tempat wisata jakarta

Jakarta merupakan ibukota negara resmi dari Indonesia. Namun bukan hanya sebagai pusat pemerintahan saja, kota ini dikenal sebagai pusat ekonomi dan hiburan masyarakat. Tidak sedikit tempat wisata Jakarta yang cocok Sedulur kunjungi untuk sekedar refreshing dan healing bersama keluarga maupun seorang diri.

Tetapi terkadang memilih tempat wisata di Jakarta tidak semudah yang dibayangkan. Diperlukan sejumlah referensi dan rekomendasi agar tidak salah tujuan hingga akhirnya berakhir dengan penyesalan. Berikut ini beberapa tempat wisata Jakarta yang cocok untuk membantu Sedulur menghilangkan penat setelah bekerja selama seminggu terakhir!

BACA JUGA: 30 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Harus Kamu Kunjungi

1. Taman Mini Indonesia Indah

tempat wisata jakarta
Detik

Taman Mini Indonesia Indah merupakan tempat wisata yang terkenal, karena merupakan sebuah kompleks besar yang terdiri dari berbagai macam wahana yang bisa dikunjungi dan dinikmati. Di tempat ini terdapat banyak miniatur rumah adat, taman bunga, gedung teater, dan berbagai museum.

Setiap wahana dan tempat wisata memiliki harga tiket yang beragam dan berbeda. Salah satu ikon wahana TMII yang paling banyak dikunjungi adalah istana anak-anak Indonesia yang gedungnya berbentuk kastil megah berwarna kemerahan.

TMII memiliki area yang sangat luas sehingga disarankan untuk membawa kendaraan pribadi atau menyewa sepeda sehingga Sedulur tidak kelelahan saat berjalan-jalan di dalamnya.

  • Alamat: Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
  • Harga tiket: Rp25ribu/orang
  • Jam buka: 06.00–22.00 WIB

2. Monumen Nasional

Java Travel

Monumen Nasional (Monas) merupakan ikon kota Jakarta bahkan menjadi ikon Indonesia itu sendiri. Bentuknya yang monumental, membuat Monas seringkali menjadi tempat wisata bagi penduduk Indonesia yang tinggal di luar Jakarta.

Bahkan tidak lengkap rasanya jika ke Jakarta tidak mampir ke Monas. Monas adalah sebuah monumen peringatan setinggi 132 meter dan didirikan sebagai bentuk dalam mengenag perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajahan Belanda.

Ikon Monas adalah emas yang terdapat pada bagian atasnya. Dari bagian atasnya, kita bisa melihat pemandangan kota Jakarta secara keseluruhan.

  • Alamat: Jl. Tugu Monas, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
  • Harga tiket: Rp2ribu – Rp15ribu
  • Jam buka: 08.00-22.00 WIB

3. Kebun Binatang Ragunan

tempat wisata jakarta
Indonesia Inside

Lumrah rasanya di setiap kota besar pasti terdapat kebun binatang di dalamnya, begitu pun di Jakarta. Kebun Binatang Ragunan merupakan salah satu kebun binatang tertua di Indonesia dan juga merupakan destinasi wisata wajib dikunjungi saat berada di Jakarta.

Di Kebun Binatang Ragunan, kita bisa menemukan aneka spesies binatang secara lengkap. Mulai dari hewan primata, mamalia, ikan, dan masih banyak lagi. Tercatat ada sekitar 300 jenis hewan yang ada di kebun binatang ini.

  • Alamat: Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan
  • Harga tiket: Rp3ribu – Rp4ribu/orang
  • Jam buka: 07.00–14.00 WIB

4. Dufan (Dunia Fantasi)

Dunia Fantasi

Bagi Sedulur yang ingin berlibur dan menikmati berbagai wahana bermain yang memacu adrenalin, Dunia Fantasi atau Dufan merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi. Di dalam Dufan, terdapat puluhan wahana yang bisa dinikmati bersama keluarga

Sekedar tips, Sedulur bisa datang ke Dufan di waktu weekday atau hari kerja. Karena di saat weekend atau liburan, Dufan akan penuh oleh berbagai wisatawan dari setiap kota yang ada di Indonesia. Akhirnya, kita harus menunggu antrean panjang untuk wahana yang akan dinaiki

  • Lokasi: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara
  • Harga tiket:Rp265ribu – Rp600ribu
  • Jam Buka: 10.00–17.00 WIB

5. Sea World Ancol

tempat wisata jakarta
Kompas

Berada di kawasan yang sama dengan Dufan, yaitu Taman Impian Jawa Ancol, Sea World merupakan salah satu tempat wisata yang menyuguhkan berbagai biota laut dalam akuarium raksasa. Di dalamnya, terdapat terowongan bawah air, yang dapat membuat pengunjung berinteraksi dengan biota laut.

