kompres video

Untuk saat ini, video menjadi salah satu konten yang paling banyak diminati. Namun, adanya bandwidth dan batas ukuran di setiap media sosial, membuat beberapa orang kesulitan untuk mengirim video. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah kompres video.

Mengompres dalam hal ini, yakni mengecilkan ukuran video. Dengan ukuran video yang kecil, tentu proses upload dan pengiriman video tersebut bisa berjalan lebih lancar. Hal ini karena ukuran video sudah dikecilkan dan tidak melewati bandwidth dan batas ukuran yang sudah ditentukan.

Untuk melakukan pengecilan ukuran ini, Sedulur bisa menggunakan bantuan aplikasi kompres video yang kini banyak ditemukan di internet. Akan tetapi tidak semua aplikasi mampu memberikan layanan yang sesuai keinginan. Maka dari itu, berikut ini beberapa aplikasi yang direkomendasikan.

BACA JUGA: 10+ Aplikasi Edit Video Terbaik di HP dan PC yang Mudah dan Praktis

-->

1. Compress Video & Resize Videos

kompres video
pexels

Compress Video & Resize Videos adalah sebuah aplikasi kompres video gratis yang tersedia untuk platform iOS. Kelebihan utama yang dimiliki oleh aplikasi ini, yaitu mampu menjaga kualitas original video walaupun ukurannya sudah dikecilkan bahkan sampai lebih dari 80%.

Jadi Sedulur tidak perlu khawatir kualitas video yang dikirim akan menurun dan gambarnya jadi pecah-pecah. Selain itu, aplikasi yang didesain untuk perangkat iOS ini sangat mudah untuk digunakan. Meski baru pertama kali menggunakannya, dijamin Sedulur bisa langsung paham.

Sedulur hanya perlu mendownload Compress Video & Resize Videos. Kemudian buka aplikasi, memilih video, dan langsung kompres ke ukuran yang diinginkan. Setelah itu, video hasil kompresi akan langsung dimasukkan ke dalam sebuah folder khusus.

2. Video Compressor & Editor

kompres video
pexels

Sama seperti sebelumnya, Video Compressor & Editor merupakan aplikasi pengecil ukuran video yang diperuntukan bagi para pengguna iOS. Aplikasi yang dikembangkan oleh Yong Chen ini, berhasil mendapatkan rating 4,6 di App Store.

Cara kompres video Video Compressor & Editor ini juga sangat mudah, karena didesain dengan tampilan antarmuka yang sederhana dan ramah pengguna. Selain itu, video hasil kompresinya juga mempunyai kualitas yang cukup baik, lho. Tidak kalah dari aplikasi lain yang serupa.

Nah, sebelum video melalui tahap kompresi, Sedulur bisa memotong, memisahkan, menggabungkan, hingga merotasi video tersebut sesuai keinginan. Beberapa fitur tambahan lain yang tersedia di dalam aplikasi ini seperti dukungan untuk beberapa opsi laju bit, fungsi pratinjau, dan masih banyak lagi.

3. Video Compress – Shrink Vids

kompres video
pexels

Video Compress – Shrink Vids adalah aplikasi pengompres video yang bisa digunakan oleh Sedulur pengguna iOS berikutnya. Aplikasi yang satu ini, dikembangkan oleh Martin Brachmann, dan berhasil mendapatkan rating yang cukup bagus di App Store.

Dengan begitu, maka Sedulur sudah tidak perlu ragu lagi dengan kualitas dari salah satu aplikasi pengompres video terbaik ini. Beberapa fitur kompres menarik yang dihadirkan seperti penyesuaian dalam pemilihan bit rate serta resolusi pada file.

Tidak hanya itu, Sedulur juga akan menemukan fitur pratinjau sangat berguna untuk memeriksa hasil video setelah proses kompresi selesai. Dengan tampilan antarmuka yang sederhana, membuat siapa saja bisa menggunakan aplikasi ini tanpa kesulitan.

4. Video Slimmer

kompres video
pexels

Tidak hanya sekedar aplikasi pengompres video untuk platform iOS saja, Video Slimmer ini juga memungkinkan Sedulur untuk melakukan editing video sederhana seperti rotasi, memotong, menggabungkan beberapa video, dan tentu saja masih ada banyak lagi fitur menarik lainnya.

Kecanggihan dari aplikasi yang satu ini memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Hal ini karena proses kompresi video bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Bahkan Sedulur juga bisa mengompres beberapa video sekaligus, lho.

Menariknya, aplikasi ini memungkinkan untuk kompresi ukuran video sampai 80%. Pada saat proses kompresi selesai, Sedulur juga bisa langsung membagikan video tersebut ke berbagai media sosial. Selain itu, ada juga fitur yang menyediakan opsi untuk menghapus video asli setelah video tersebut dikompres.

5. Smart Video Compressor

kompres video
pexels

Smart Video Compressor adalah aplikasi yang dikembangkan oleh AppAspect Technologies Pvt Ltd. Aplikasi ini berhasil mendapatkan rating 4,6 di Google Play Store. Dengan aplikasi ini, Sedulur bisa mengkompres video yang diinginkan dengan mudah dan dalam waktu yang cepat.

Selain itu, aplikasi ini juga bersifat gratis alias tidak dikenakan biaya penggunaan sama sekali. Jika Sedulur mengkompres video dengan kualitas HD dengan Smart Video Compressor ini, maka ukuran dari file video tersebut bisa berkurang dari 70% sampai 80%.

