wisata wonosalam jombang

Salah satu tempat wisata menarik di Jombang adalah tempat wisata di Wonosalam. Bagi Sedulur yang belum pernah berkunjung ke Wonosalam, bisa diagendakan karena sangat sayang untuk dilewatkan. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas terkait wisata Wonosalam Jombang.

Tempat wisata Wonosalam Jombang merupakan tempat wisata yang viral dengan memberikan banyak keseruan dan pengalaman liburan yang luar biasa. Seperti apa saja tempat wisata Wonosalam Jombang? Yuk mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Oleh-oleh Khas Nganjuk yang Paling Dicari Pelancong!

1. Banyu Mili Wonosalam

wisata wonosalam jombang
Native Indonesia

Walaupun memiliki nama yang mirip dengan tempat wisata di Salatiga, yaitu Kampoeng Manyumili, namun Banyu Mili Wonosalam punya daya tarik berbeda. Tempat ini menawarkan suasana pedesaan yang asri dengan alam yang sejuk dan sejumlah spot menarik.

Sedulur yang ingin bersantai dan menyepi dari hiruk pikuk keramaian kota, bisa mampir dan bermain di tempat ini. Ada banyak pula wahana permainan seru bisa Sedulur gunakan untuk bersantai mulai dari sepeda air hingga hammock.

Tiket masuknya pun tidak terlalu mahal hanya sekitar Rp5.000,00 per orang. Sedulur bisa berkunjung setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB sepuasnya.

2. Kampung Durian

Bagi Sedulur pecinta durian wajib sekali mengunjungi Wonosalam yang mendapat sebutan kampung durian. Di sini ada banyak sekali destinasi yang menawarkan kelezatan durian seperti tempat wisata kuliner Medan terkenal, Kedai Durian Ucok.

Kelezatan daging durian yang lebih creamy dan wangi jadi alasan banyak rombongan rental mobil murah luar kota rela datang kemari. Salah satu tempat yang cukup populer berada di Jl. Welirang, Wonosalam, Jombang.

Sedulur bisa menikmati menu durian unik ini dengan biaya sekitar Rp25.000,00 hingga Rp50.000,00 tergantung ukuran. Tempat-tempat di kampung ini biasanya buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 19.00 WIB sehingga cocok menjadi lokasi istirahat.

3. Bale Tani

wisata bale tani jombang
Traveling Yuk

Apakah Sedulur sedang mencari  tempat wisata edukasi namun tetap seru untuk rekreasi atau acara kumpul bersama? Bale Tani Jombang jawabannya. Objek wisata ini termasuk salah satu tempat wisata di Jawa Timur terbaik yang ada di Jombang.

Sedulur bisa datang ke lokasinya di Jl. Dokter Soetomo, Serning, Banjaragung, . Bareng, Jombang sekitar 12 km dari Wonosalam. Tempat ini buka setiap hari kecuali hari Jumat mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB dengan tiket masuk Rp10.000,00 saja.

4. Kampoeng Djawi

Satu lagi rekomendasi tempat wisata Wonosalam Jombang untuk bersantai yang asyik untuk Sedulur kunjungi di Wonosalam yakni Kampoeng Djawi. Tempat ini menawarkan nuansa tradisional Jawa yang asyik seperti halnya SalSari Resto, salah satu restoran terkenal di Wonosari.

Tempat ini juga menyediakan infinity pool seperti di sejumlah resort dan tempat wisata di Ciwidey terkenal untuk kenyamanan wisatawan yang datang. Meski termasuk hotel, Kampoeng Djawi tetap bisa Sedulur kunjungi sebagai destinasi wisata dengan tiket masuk Rp50.000,00.

Lokasinya berada di dataran tinggi Jl. Raya Gondang, Gondang, Carangwulung, Wonosalam, Jombang. Tempat ini buka setiap hari dan cocok sekali menjadi lokasi staycation Sedulur bersama teman maupun keluarga.

5. Air Terjun Tretes

Bagi Sedulur yang menyukai wisata alam, Air Terjun Tretes di Wonosalam ini wajib sekali Sedulur kunjungi. Tingginya yang mencapai 158 meter membuatnya masuk jajaran air terjun tertinggi di Jawa Timur seperti Air Terjun Madakaripura. Salah satu rekomendasi tempat wisata Wonosalam Jombang yang wajib dikunjungi.

Kawasan wisata alam ini bisa Sedulur datangi mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB setiap harinya. Cukup siapkan biaya tiket masuk sebesar Rp10.000,00 Sedulur sudah bisa menjelajah keindahan air terjun satu ini.

6. Sendang Made

wisata wonosalam jombang
Instagram

Jombang juga memiliki situs sejarah sekaligus pemandian yang asri seperti tempat wisata di Mojokerto terkenal, Candi Tikus, yakni Sendang Made. Konon katanya tempat ini merupakan tempat mandi dan istirahat keluarga Raja Airlangga saat melakukan pelarian dari Kerajaan Wudang.

Buktinya bisa terlihat dari sejumlah barang peninggalan dan beberapa kolam yang ada di tempat ini. Selain itu, tempat ini juga memiliki ciri khas yakni mata air kolam yang berasal dari akar pohon-pohon besar di sekitarnya.

7. Alun-alun Jombang

Mengunjungi Jombang wajib sekali untuk mampir ke kawasan alun-alunnya yang berada tepat di depan stasiun. Ruang publik ini memiliki banyak daya tarik terutama saat malam hari seperti halnya alun alun kidul Yogyakarta.

Untuk mengunjunginya pun sangat mudah karena lokasinya berada di pusat kota dan jalur utama. Alamat persisnya berada di Jl. Diponegoro No.1-3, Kaliwungu, Jombang.

8. Wana Wisata Sumber Biru

wisata wonosalam jombang
Wisata Hits

Jombang juga punya tempat wisata unik bernama Wana Wisata Sumber Biru yang menawarkan sensasi baru kulineran. Suasananya yang asri menjadi alasan tempat ini termasuk restoran yang ramai dikunjungi wisatawan.

Tidak hanya itu, di sini Sedulur juga bisa puas berfoto di sejumlah spot yang telah tersedia. Untuk tiket masuk Sumber Biru Jombang ini tidak mematok biaya mahal hanya sekitar Rp5.000,00 per orang.

Sedulur bisa datang pada jam operasionalnya mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB setiap hari. Alamatnya berada di Jl. Argo Biru, Ngembag, Wonotirto, Wonomerto, Wonosalam, Jombang.

9. Masjid Agung Jombang

Tidak jauh dari Alun Alun, Sedulur bisa beristirahat sekaligus beribadah di Masjid Agung Jombang yang megah. Masjid ini memiliki arsitektur yang berbeda dari Masjid Agung Semarang karena memadukan gaya Jawa dan Timur Tengah.

Tempat ini juga banyak kegiatan menarik terutama saat Ramadhan yang bisa jadi pilihan aktivitas Sedulur saat liburan. Untuk alamatnya masjid ini berada di Jl. KH. A. Dahlan No.28, Jombatan, Jombang.

10. Agropolis

Satu lagi tempat yang asyik untuk staycation atau acara gathering yang bisa Sedulur temukan di Wonosalam yakni Agropolis. Suasananya mirip dengan Lembah Indah Malang karena berada di area dataran tinggi.

Fasilitas wisata dan penginapannya juga cukup lengkap sehingga liburan Sedulur bisa terasa semakin nyaman. Jika Sedulur tertarik berkunjung bisa datang ke Jl. Kelud, Ampelgading, Wonosalam, Jombang.

Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB . Untuk tiket masuknya, Sedulur hanya perlu membayar Rp10.000,00 hingga Rp20.000,00 saja per orangnya.

BACA JUGA: 20+ Tempat Wisata di Jombang yang Seru dan Worth It!

11. Goa Sigolo Golo

wisata wonosalam jombang goa sigolo golo
Native Indonesia

Wonosalam ternyata juga memiliki goa cantik seperti halnya Goa Jomblang yakni Goa Sigolo Golo. Goa ini berada di lereng bukit sehingga panorama yang tersaji tampak begitu menawan.

Selain dapat menikmati keindahan alam sekitarnya, Sedulur juga dapat puas berfoto di sejumlah spot yang tersedia. Dengan latar pepohonan hijau serta batuan di lereng bukit, foto yang Sedulur dapatkan akan tampak sangat apik.

Akses menuju goa ini terbilang cukup sulit karena berada di Sigolo-golo Eco Park, Panglungan, Wonosalam, Jombang yang masih sangat alami. Jadi Sedulur yang ingin berkunjung usahakan datang pagi hari setelah pukul 08.30 WIB hingga sebelum pukul 17.00 WIB.

12. Candi Rimbi

Di Jombang, Sedulur juga dapat mengunjungi sebuah candi bernama Candi Rimbi. Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit bercorak hindu seperti Candi Abang yang sudah ada pada masa Prabu Hayam Wuruk di abad ke 14.

Secara visual, candi dengan latar Gunung Anjasmoro jadi incaran banyak wisatawan yang datang berkunjung. Cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp5.000,00 Sedulur sudah bisa masuk dan berkeliling kawasan candi.

Candi ini juga buka selama 8 jam tepatnya dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB setiap harinya. Sedulur yang tertarik berkunjung bisa datang langsung ke alamatnya di Ngrimbi, Pulosari, Bareng, Jombang.

13. Goa Sriti Wonosalam

Satu lagi goa di Wonosalam yang bisa Sedulur kunjungi yakni Goa Sriti. Berbeda dengan Goa Sriti yang menjadi salah satu tempat wisata di Kulon Progo terkenal, goa ini berada di lereng Gunung Anjasmoro.

Namun untuk menuju lokasi goa, Sedulur harus berjalan kaki selama 20 menit dari area parkiran. Lokasi goa ini sendiri berada di Daerah Sidolegi, Sumberjo, Wonosalam, Jombang.

14. Air Terjun Sekelip

Kecamatan Wonosalam memiliki banyak wisata air terjun yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Air Terjun Sekelip di daerah Wonokerto yang buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Sama seperti wisata alam pada umumnya, Sedulur harus berjalan jauh sekitar 500 meter untuk sampai di air terjun ini. Namun, jarak tempuh yang jauh tidak akan terasa melelahkan berkat pemandangan alam sekitar yang memesona.

15. Tanah Senja

kedai tanah senja jombang
IDN Times

Rekomendasi terakhir tempat wisata Wonosalam Jombang yaitu Tanah Senja. Tanah Senja juga menawarkan sensasi liburan di kedai dengan arsitektur khas Jawa. Lokasi tempat wisata Wonosalam ini terletak di daerah pegunungan, tepatnya di Dusun Nototejo Desa, Wonosalam, Jombang.

Kafe ini mengusung konsep kedai terbuka dengan pemandangan hijau yang menyejukkan. Sedulur bisa menikmati sajian kopi atau wedang yang menghangatkan tubuh sambil berfoto ria.

Nah itulah beberapa daftar tempat wisata Wonosalam Jombang yang populer yang bisa jadi tempat tujuan wisata Sedulur. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur, terutama bagi Sedulur yang tengah mencari tempat referensi untuk liburan.