Sea World Ancol ini lebih banyak didatangi oleh anak-anak sehingga cocok untuk dijadikan sebagai wisata keluarga. Juga seringkali menjadi tempat destinasi wisata bagi sekolah-sekolah sebagai bagian dari objek wisata edukasi untuk anak-anak sekolah.

  • Alamat: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara
  • Harga Tiket: Rp110ribu – Rp130ribu
  • Jam Buka: 09.30–16.00 WIB

6. Pantai Ancol

Tempat Wisata Seru

Pantai Ancol merupakan salah satu pantai yang ada di Jakarta dengan pemandangan yang indah, terutama bagi Sedulur yang ingin refreshing dan healing akibat tekanan kerja, Pantai Ancol sangat cocok untuk jadi tempat yang dikunjungi.

Waktu terbaik untuk datang ke Pantau Ancol adalah di sore hari karena kita bisa melihat pemandangan matahari terbenam yang indah. Penat lepas, pikiran pun kembali segar. Liburan singkat dan sekejap

  • Lokasi: Jalan Lodan Raya, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara
  • Harga Tiket: Rp25ribu
  • Jam Buka: 06.00–14.00 WIB

7. Kota Tua Jakarta

tempat wisata jakarta
SindoNews

Destinasi wisata Jakarta yang murah dan unik yaitu Kota Tua Jakarta. Hampir di setiap kota besar di Indonesia, terdapat daerah Kota Tua. Kota Tua sendiri merupakan kawasan kota yang penuh dengan bangunan-bangunan dengan arsitektur khas kolonial Belanda.

Jakarta pada masa penjajahan Belanda dikenal dengan nama Batavia, merupakan ibukota pemerintahan Hindia-Belanda (Indonesia masa penjajahan Belanda). Di Kota Tua Jakarta ini, banyak bangunan yang merupakan kantor pusat pemerintaha Hindia-Belanda saat itu.

Bukan hanya melihat peninggalan masa lalu melalui bangunan, namun juga bisa bersepena dengan menggunakan ontel dengan nuansa vintage. Di sekitarnya juga terdapat banyak museum yang bisa dikunjungi.

  • Lokasi: Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, DKI Jakarta
  • Harga Tiket: Gratis
  • Jam Buka: 09.00–15.00 WIB

8. Taman Ismail Marzuki

tempat wisata jakarta
Construction Plus

Taman Ismail Marzuki (TIM) merupakan tempat pentas seni seperti teater, musik, membaca puisi dan kegiatan susastra atau seni lainnya. Bagi Sedulur yang senang dengan kegiatan sastra dan seni, bisa berkunjung ke TIM. Di tambah lagi saat ini TIM memiliki wajah baru.

Di dalamnya terdapat beberapa bagian yakni teater modern, galeri, bioskop, balai pameran, gedung arsip dan Perpustakaan Jakarta yang modern. TIM juga berada dekat dengan daerah kampus Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

  • Lokasi: Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat
  • Harga Tiket Gratis
  • Jam Buka: 08.00–00.00 WIB

9. Planetarium

Native Indonesia

Planetarium berada dekat dengan TIM dan IKJ. Bagi Sedulur yang menyukai astronomi, tempat ini merupakan destinasi yang cocok untuk didatangi. Di Palnetarium terdapat suguhan pemandangan luar angkasa yang memukau.

Di kawasan ini Sedulur bukan hanya bisa menyaksikan berbagai penampulan susastra dan seni, namun juga ada suguhan segala hal tentang astronomi di dalam planetarium.

  • Alamat: Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat
  • Harga Tiket: Rp7ribu – Rp12ribu/orang
  • Jam Buka: 09.00–13.00 WIB

BACA JUGA: 20 Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi!

