Universitas menjadi tempat dimana seseorang akan mendapatkan akses ke pendidikan tinggi yang belum didapatkan dalam jenjang sekolah. Umumnya seseorang memilih universitas karena kualitas lulusan yang baik dan berkualitas. Jadi tidak heran jika umur sebuah universitas jadi salah satu faktor penentu dalam memilih. Tapi, kira-kira dimana saja universitas tertua di dunia?

Apalagi semakin lama umur sebuah universitas, maka akan berbanding lurus dengan kualitas pendidikan yang diberikan kepada mahasiswanya. Penasaran dimana saja? Yuk, simak daftar universitas tertua di dunia dan di Indonesia berikut ini!

BACA JUGA: Penyebab Munculnya Jerawat di Bibir Serta Cara Mengatasinya

1. University of Al-Qarawiyyin

Daily Sabah

Universitas tertua di dunia adalah Universitas Al-Qarawiyyin. Universitas Al-Qarawiyyin, atau dalam yang dalam bahasa Arab adalah جامعة القرويين, merupakan sebuah universitas yang berlokasi di kota Fez, Maroko. Didirikan oleh Fatima al-Fihri pada 857-859 M, pada awalnya Al-Qarawiyyin berfungsi sebagai masjid. Namun tidak berselang lama, Al-Qarawiyyin berubah menjadi salah satu pusat berkembangnya ilmu pengetahuan Islam di masa kejayaan agama tersebut.

-->

Walaupun sudah berdiri sejak ribuan tahun yang lalu, tetapi Al-Qarawiyyin baru didaftarkan sebagai sebuah universitas formal ke dalam sistem pendidikan tinggi Maroko pada tahun 193 silam. Hal tersebut tentunya tidak menutupi berbagai sumbangsih Al-Qarawiyyin terhadap keilmuan Islam. Masjid Al-Qarawiyyin sendiri tetap menjadi salah satu landmark di negara tersebut, dengan berbagai arsitektur serta elemen Islam yang sangat dijaga dalam sejarah Maroko.

Menurut data terakhir pada tahun 2012, terdapat setidaknya 1.025 staf akademik dan 8.120 mahasiswa yang menimba ilmu di University of Al-Qarawiyyin. Beberapa alumni University of Al-Qarawiyyin yang terkenal adalah Ibnu Arabi, Ibnu Khaldun, Leo Africanus, dan Imam al-Bannani.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa University of Al-Qarawiyyin sebagai universitas tertua di dunia. United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) dan Guinness World Records pun sepakat dengan pernyataan tersebut.

2. Al-Azhar University

Pinterest

Salah satu universitas Islam tertua di dunia berasal dari Kairo, Mesir. Universitas tersebut adalah Al-Azhar University. Seperti halnya University of Al-Qarawiyyin, keberadaan Al-Azhar University juga tidak dapat dilepaskan dari berdirinya Masjid Al-Azhar di Kairo. Al-Azhar sendiri dibangun pada tahun 970 M atau 972 M, pada saat era Kekhalifahan Fatimiyah.

Pada tahun 1961, Al-Azhar baru menerima status resminya menjadi universitas dalam tingkatan pendidikan tinggi di Mesir. Di era modern ini, Al-Azhar University menjadi salah satu pusat literatur Arab dan juga ilmu-ilmu Islam. Perpustakaan di Al-Azhar University menyimpan jutaan lembar arsip penting mengenai sejarah Arab dan juga Islam secara keseluruhan.

Maka dari itu, tidak heran bahwa Al-Azhar University berhak untuk mendapatkan gelarnya sebagai universitas tertua di Mesir dan universitas tertua di dunia urutan kedua setelah University of Al-Qarawiyyin.

BACA JUGA: 100 Kata-kata Keren untuk Status dan Caption di Medsos

3. University of Bologna

universitas tertua di dunia
Pava Education

University of Bologna (Università di Bologna/UNIBO) adalah universitas tertua di dunia yang sudah berdiri sejak 1088. Memang, terdapat dua universitas yang tercatat berdiri sebelum University of Bologna, namun predikat sebagai universitas paling tua tetap dapat ia sandang jika dilihat dari segi pendidikan tinggi di Barat atau Eropa.

Berbeda dengan University of Al-Qarawiyyin atau Al-Azhar University yang berdiri karena masjidnya, University of Bologna pertama kali didirikan langsung berfungsi sebagai universitas yang memberikan gelar-gelar akademik kepada mahasiswanya. Tercatat, University of Bologna berdiri pada tahun 1088 M di Bologna, Italia.

