Berikut ini sejumlah manfaat strawberry yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit wajah. Sedulur wajib tahu!

Bukan hanya nikmat dan menyegarkan, buah yang satu ini juga sangat menyehatkan. Tersedia berbagai manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan wajah. Buah yang berwarna merah dan memiliki rasa yang asam dan menyegarkan ini sangat disukai oleh banyak orang dan juga banyak diolah menjadi berbagai makanan.

Dalam kesempatan kali ini, akan dibahas berbagai macam manfaat dari strawberry, mulai dari manfaat strawberry untuk wajah, hingga manfaat strawberry untuk wanita dan manfaat lainnya. Buah strawberry mengandung vitamin C dan kandungan vitamin lainnya yang bisa memberikan khasiat. Yuk, mari kita langsung saja simak daftar manfaatnya di bawah ini!

Baca Juga: 12 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh Sehat Bugar Alami

-->

Segudang Daftar Manfaat Buah Strawberry yang Wajib Sedulur Ketahui!

1. Mencegah Rambut Rontok dan Berketombe

1. Mencegah Rambut Rontok dan Berketombe
klikdokter.com

Khasiat pertama dari strawberry adalah untuk mencegah rambut rontok dan berketombe. Biasanya, perempuan akan merasa risih jika mendapatkan rambutnya rontok dan berketombe. Sedulur bisa mencegah kondisi tersebut dengan mengkonsumsi buah stoberi secara rutin.

Hal tersebut didapatkan dari kandungan asam folat yang terdapat dari stoberi yang dapat menguatkan akar dan batang rambut sehingga Sedulur bisa mendapatkan rambut yang sehat dan kuat. Sementara itu, kandungan vitamin C dari buah ini dapat mengatasi masalah ketombe yang disebabkan oleh kondisi kulit kepala yang kurang sehat.

2. Mencegah Jerawat yang Membandel

2. Mencegah Jerawat yang Membandel
liputan6.com

Khasiat dari buah strawberry yang kedua adalah dapat mencegah jerawat yang membandel. Terdapat satu buah jerawat di wajah saja sudah menjengkelkan bukan main, ditambah jika kondisi jerawatnya yang sangat membandel. Menambah kekesalan kita dan semakin membuat kita tidak percaya diri untuk bertemu orang banyak.

Buah ini dapat secara efektif mencegah jerawat membandel. Dari pada mengobati, pencegahan lebih baik dilakukan. Kandungan asam amino dari buah stoberi dapat membuat wajah sehat dan terhindar dari jerawat. Sedulur bisa mendapatkan khasiat lebih dengan menjadikan stoberi sebagai masker wajah.

3. Mencerahkan Wajah yang Kusam

3. Mencerahkan Wajah yang Kusam
jglow.id

Memiliki wajah yang kusam merupakan hal yang mengganggu, sama dengan memiliki jerawat yang terdapat di wajah. Selain itu, biasanya wajah yang kusam akan disertai dengan bintik-bintik hitam dan juga kerutan tanda terjadinya penuaan dini. Sedulur bisa mencegah hal tersebut dengan mengkonsumsi buah stoberi atau menjadikannya sebagai masker wajah. Kandungan asam ellagic yang terdapat dalam stoberi dapat efektif menghilangkan wajah yang kusam.

4. Menghilangkan Kerutan dan Bintik Hitam

4. Menghilangkan Kerutan dan Bintik Hitam
idntimes.com

Salah satu tanda wajah Sedulur mengalami penuaan dini adalah munculnya kerutan dan bintik hitam. Hal ini dapat membuat Sedulur tampak tua melebihi umur asli Sedulur. Tentu saja hal tersebut harus diobati dan juga harus dicegah. Buah stoberi dapat secara efektif menghilangkan kerutan dan bintik hitam. Penuaan dini terjadi pada wajah disebabkan oleh kurangnya kolagen dalam wajah Sedulur.

Buah ini mengandung vitamin C yang tinggi sehingga mampu meningkatkan produksi kolagen. Kolagen sendiri dibutuhkan untuk mengembalikan elastisitas dan mencegah pigmentasi kulit.

5. Melembabkan Bibir

5. Melembabkan Bibir
suara.com

Warna bibir dapat berubah menjadi hitam ketika Sedulur memiliki gaya hidup yang tidak sehat, sering mengkonsumsi kafein, menggunakan kosmetik yang tidak tepat, ataupun karena hiperpigmentasi.Kondisi tersebut pastinya akan mengurangi penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.

Sedulur sangat beruntung karena bisa mengandalkan stroberi untuk mencerahkan kembali bibir yang menghitam. Cukup potong buah stroberi dan gosokan pada bibir dengan perlahan. Buah stroberi pun akan merontokan sel kulit mati dan memberikan kelembaban alami.