10. Petak Sembilan

tempat wisata jakarta
Medcom

Bagi Sedulur yang menyukai tempat wisata dengan nuansa sejarah dan masa lalu, dilengkapi dengan berbagai kuliner legendaris, Petak Sembilan merupakan tepat yang cocok untuk didatangi. Terlebih lagi, Petak Sembal merupakan kawasan pecinan yang dilengkapi dengan hiasan khas Tionghoa.

Kebanyakan kuliner yang ada di Petak Sembilan adalah kuliner legendaris yang keberadaannya sudah sejak puluhan tahun yang lalu.

Beberapa di antaranya adalah Es Kopi Tak Kie yang sudah ada sejak tahun 1927, Rujak Shanghai Encim yang sudah ada sejak tahun 1950, Ketupat Gloria 65 Cap Go Meh yang ada sejak tahun 1963, dan masih banyak lagi kuliner legendaris lainnya.

  • Alamat: Jl. Kemenangan Raya No.40, RT.5/RW.1, Glodok, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat
  • Harga Tiket: Gratis
  • Jam Buka: 06.00–15.30 WIB

11. Pelabuhan Sunda Kelapa

Museum Nusantara

Sedulur yang menyukai tentang laut dan nelayan, serta mencari tempat wisata bahari, Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan tempat yang cocok dikunjungi di Jakarta. Di Pelabuhan Sunda Kelapa, Sedulur akan disambut dengan puluhan perahu raksasa yang berlabuh di pinggir dermaga.

Kebanyakan orang yang datang ke Pelabuhan Sunda Kelapa ingin berfoto dengan latar deretan perahu raksasa yang apik. Juga pemandangan langit dan laut di sore hari di Pelabuhan Sunda Kelapa sangat indah untuk disaksikan.

  • Alamat: Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara
  • Harga Tiket: Rp.2.500/orang
  • Jam Buka: 24 Jam

12. Kepulauan Seribu

tempat wisata jakarta
Kompas

Kepulauan Seribu merupakan satu-satunya kabupaten yang ada di Provinsi Ibukota Jakarta. Di Kepulauan Seribu banyak tempat wisata yang bisa Sedulur nikmati, mulai dari wisata pantai, wisata laut dan tempat bersantai untuk healing dan refreshing lainnya.

Di Kepulauan Seribu juga banyak pulau yang bisa dikunjungi yang memberikan pemandangan indah, mulai dari Pulau Tidung, Pulau Bidadari, Pulau Harapan, Pulau Pari, dan masih banyak lagi. Untuk masuk ke Kepulauan Seribu, Sedulur harus menyebrang dengan kapal laut dari Muara Angke di Jakarta Utara.

  • Alamat: Kabupaten Kepulauan Seriubu, sebelah 3utara Jakarta
  • Harga Tiket: Rp28ribu
  • Jam Buka: 06.00 WIB

13. Jembatan Kota Intan

SindoNews

Kini banyak tempat wisata yang hanya menyuguhkan tempat untuk berfoto. Hal tersebut juga yang diusung oleh Jempatan Kota Intan. Jembatan ini memiliki penampilan yang unik dan menarik, sehingga sangatcocokuntuk dijadikan sebagai tempat untuk berfoto.

Jembatan Kota Intan ini adalah jembatan tua yang sudah ada sejak abad ke-17. Memiliki warna merah kecokelatan dengan arsitektur khas era zaman dulu membuat jembatan ini punya ciri khas sendiri. Jembatan Kota Intan memiliki panjang sekitar 30 meter dan menjadi perjalanan bangsa Indonesia selama kurang lebih 400 tahun lamanya.

  • Alamat: Jl. Nelayan Tim. No.8, RW.7, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat
  • Harga Tiket Masuk: Gratis
  • Jam Buka: 24 Jam

14. Taman Situ Lembang

tempat wisata jakarta
Travelspromo

Sedulur yang ingin berekreasi bersama keluarga dengan pemandangan alam, Taman Situ Lembang yang berada di daerah Menteng Jakarta, bisa jadi pilihan untuk dikunjungi. Di tempat ini ada taman bunga, rumput hijau serta kolam yang cukup besar.