Tidak mengherankan bahwa sedari dulu universitas tersebut sudah menjadi pusat perkembangan ilmu pengetahuan, serta menarik perhatian banyak akademisi dari penjuru Italia, bahkan seluruh dunia. University of Bologna juga menjadi saksi momen-momen bersejarah, seperti wanita pertama yang mendapatkan gelar dari universitas (Bettisia Gozzadini) dan wanita pertama yang mendapatkan gelar doktor dan mengajar sebagai profesor pertama (Laura Bassi).

4. University of Oxford

Encyclopedia Britannica

Universitas tertua di dunia selanjutnya adalah University of Oxford. Universitas bergengsi tersebut didirikan pada tahun 1096 M. Tahun berdirinya tersebut membuat University of Oxford menjadi universitas kedua tertua di lingkup pendidikan Barat atau Eropa.

Di tahun-tahun awal berdirinya universitas tersebut, Oxford tidaklah sebesar sekarang. Perkembangan yang terjadi pada masa itu dipengaruhi oleh kebijakan Raja Henry II yang melarang mahasiswa Inggris untuk belajar ke Paris, Prancis.

University of Oxford menjadi universitas favorit dunia, dengan kualitas pendidikan yang sangat baik. Banyak alumni-alumni dari universitas tersebut yang terkenal, seperti Margaret Thatcher, Tony Blair, dan Boris Johnson. Fakta menarik tentang alumni Oxford lainnya adalah bahwa sekitar 69 orang yang mendapatkan penghargaan Nobel ternyata pernah belajar atau setidaknya mengajar di University of Oxford.

BACA JUGA: Pengertian Konsumsi Beserta Ciri, Fungsi & Faktor-Faktornya

5. University of Salamanca

InSpain

Universitas tertua di Eropa yang akan kita bahas kali ini berasal dari kota Salamanca, Spanyol. Universitas tersebut adalah University of Salamanca. Universitas tersebut didirikan pada tahun 1218 oleh Raja Alfonso IX.

Sebelum berdirinya universitas tersebut, kota Salamanca sudah terlebih dahulu dikenal dengan sekolah-sekolah keagamaannya (sekolah katedral). Raja Alfonso IX kemudian menginisiasi pembangunan University of Salamanca di kota itu.

University of Salamanca telah lama menjadi tujuan mahasiswa dari seluruh Spanyol dan dunia untuk mengikuti jenjang pendidikan tinggi. Tidak heran, universitas tersebut menjadi salah satu universitas dengan peringkat teratas di Spanyol berdasarkan jumlah siswa yang datang dari daerah lain atau luar negeri. Kelas bahasa Spanyol yang ditawarkan oleh University of Salamanca juga sangat menarik perhatian setidaknya dua ribu siswa asing setiap tahunnya.

6. University of Cambridge

Pinterest

Universitas sekolah tertua di dunia selanjutnya kembali datang dari Inggris, yaitu University of Cambridge. Universitas tersebut didirikan pada tahun 1209 dan mendapat pengakuan dari Kerajaan Inggris pada tahun 1231.

Berdirinya universitas ini tidak lepas dari fenomena konflik antara mahasiswa University of Oxford dengan penduduk kota Oxford. Sebagai akibat konflik tersebut, sebagian mahasiswa pergi meninggalkan Oxford dan menetap di kota Cambridge. Maka dari itu, banyak beberapa aspek dari kedua universitas tersebut yang sangat mirip. Saking miripnya, orang-orang menyebut dua universitas tersebut sebagai Oxbridge.

Cambridge saat ini menjadi universitas bergengsi di dunia, dengan peringkat yang selalu tinggi. Alumni-alumni dari universitas tersebut juga sangat sering mendapatkan penghargaan Nobel, setidaknya sebanyak 121 alumni. Pada 2020 yang lalu, tercatat setidaknya terdapat 24.450 mahasiswa yang belajar di University of Cambridge.

BACA JUGA: Ceban Berapa Rupiah? Berikut Artinya dan Bilangan Lainnya

7. University of Padua

universitas tertua di dunia
Edmundo

University of Padua didirikan pada tahun 1222. Universitas tersebut terletak di kota Padua, Italia. Mirip seperti sejarah antara University of Oxford dan University of Cambridge, University of Padua juga didirikan oleh mahasiswa dan pengajar dari University of Bologna.

