Salmon merupakan salah satu jenis ikan laut yang memiliki rasa yang enak.

Baik ikan laut ataupun ikan air tawar, sudah sering menjadi bahan olahan untuk hidangan rumah ataupun hidangan di restoran. Masing-masing dari jenis ikan memiliki nutrisi dan kandungan yang berbeda-beda yang memiliki manfaat untuk tubuh.

Salah ikan yang enak dan memiliki nutrisi yang tinggi adalah ikan salmon. Artikel kali ini akan membahas berbagai resep ikan salmon, mulai dari resep ikan salmon saus tiram, resep ikan salmon kuah, resep ikan salmon goreng sambal kecap, hingga resep ikan salmon bumbu pedas.

Disertai juga dengan resep ikan salmon untuk anak dan resep ikan salmon bakar, tidak ketinggalan dibahas juga resep masakan ikan salmon sederhana yang bisa kita masak sendiri di rumah. Yuk, langsung saja kita simak resep ikan salmon berikut dengan cara memasaknya yang benar.

Baca Juga: 22 Resep Olahan Ikan Ala Restoran, Enak Dan Mudah Dibuat

Daftar Resep Ikan Salmon dan Cara Memasaknya yang Benar

1. Tim Salmon

Tim Salmon

Resep ikan salmon yang pertama adalah tim salmon. Bahan yang dibutuhkan yaitu ikan salmon fillet, 5 siung bawang putih, 3 lembar daun seledri, jahe, batang serai, minyak wijen, minyak ikan, kecap asin, jeruk nipis, dan air.

Cara membuatnya sangat mudah, pertama cucu salmon dan beri perasan jeruk nipis, lalu diamkan selama 5 menit. Siapkan wadah anti panas dan taruh ikan salmon, lalu taburi bawang putih. Siram ikan salmon dengan air lalu masukkan irisan daun bawang, jahe dan batang serai.

Siapkan alat steam, lalu masukan wadah anti panas dalam alat steam lalu steam selama 30 menit hingga ikan salmon matang.

2. Rice Bowl Salmon

Rice Bowl Salmon

Resep salmon selanjutnya adalah rice bowl salmon. Bahan yang dibutuhkan adalah ikan salmon fillet yang telah dilumuri dengan lada dan garam. 3 sdm margarin, 3 mangkuk nasi, sediakan juga sayur untuk lalapan jika menyukainya.

Cara membuat resep ikan salmon ini yang pertama adalah lelehkan 1 sdm margarin dalam wajan, lalu masukan salmon. Goreng salmon dengan api sedang hingga kedua sisi matang. Siapkan nasi, masukkan ke dalam mangkuk, taburkan bawang goreng di atas nasi dan simpan salmon goreng di atas nasi. Rice bowl salmon pun siap dinikmati.

3. Nasi Salmon Brokoli

Nasi Salmon Brokoli

Untuk membuat resep ikan salmon satu ini, dibutuhkan 140 gram beras putih, 60 gram ikan salmon, 1 buah tahu putih, 6 kuntum brokoli kecil. Siapkan juga bawang merah dan bawang putih sebagai bumbunya.

Cara membuatnya sangat mudah, pertama cuci semua bahan hingga bersih. Masak terlebih dahulu beras menggunakan rice cooker. Sambil menunggu nasi matang, siapkan ikan salmon dan brokoli, potong menjadi berukurang kecil.

Iris bawang merah dan bawang putih, panaskan margarin dan tumis kedua bawang tersebut. Masukan ikan salmon dalam tumisan, aduk hingga rata. Selanjutnya masukkan brokoli dan aduk rata hingga keduanya matang.

Tambahkan air sedikit, masak hingga air surut dan ikan salmon juga brokoli matang. Siapkan wajan dengan minyak goreng, goreng tahu putih hingga berubah warna. Setelah nasi masak, masukan nasi dalam mangkuk dan masukan tahu berserta ikan salmon dan juga brokoli. Resep ikan salmon pun telah selesai dilakukan.

Baca Juga: 12 Manfaat Ikan Sarden selain Rasanya yang Enak, Wajib Tau!

