warna genteng rumah

Untuk menciptakan rumah yang nyaman, tentu setiap bagian dan aspek harus diperhatikan agar sesuai selera. Salah satu yang cukup penting adalah menentukan warna genteng rumah yang bagus dan efektif menghalau panas.

Tentu pemilihan warna ini bisa sangat personal untuk pemilik rumah. Namun, ada beberapa warna genteng rumah yang ternyata sudah teruji membuat hunian semakin nyaman.

Jika Sedulur penasaran dan tertarik menggunakan warna genteng rumah terbaik. Mari simak beberapa rekomendasinya berikut ini!

BACA JUGA: 11 Daftar Jenis Atap Spandek Terbaik dan Bagus

1. Onyx

genteng rumah
Pinterest

Onyx merupakan warna hitam yang tidak mengkilap, dikenal dengan sebutan warna doff. Warna onyx masuk dalam salah satu rekomendasi warna cat genteng masa kini. Warnanya yang kuat akan memberikan kesan bangunan rumah yang kokoh dan kuat. Tidak jarang rumah minimalis menggunakan warna onyx untuk bagian gentengnya.

Orang yang bekerja sebagai arsitektur sering kali menyarankan untuk menggunakan warna onyx di bagian genteng. Hal itu dikarenakan penggunaan warna tersebut membuat rumah menjadi tampak mahal dan elegan. Cocok dipadukan dengan cat dinding berwarna putih dan abu-abu dengan konsep monokrom.

2. Hijau

warna genteng rumah
Whizzy Living

Genteng rumah berwarna hijau memang sangat jarang dijumpai. Padahal warna ini cukup efektif untuk memantulkan panas dan membuat suasana rumah jadi lebih dingin. Selain itu, warna hijau juga memberikan kesan rumah lebih natural.

Penggunaan cat genteng warna hijau juga akan membuat rumah terlihat beda daripada yang lainnya. Cocok untuk Sedulur yang ingin menerapkan konsep vintage.

Warna unik ini memberikan kesan asri dan elegan, apalagi jika dipadukan dengan cat dinding luar rumah berwarna putih. Tidak akan bosan dilihat karena warna hijau adalah warna yang segar.  Rumah Sedulur akan menjadi daya tarik bagi tetangga-tetangga karena hal unik itu.

3. Abu-abu

Pinterest

Ingin menambahkan kesan dingin sekaligus modern pada hunian? Maka mengaplikasikan warna cat genteng abu sangatlah pas kamu pilih! Silakan pilih warna abu muda ataupun abu tua untuk diaplikasikan dan hunian kamu akan tampil lebih menawan dan modern, tapi tetap tidak termakan zaman.

Pada bagian genteng, Sedulur juga bisa menyisipkan kaca agar sinar matahari bisa masuk ke rumah selain melewati jendela. Hal itu bertujuan agar rumah terlihat lebih elegan dan memiliki cahaya alami yang membuat hemat energi.

BACA JUGA: 10 Ide Desain Kanopi Balkon yang Estetik dan Minimalis

4. Merah terakota

genteng yang paling bagus
Pinterest

Jika kamu mengaplikasikan genteng tanah liat, maka penggunaan warna cat genteng terracotta dapat dipertimbangkan. Penggunaan warna cat terakota ini memiliki kesan klasik sekaligus timeless.

Sedulur juga bisa mengkombinasikan genteng berwarna merah dengan cat dinding berwarna terang seperti krem atau abu-abu. Berikan juga ornamen seperti gorden berwarna hijau. Dengan itu, Sedulur akan mendapatkan tampilan rumah yang sederhana tetapi terlihat elegan. Tanam juga pohon di sekitarnya agar terlihat lebih asri.

5. Biru

warna genteng rumah
This Old House

Bila Sedulur ingin memiliki rumah yang tampilannya berbeda dan mencolok, maka genteng rumah warna biru bisa jadi pilihan menarik. Biru sendiri merupakan warna alami, karena menjadi warna dasar beberapa corak seperti air dan langit.

Walaupun warna genteng ini cukup mencolok, warna bisa bisa memberikan aura agar rumah tampil lebih hidup. Namun yang menjadi catatan, Sedulur perlu untuk memadukan genteng biru dengan warna yang tepat pada dinding. Contoh warna yang baik dicampur dengan biru adalah putih, abu, atau turunan warna biru.

6. Cokelat

warna genteng rumah
Home Decor Bliss

Warna genteng rumah ini akan sangat cocok untuk Sedulur yang bosan menggunakan konsep genteng ‘biasa’ di Indonesia. Selain itu, bisa dikombinasikan dengan warna lain sehingga menjadikan genteng berwarna coklat kehitaman masuk ke dalam jejeran rekomendasi warna cat genteng terbaik di setiap tahunnya.

Coklat kehitaman memberikan kesan natural untuk rumah dan juga menyatu dengan warna kekinian yakni warna kebumian. Sedulur bisa membuat desain genteng ini membentuk melingkar untuk menghasilkan tampilan rumah dengan vibes earth tone.

Demikian tadi deretan rekomendasi warna genteng rumah terbaik yang cocok diterapkan pada hunian di Indonesia. Tak hanya bisa membantu menghalau panas, warna genteng ini juga bisa memberikan kesan elegan pada rumahmu. Jadi warna mana nih yang akan kamu pilih?