Untuk hasil yang optimal, Sedulur bisa menjadikan stoberi sebagai masker dan gunakan sebagai bahan untuk olesan bibir Sedulur. Lakukan sehari tiga kali untuk hasil yang optimal. Pertama di pagi hari saat hendak beraktivitas, kedua di siang hari saat istirahat beraktivitas, ketiga pada malam hari sebelum tidur. Penggunaan teratur tersebut juga dapat membuat bibir Sedulur terjaga kelembabannya.

Baca Juga: 12 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh Sehat Bugar Alami

6. Melindungi Kulit dari Sinar UV

6. Melindungi Kulit dari Sinar UV
detik.com

Sinar UV adalah salah satu penyebab kulit menua lebih cepat dari yang seharusnya. Hal tersebut disebabkan karena sinar UV dapat menembus lapisan dermis kulit dan merusak sel kulit. Elastisitas kulit pun berkurang dan keriput muncul lebih cepat. Selain itu, sinar ini juga membuat kulit menggelap hingga memicu kanker kulit.

Sedulur dapat melindungi kulit dari sinar tersebut dengan buah stroberi. Mengonsumsi buah ini akan memberi Sedulur asupan antioksidan untuk menangkal radikal bebas dari sinar UV. Selain digunakan sebagai konsumsi, Sedulur bisa menjadikan stoberi sebagai masker atau olesan wajah yang digunakan saat hendak melakukan aktivitas sehari-hari.

Bahaya dari sinar UV bisa mengancam kesehatan kulit. Terutama bisa menyebabkan kulit terpapar radikal bebas yang bisa merambat pada kesehatan tubuh lainnya. Untuk mencegah hal tersebut, Sedulur bisa memanfaatkan buah stoberi untuk hasil yang lebih maksimal dan juga kulit Sedulur tetap sehat dan kuat dari sinar UV.

7. Mambantu Menurunkan Berat Badan

7. Mambantu Menurunkan Berat Badan
kompas.com

Manfaat untuk tubuh dari strawberry adalah dapat membantu Sedulur untuk menurunkan berat badan, terutama bagi Sedulur yang tengah menjalani program diet. Salah satu buah yang wajib dikonsumsi untuk menunjang diet yang Sedulur lakukan. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan vitamin C yang terdapat pada buah ini. Buah tersebut dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga Sedulur bisa mencapai berat badan yang ideal.

8. Meningkatkan Fungsi Jantung

8. Meningkatkan Fungsi Jantung
halodoc.com

Manfaat selanjut yaitu dapat meningkatkan fungsi jantung. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat menyehatkan jantung. Berasal dari kandungan seperti asam ellagic dan flavonoid, seperti antosianin, katekin, quercetin, dan kaempferol. Beberapa kandungan tersebut dapat secara efektif menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dengan cara menghambat pembentukan kolesterol total dan LDL (jahat).

Tingkat antosianin yang tinggi dalam buah beri mengendurkan pembuluh darah, membantu menurunkan tekanan darah, dan mencegah masalah kardiovaskular. Kandungan serat yang tinggi, vitamin C, dan folat dalam strawberry membentuk trio kesehatan jantung yang ideal, yang dapat menurunkan kolesterol di arteri dan pembuluh darah.

9. Meningkatkan Fungsi Otak

9. Meningkatkan Fungsi Otak
halodoc.com

Manfaat buah strawberry yang kedua adalah untuk membantu meningkatkan fungsi otak. Strawberry kaya akan yodium, vitamin C, dan fitokimia, yang membantu menjaga fungsi sistem saraf.

Kalium dalam strawberry juga telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif karena meningkatkan aliran darah ke otak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, bahwa konsumsi flavonoid yang lebih tinggi, terutama dari blueberry dan strawberry, membantu mengurangi tingkat penurunan kognitif pada orang tua.

10. Menurunkan Risiko Diabetes

10. Menurunkan Risiko Diabetes
kompas.com

Strawberry juga dapat secara efektif menurunkan risiko diabetes. Karena, kandungannya dapat meningkatkan kontrol glikemik yang dapat membantu mengelola diabetes tipe 2 terkait hiperglikemia. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi para penderita diabetes. Maka dari itu, kita wajib mendapatkan manfaat makan strawberry setiap hari, agar khasiatnya bisa dirasakan secara optimal.

Sekian daftar manfaat dari strawberry yang telah dijelaskan di atas, semoga penjelasan di atas bisa menambah pengetahuan Sedulur terkait khasiat dari berbagai buah-buahan. Sedulur wajib menyediakan strawberry sebagai persediaan agar bisa mendapatkan khasiatnya. Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super.

Namun, sebelum itu Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super. Terutama bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super. Memanfaatkan keberadaan Aplikasi Super untuk kebutuhan sehari-hari merupakan pilihan tepat agar tetap sehat dan bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar.