Web Server adalah? Simak Penjelasan Lengkapnya Disini!

Web server merupakan salah satu bagian dari sistem internet, yang membuat kita dapat dengan leluasa mencari tahu apapun yang ada di dunia ini melalui internet. Sedulur mungkin sering mendengan istilah dari web server, tapi belum mengetahui secara pasti pengertian, fungsi, jenis dan cara kerjanya.

Dalam kesempatan kali ini, mari kita pelajari bersama segala hal berkaitan dengan kata di atas. Hal ini dimaksudkan dengan tujuan agar Sedulur lebih melek dan paham lagi segala hal yang berkaitan dengan sistem informasi digital yang saat ini menjadi pondasi dari setiap kegiatan umat manusia. Yuk, mari langsung saja kita mulai dengan penjelasan terkait pengertian terlebih dahulu.

BACA JUGA: Apa Itu Blockchain, Definisi & Cara Kerja Teknologi dibalik Bitcoin

Pengertian web server

web server
Daily Blog

Web server merupakan sebuah software atau perangkat lunak yang memberikan pelayanan melalui data. Tujuannya untuk menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien. Klien yang dimaksud di sini adalah browser yang kita gunakan (mulai dari Firefox, Chrome, Safari, dan lain sebagainya).

-->

Web juga merupakan salah satu kebutuhan user atau pengguna. Karena materi web merupakan data yang berisikan infromasi yang dibutuhkan, selain itu server web juga memiliki kapasitas penyimpanan yang besar dan akses yang cepat. Sehingga dapat mencegah terjadinya kesalahan pada suatu website maupun aplikasi.

Bagaimana cara kerjanya?

Tutorial Service

Pertanyaan terkait bagaimana web server bekerja, agaknya merupakan pertanyaan yang paling banyak dicari. Terutama bagi Sedulur yang memang penasarn ingin mengetahui cara kerjanya. Secara sederhana, cara kerjanya yaitu saat mengambil halaman website, browser mengirimkan permintaan ke server yang kemudian diproses oleh web.

HTTP request dikirimkan ke server web. Sebelum memproses HTTP request, server web juga melakukan pengecekan terhadap keamanan. Pada server web, HTTP request diproses dengan bantuan HTTP server. HTTP server merupakan perangkat lunak yang bertugas menerjemahkan URL (alamat situs web) serta HTTP (protokol yang digunakan browser untuk menampilkan halaman website).

Kemudian server web mengirimkan HTTP response ke browser dan memprosesnya menjadi halaman situs web. Ketika web menerima permintaan HTTP dari browser web akan memenuhinya dengan mengirim query database yang diminta oleh situs.

Fungsi utama

web server
Dicoding

Sebagaiaman yang telah dijelaskan pada bagian cara kerja di atas, fungsi dari web server adalah memberikan informasi yang diminta oleh klien yang adalah browser. Untuk memudahkan Sedulur memahami fungsi-fungsinya, berikut ini akan disampaikan dalam bentuk poin:

  • Membersihkan berbagai cache yang terdapat pada penyimpanan serta semua dokumen yang tidak terpakai lagi.
  • Melakukan pemeriksaan terhadap sistem security yang berasal dari permintaan HTTP berdasarkan request klien atau web browser.
  • Menyediakan data berdasarkan request atau permintaan yang masuk agar dapat menjamin keamanan sistem yang berjalan dengan lancar.

Sedulur juga perlu memahami bahwa protokol HTTP dan HTTPS digunakan server web untuk dapat berkomunikasi dengan klien. Dengan protokol HTTP dan HTTPS, komunikasi antar server dengan klien dapat saling terhubung serta dapat dimengerti dengan mudah.

Web server sebagai hardware

Majapahit Teknologi

Selain berfungsi sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, terdapat juga fungsi aplikasi web server yang bekerja sebagai hardware. Server sebagai hardware bekerja sebagai tempat penyimpanan skrip, gambar atau konten halaman website. Semua itu hanya dapat diakses ketika memiliki koneksi internet.

Terdapat beberapa syarat untuk memfungsikan server sebagai hardware, pertama perangkat yang digunakan harus kompetible, dan harus memiliki koneksi yang cepat, lalu kapasitas penyimpanannya pun harus besar dengan RAM yang memadai. Hal ini untuk menghindari lag atau hang di tengah penggunaannya.

Jenis-jenis web server

web server
Universal Web Server

Agar dapat lebih memahaminya dengan baik, tentu saja Sedulur memerlukan contoh web server yang sering digunakan. Contoh dalam hal ini adalah jenis-jenis dari server yang digunakan di seluruh dunia.

Terutama bagi Sedulur yang seorang programmer, yang tertarik dengan dunia IT dan bergelut dengan bidang informatika. Wajib mengetahui bagaimana cara kerja server melalui contoh dan jenis-jenisnya di bawah ini. Berikut ini beberapa jenis sever web yang wajib Sedulur ketahui.