Banyak wisatawan berkunjung ke taman ini untuk piknik bersama keluarga dan melakukan kegiatan seru lainnya.

  • Alamat: Jl. Lembang Terusan No.D-59, RT.6/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat
  • Harga Tiket: Gratis
  • Jam Buka: 24 Jam

15. Museum MACAN

Kompas

Museum MACAN merupakan tempat wisata kekinian yang banyak dikunjungi dalam beberapa tahun terakhir. MACAN sendiri merupakan singkatan danri Modern and Conteporary Art in Nusantara. Museum ini berada di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Misi utama pembangunan museum ini adalah untuk merancang program edukasi yang bisa dinikmati pelajar, pendidik, keluarga dan publik, di mana saja, kapan saja. Ada banyak jenis instalasi seni modern dan kontemporer di sini, baik itu dari Indonesia maupun dari luar negeri.

  • Alamat: AKR Tower Level M, Jl. Panjang No.5, Kb. Jeruk, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11530
  • Harga Tiket: Rp56ribu – Rp90ribu
  • Jam Buka: Selasa–Rabu, 10.00–18.00 WIB

16. Museum Fatahillah

tempat wisata jakarta
Wartakota

Masih dengan museum sebagai tempat wisata, selanjutnya adalah Museum Fatahillah yang berada di kawangan Kota Tua Jakarta. Nama museum ini diambil dari salah satu nama pejuang kemerdekaan Indonesia yagn melawan penjajah yaitu Fatahillah.

Di museum ini terdapat banyak foto-foto sejarah serta berbagai miniatur bekas penjajahan Belanda. Setiap pengunjung yang mampir ke Kota Tua Jakarta, pasti mengunjungi museum ini terutama bagi yang ingin mengetahui sejarah Jakarta di masa penjajahan dahulu.

  • Alamat: Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
  • Harga Tiket: Rp5ribu/orang
  • Jam Buka: 09.00–15.00 WIB

17. Museum Bank Indonesia

Ekspedia

Museum ini merupakan museum dari Bank Indonesia yang di dalamnya terdapat berbagai informasi lengkap terkait sejarah keuangan dan perbankan yang ada di Indonesia. Di museum ini ada berbagai macam mata uang, baik itu mata uang Indonesia hingga mata uang asing.

Selain itu juga ada barang-barang yang sering digunakan dalam industri perbankan seperti mesin pencetak uang hingga mesin penghitung uang.

  • Alamat: Jl. Pintu Besar Utara No.3, RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
  • Harga Tiket: Rp5ribu/orang
  • Jam Buka: 08.00–15.30 WIB

18. Moja Museum

tempat wisata jakarta
Tribunnews

Moja Museum sedang menjadi tempat hits di Jakarta. Sama seperti Museum MACAN, Moja Museum merupakan museum modern yang mengusung konsep berbeda dengan museum lainnya. Moja Museum menawarkan perpaduan karya seni yang menjadi favorit anak kekinian dengan tampilan yang terlihat sangat apik ketika diabadikan melalui jepretan kamera.

Moja Museum berlokasi di Gelora Bung Karno (GBK), tepatnya masuk melalui Pintu Biru Zona 8. Jika ingin datang ke museum ini, kita harus melakukan reservasi terlebih dahulu secara online atau melalui WhatsApp karena per harinya jumlah pengunjung dibatasi.

  • Lokasi: Komplek Gelora Bung Karno, Main Stadium, Jl. Gerbang Pemuda No.1, RT.1/RW.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
  • Harga Tiket: Rp90ribu hingga Rp125ribu
  • Jam Buka: 11.00–19.30 WIB

19. Museum Bahari

Kompas

Museum Bahari adalah museum yang di dalamnya terdapat koleksi atau penyimpanan kapal, perahu, hingga peralatan nelayan. Awalnya, Museum Bahari hanyalah sebuah gudang yang menjadi tempat penyimpanan logistik berupa hasil bumi serta hasil laut.

Museum ini cocok dikunjugi setelah Sedulur berkunjung ke Pelabuhan Sunda Kelapa, hal tersebut karena antara Museum Bahari dan Pelabuhan Sunda Kelapa sama-sama mengusung tema bahari.

  • Alamat: Jl. Ps. Ikan No.1, RT.11/RW.4, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara
  • Harga Tiket: Rp5ribu/orang
  • Jam Buka: 08.00–16.00 WIB

BACA JUGA: 22 Rekomendasi Tempat Wisata Solo Terbaik Untuk Relaksasi

20. Museum Wayang

tempat wisata jakarta
Nyero

Museum Wayang adalah museum yang lokasinya berada di sekitar kawasan Kota Tua sehingga saat Sedulur sedang ada di Kota Tua, sempatkanlah untuk mampir ke Museum Wayang ini.

Sesuai dengan namanya, Museum Wayang adalah sebuah museum yang di dalamnya terdapat beragam jenis wayang dari seluruh Indonesia. Mulai dari wayang kulit, wayang golek, dan lain sebagainya. Koleksi-koleksi wayang yang ada di museum ini memiliki nilai seni yang sangat tinggi.

Museum yang sudah berdiri sejak tahun 1975 ini juga memiliki koleksi boneka serta lukisan dari berbagai dunia yang dipamerkan di sini. Jadi saat Sedulur ada di Kota Tua, Sedulur bisa mengunjungi museum yang ada di sekitarnya, mulai dari Musuem Fatahillah hingga Museum Wayang.

  • Alamat: Jalan Pintu Besar Utara No.27 Pinangsia, RT.3/RW.6, Kota Tua, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat
  • Harga Tiket: Rp5ribu/orang
  • Jam Buka: 09.00–15.00 WIB

21. Cibubur Garden Dairy

Celebesmedia

Bagi Sedulur yang berwisata bersama keluarga dan anak-anak, Sedulur bisa mengunjungi Cibubur Garden Diary. Di tempat ini banyak disajikan olahan susu. Anak-anak juga akan belajar mengenai segala hal tentang berternak sapi dan produk apa yang dihasilkan.

Tempat wisata edukasi ini memberikan pengalaman liburan yang berbeda, karena kegiatannya diisi dengan berkeliling kandang sapi, memerah susu, mengolah susu hingga kegiatan lainnya. Di akhir kegiatan, Sedulur juga akan mendapatkan suvenir khas Cibubur Garde Dairy.

  • Alamat: Jalan Peternakan Raya Blok C No. 12, Komplek Peternakan DKI RT01 RW02, Pondok Ranggon, Cipayung, RT.1/RW.2, Pd. Ranggon, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur
  • Harga Tiket Masuk: Rp70ribu hingga Rp100ribu/orang
  • Jam Buka: 09.00–17.00 WIB

22. Taman Wisata Alam Angke

tempat wisata jakarta
Kumparan

Rekomendasi terakhir tempat wisata Jakarta untuk refreshing yaitu Taman Wisata Alam Angke. Tempat wisata ni banyak dikunjungi karena tempatnya yang asri dan indah untuk menjadi tempat foto. Oleh karena itu, tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat untuk foto prewedding.

Taman Wisata Alam Angke sebenarnya adalah hutan bakau yang dijadikan sebagai kawasan wisata. Di dalamnya terdapat penginapan sehingga Moms bisa menikmati suasana bermalam di tengah hutan bakau yang asri.

  • Alamat: Jl. Garden House No.4, RT.8/RW.3, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara
  • Harga Tiket: Rp30ribu/orang
  • Jam Buka: 08.00–16.00 WIB

Itulah daftar tempat wisata Jakarta yang bisa Sedulur kunjungi untuk refreshing dan healing. Sambil berkunjung ke ibukota, Sedulur bisa sekalian mendatangi tempat wisata yang ada di sana dan bersantai sejenak. Jangan lupa juga bawa bekal camilan dan minuman untuk menemani liburan.

Sedulur bisa membeli berbagai macam camilan dan aneka minuman untuk bekal liburan di Aplikasi Super. Belanja mudah tidak perlu repot ke luar rumah, harga jauh lebih murah dan banyak promo hadiah yang bisa Sedulur dapatkan.

Belanja di Aplikasi Super dijamin mudah, murah dan bikin Sedulur untuk super melimpah. Yuk, buka aplikasinya sekarang juga dan belanja kebutuhan berlibur Sedulur dari sekarang!