipanggang di atas penggorengan khusus sehingga matang bulat sempurna. Setelah itu diolesi dengan aneka selai sesuai selera. Ada selai coklat, ovomaltine, krim keju, nutella, green tea, dan masih banyak lagi.

Selain itu kamu juga bisa menambahkan oreo, atau keju lapis di sela-sela waffle. Selain varian manis, waffle juga ada yang diberi topping kornet, keju dan saus sambal. Rasa dari wafflenya pun juga beraneka ragam, terdapat original, pandan, coklat, red velvet dan lain-lain.

Di Surabaya sendiri, Sedulur bisa mencari Pocoyo di Delta Plaza lantai 1 dan Pakuwon Trade Center UG Floor FK2-33 (Seberang INDEX). Seporsi waffle dihargai mulai dari Rp21 ribu. Selain wafel Pocoyo juga menawarkan hotdog.

7. Almond Crispy

Salah satu jajanan Surabaya kekinian yang wajib dicoba adalah almond crispy. Jajanan satu ini mirip dengan kue dollar namun memiliki rasa kacang almond. Selain itu, ukuran almond crispy juga lebih besar.

Almond crispy sendiri memiliki rasa yang manis dan gurih. Hal ini tak lepas dari perpaduan keju dan kacang almondnya. Makanan ini juga semakin populer di kalangan masyarakat karena varian rasanya yang makin beragam. Beberapa rasa almond crispy yang begitu diminati adalah rasa original, green tea, mocca, dan cokelat.

Jika ingin menikmati satu kotak Almond Crispy, Sedulur harus mengeluarkan kocek sebanyak Rp50 ribu hingga Rp60 ribu. Sedulur bisa mengunjungi Jalan Basuki Rahmat No.72, Tegalsari, Kec. Tegalsari, Kota Surabaya. Selain itu Almond Crispy bisa didapat di seluruh pusat oleh-oleh di Surabaya.

8. Kompyang

Kompyang atau kompia adalah salah satu jajanan Surabaya yang juga diadaptasi dari makanan Tionghoa dengan perpaduan makanan tradisional khas Nusantara. Makanan satu ini termasuk dalam jenis roti yang mirip burger namun memiliki rasa gurih.

Kompyang biasanya memiliki isian daging ayam cincang yang dicampur dengan rumput laut. Perpaduan rasa roti kompyang yang legit ditambah dengan isian gurih pedas, tentu membuat jajanan satu ini wajib banget dicoba.

9. Kue dollar

Jika mencari jajanan tradisional Surabaya yang awet, maka kue dollar bisa Sedulur coba. Cemilan ini merupakan salah satu kue kering khas Kota Pahlawan dengan rasa yang sangat lezat.

Kue Dollar memiliki bentuk bundar tipis yang mirip dengan koin pada masa penjajahan dahulu. Jadi tidak heran jika pada akhirnya cemilan ini dinamakan kue dollar. Hidangan ini sendiri memiliki dominasi rasa manis gurih pada tiap gigitannya.

Harganya sangat murah meriah, untuk satu kota ukuran medium dihargai Rp65 ribu. Sedulur sendiri bisa menemukan kue dollar di Kueh Dollar Tjap Masin yang berada di Pasar Atom dan di Jalan Bunguran No. 45, Bongkaran, Cantian, Surabaya.

10. Cincau Station

Merek minuman satu ini mengangkat rasa otentik Indonesia. Dari namanya gerai Cincau Station menawarkan cincau minuman khas Indonesia. Cincau dikemas dalam gelas plastik dan disajikan dingin.

Isian cincau yang ditawarkan sama dengan cincau yang dikenal di tengah masyarakat. Namun, Cincau Station memberi varian rasa yang berbeda, seperti cincau kelapa yang dicampur dengan daging kelapa, cincau sirup, cincau sari kedelai dan masih banyak lagi.

Selain itu juga ada gurin. Gurin adalah minuman dari olahan santan dan cincau yang masih cair. Rasanya manis, gurih dan creamy tentu bisa memberikan pengalaman kuliner yang berbeda ketika berkunjung ke sana. Harga minuman satu ini juga sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp10 ribu.

Selain cincau, di Cincau Station juga ada sinom, saridele, honey lime, dan marbling sirsak. Untuk mendapatkan Cincau Station kamu bisa datang ke Cincau Station Tunjungan Plaza, Cincau Station Grand City, Cincau Station Galaxy Mall, Cincau Station Ciputra World.

BACA JUGA: 12 Makanan Khas Sidoarjo yang Terfavorit dan Populer

11. Donat Ivy

merek glaze yang enak
Unsplash/Lore Schodts

Donat Ivy merupakan sebuah donat kentang rumahan yang terkenal di Surabaya. Donat kentang satu ini memiliki tekstur yang sangat empuk dan lembut. Kentang dalam donat masing sangat terasa dan gurih.

Satu jajanan ini memiliki rasa yang manis dari toping dan gurih dari donat. Toping yang dihadirkan beraneka rasa dari coklat, ice sugar, oreo, keju dan masih banyak lagi. Donatnya memiliki ukuran yang cukup besar dan topingnya yang tebal.

Gerai Donat Ivy berada di Delta Plaza, Rotal Plaza, Ciputra World, PTC Mall dan masih banyak lagi. Donat dihargai sesuai dengan toping yang dipilih. Satu buah donat dihargai Rp6 ribu dan untuk 6 buah donat dihargai dengan harga Rp31 ribu. Jika 12 buah donat dihargai Rp54 ribu.

12. Pentol Goli Cempaka

Pentol adalah jajanan yang terbuat dari campuran daging sapi giling, dengan tepung kanji, bumbu seperti bawang merah dan putih serta masih banyak lagi. Pentol Goli memiliki tekstur yang empuk dan kenyal, rasa khas dari daging sapi yang gurih sangat terasa saat dikunyah. Pentol memiliki dua varian ada yang kasar dan halus.

Untuk pentol yang kasar terdapat campuran urat dan lemak sapi, sehingga teksturnya lebih kenyal dan berserat. Penjaja pentol terkenal di Surabaya adalah Pentol Goli. Di sini juga ditawarkan jajanan lainnya, ada pangsit goreng, tahu baso, siomay.

Sedulur bisa memilih varian apa yang ingin dinikmati. Harga setiap butirnya berkisar Rp500-an aja. Jika ingin mencoba semua varian kamu bisa memilih untuk mencampur semuanya dan dipadukan dengan saus tomat, kecap dan sambal. Rasa gurih dari pentol ditambah pedas dari sambal, sedikit asam dari saus tomat akan terasa nikmat.

Kamu bisa merapat ke Jalan Cempaka Surabaya di depan Sekolah Mawar Sharon Christian School untuk mencoba pentol nikmat satu ini. Dari kejauhan pengunjung terlihat mengerumuni gerobak Pentol Goli. Pentol Goli buka dari pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Disarankan Sedulur untuk datang lebih pagi agar tidak kehabisan pentolnya.

Nah, itu tadi jajanan Surabaya yang wajib Sedulur coba ketika jalan-jalan ke Kota Pahlawan. Tak hanya memiliki makanan berat yang lezat, ada banyak cemilan enak yang juga bisa Sedulur jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Ketika Sedulur berwisata kuliner, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!