4. Sup Ikan Salmon

Sup Ikan Salmon

Membuat resep satu ini tinggal menyediakan bahan seperti 500 gr ikan salmon fillet, 4 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, seperempat bawang bombay, 1 ruas jahe, 2 buah batang serai, sayuran seperti kentang, wortel dan brokoli, daun seledri, daun bawang, garam dan penyedap rasa.

Cara membuatnya adalah pertama marinasi terlebih dahulu ikan salmon dengan telah dibalur menggunakan jeruk nipis. Marinasi selama 20 menit. Siapkan minyak goreng, tumis bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay hingga mengeluarkan aroma wangi.

Masukan jahe dan ikan salmon dalam tumisan. Tambahkan garam, penyedap rasa dan air secukupnya. Ungkep sebentar, dan tambahkan minyak wijen. Tambahkan air untuk kuah, masukkan sayuran, dan masak hingga mendidih dan hingga sayuran matang.

Koreksi rasa, tambahkan yang kurang. Namun jika sudah pas, sup ikan salmon pun siap disajikan dengan sepiring nasi hangat.

5. Sup Tahu Ikan Salmon

Sup Tahu Ikan Salmon

Selanjutnya, resep ikan salmon yang bisa kita buat adalah sup tahu ikan salmon. Bahan yang dibutuhkan adalah satu bungkus tahu yang telah dipotong dadu, siapkan juga dua fillet ikan salmon, siapkan satu jeruk nipis, dua btg daun seledri, seruas jahe iris tipis, tiga siung bawang putih potong cincang, satu sdt minyak wijen, kecap asin, kaldu jamur, lada bubuk secukupnya.

Sediakan juga telur yang dikocok, satu sdm tepung maizena, larutkan dengan 2 sdm air putih dan 1 sdm margarin. Langsung saja kita bahas cara membuatnya, pertama bersihkan salmon, marinasi menggunakan perasan jeruk nipis dan diamkan. Lalu tumis jahe dan bawang putih yang telah cincang menggunakan 1 sdm margarin sampai harum.

Tuang air dalam tumisan dan kemudian masukkan ikan salmon, daun seledri dan tahu. Jangan lupa beri kecap asin, kaldu jamur, lada bubuk, cek rasa. Masak sampai matang. Lalu masukkan telur dan aduk pelan. Terakhir masukkan minyak wijen dan larutan tepung maizena, dan aduk rata pelan- pelan. Resep ikan salmon pun siap disajikan.

6. Steak Salmon Saus Garlic

Steak Salmon Saus Garlic

Resep ikan salmon selanjutnya adalah steak salmon saus garlic. Langkah membuatnya pertama bumbui potongan fillet ikan salmon dengan garam atau penyedap rasa. Tambahkan juga kecap asin, air jeruk, lada dan garam. Diamkan beberapa saat agar bumbu meresap.

Siapkan wajan steak masukan margarin di atas wajan dan bakar daging salmon yang telah dibumbui hingga matang. Siapkan salmon di atas piring saji. Hidangkan dengan kentang goreng, brokoli, dan sayuran lainnya.

Siram steak salmon dengan saus garlic. Cara membuatnya sangat mudah, pertama tumis bawang putih hingga harum, masukan tepung terigu, bumbu kaldu, krimer, lada, garam dan daun seledri. Masak saus hingga mendidih. Resep ikan salmon ala restoran ternama pun telah siap disajikan.

7. Ikan Salmon Kukus

Ikan Salmon Kukus

Resep ikan salmon ini cocok sebagai menu makan untuk bayi. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep ikan salmon kukus adalah ikan salmon, merica bubuk, aluminium foil, mentega, bawang putih, bawang bombay, garam, brokoli dan wortel.

Cara membuat resep ikan salmon satu ini adalah pertama cincang bawang putih, iris juga bawang bombay, wortel dan brokoli hingga berukuran kecil. Selanjutnya siapkan bumbu untuk ditumis, yaitu bawang putih, bawang bombay hingga matang dan mengeluarkan aroma yang wangi. Tambahkan garam dan merica bubuk lalu aduk rata.