Setelah proses kompresi selesai, Sedulur juga bisa langsung memeriksa video yang dihasilkan. Jika masih kurang sesuai, maka bisa langsung mengulanginya. Jadi Sedulur tidak perlu bolak-balik membuka dan menutup aplikasi hanya untuk mengecek hasil kompresi video.

BACA JUGA: 6 Cara Download Video Facebook Kualitas HD Lewat Hp & Web

6. Video Dieter 2

pexels

Bagi Sedulur yang sedang mencari aplikasi pengompres video Android dengan banyak fitur, maka bisa mencoba aplikasi yang bernama Video Dieter 2 ini. Video Dieter 2 merupakan sebuah pengompres video multifungsi yang sangat keren.

Selain bisa digunakan untuk mengkompres video, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengedit foto, memutar video, dan mendukung kompresi video format 4K. Aplikasi ini juga memberikan opsi untuk video hasil kompresi yakni dengan kualitas tinggi, sedang, hingga rendah.

Nah, Video Dieter 2 tersedia dalam dua versi, yakni versi gratis dan berbayar. Untuk versi gratisnya, sudah bisa digunakan untuk kompresi video sederhana. Namun jika Sedulur ingin fitur lebih, maka bisa membeli dari dalam aplikasi.

7. Video Transcoder

pexels

Mungkin kebanyakan software pengompres video gratis di Android, akan selalu menampilkan iklan pada saat proses kompresi video selesai. Namun berbeda dengan aplikasi kompres video mp4 ini, dijamin Sedulur tidak akan menemukan iklan selama menggunakannya.

Ya, developer dari Video Transcoder memang lebih berfokus untuk memberikan kenyamanan bagi para penggunanya. Selain itu, aplikasi ini juga mampu menghadirkan pengalaman lebih baik dalam hal kompresi video di Android.

Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, Sedulur dapat mengubah FPS, codec, kecepatan bit, resolusi, hingga audio. Tentu saja itu adalah fitur-fitur yang biasanya berbayar kan? Nah, dalam aplikasi ini, Sedulur bisa menggunakan semuanya secara gratis.

8. VidCompact

pexels

VidCompact merupakan video compressor besutan aplikasi edit video Android ternama, VideoShow. Di Google Play Store, aplikasi ini telah diunduh sebanyak lebih dari 100 juta kali, lho. Pasalnya VidCompcat bukan hanya sebatas pengompres ukuran video biasa, namun juga menyediakan beberapa fitur menarik.

Jadi selain mengkompres ukuran video, Sedulur juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk memangkas video, mengganti nama, dan lain sebagainya. Tidak perlu khawatir, aplikasi tidak berbayar alias bisa digunakan secara gratis.

Akan tetapi, mungkin masih muncul beberapa iklan pada saat Sedulur menggunakannya. Namun dijamin jumlah iklan yang tidak terlalu banyak tersebut, tidak akan mengganggu proses kompresi video yang sedang berlangsung.

9. Format Factory

pexels

Jika Sedulur sedang mencari kompres video di laptop atau PC, maka salah satu pilihan yang paling tepat adalah menggunakan aplikasi Format Factory. Aplikasi yang bersifat open source ini didesain dengan tampilan antarmuka yang sederhana dan juga ramah pengguna.

Jadi Sedulur bisa menggunakannya dengan mudah, bahkan jika masih menjadi pemula sekalipun. Ada banyak menu yang bisa Sedulur pilih di dalam aplikasi ini. Beberapa di antaranya seperti pengaturan ukuran layar, FPS, resolusi, dan berbagai pengaturan menarik yang lain.

Namun dari sekian banyak fitur yang disediakan Format Factory, salah satu fitur paling keren yakni opsi untuk mengirimkam video secara langsung ke perangkat mobile. Dengan fitur ini, tentu saja Sedulur tidak perlu ribet menggunakan kabel data, mengirim lewat penyimpanan cloud, atau memindahkan memori terlebih dahulu.

10. Video2Edit

pexels

Jika beberapa cara sebelumnya menggunakan bantuan aplikasi, maka berbeda dengan kali ini. Nah, selain menggunakan aplikasi, Sedulur juga bisa menggunakan situs khusus yang bernama Video2Edit. Video2Edit sendiri adalah kompres video online free yang banyak digunakan.

Hal ini karena situs tersebut mampu menyediakan layanan kompresi video yang sangat mudah, tampilan antarmuka yang ramah, dan juga fitur yang cukup lengkap. Sedulur bisa mengatur kualitas dan ukuran dari video yang akan dikompres.

Sesuai dengan namanya, Video2Edit ini juga bisa Sedulur gunakan untuk melakukan pengeditan video sederhana seperti memangkas, rotasi, dan lain sebagainya. Jadi bagi Sedulur yang tidak mau menambah aplikasi, penggunaan situs Video2Edit ini adalah alternatif terbaik untuk mengompres ukuran video.

BACA JUGA: 8 Cara Mengecilkan Ukuran Video Secara Online, Kualitas Tetap!

Itulah beberapa cara kompres video yang bisa Sedulur coba. Silahkan pilih aplikasi sesuai dengan perangkat yang digunakan. Ya, penggunaan situs memang terasa lebih simpel, karena Sedulur tidak harus menambah aplikasi yang akan mengurangi kapasitas memori perangkat.

Akan tetapi, penggunaan aplikasi terbilang lebih nyaman dan simpel karena bisa dilakukan dimana saja, entah secara offline maupun online. Jadi penggunaan aplikasi memang lebih direkomendasikan daripada menggunakan bantuan situs.