Yuk mari kita simak apa aja sih manfaat ikan sarden yang memiliki rasa enak dan nikmat.

Ikan sarden adalah ikan laut yang bisa kita nikmati dengan berbagai cara pengolahan. Beruntungnya, kita saat ini bisa menikmati ikan sarden dengan cara yang sangat mudah. Karena banyak produsen ikan sarden yang mengemasnya dengan kaleng dengan kualitas dan bahan yang terjamin kebersihannya.

Nama dari ikan sarden berasal dari kata sardinia, yang merupakan nama kepulauan tempat sarden berasal. Yaitu di sebuah kota di Italia yang menjadi tempat asal dari banyaknya sarden di dunia. Ikan sarden memiliki ukuran yang kecil, namun kandungan dan manfaatnya sangat besar bagi tubuh manusia.

Artikel kali ini akan membahas berbagai manfaat dari ikan sarden yang bisa kita dapatkan, baik dari ikan sarden segar atau ikan sarden kaleng. Nama lain ikan sarden adalah ikan makarel, terdapat sedikit perbedaan ikan makarel dan sarden, yang paling jelas terlihat dari ukuran ikan itu sendiri.

-->

Berbagai macam olahan resep ikan sarden bisa kita praktekan setelah tentu saja kita mengetahui berbagai manfaat dari ikan sarden. Yuk, langsung saja kita simak ulasannya, terkait manfaat dari ikan sarden.

Baca Juga: 15 Manfaat Minum Kopi dan Efeknya Jika Dikonsumsi Tiap Pagi

Daftar Manfaat Ikan Sarden untuk Kesehatan Tubuh

1. Mencegah Penyakit Jantung

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat pertama dari ikan sarden adalah dapat mencegah penyakit jantung. Bagi para manula atau siapapun, mengonsumsi ikan sarden dapat menghindari kita dari kemungkinan terkena penyakit jantung. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa kandungan yang terdapat dalam ikan sarden.

Ikan sarden mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi. Kandungan tersebut sangat berguna untuk mencegah penyakit jantung. Selain itu juga asam lemak omega 3 dapat memecah kolesterol jahat yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Selain itu asam lemak omega 3 memang penting dan sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga stamina dan kesehatan. Hal tersebut dikarenakan beberapa manfaat dari asam lemak omega 3.

2. Menurunkan Risiko Penggumpalan Darah

Menurunkan Risiko Penggumpalan Darah

Salah satu manfaat yang dapat diberikan oleh asam lemak omega 3 adalah dapat mengurangi penggumpalan darah dalam arteri. Karena darah yang menggumpal dalam arteri atau pembuluh darah dapat menyebabkan kerusakan pada sistem kardiovaskular.

Bukan hanya itu, penggumpalan darah pada pembuluh darah juga dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis. Terutama penyakit stroke atau penggumpalan lemak. Mengonsumsi ikan sarden secara rutin dapat menyehatkan tubuh dengan kandungan omega 3 yang ada pada ikan sarden.

Terutama jika dibarengi dan diimbangi dengan berbagai kegiatan olahraga, tubuh kita akan semakin terjaga kebugaran dan kesehatannya. Ditambah dengan konsumsi ikan sarden secara rutin.

3. Dapat Mencegah Degenerasi Makula

Dapat Mencegah Degenerasi Makula

Degenerasi makula adalah penyakit mata kronis yang bisa menyebabkan katarak hingga kebutaan yang tidak segera diatasi secara medis dan secara profesional. Dengan mengonsumsi ikan sarden secara rutin dapat secara efektif mencegah degenerasi makula dan mencegah kebutaan.

Terutama jika ditambah dengan berbagai sayuran yang mengandung vitamin A yang tinggi. Sebagaimana yang telah kita ketahui, bahwa vitamin A memiliki manfaat dan berperan aktif untuk kesehatan mata kita.

Dengan mengonsumsi ikan sarden dan sayuran yang mengandung vitamin A tinggi, degenerasi makula yang mengancam kesehatan mata akan dapat dicegah, dan bahkan kita bisa mendapatkan mata yang sehat dan berfungsi jelas untuk melihat.

Baca Juga: 20 Manfaat Minum Teh Setiap Hari, Minuman Berjuta Manfaat

4. Mencegah Kanker

Mencegah Kanker

Para dokter dan ahli kesehatan mengatakan bahwa penyakit kanker dapat dicegah dengan rajin dan rutin mengonsumsi kalsium dan vitamin D, yang telah terbukti sangat ampuh untuk mencegah berbagai kanker masuk dan merusak tubuh.

Ikan sarden memiliki kandungan kalsium dan vitamin D yang sangat tinggi. Oleh karena itu, hanya dengan mengonsumsi ikan sarden, kita dapat mencegah kanker masuk dan menggerogoti tubuh. Selain itu juga sarden dipercaya dapat mencegah berbagai penyakit berbahaya lainnya masuk ke dalam tubuh.

5. Memperkuat Tulang

Memperkuat Tulang

Kandungan kalsium yang terdapat di ikan sarden dapat memberikan kesehatan tulang, bahkan bisa memperkuat tulang itu sendiri. Oleh Karena itu, mengonsumsi sarden bagi para manula yang mulai mengalami permasalah tulang, sangat direkomendasikan oleh dokter dan ahli kesehatan.