Masukan bumbu yang telah ditumis ke dalam aluminium foil dan kukus sekitar 30 menit. Maka resep ikan salmon pun telah siap disajikan dan dinikmati.

8. Ikan Salmon Bakar

Ikan Salmon Bakar

Cara membuat resep ikan salmon satu ini yang paling penting adalah bumbu kecap yang digunakan untuk membakar ikan salmon. Karena bumbu kecap dalam resep ikan salmon bakar satu ini sangat penting dan mempengaruhi rasa dari ikan salmon bakar.

Bumbu yang digunakan untuk membakar adalah kecap manis, saus tiram, jeruk nipis dan lada bubuk yang dicampur hingga merata. Jangan lupa juga marinasi ikan salmon yang telah ditaburi oleh garam dan perasan air jeruk nipis.

Selanjutnya kita tinggal membakar ikan salmon hingga matang dan olesi ikan salmon dengan bumbu kecap yang telah dibuat. Resep ikan salmon bakar pun telah selesai dilakukan dan kita pun siap menikmati ikan salmon bakar.

9. Ikan Salmon Goreng

Ikan Salmon Goreng

Resep ikan salmon satu ini sebenarnya merupakan resep paling mudah. Karena ikan salmon dengan hanya dibumbui oleh garam dan langsung digoreng pun dijamin akan memiliki rasa yang enak dan gurih.

Namun, jika ingin memiliki rasa ikan salmon yang nikmat lagi, tambahkan perasan jeruk nipis, lada bubuk dan merica. Marinasi selama 20 menit, baru kemudian goreng. Ikan salmon pun dijamin akan memiliki rasa yang lebih layak dan lebih enak. Ikan salmon goreng merupakan resep ikan salmon yang paling mudah.

10. Salmon Teriyaki

Salmon Teriyaki

Cara membuat resep ikan salmon teriyaki yang pertama adalah marinasi ikan salmon dengan menggunakan air lemon, garam, merica dan bawang putih. Diamkan selama 15 menit dalam kulkas. Lalu siapkan wajan yang telah diberi minyak untuk menggoreng ikan salmon hingga matang.

Masukan saus sisa marinasi ke dalam wajan penggorengan, tuang ikan salmon goreng, ungkep hingga air menyusut. Lalu angkat dan tuangkan ikan salmon dalam wadah, taburi ikan salmon dengan wijen dan daun bawang. Ikan salmon teriyaki pun siap dinikmati.

11. Ikan Salmon Saus Lemon

Ikan Salmon Saus Lemon

Langkah pertama membuat ikan salmon satu ini adalah merendam salmon dalam wadah bersama dengan perasan jeruk lemon, kecap asin, dan kecap manis dan diamkan selama 15 menit. Lalu tumis bawang putih hingga harum. Dan masukkan salmon lau tambahkan air dan irisan lemon pada wajan.

Selanjutnya tunggu ikan hingga matang, masukkan sedikit garam dan madu. Resep ikan salmon saus lemon pun telah siap disajikan.

12. Ikan Salmon Sayur Lodeh

Ikan Salmon Sayur Lodeh

Resep terakhir adalah ikan salmon sayur lodeh. Cara membuatnya adalah  pertama tumis bumbu halus hingga harum dengan 2 sdm minyak. Lalu masukkan daun salam dan lengkuas. Selanjutnya masukkan juga semua sayuran, lalu tambahkan air.

Tutup panci, dan ungkep hingga air  mendidih. Jika sudah mendidih, gunakan api kecili dan lanjut masak hingga daging salmon empuk dan sayuran menjadi lembuk. Langkah selanjutnya adalah memasukan santan dan aduk agar santan tidak pecah.

Beri garam, lada, dan penyedap rasa. Koreksi rasa, jika telah sesuai selera, makan ikan salmon sayur lodeh telah siap disajikan.

Semoga resep salmon dengan berbagai variasi dan kreasi di atas bisa menambah referensi masak di rumah. Jangan lupa juga untuk menyediakan segala kebutuhan masak ikan salmon dengan membeli melalui Aplikasi Super.

Klik di sini untuk mempelajari Aplikasi Super lebih lanjut, dan jangan lupa juga download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya.