Yakult merupakan minuman prebiotik yang penuh dengan manfaat. Simak sederet manfaat yang ada pada yakult di bawah ini!

Sebagai masyarakat Indonesia, kita tentu saja sangat familiar dengan yakult. Minuman prebiotik yang sudah ada sejak tahun 1990-an. Minuman ini dibuat dengan proses fermentasi dari susu kim dan gula, sehingga menghasilkan minuman yang memiliki rasa asam, manis dan segar. Mirip seperti yoghurt, namun tidak terlalu asam.

Yakult adalah minuman ini berasal dari Jepang, yang dikenal dengan nama jahurto, penyebutan yoghurt oleh orang Jepang. Bakteri yang terdapat dalam minuman ini adalah bakteri Lactobacillus Casei yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama sistem pencernaan.

Kemasan minuman yang unik serta manfaatnya yang tinggi menjadikan minuman ini sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Dalam kesempatan kali ini, akan dibahas beberapa manfaat dari minuman prebiotik ini. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung saja kita simak pemahasannya di bawah ini!

-->

Baca Juga: 12 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh Sehat Bugar Alami

Daftar Manfaat Yakult bagi Kesehatan Tubuh Sedulur dan Keluarga!

1. Meningkatkan Jumlah Bakteri Baik di Dalam Usus

1. Meningkatkan Jumlah Bakteri Baik di Dalam Usus
jpnn.com

Karena merupakan minuman prebiotik, maka dari itu manfaat yang pertama jelas untuk kesehatan sistem pencernaan, yaitu usus. Bakteri dalam usus terdapat dua jenis, pertama bakteri baik dan bakteri jahat. Semua bakteri tersebut berasal dari makanan yang kita konsumsi. Bakteri jahat dapat menyebabkan beberapa penyakit yaitu radang usus, sakit perut dan gangguan pencernaan.

Sementara bakteri baik berperan untuk mencegah hal tersebut dan membuat usus menjadi lebih sehat. Maka dari itu, disarankan untuk minum yakult sebelum atau sesudah makan. Namun lebih baik lagi minum secara rutin pada malam hari sebelum tidur dan pagi hari ketika hendak sarapan, karena waktu terbaik minum yakult ada di dua waktu tersebut.

Manfaat minum yakult sebelum tidur dapat membantu sistem pencernaan melakukan penyembuhan dan perbaikan sendiri ketika kita sedang tidur. Karena pada dasarnya, waktu kita tidur merupakan waktu setiap organ dalam tubuh memperbaiki dirinya.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

2. Melancarkan Sistem Pencernaan
kompas.com

Setelah sistem pencernaan memiliki kondisi yang baik, akibat kesehatannya yang terjaga dan jumlah bakteri baik yang seimbang yang dapat menangkal bakteri jahat dalam usus, secara otomatis sistem pencernaan Sedulur pun akan lancar. Sedulur akan terhindar dari masalah pencernaan seperti sulit buang air besar, sembelit dan diare.

Selain itu, proses pembuatan minuman ini juga sangat higienis, setiap pabrik yakult memiliki tingkat kebersihan yang tinggi, untuk menjaga kualitas minuman ini agar dapat bermanfaat bagi masyarakat.

3. Meningkatkan Imunitas atau Kekebalan Tubuh

3. Meningkatkan Imunitas atau Kekebalan Tubuh
tribunnews.com

Manfaat selanjutnya dari minuman probiotik satu ini adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Imunitas tubuh merupakan sebuah sistem yang ada dalam tubuh yang berfungsi sebagai pertahanan utama agar tubuh tidak mudah terkena penyakit yang berkeliaran di luar rumah.

Ditambah lagi, di tengah pandemi Covid-19, sistem imunitas tubuh merupakan pertahanan utama dan satu-satunya yang dapat menangkal tubuh kita terkena virus Covid-19. Sebelum ditemukan obat yang ampuh untuk menyembuhkannya. Sementara itu, proses vaksinasi Covid-19 pun sedang berlangsung hingga saat ini. Minum yakult secara rutin dapat membuat sistem imun kita meningkat dan menangkal berbagai virus, termasuk Covid-19.

4. Mengurangi Racun dalam Usus

4. Mengurangi Racun dalam Usus
detik.com

Bakteri jahat yang ada di dalam usus selain memberikan efek buruk bagi kesehatan usus dan pencernaan, juga memiliki kandungan racun yang juga berbahaya dan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi yakult secara teratur, racun yang berada di dalam usus dapat berkurang dan mencegah usus mengalami gangguan serta infeksi. Racun akan diurai menjadi urin atau dibuang dalam kotoran. Tubuh Sedulur pun akan sehat tanpa harus takut keracunan.

5. Mencegah Perut Kembung

5. Mencegah Perut Kembung
klikdetik.com

Setelah makan, terutama konsumsi makanan yang berlemak, panas dan dalam jumlah yang besar, biasanya perut akan mengalami gejala kembung dan mual-mual. Minum yakult setelah mengkonsumsi makanan yang panas, pedas dan makanan dalam jumlah besar akan membantu menetralisir kondisi lambung Sedulur, sehingga dapat mencegah terjadinya perut kembung dan mual.

Gejala ini juga menjadi pertanda bahwa sistem pencernaan Sedulur sedang dalam kondisi tidak baik dan kesulitan mencerna makanan. Bisa menjadi indikasi sakit maag atau asam lambung yang naik. Dua kondisi tersebut tidak baik untuk tubuh, wajib Sedulur cegah dengan mengkonsumsi minuman probiotik satu ini.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Strawberry Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

6. Mengikat Lemak

6. Mengikat Lemak
detik.com

Yakult juga dapat secara efektif mengikat lemak, hal tersebut berasal dari kandungan serat minuman prebiotik ini, Dengan lemak yang dapat terikat, yang berasal dari konsumsi makanan, Sedulur tidak perlu takut mengalami kegendutan atau juga takut kandungan kolesterol dalam tubuh meningkat. Sistem pencernaan yang sehat juga bisa membuat setiap kotoran dalam tubuh dikeluarkan. Hal ini tentu saja sangat baik bagi kesehatan tubuh sedulur.

7. Mengobati Sakit Maag

7. Mengobati Sakit Maag
klikdokter.com

Bagi Sedulur yang memiliki penyakit maag dan kondisi maag yang sering kambuh, selain dengan menggunakan pengobatan dengan konsumsi obat maag, Sedulur dapat minum yakult untuk membantu meredakan gejala maag yang muncul. Hal ini disebabkan karena kandungan bakteri baik yang aktif di dalam minuman ini sangat baik dan dapat membuat kondisi maag yang Sedulur alami reda dan tidak berkepanjangan.

Ketika sakit maag kambuh, seringkali merambat kepada sakit-sakit lainnya. Di antaranya sakit kepada dan mengalami pegal-pegal di sekujur tubuh.

8. Mencegah Penyakit Eksim

8. Mencegah Penyakit Eksim
alodokter.com

Manfaat dari yakult selanjutnya adalah dapat mencegah penyakit eksim. Bagi Sedulur yang belum mengetahuinya, eksim merupakan penyakit yang dapat menyerang kulit, seperti kutu air dan penyakit kulit lainnya. Hal tersebut berasal dari kandungan bakteri baik atau bakteri probiotik yang dapat mencegah eksim secara ampuh. Untuk hasil yang maksimal, Sedulur bisa meminumnya secara rutin.

9. Baik untuk Ibu Hamil

9. Baik untuk Ibu Hamil
kompas.com

Ibu hamil yang mengalami sembelit alias sulit buang air besar dapat mengkonsumsi yakult untuk membantu mengurangi gejala sembelit. Hal ini disebabkan karena kondisi ibu hamil yang tidak boleh mendorong dan menekan saat proses buang air besar, maka membutuhkan asupan yang baik agar lancar proses buang air besar. Hal tersebut bisa berbahaya untuk janin yang dikandung. Namun, semua itu dengan catatan dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan.

10. Minuman Sehat yang Tidak Mengandung Pengawet

10. Minuman Sehat yang Tidak Mengandung Pengawet
detik.com

Sebagai salah satu produk konsumsi olahan pabrik, minuman ini tidak ditambahkan zat pengawet makanan. Karena itu, minuman prebiotik ini sangat cocok bagi Sedulur yang sensitif terhadap kandungan pengawet makanan, dan dapat mengurangi resiko munculnya gejala-gejala yang disebabkan oleh kandungan pengawet makanan.

Hal ini menunjukan bahwa minuman ini sangat sehat dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin, agar Sedulur bisa menjalani hari-hari tanpa harus ketakutan terkena berbagai penyakit dari aktivitas yang dilakukan.

11. Efektif Mencegah Munculnya Penyakit Kronis

11. Efektif Mencegah Munculnya Penyakit Kronis dalam Tubuh
liputan6.com

Penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker dan diabetes merupakan penyakit yang membahayakan tubuh dan dapat menyebabkan kematian. Selain menjaga pola makan dan pola hidup sehat, kita juga mesti berusaha lebih untuk mencegah berbagai penyakit tersebut menimpa tubuh kita. Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah mengkonsumsi yakult secara rutin. Hal tersebut karena kandungan prebiotik dan antibiotik yang terdapat dalam minuman satu ini.

12. Mendukung Panjang Umur

12. Mendukung Panjang Umur
klikdokter.com

Dari semua manfaat yang telah dijelaskan di atas, dan ikhtiar yang kita lakukan, kita bisa mendapatkan kesehatan yang dapat mendukung umur kita panjang. Panjang umur dapat membuat kita melihat berbagai perubahan dan memberikan dukungan untuk keluarga dan orang-orang yang kita sayangi.

Semoga daftar manfaat yakult yang telah dijelaskan di atas bisa menambah wawasan Sedulur dan membuat Sedulur menjadi rajin untuk meminumnya secara rutin. Beberapa manfaat di atas dihasilkan dari kandungan minuman probiotik ini. Minuman ini sendiri mengandung di antaranya:

  • Energi: 50 kalori (kcal)
  • Protein: 0,8 gram (gr)
  • Karbohidrat: 12 gr
  • Lemak: Kurang dari 0,1 gr

Dari kandungan tersebut kita bisa menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit yang membuat tubuh kita menderita. Sedulur wajib membeli minuman prebiotik sebagai persediaan. Agar bisa mendapatkan keuntungan, Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super. Klik di sini terlebih dahulu bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super dan mulai memanfaatkan keberadaan Aplikasi Super untuk keuntungan Sedulur.