Salah satu makanan nikmat yang menggugah selera adalah udang saus tiram. Yuk, simak resep dan cara buatnya di bawah ini.

Tidak terlalu sulit membuat udang saus tiram. Bahan yang dibutuhkan juga tersedia di pasar dan bisa kita dapatkan dengan mudah, langkah dan cara membuatnya juga tidak begitu rumit. Makanan dengan bahan dasar udang biasanya umum ditemui di daerah pesisir pantai.

Hal tersebut dikarenakan ketersediaan udang yang melimpah yang ada di pesisir pantai, membuat daerah yang ada di pesisir pantai bisa membuat berbagai macam resep udang, salah satu yang terkenal adalah udang saus tiram.

Artikel kali ini akan membahas mengenai resep dan cara membuat udang saus tiram, mulai dari udang saus tiram saori, udang saus tiram padang, resep udang saus tiram rumahan hingga resep udang saus tiram chinese food yang paling terkenal.

Pada umumnya resep dan cara membuat udang saus tiram mentega paling sering dibuat. Ada yang membuat udang saus tiram pedas, udang saus tiram  asam manis atau udang saus tiram teriyaki. Artikel kali ini akan membahas berbagai resep udang saus tiram yang umum dimasak. Yuk, langsung saja simak penjelasannya.

Baca Juga: 5 Resep Kari Ayam Sederhana, Enak & Mudah Buat di Rumah

Daftar Resep dan Cara Membuat Udang Saus Tiram

1. Resep Udang Saus Tiram Sederhana

Resep Udang Saus Tiram Sederhana

Resep pertama adalah membuat udang rumahan yang umum dibuat. Bahan yang dibutuhkan adalah udang segar yang sudah sebanyak 1/2 kg, saus tiram kualitas bagus sesuai selera, bawang putih ukuran sedang yang sudah sebanyak tiga siung, bawang bombay yang sudah diiris.

Jangan lupa juga menyiapkan kecap asin sesuai selera untuk memperkuat rasa. saus tomat secukupnya, saus cabai bagi yang menyukai rasa pedas, air perasan jeruk nipis, penyedap rasa, gula dan garam, terakhir adalah margarin saja untuk menumis.

Cara membuatnya sangat mudah, pertama setelah dicuci udang dilumuri dengan air jeruk nipis agar hilang bau amis dan diamkan sebentar sebelum kemudian cuci kembali dengan air mengalir lalu diamkan hingga air cucian hilang.

Selanjutnya siapkan wajan dan beri sedikit margarin atau minyak lalu masukkan bombay dan bawang putih dan aduk sampai wangi. Masukan udang ke dalam wajan dan masak hingga matang. Lalu masukan kecap asin, saus tiram dan aduk-aduk hingga meresap. Setelah rasa pas dan sesuai selera, udang pun siap disajikan.

2. Resep Udang Ala Restauran

Resep Udang Ala Restauran

Resep kedua adalah masakan udang ala restoran. Bahan yang dibutuhkan sama persis dan tidak begitu jauh berbeda. Kita langsung saja masuk kepada cara pembuatannya. Pertama, masukan kecap manis, kecap asin, saus tiram dan bumbu yang disediakan ke dalam satu wadah yang sama. Aduk rata bumbu tersebut hingga tercampur sempurna.

Tuangkan sedikit minyak ke atas wajan, dan masukkan uang yang telah bersih. Masak hingga matang dan udang berubah warna. Angkat udang setelah terlihat matang, lalu masukkan minyak dan tumis bumbu bawang dan lainnya yang telah disediakan.

Selanjutnya masukan udang yang telah masak, dan campur dan aduk rata dengan bumbu yang sedang ditumis. Kemudian masukan bumbu saus yang telah diaduk rata ke dalam wajan. Aduk-aduk secara merata, dan tes rasa hingga sesuai selera. Udang bumbu saus tiram pun siap disajikan dan disantap.

3. Udang Bumbu Saus Tiram Saori

Udang Bumbu Saus Tiram Saori

Resep saus tiram untuk udang ini mengandalkan bumbu dari saori yang terkenal dengan bumbu saus tiram yang sangat lezat. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun sama dan tidak jauh berbeda dengan bahan-bahan yang lainnya.

Cara membuatnya pertama adalah dengan mengupas dan mengiris bawang bombay, bawang merah dan bawang putih. Masukan bawang-bawangan ke dalam wajan yang telah diberi minyak secukupnya. Tumis bawang dan aduk rata hingga matang.

Lalu masukkan udang kupasnya lalu beri sedikit air secukupnya. Kemudian aduk secara merata sebentar hingga terlihat berubah warnanya. Selanjutnya adalah memasukkan kecap manis, saos sambal, lada halus, irisan daun bawang dan saus tiram dari saori kemudian aduk kembali.

Terakhir adalah cek rasa,  jika sudah sesuai selera, aduk kembali sebentar hingga matang lalu angkat dan udang siap disajikan dan dimakan dengan sepiring nasi hangat.

Baca Juga: Resep & Cara Membuat Bubur Asyura + Sejarah Lengkapnya

4. Udang Bumbu Saus Tiram Pedas

Udang Bumbu Saus Tiram Pedas

Dalam resep udang satu ini bahan dan cara pembuatannya hampir sama dengan resep dan cara membuat udang bumbu saus tiram yang dijelaskan pada poin sebelumnya. Perbedaan yang mendasar adalah penggunaan cabai rawit yang membuat udang bumbu saus tiram ini menjadi sangat pedas.

Resep udang satu ini sangat disukai oleh para pecinta pedas. Karena selain gurih dari udang, udang pun dibalut dengan saus tiram yang sangat pedas dan nikmat.

Semoga daftar resep cara membuat undang bumbu saus tiram yang telah dijelaskan di atas bisa menjadi referensi bagi Sedulur yang ingin memasak undang. Sedulur bisa mendapatkan setiap bumbu untuk membuat udang bumbu saus tiram di Aplikasi Super.

Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari cara daftar Aplikasi Super agar bisa mendapatkan keuntungan melimpah. Jangan lupa juga download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki Aplikasinya.