BACA JUGA: Apa itu Software: Pengertian, Fungsi, Jenis, & Contohnya

1. Apache

G2

Jenis pertama adalah Apache, sekaligus merupakan server web yang paling populer dan banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Apache didesain untuk mendukung OS UNIX pada awalnya, namun seiring berjalannya waktu Apache dapat diakses dan digunakan oleh OS manapun. Apache juta memiliki layanan yang lengkap, berikut detail dari fitur yang dimiliki oleh Apache:

  • PHP (Personal Home Page atau PHP Hypertext Processor): Program semacam CGI, berfungsi memproses teks yang bekerja di server. Apache sangat mendukung PHP dengan menempatkannya sebagai salah satu modulnya (mod_php). Hal tersebut membuat PHP bekerja lebih baik.
  • SSI (Server Side Include): Perintah yang bisa disertakan dalam bekas HTML. Kemudian ia dapat diproses oleh server web ketika pengguna mengaksesnya.
  • Access Control: Kontrol Akses dapat dijalankan berdasarkan nama host atau nomor IP CGI (Common Gateway Interface). Lalu yang paling umum untuk digunakan adalah perl (Practical Extraction and Report Language), disupport oleh Apache dengan menempatkannya sebagai modul (mod_perl).

Apache sangat aman dan nyaman untuk digunakan karena memiliki beberapa keuntungan seperti proses instalasi yang mudah, freeware, dan sistem konfigurasi yang masih tergolong mudah. Selain itu ia juga mampu bekerja pada sistem operasi open atau closed source.

2. Nginx

web server
KindPNG

Jenis teknologi web server yang kedua adalah Nginx, merupakan pesaing berat dari Apache. Nginx mampu memberikan pelayanan dari berbagai macam permintaan. Misalnya permintaan (request) dengan tingkat kepadatan lalu lintas atau traffic yang sangat padat. Nginx memang lebih unggul dari segi kualitas, kecepatan, dan dalam hal performanya.

Nginx memiliki banyak kelebihan dalam hal fitur, di antaranya URL rewriting, virtual host, file serving, reverse proxying, access control, dan masih banyak lagi. Secara fitur, Ngix memberikan fitur yang sama dengan Apache, hal ini yang membuat dua web ini bersaing dengan ketat.

Sama dengan Apache, Nginx juga merupakan web yang aman dan nyaman digunakan, karena proses instaasinya mudah, freeware, dan sistem konfigutasi yang masing tergolong mudah. Nginx juga merupakan server wen yang dapat digunakan oleh OS manapun karena menggunakan siste open source  atau closed source, sama seperti Apache.

3. IIS

Docubear

Jenis selanjutnya adalah IIS (Internet Information Services). Jenis ini merupakan web yang berkerja pada protokol DNS, TCP/IP dan beragam software lainnya. Tujuan dari kehadiran jenis ini dalah untuk merangkai sebuah situs agar dapat dikunjungi dan setiap pengunjung dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang terdapat dalam situs. Satu hal yang perlu Sedulur ketahui, IIS server web ini merupakan web yang dikembangkan oleh Mircrosoft Inc.

4. Lighttpd

web server
LOGOwine

Ini merupakan jenis server web yang diciptkan oleh programmer asal Jerman dengan basis open source, diperuntukan mendukung sistem operasi Linux dan Unix. Kelebihan web server yaitu terletak pada fitur tambahan yang tersedita. Mulai dari FastCGi, Output-Compression, FastCGi, dan URL Writing. Jika Sedulur pengguna web server Lighttpd, Sedulur akan merasakan performa yang lebih cepat dan efektif.

BACA JUGA: Hyperlink: Kenali Definisi, Jenis, Fungsi dan Cara Membuatnya

Penggunaan di dunia

Niaga Hoster

Dari jenis-jenis server web di atas, Sedulur bisa melihat bagaimana masyarakat dunia menggunakan web melalui situs W3Rechs. Sebagaimana yang telah dirangkum dalam gambar tabel di atas, Sedulur dapat menyaksikan bahwa jenis server apache merupakan yang paling banyak digunakan dengan 48.5% pengguna.

Tabel di atas juga merupakan hasil survei dengan beberapa pertimbangan. Pertimbangan-pertimbangan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Teknologi yang digunakan pada halaman website.
  • Hanya melibatkan 10 juta website teratas berdasarkan peringkat yang disediakan oleh Alexa, rata-rata selama 3 bulan.
  • Tidak termasuk subdomain.

Itulah penjelasan lengkap seputar web server yang tentu saja perlu Sedulur ketahui. Semoga melalui penjelasan di atas, bisa sedikit menjawab rasa pernasaran Sedulur terkait dunia teknologi informatika dan dunia digital. Perkembangan teknologi informatika dan digital saat ini sangat pesat, agar dapat mengoperasikannya lebih baik lagi tentu saja Sedulur perlu memahami bagian-bagiannya dengan baik.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.