Bukan hanya memperkuat tulang, sarden juga dapat memberikan manfaat yaitu mencegah terjadinya kerusakan tulang dan menghindari penyakit osteoporosis di masa tua.

6. Menyehatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menyehatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di tengah pandemi virus corona saat ini, kekebalan tubuh yang kuat merupakan satu-satunya pertahanan terakhir agar kita tidak tertular virus corona. Karena, hingga saat ini masih belum ditemukan vaksin yang ampuh dan obat untuk menyembuhkan penderita corona.

Namun, virus corona bisa akan dengan mudah dibunuh oleh sistem imun kita, jika kita memiliki sistem imun atau kekebalan tubuh yang kuat dan sehat. Minyak dari sarden terbukti dapat memperbanyak produksi sel imun yang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh yang dibutuhkan di tengah pandemi virus corona seperti saat ini.

7. Perawatan Kulit

Perawatan Kulit

Selain tentu sja menggunakan skin care secara rutin dan terus memperhatikan konsumsi makanan yang bisa menghasilkan banyak minyak di wajah, perawatan kulit juga bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi sarden secara rutin.

Setiap ikan yang berasal dari lautan yang memiliki suhu yang dingin dapat membuat kulit lebih secah dan bercahaya. Oleh karena itu, mengonsumsi sarden sama saja dengan melakukan perawatan kulit karena manfaat yang dimilikinya.

8. Mengandung Anti-Oksidan

Mengandung Anti-Oksidan

Sarden sangat baik dalam memberikan anti-oksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa anti-oksidan sangat baik untuk menolak radikal bebas dan segala racun yang disebabkan karena polusi udara.

Tidak usah khawatir dengan radikal bebas dan juga racun dari setiap udara yang telah terkontaminasi oleh berbagai polusi. Karena sarden dapat memberikan asupan anti-oksidan yang cukup untuk menolak itu semua.

9. Rendah Merkuri

Rendah Merkuri

Sarden merupakan salah satu jenis ikan yang paling aman untuk dikonsumsi karena tidak mengandung kontaminasi logam yang merupakan masalah yang seringkali dihadapi setelah mengonsumsi ikan. Sarden mengandung sedikit merkuri dan logam berat lainnya yang menyebabkannya aman untuk dikonsumsi.

Selain aman, juga tentu saja menyehatkan, karena banyak kandungan positif lainnya yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

10. Menstabilkan Gula Darah

Menstabilkan Gula Darah

Lemak dan protein yang terdapat dalam sarden dapat membantu untuk mengatur gula darah dan membuat gula darah menjadi lebih stabil. Sarden juga merupakan makanan yang kaya karbohidrat, hal tersebut juga sangat baik untuk memperlambat pelepasan gula dalam darah.

Konsumsi protein sarden juga dapat memiliki efek positif dan menguntukan bagi sindrom metabolik yang diinduksi oleh fruktosa pada variabel seperti hiperglikemia dan resistensi insulin yang akan sangat aman dikonsumsi bagi para penderita diabetes.

11. Kaya Akan Kandungan Vitamin

Kaya Akan Kandungan Vitamin

Satu hal yang menjadikan sarden sangat bermanfaat bagi tubuh adalah kandungan yang kaya akan vitamin. Sarden menyediakan  riboflavin, niasin, vitamin B-12 dan vitamin D. Riboflavin dapat membantu mencegah katarak dan migrain, dan niasin dapat menurunkan risiko penyakit pikun.

Oleh karena itu, sangat baik mengonsumsi ikan sarden dengan setiap kandungan bermanfaat yang terdapat didalamnya.

12. Kandungan Nutrisi dalam Ikan Sarden

Kandungan Nutrisi dalam Ikan Sarden

Berikut ini beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam sarden, semoga dapat lebih memberikan kejelasan sebagai panduan menjalankan hidup yang sehat.

  • Air: 59,61 gram
  • Protein: 24,62 gram
  • Lemak: 11,45 gram
  • Kalsium: 382 miligram
  • Zat besi: 2,92 miligram
  • Fosfor: 490 miligram
  • Kalium: 397 miligram
  • Natrium: 307 miligram
  • Zinc: 1,31 miligram
  • Mangan: 0,11 miligram
  • Selenium: 52,7 mikrogram
  • Vitamin B1: 0,08 miligram
  • Vitamin B2: 0,23 miligram
  • Vitamin B3: 5,25 miligram 

Semoga penjelasan yang berkaitan dengan manfaat sarden yang telah dijelaskan di atas bisa membantu kita untuk melengkapi pengetahuan kita tentang kesehatan dan juga memberikan panduan bagi kita yang akan mulai hidup sehat.

Jangan lupa untuk membeli berbagai olahan dari ikan sarden kaleng di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan berbagai sembako yang lengkap dengan harga murah dan cara belanja yang mudah. Klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut segala sesuatu yang berkaitan dengan Aplikasi Super.

Jangan lupa juga download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya. Dan mulai gunakan Aplikasi Super untuk kehidupan sehari-hari. Selamat mencoba!