University of Padua menjadi universitas tertua kedua di Italia, setelah University of Bologna. Pada tahun 2021 yang lalu, ia dinobatkan sebagai universitas terbaik kedua di Italia dengan setidaknya memiliki 40.000 lebih mahasiswa yang belajar di universitas tersebut. Beberapa alumni terkenal dari University of Padua adalah Nicolaus Copernicus, John Caius, dan Vesalius.

8. University of Naples Federico II

Pava Education

University of Naples Federico II didirikan pada tahun 1224, didirikan oleh Raja Frederick II. Universitas tersebut terletak di kota Napoli, Italia. Ia termasuk ke dalam daftar universitas tertua di dunia. University of Naples Federico II menjadi universitas ketiga dengan mahasiswa terbanyak di Italia.

Saat ini, terdapat 13 fakultas yang ada di universitas tersebut, mulai dari agrikultur, arsitektur, bioteknologi, ekonomi, teknik, hukum, filsafat, farmasi, ilmu politik, dan lain-lain. Beberapa alumni terkenal dari University of Naples Federico II adalah Samantha Cristoforetti, Saint Thomas Aquinas, Leonardo Bianchi, dan banyak lagi.

BACA JUGA: 1 Kodi Berapa Buah? Pengertian & Konversi Satuan Matematika

9. University of Toulouse

universitas tertua di dunia
Erasmus

University of Toulouse didirikan pada tahun 1229, didirikan oleh Pangeran Raymond VII. Universitas tersebut terletak di kota Toulouse, Prancis. Sejarah universitas tersebut termasuk panjang dan berliku-liku. Universitas itu sempat mendapatkan tekanan berat pada saat Revolusi Prancis pada tahun 1793. 

Pada tahun 1896, University of Toulouse kembali beroperasi lagi. Namun, pada tahun 1969, karena masalah internal universitas tersebut dipecah menjadi tiga, University Toulouse-I-Capitole, University Toulouse-II-Jean-Jaurès, dan University Toulouse-III-Paul-Sabatier. Beberapa alumni terkenal dari University of Naples Federico II adalah Michael Servetus, Vincent de Paul, Selman Riza, Paul Sabatier, dan banyak lagi.

10. University of Coimbra

Universitas tertua di dunia
Vols

University of Coimbra adalah salah satu universitas bergengsi di kota Coimbra, Portugal. Ia pertama kali didirikan pada tahun 1290 di kota Lisbon, namun kemudian dipindahkan ke kota Coimbra pada tahun 1537. University of Coimbra menjadi universitas yang memberikan banyak sumbangsih terhadap perkembangan ilmu pengetahuan di negara tersebut.

Pada tahun 2013,  United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) memasukkan University of Coimbra sebagai situs bersejarah dunia karena arsitektur dan budaya unik dari universitas tersebut. Per tahun 2021 lalu, setidaknya terdapat 25.580 mahasiswa yang menjalani masa pendidikannya di University of Coimbra.

Universitas tertua di Indonesia

Penasaran universitas mana yang menjadi universitas tertua di Indonesia? Ikuti informasi singkat berikut ini, ya!

1. Universitas Indonesia

Di Indonesia, universitas yang menyandang predikat sebagai universitas tertua adalah Universitas Indonesia. Ia sudah didirikan sejak masa kolonial Belanda. 

Pada tahun 1849, universitas ini didirikan dengan nama Dokter-Djawa School Batavia. Pada tahun 1950, ia kemudian berganti nama menjadi Universiteit Indonesia. Barulah di tahun 1955 ia menjadi Universitas Indonesia seperti yang kita kenal sekarang.

Saat ini, Universitas Indonesia telah mencetak berbagai alumni-alumni ternama yang banyak memiliki pengaruh dalam perkembangan negara Indonesia.

2. Institut Teknologi Bandung

Di Indonesia, universitas yang menyandang predikat sebagai universitas tertua kedua adalah Institut Teknologi Bandung. Ia sudah didirikan sejak masa kolonial Belanda.

Pada tahun 1920, perguruan tinggi ini didirikan dengan nama Technische Hoogeschool te Bandoeng. Barulah pada tahun 1959 ia resmi berganti nama menjadi Institut Teknologi Bandung.

Nah Sedulur, di atas adalah informasi singkat mengenai beberapa universitas tertua di dunia dan juga di Indonesia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan serta wawasan umum Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.